APRIL 2018 -  Turun di Stasiun Pasar Senen membuat saya bingung harus ke stasiun mana selanjutnya yang dekat dengan Jakarta Selatan. Ya...

Sama Dengan Coffee, Kalau Lagi di Kalibata Wajib Ke Sini!


APRIL 2018 - Turun di Stasiun Pasar Senen membuat saya bingung harus ke stasiun mana selanjutnya yang dekat dengan Jakarta Selatan. Ya biar kalau naik ojol (ojek online) kan enggak harus macet dan panas yah. Sebelum browsing, ternyata Litsa (Smoglit Reviews) udah menawarkan untuk menemani. Buatnya, Stasiun Duren Kalibata adalah tempat yang paling ideal jika ingin ke arah Kemang dan sekitarnya. Mau ke Tangerang (karena saya stay-nya di sana) juga enggak membingungkan. 

Dari Stasiun Pasar Senen, saya akan cari stasiun ke tujuan akhir Stasiun Bogor lalu turun di Stasiun Duren Kalibata deh. Kalau mau kembali ke Tangerang, dari Stasiun Duren Kalibata tinggal cari yang tujuan akhirnya Stasiun Angke nanti turun di Stasiun Duri, terus cari yang ke Stasiun Tangerang. Untuk tahu kereta yang kita tuju mau ke arah mana, kita bisa lihat palang informasi yang ada tulisannya 'peron' atau kalau masih enggak ngerti tanya bapak petuga saja. Untuk tahu jadwal, install aja KRL Access di Playstore. 

Cie, udah jago dan makin ngerti cara naik KRL nih sekarang hahaha.


Nah, setibanya di Kalibata, saya dan Litsa janji bertemu di mall Apartment Kalibata City. Ya mall sama apartment emang gabungan gitu yah kalau enggak salah. Setelah makan siang, eh hujan dong di luar. Yang seharusnya kami langsung ke destinasi pertama Tamasya Kedai Kopi, yakni Wisang Kopi jadi batal. Dengan hujan deras, taxi online jadi high demand. Kami memutuskan menunggu di salah satu kedai kopi andalan Litsa: Sama Dengan Coffee.


Dilihat dari luar, sebenernya biasa aja. Eh pas udah masuk, ih lucu banget, dong! 


Tempatnya sebenernya kecil, makanya Sama Dengan Coffee memanfaatkan teras untuk menyediakan beberapa kursi tambahan. Di dalam mungkin hanya cukup 15 orang, tapi karena pengaturan mejanya pas banget, bikin ruang jalan, kenyamanan dan enggak merasa kedai kopi di Jakarta Selatan ini terasa kecil. 


Di dalam Sama Dengan Coffee, ada dua meja untuk dua orang. Satu meja besar untuk delapan orang. Dan satu meja panjang menghadap jendela yang penggunaan personal untuk empat orang. Dengan ruangan kecil dan bisa menyediakan beberapa meja dan enggak terasa penuh gak gampang lho buat orang yang gak paham untuk ngaturnya. 



Suasananya nyaman banget sih buat meeting, mengerjakan tugas atau sekadar ketemu teman. Dari segi tempat emang juara banget. Tanaman yang memenuhi ruang bikin kita enggak mengira kalau sedang ada dalam mall, serasa berada di kawasan lain yang jauh dari hiruk pikuk kota. Padahal jelas-jelas, di depan Sama Dengan Coffee ada banyak mobil yang parkir dan berusaha untuk keluar.

Dari lobby Kalibata City Square, Sama Dengan Coffee terletak enggak jauh di sisi kanan lobby mall. Dan lobby mall ini terkenal sebagai penjebak mobil lama dan susah keluar kembali ke jalan raya. Dengan suasana kedai yang super nyaman, bakal lupa deh kalau di luar lagi macet dan hujan deras. Waktu menunggu jadi lebih menyenangkan. 


Dalam momen menunggu itu, saya pesan cappuccino dengan harga 25.000 IDR, sangat murah untuk kopi yang berada di Jakarta (kalau di Malang ini termasuk mahal). Sedangkan Litsa pesan Picollo dengan harga 22.000 IDR. Kedua harga tersebut belum terhitung pajak, ya. 

Cangkir yang lucu, bagi perempuan seperti saya, menjadi nilai lebih dan membangun mood baik sebelum ngopi. A nice one cappuccino, dengan blend Gayo dan Jawa Tengah, dia punya acid yang agak kuat, sedikit kacang dan samar-samar pahit tapi ada sedikit pahit. Meskipun bukan tipe kopi yang jadi favorit saya, cappuccino di sini enak dan enggak ada rasa yang ganggu kok.


Beda sama picollo yang dipesan Litsa, menurut saya tingkat acid-nya lebih kuat daripada cappuccinonya. Jadi, saya lebih suka cappuccinonya sih. Meskipun agak serakah ya di awal udah pesan cappuccino aja, padahal masih ada beberapa kedai yang harus dituju. Bijak memilih kopi adalah hal penting biar enggak mabok kopi, tapi ya enggak apa-apa, udah terlalu semangat pesan karena suasana Sama Dengan Coffee yang oke banget.

Coffee shop ini masih ada di bilangan Jakarta Selatan. Buat yang sedang berada di Kalibata, atau bahkan main-main ke Kalibata City Square, wajib sih untuk mampir. Jarang-jarang lho ada coffee shop yang instagramable, lucu dan adem banget di mall. Meskipun kopinya bukan menjadi favorit saya, tempat tetap juara.. banget! Malah juara di hati dan bikin jatuh cinta, ini lagi milihin foto untuk dipost di blog aja sambil bayangin pengin banget balik ke sana. 


Momen mengopi dan menunggu ditutup dengan sapaan barista, "Mbak dari Jawa, yah?" He he he logat emang enggak bisa bohong cuy. Masnya juga dari Jawa, tapi Jawa Tengah, beda sama saya yang Jawa Timur tapi sama kayak Litsa yang asli Magelang tapi udah lama banget di Jabodetabek. Percaya lah meskipun sama-sama jawanya, Jawa Timur dan Jawa Tengah sering punya bahasa yang jauh berbeda dan membuat saya bingung memahami mereka ketika lagi ngobrol. 

Sama Dengan Coffee
PLACE:
Jalan Raya Kalibata No.1, Kalibata City Square, Tower Flamboyan CL:18-20, RT.9/RW.4, Rawajati, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750
OPEN:
Mon-Sun: 08.00-00.00
INSTAGRAM:
@samadengancoffee
WORTH TO TRY:
Cappuccino | 25.000 IDR 
HOSPITALITY:
Totally great!
AMBIENCE:
Great for working, me time, dating and not a typical place to be noisy.
HYGIENE:
Great!
WI FI:
Yup!



0 comments: