#TemanMengopi 3 - Sayyid, Sebenernya Bikin ‘Bit’ itu Apa, sih?

By Sophia Mega - June 04, 2017

Akhir April kemarin seneng banget ada kesempatan main ke Depok (Jabodetabek) kembali,meskipun sekaligus sedih karena kesempatan kali ini ternyata saya nggak punya banyak ruang dan waktu untuk bener-bener bisa berjumpa dengan teman-teman padahal udah extend lebih dari seminggu. Mungkin ini alasan untuk berharap bisa mampir ke Depok lagi, sebenernya Depok tuh panasnya luar biasa, mataharinya mungkin ada sembilan. Tapi selalu kangen aja gitu, karena banyak temen-temen yang pengin banget ditemui untuk sekadar ngobrol santai.

Salah satunya adalah Sayyid. Kami berteman sejak SMP dan tetep keep contact setelahnya. Kalau dia ke Malang, dua tahun lalu sih bilangnya, "Kalau ke Malang mau nyari siapa lagi kalau gak Mega? Yang lain pada sibuk." Halah sa ae, Yyid. Tapi saya selalu bersyukur banget bisa tetep deket sama banyak temen meskipun udah nggak di satu kota lagi.

Bucketlist kalau ke Depok juga ketemu Sayyid sih, kayak sebuah kewajiban tidak tertulis gitu, halah. Sore itu, meski nggak begitu lama dan nggak ada kesempatan lagi untuk berjumpa kembali (tapi di Malang kita harus ketemu ya, Yyid!), kami berjumpa di tepi danau kampus Universitas Indonesia. Itu pun karena saya pengin bangeeeet deh ngopi di tepi danau tersebut tanpa alasan yang jelas hahaha, pengin banget aja.


Tapi nggak ngopi-ngopi banget sih, karena yang terdekat adalah Starbucks. I'm not a fan of it, jadi ya beli Frappuccinonya wae lah. Kopi mereka dengan harga yang luar biasa 'nggak umum' (bagi yang lebih sering ngopi di kedai sederhana kayak saya) tapi rasanya bener-bener pahit (waktu itu saya pesan kopi single origin Java) kok ya sayang. Frappuccinonya boleh laaaah, enak!

Awalnya, saya pengin ngobrol santai, sekadar bertanya kabar dan kuliah. Cuma banyaaak banget yang pengin saya tanya soal Sayyid, terutama soal musik-musik yang telah dia buat selama ini. Apalagi, dia adalah mahasiswa jurusan Fisika yang ambil konsentrasi nuklir! Ngeri nggak sih belajarnya Fisika Nuklir, tapi bisa bikin musik gitu?

Semacam penasaran, sebenernya apa siiih yang Sayyid lakukan selama ini? Bikin lagu? Bikin musik? Atau apa? Tapi di bio Sayyid (@toothkrush) menjelaskan bahwa yang dia lakukan adalah 'making beats'. Ternyata beats atau bit adalah salah satu musik intrumental.

Dengan nama 'toothkrush', dia bikin bit yang asik banget untuk didengerin. Ibaratnya apa ya, semacam nama panggung mungkin. Tapi setahu saya, nama semacam ini sangat bisa diubah ketika style-nya udah beda. Apakah begitu? Kalau salah.. please let me know!

Udah ngikutin musik Sayyid sejak awal banget, mulai dari bukan dengan nama @toothkrush. Sempat bernama 'Liquid Light', musik yang paling diinget sih 'Mesmerizing'. 

Digital Audio Workstation ternyata tools di balik pengerjaan bit yang dibuat. Tools tersebut bisa diakses di laptop, bisa modify musik yang udah ada sampai bikin instrumen sendiri. Di dalamnya adala yang namanya synthesizer, musik analog yang udah ada bisa dibikin beda. 

Selalu suka dengan orang-orang yang passion dalam apa yang mereka lakukan, karena pasti hasilnya beda. Pun dengan ke Sayyid, dulu mungkin dia ngikutin hype, nyobain EDM dan punya banyak target. Tapi sekarang, dari sekadar menikmati musiknya aja, saya ngerasa kalau Sayyid lebih enjoy dengan musik-musik yang dia bikin dengan nama @toothkrush sekarang. Buat Sayyid, ketika kuliah punya tekanannya sendiri. Musik yang bisa bikin dia tenang. 

Salah satunya yang saya suka adalah mixtape Bedroom Sound yang part4-nya melibatkan saya sebagai reviewer. Mixtape adalah gabungan dari beberapa lagu jadi sat biar flow-nya jadi asik satu kesatuan. Step-by-stepnya adalah nyari lagu lebih dari 300 lagu, cari yang moodnya seragam dan style-nya nggak terlalu jauh. Terus kata Sayyid, nggak ada stickrules untuk bikiin mixtape, intinya bitnya bikin sehalus mungkin aja.  


Personally, nggak hanya karena Sayyid teman dekat saya, asik banget sih dengerin musiknya. Bahkan saya kepikiran kalau misalnya nanti punya kedai kopi, maunya dibikinin mixtape dari Sayyid hahaha. Mau yah, Yyid?

Untuk musik-musiknya, klik beberapa link di bawah ya, itu musik-musik yang paling saya suka dari Sayyid aka toothkrush. Enjoy! 
Enaknya, #TemanMengopi selanjutnya siapa yah?  

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Fisika Nuklir :O .. Gambar terakhir pakai lensa apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, fisika nuklir. Itu pake lensa fix :)

      Delete
  2. keren ih bisa bikin musik begitu, udah denger juga yang anderson pt. 2. btw blognya bagus :')

    ReplyDelete