Hai semua! Seperti layaknya anak sekolahan lainnya, sebelum liburan semester harus ambil rapot. Gak terlalu tertarik sama nilainya, yang pal...

"Pasugatan Alit Kagem Kamangnusan"

Hai semua! Seperti layaknya anak sekolahan lainnya, sebelum liburan semester harus ambil rapot. Gak terlalu tertarik sama nilainya, yang paling berharga: usahanya. Buat saya, enjoy waktu sekolah itu yang penting, sekolah tempat ‘mencari ilmu’ bukan ‘mengejar nilai’. 

Awal liburan dipake ngelembur sampe jam 1 pagi selama beberapa hari buat ikutan lomba bussines plan bareng 7 kakak kelas yang super kece. Ngumpul udah kayak di Big Brother, di tempat yang sama dan bertemu orang yang sama. Banyak banget belajar dari kehidupan mereka, belajar gimana caranya bikin proposal bussines plan nomer kesekian. 


Pasugatan Alit Kagem Kamangnusan: 
Persembahan Kecil Untuk Kemanusiaan



Selanjutnya, Safari Dakwah dan Bakti Sosial MAN 3 Malang adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan. Tahun kedua ngebaksos ini berujung sakit di desa orang, padahal saya cuma 5 hari di sana. Kebanyakan panitia yang lain sehat-sehat aja meskipun harus 6 hari di sana, bahkan ada yang 7 hari. Ngebaksos jadi gak nikmat, sedikit tips aja: sebelum berkegiatan cukup lama jangan berkegiatan ekstrim kayak begadang terlalu sering.

22-28 Desember 2013 di Precet, Kecamatan Dau Malang bener-bener kasih memori yang sangat manis. Adek-adek di sana bisa ngebaur sama kita, sedikit-sedikit minta gandeng, dipeluk bahkan digendong. Tiap panitia mungkin punya adek kesayangannya masing-masing, kalau saya punya 3. 

Ada Dinda, matanya bagus banget. Sering saya godain, dia badannya gede dan macho jadi gak mungkin digendong. Adek yang namanya terlupakan, tapi tiap ada saya selalu nyapa dengan unyu dan langsung gandeng tangan. Mega, iya namanya Mega. Karena sama, sebut saja Mega Junior, nama lengkapnya Mega Reta Maulida, lahir tanggal 18 Juli 2005 di Malang.


Mega Reta Maulida :)
Mega Junior sempet manja banget, ceritanya lagi outbond yang nyatanya kayak lomba agustusan. Awalnya dia baik-baik aja, membaur dan seperti biasa semangat banget kalau main. Tiba-tiba dia mojok dan nangis.
“Lho, kamu kenapa? Cup cup cup.”


Mega Junior diem dan sambil melihat temen-temennya main. 

“Gak pengen main ta? Temen lainnya lho main.” 

Dia masih diem, makin deket ke saya dan minta gendong. Dengan kekuatan penuh akhirnya bisa gendong si Mega Junior, padahal aslinya saya gak pinter gendong anak kecil. Ketika lomba balap karung dimulai, dia minta turun dan mau main, seneng banget liatnya. Mega Junior emang bukan tipe anak yang cengeng, selalu ceria kok.

“Ikan warna warni, aneka tanaman. Gunung yang menjulang, lautan yang dalam. Langit yang membentang, jutaan bintang-bintang. Itu semuanya ciptaan Allah.”

“Illa liqo’ Illa liqo’ sampai berjumpa lagi. Illa liqo’ Illa liqo’ sampai berjumpa lagi. Buat apa susah, buat apa susah. Ngaji itu besar pahalanya. Buat apa susah buat apa susah, ngaji itu besar pahalanya.”

2 lagu yang selalu mengingatkan saya tentang Precet, terutama adek-adek TPQ Baiturrohman dengan yel-yelnya “Ceria, cerdas, luar biasa, Allahuakbar!!”. Ngangenin? BANGET! 


Foto bareng basecamp 7. Sayangnya gara-gara keburu-buru gak sadar kalau ada cahaya yang ganggu.
Kayak anak kuliahan ya? Gaya bener pake jas hahaha.

Setengah mabuk gara-gara sakit tapi maksa berkegiatan jadi banyak cerita konyol. Mulai dari sakit panas tiba-tiba, konyolnya bazar, ngemsi dua kali dengan baju super gembel, pecahnya waktu belajar ngaji di TPQ Baiturrohman, menikmati wahana turun ke kota naik motor tanpa menghidupkan mesin dengan waktu yang cukup lama dan yang paling konyol: kenalan sama lelaki desa.

Jalan sehat dan senam pagi yang berujung senam dan jalan sambil payungan adalah waktu yang mempertemukan saya dengan anak cowok berkaos hitam. Pertama kali lihat sebenernya biasa, kaget aja ternyata ada yang kira-kira seumuran. Dan bener, waktu tanya sana sini dan dia SMS saya gara-gara dikasih nomer dari adek-adek TPQ Baiturrohman dia kelas 1 SMA!! Alim dan baik banget keliatannya, dia bilang mau nerusin kuliah setelah lulus SMA. Semangat ya, Mada! *ea

Lelaki desa yang kedua agak absurd. Ketika saya lagi duduk-duduk di kursi depan rumah orang sambil ngobrol di maghrib yang super dingin, adek TPQ yang daritadi di dekat saya membisikkan sesuatu, “Mbak Mega, dicariin Mas X (nama samaran).” Ternyata Mas X adalah mas-mas yang baru saja lewat, gak mau bilang dia ganteng atau enggak. Yang jelas, orangnya.. agak nakutin.

Yang lebih ngagetin, ketika setelah ngemsi acara penutupan, temen saya cerita: “Meg, meg kamu tau a. Tadi itu ada anak kecil bawa hape terus dia bilang, ‘ini aku disuruh  Mas X ngefoto mbak mega pake hapenya.” Dari sekian panitia cewek yang pastinya banyak yang lebih cantik dan bening, entah kenapa saya yang jadi korban. Tuhan, kenapa harus saya? Kenapa?

Cerita dari Precet gak bakal gampang dilupain! Apalagi enaknya masakan Ibu basecamp utama (rumahnya Mas X) dan anak konsumsi, adek-adek TPQ dengan lagu ikan warna-warninya, Mega Junior dengan baju putih kerudung hijab dan baca puisinya, riuhnya warga Precet waktu nunggu doorprize dari jalan sehat dan tidak lupa Mada serta misteri Mas X. Semoga bisa mampir kalo ada waktu :’) 


"Gapai Rahmat Satukan Umat!" (maih banyak panitia lain sebenernya, total: 75) 
Terimakasih banyak Safari Dakwah dan Bakti Sosial MAN 3 Malang 2013 yang bikin liburan kali ini luar biasa! Terutama teman se-team, bagian DEKDOK (Dekorasi dan Dokumentasi). Mulai kerennya mereka sampe absurdnya dimana ada teman se-team saya yang suka banget difoto pas acara atau yang malah foto daun waktu panitia teknis. Kalian keren rek, jujur tak terkecuali! Kalo gak ada kalian, remek aku rek.

Hey hey hey, anak baksos ’13 kita ini bareng-bareng mulai dari awal. Susah, seneng, kecewa, seru-seruan semuanya bareng. Jangan sampe ada yang berpikir gak guna atau malah berpikir yang paling berguna. Tanpa penggalian dana atau sponsorship, kita mau jalanin acara model apa? Tanpa konsumsi, mau kita kelaparan? Apalagi konsumsi tahun ini super enaknya. Dan akhirnya, kita sekarang sukses bareng! Selamat dan semoga tahun depan bakal lebih keren dan seru lagi! Aamiin.


Seminggu udah abis bareng temen, liburan seminggu berikutnya waktunya bareng keluarga. Biar pun doodle bikinan saya absurd dan malah pengen makan mie ayam, selamat liburan buat yang lagi libur, semoga menyenangkan! :D

36 comments:

  1. hahaha.. belom kuliah udah KKN. Salut!!! Lain kali coba ajuin proposal ke sekolah buat ke desa yang lebih pinggiran sist, banyak desa - desa yang memang membutuhkan sumbangsih anak negeri. Eniwey saya suka quote-nya yang ini sist "sekolah tempat ‘mencari ilmu’ bukan ‘mengejar nilai’. " ini nih yang harus di tanemin otak anak muda Indonesia kaya kamu. Sukses terus yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. *tersipu malu* *apasih* siaaaaap, nanti saya kasih saran buat adek kelas saya hehe, soalnya udah kelas 11 sekarang, waktunya anak kelas 10 dan 11 berikutnya yang kebagian :D
      Siaaaaaap, makasih ya :)

      Delete
  2. saya masih blm nangkep, itu Safari Dakwah dan Bakti Sosial sejenis ekstrakulikuler bisnis gitu? btw, kayaknya bakti sosial di precet itu lumayan seru ya, haha. salam kenal juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukaan bukaaaan, awalnya itu emang lomba bisnis. Terus, 'selanjutnya' itu baru ngabisin liburan ngebaksos. Beda konteks :))

      Delete
  3. wah, seru banget kayaknya. salam buat mega junior:3

    ReplyDelete
  4. Ini orangnya yang absurd apa ceritanya yang absurd.. hahahahha keren mbak megaa.. lanjutkan mbak

    ReplyDelete
  5. wah keren. pengen juga ikutan aksi kemanusiaan gitu
    doodlenya juga kece abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh cari, kayaknya sekarang juga banyak. Aduuuh, itu amatiran kakaaaak :'D

      Delete
  6. wihhh safari dakwah. awesome~
    btw, doodlenya keren ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih lho :'3 Aduuuh dikasih komentar sama yang pinter gambar..........

      Delete
  7. Jadi ingat waktu KKN dulu, tapi ini masih Aliyah kan? Sekolahnya keren. Kalau panitianya aja 75, yang ikut satu sekolahan? Salut-salut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih aliyah :D Eh ini nggak satu sekolah, emang yang ngebaksos cuma 75 anak. Kalo satu sekolah dibawa, bisa pecyaaaaah ntar :D

      Delete
  8. seru kayaknya kalo bisa tinggal di asrama juga.. :) tiap bangun tidur pasti sudah ketemu banyak orang. *salah fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kenapa yang dikomentarin hidup di asramanya :''''D

      Delete
  9. Mega kereeeeeeen. Sama-sama trimakasih juga Ibu Dekdok :) Boleh dongya ngambil fotonya dikit :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm wegyaaah aku dipanggil Ibu Dekdok :/ Boleh dong boleh dong, kan itu yang motoin entahlah siapa. Kamera dipegang banyak anak :D

      Delete
  10. yang paling jadi sorotan gue..
    itu doodlenya kerenn ....
    bikiniiiiiiiinnnnnnnnnnn :(

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Lah kok dibilang sibuk? Ini lagi liburan koook :D

      Delete
  12. Wah, keren nih kegiatannya. Gue liburan malah lebih sering mentingin diri sendiri doang. Thumbs up! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'sering' bukan berarti gak pernah sama sekali kaaan? :D

      Delete
  13. sekarang banyak juga yang kuliah bukan mencari ilmu, tp demi dapet kerjaan + gengsi.. haha padahal kalo niatnya nyari ilmu, kerjaan Insya Allah datang dengan sendirinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan nyari kerjaan juga gak lewat satu pintu aja kan ya? :D

      Delete
  14. ciee minta di foto mas x hahaha :D,,
    Selamat liburan yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuuuuh hahaha. Iya, selamat liburan juga :))

      Delete
  15. waihhh asik acara baksos kayak gitu :D
    eee your doodle so awesome meg :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capek yang asik :D
      AAAAAA dikomen sama yang master, jadi malu (/.\)

      Delete
  16. Replies
    1. Pengen apa mas? Fotoku ya? Oke udah dikirim kok lewat e-mail *salah fokus*

      Delete
  17. wah asik juga ya liburannya trus dapet pahala juga:D

    doodlenya keren tuh

    ReplyDelete