Lanjutan dari postingan yang sebelumnya: Tips SuksesnyaAcara , akhirnya saya dateng ke acara Blogger VS. Vlogger, dalam rangka memperin...

Talkshow with Bena Kribo & Bayu Skak (+ 5 Tips Suksesnya Acara)

BLOGGER VS VLOGGER

Lanjutan dari postingan yang sebelumnya: Tips SuksesnyaAcara, akhirnya saya dateng ke acara Blogger VS. Vlogger, dalam rangka memperingati Bulan Bahasa yang diselenggarakan kelas jurusan bahasa angkatan 24 dan 25. Acara yang cukup spesial juga sih, karena cuma jurusan bahasa yang punya acara khusus semacam ini.

Bosen juga kalau ngomongin acaranya doang, biar lebih bermanfaat untuk saya pribadi dan temen-temen semua, sekalian sharing aja deh ya permasalahan di lapangan ketika bikin event. Buat kalian yang udah expert bikin acara, boleh banget sharing di kolom komentar.

****

Sabtu, 1 November 2014, sesudah saya menyelesaikan tugas bikin video bahasa arab yang naskahnya aja saya nggak tau artinya, di group Line Jamban Blogger Malang Mas Hena, Mbak Dike, dan Mbak Ardien udah rame pada minta dijemput di depan sekolah, karena kebetulan acara dilaksanakan di dalam aula sekolah saya. Berasa sopir.

Sebelum acara hari H ada beberapa lomba yang mendatangkan juri di luar sekolah: lomba blog, vlog, dan broadcasting. Blog: Hena Wirasatya dan Mochammad Nasrulloh. Vlog: Bayu Skak. Broadcasting: Mas Robbi.

Hena Wirasatya
Hena Wirasatya dengan wajah unyunya.
Yang saya tahu dari acara bulan bahasa sebelumnya (panitianya bahasa angkatan 23 & 24), udah sepantasnya sebagai juri diundang dan ketika dateng tetap ada yang nemenin harus ke ruangan mana dahulu, parkirnya di mana, duduknya di mana, dan seterusnya. Tahun ini mereka punya kekurangan di sini, terlalu sibuk dengan guest star dan lupa dengan juri-jurinya yang udah membantu meluangkan waktu.

Tahun lalu ada kejadian yang sama, Mas Hena jadi salah satu guest star nggak ada panitia yang nemenin. Jadinya micnya kurang keras, padahal seharusnya sebelum tampil harusnya panitia tanya volume dan aturan micnya seberapa. Saya pikir nggak akan lagi kayak gitu, karena mereka udah belajar dari acara tahun lalu.

Balik lagi ke permasalahannya, panitia yang lupa dengan juri-jurinya. Akhirnya ketiga juri tidak diundang datang ke acara (kecuali Bayu Skak yang jadi guest star), Mas Hena dateng pun karena abis ngode. Bahkan panitia sempat menganggap bahwa Mas Hena datang seperti tamu eksternal biasanya, atau setidaknya mengajak lima orang temen yang beli tiket. Karena itu di meja registrasi saya kelepasan ngomong, Nggak sopan lah kalo kayak gitu!”

Selama tiga hari tiga malam saya mikir kenapa bisa-bisanya saya kelepasan ngomong nyolot kayak gitu, meskipun saya kakak kelasnya nggak elegan banget kalau harus gitu. Hiks. Maafin, gaes, khilaf…

Akhirnya Mas Hena pun datang, dan saya diminta jemput dia di gerbang. Sebenernya saya nggak tau harus ke mana, dan seharusnya ada panitia yang nemenin Mas Hena. Akhirnya saya ajak Mas Hena ke ruangan guest star.

Tips #1: Juri udah sepantasnya dateng ke acara utama.

Tips #2: Meskipun juri, harus ada penanggung jawabnya. Mau tidak mau, suka tidak suka, mereka udah membantu kita meluangkan waktu sebelumnya dan mereka adalah tamu, tamu adalah orang yang harus dihormati.

Saya jadi inget ketika bikin acara dan evaluasinya pedes banget.

“Sebenernya saya tadi itu nggak dateng di acaranya nggak papa lho, saya nggak punya kewajiban. Nggak ada yang menghubungi saya jam berapa, persiapannya gimana, dan bahkan tadi saya ngatur sendiri ukuran mic untuk saya. Terus saya cuma dikasih tau untuk mengisi acara ini tanpa mempertanyakan saya bisa atau enggak. Jujur aja saya kesusahan untuk materi yang ini.”

Tips #3: Jangan pernah takut dan sebel dikritik, karena dari situ lah kamu belajar.

Tips #4: Check sound itu mahapenting, meskipun guest star cuma ngomong doang. Biar suaranya nggak cempreng dan guest star nyaman. Biasanya sih guest star udah tau settingan micnya, bassnya harus seberapa, dan lain sebagainya.  

Tips #5: Sebelum acara dimulai, berdoa lah agar lancar. Kalau agama saya sih, The Power of Al-Fatihah. Ampuh banget. Sempet ada acara yang udah ada tanda-tanda hujan, padahal acaranya outdoor. Saya ngajak kumpul beberapa panitia buat baca alfatihah, dan.. mendungnya hilang. Itu terjadi dua kali tanpa pakai pawang hujan.

****

Overall, special standing applause buat kepanitiaan Bulan Bahasa 2014! Keren banget meskipun ada kekurangan, namanya juga belajar. Dulu aku lebih cupu kok hahahaha. Kalian berani ambil resiko untuk memperjuangkan acara ini dan banyak banget yang lebih keren daripada Bulan Bahasa tahun lalu! Terutama yang angkatan 25, tahun depan waktunya kalian bikin event bareng angkatan 26. Jangan lupa belajar dari pengalaman yang sebelumnya.

Sukses terus, gaes. Kalau ada yang bilang jadi jurusan bahasa itu enak, nggak harus belajar rajin, balas lah dengan: sok tau kamu, pernah lho ulangan disuruh bikin naskah drama dalam waktu 90 menit, atau emang mau belajar tata bahasa? Frasa, klausa, fonem? Emang dikira gampang memaknai puisi terjemahan? Hiks.

Lah, curhat.

Yang menarik di acara Blogger VS Vlogger kemarin adalah… ketiga cowok yang ada di belakang saya. Mereka ngefans banget sama Bayu Skak, mata mereka berbinar-binar selama acara berlangsung. Karena kepo, akhirnya saya tanya ke mereka dari mana.

Saya: “Kalian ini kelas berapa sih? Kok ngefans banget sama Bayu Skak? SMP?”
Adek: “SD mbak….”
Saya: “…”

Di acara kali ini nggak ada foto bareng guest star, tapi karena saya nggak tega ngelihat ketiga cowok yang rupanya masih SD ngefaaaaans banget sama Bayu Skak bahkan ketika MC bilang Bayu Skak nggak jadi dateng mereka sedih banget.... akhirnya saya tawarin foto bareng.

Saya: “Hey, kalian nggak pingin foto bareng Bayu Skak?”
Adek: “Mau, tapi gimana caranya?”
Saya: “Udah wes, ayo ikut aku.”

Akhirnya saya ajak mereka keluar dan menghadang Bayu Skak yang akan pulang.

“Mas Bayu, ini ada tiga anak SD ngefaaaaans banget sama Mas Bayu, foto bareng dulu ya?”
Tau apa respon Bayu Skak? Dia cuma bilang iya dengan pelan dan berujung dia dikerubungi massa yang mau foto bareng. Bayu pun bilang, “Ini panitianya tolong diantriin aja yang mau foto.”

Akhirnya mereka foto bareng.


Cukup sebel juga sih Bayu Skak cuek gitu, sedangkan saya udah heboh nggak jelas. Tapi kata banyak orang... aslinya dia sosok yang pemalu, apalagi kalau sama cewek. Emang iya, ya?

Sit down comedy
Sit down comedy
Yang bikin nggak nyesel dateng di acara itu adalah.. ada sesi di mana Bayu Skak di panggung seolah-olah lagi bikin video di Youtube. Kalau dia bilang sih sit down comedy. Ada-ada aja, tapi sukses bikin ngakak.

Mas Hena rapopo. 
Spesialnya lagi Mas Hena ngajakin Indra Widjaya buat dateng, dan dengan sukses Mas Indra dikerubungi untuk dimintain foto bareng dan tanda tangan. Sebenernya saya ngefans sama Mas Indra, sexy banget waktu nyanyi sambil main gitar. Tapi momen dimana ketika saya ngefans orang terkenal yang pingin dapet tanda tangan dan foto bareng itu udah dihabiskan ketika saya jadi Nidjiholic empat tahun silam. Iya, Nidjiholic.

Ketika jadi Nidjiholic saya khilaf banget, hobi pakai sorban, nyanyi di segala tempat, selalu update jadwal Nidji konser, heroik pokoknya. Sampai adek kelas saya di SMP mengenal saya dengan cara seperti ini:

Adek1: “Kamu tau Mbak Mega nggak?”
Adek2: “Itu lho, yang kemana-mana pake sorban.”

Allahuakbar… bahkan ketika Nidji ke Malang di acara ulang tahun SMAN 4 Malang, temen-temen SMP saya semuanya tanya ke temen deket saya dengan pertanyaan yang sama, “Lho, Mega mana? Bukannya dia fansnya Nidji?”

Dari situ saya nggak pingin berlebihan aja sih, kalau ngefans ya saya nikmati aja karyanya. Kalau penulis, beli buku yang nggak bajakan. Kalau aktor film, ke bioskop buat nonton filmnya. Untuk tanda tangan dan foto bareng urusan belakangan, yang keren itu bukan lagi dapet foto dan tanda tangan terus selesai gitu aja, tapi bisa kenal dan ngobrol bareng dan segera menyusul kesuksesannya.

Tapi pada akhirnya saya selfie bareng Mas Hena dan Mas Indra bareng temen-temen Jamban Blogger yang lain. Muehehehehe.

Selfie Hena Wirasatya dan Indra Widjaya

Foto bareng Bena Kribo? Hehehe, nggak dapet. Tapi saya fotoin temen-temen Jamban Blogger sama Bena Kribo, udah ditawarin tapi nggak deh. Yang lain aja dulu yang udah antri. Bukan nggak ngefans, saya punya bukunya dan suka banget, bahkan sampai lupa kalau besoknya ada ulangan. Tapi ya gitu.. banyak yang antri. Next time lah, kalau ada waktu yang lebih enak dibuat foto bareng. Iya, next time.

Waktu temen-temen Jamban Blogger minta difoto bareng buku GALAU: Unrequited Love dengan Bang Bena, dia bilang, “Kalau gitu fotonya harus gaya kayak eek dong.” *rotfl*

Makasih banyak ya Bahasa Angkatan 24 & 25 MAN 3 Malang! Ditunggu acara Bulan Bahasa selanjutnya! Besok bakal posting tentang acaranya Jemari Indonesia Muda dan Random Charitynya Jamban Blogger. Untuk Wedding Moment… setelah ulangan matematika program linier dan remedial matriks aja ya gaes. Hiks. Sampai jumpa lagi! *kecup mesra*

16 comments:

  1. Weeeeh...udah pengalaman jadi LO nih! Ntar kalo @jemarimuda punya event siap jadi LO ya kekekkke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman........ enggak juga mas. Tapi kalo ditawarin jadi LO, siap! Nambah jam terbang. Ayok bikin event, fakir event nih. Hiks.

      Delete
  2. Replies
    1. Makasih banyak Mas Hena! Gaes, gaes, iku lho. :D

      Delete
  3. Wihi Malang emang keren euy. Banyak bakat-bakat terselubung. Uyeh. \:D/

    ReplyDelete
  4. Aku ga koment tentang tulisan ini, karena kemaren udah diceritain pas Randomcharity, pengen nanya aja, font tulisan di pic. paling atas itu apa ? kasi tau meg, biar blogmu tambah kece :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya, kita pada curcol hahahaha. Font paling atas itu Black Coffee Shadow sama Bastille ^^

      Delete
  5. Ke ren. Menurutku keren kok kayaknya acaranya. Kayaknya harus belajar sama mega nih kalo mau bikin event event :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh... aku aja masih harus belajar banyak. Lagian sekarang lagi nggak ada event hahahaha. Kalo mau nanya tanya yang senior aja, akuh masih cupuh.

      Delete
  6. Seru! Berharap banget ada acara ginian dengan guest star yang sama di Surabaya... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalo di Surabaya eventnya lebih keren-keren deh :D

      Delete
  7. Wiiih, kayanya bahagia banget sekolag di MAN 3 malang, :D acara Bulan Bahasanya ngundang Kak Bena sama BAyu skak. keren nih mva meg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keliatan bahagia banget ya? Alhamdulillah ya wkwk.

      Delete
  8. Maaf atas ketidak-peka-an kita terhadap juri :') insyaAllah bulan bahasa MAN 3 Malang bisa lebih baik kedepannya.. makasih mbak megaaaaa :) laflaff<3

    ReplyDelete