Diambil waktu lagi di Jogja Baru aja kemarin pagi-pagi buta nyampe di Malang, jam setengah 1 pagi sampe dengan keadaan pegel-pegel. Mul...

Tips Nyaman Perjalanan Jauh

Tips Nyaman Perjalanan Jauh
Diambil waktu lagi di Jogja
Baru aja kemarin pagi-pagi buta nyampe di Malang, jam setengah 1 pagi sampe dengan keadaan pegel-pegel. Mulai dari kaki, tangan sampe hati juga ikutan pegel. 3 hari kemarin ketika kelas 12 pada rempong sama Ujian Nasional, kami yang kelas 11 dengan bahagianya ke Bandung dan Yogyakarta dengan mengatasnamakan “Study Tour”.

Malang ke Bandung kalo naik bis itu: udah jauh, lama di perjalanan dan pegel-pegel lagi. Tapi di sini, kalian bakal dapet beberapa tips untuk meminimalisir hal-hal tersebut.


1. Barang Bawaan 
Pastikan kamu mau ngapain di kota tujuan kamu, mau mudik atau sekedar jalan-jalan. Serius saya shock banget ketika temen-temen saya kebanyakan pada bawa koper, padahal 3 hari aja! Gak cewek, gak cowok, sama aja. Kalian mau study tour apa minggat dari rumah sih sebenernya. 
Tips Nyaman Perjalanan Jauh

Saya cukup bahagia dengan ransel, tote bag dan tas kamera aja. Cukup kok, malah banyak banget baju yang gak ke pake. Jadi pinter-pinter pilah dan pilih aja, pake ransel lebih enak gitu bawanya. 
Traveller

Atau coba deh konsultasi ke temen kalian yang emang traveller, dia lebih ngerti gimana cara menata barang dalam ransel. Kayak temen saya nih, dia cuma bawa satu ransel dan satu kresek yang isinya dua oreo mini. 
2. Pemandangan dari Jendela 
Perjalanan jauh sering bikin bosen, tapi coba deh lihat dari jendela bis, kereta atau pesawat terbang. Viewnya bagus banget. Apalagi kalo naik bis banyak banget orang yang ngelihat kamu dengan tatapan aneh, sesekali coba deh dadahin mereka. Soalnya saya sempet dadahin adek-adek kecil yang ada di bis sebelah waktu jalanan macet, mereka lucu banget :3.
Bandung
Waktu di Kabupaten Bandung (kayaknya) saya nemu view kayak gini nih dari jendela bis. Bangun tidur tiba-tiba ngelihat pemandangan yang kayak gini itu... adem banget. 
Inna Garuda Yogyakarta

Ini Inna Garuda di Jogja. Kesan pertama ketika di Jogja cuma satu: panas woy! Tapi waktu liat langitnya, super indah banget. Selama perjalanan di bis langitnya gak berubah, bener-bener biru dan awannya putih banget. Foto langit yang di atas sendiri itu juga di Jogja. Bahagia gitu lihatnya. 
Jadi tipsnya, cari tempat duduk di sebelah jendela.
3. Bobo Cantik 
Bobo Cantik

Ini bisa kalian terapkan di bis, kereta api maupun pesawat terbang kalo mau tidur. Pakailah masker agar kalian tetep terlihat keren meskipun tidur. Aktivitas mulut kalian tidak akan terekspos dengan jelas. 
Tambahan juga kalo mau bawa bantal yang bentuknya kayak donat (foto di atas) bisa juga nih, biar leher kalian gak pegel-pegel. Saya gak bawa bantal kayak gitu, jadinya leher sukses sakit banget tiap bangun tidur. 
4. Berdoa 
Berdoa
Ampuh banget bikin kamu nyaman selama perjalanan. Berdoanya bergantung pada kepercayaan masing-masing ya. Dengan berdoa sopir yang biasanya nyetirnya kayak F1 jadi gak kerasa, perasaan jadi gak parno kalo di tengah jalan ada apa-apa. 
5. Solat 
Buat kamu yang muslim, jangan pernah ragu buat solat di bis. Kalo emang situasinya gak memungkinkan buat kamu solat di masjid, yaudah kenapa mempersulit diri sendiri? 
Saya sempet solat di bis, karena mas-mas tour & travelnya masih bingung cari masjid terdekat. Yaudah saya duluan aja solat, waktu ashar juga hampir abis. Wudhunya juga pake tayamum, di pesawat terbang meskipun ada toilet juga saya tayamum kok. Untuk masalah solat, jangan pernah dipersusah deh kalo lagi darurat. Lagian, wudhu di toilet itu... cukup gak etis. Menurut saya sih. 
Waktu saya udah selesai solat, bis baru aja berhenti di masjid. Cukup kampret, tapi gak papa deh. Jadi saya solat lagi atau enggak? Sepengetahuan saya sih nggak perlu. Karena waktu di bis dari Madinah menuju Mekkah, Ayah saya solat Maghrib dan Isya’ di bis padahal tour leadernya udah bilang kalo solat bakal berjamaah di Masjidil Haram. Akhirnya waktu di Masjidil Haram Ayah saya dengan bahagianya nunggu yang belum solat, padahal suasana masjid bener-bener kayak bilang, “Woy solat woooy! Mumpung di sini juga!! 
Bergantung sama kalian juga sih. Mau solat tepat waktu atau solat dengan nyaman di masjid. Kalo solat tepat waktu, ya udah solat aja. Kalo emang pilih kenyamanan, ya cari aja masjid atau musola terdekat. Pokoknya jangan dipersusah dan jangan digampangin juga sih. Gak ada yang salah, solat di bis atau solat di masjid. Yang salah itu, yang gak solat. Ngono.
Yang pasti banyak banget tips lain biar kamu nyaman di perjalanan, belajar dari pengalaman saya cuma punya lima aja. Kalo kamu punya, yuk tambahin! Atau ada gak nih tips buat gak terjebak dengan tipu muslihat pedagang yang sering banget bikin gak nyaman dalam bis? Kalo ada, tambahin yuk.


Udah segitu doang yang bisa dishare, kapan-kapan share tips lagi deh. Yang jelas bukan tips biar cepet dapet pacar.... Ya-lo-tau-sendiri-kan-kalo-gue-jomblo. 

38 comments:

  1. <- paling demen kalo duduk di samping jendela. Ngga begitu bikin mabuk soalnya. Hahaha. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, selama perjalanan gak pernah mabuk. Sekalinya mabuk gara2 se bis pada dangdutan, pada setres semua -_-

      Delete
    2. Hahaha. Gue kemaren malah gegara lama ngga naik angkot, pas naik angkot lagi mabok. :|

      Delete
    3. Wakakakakakak, pukpuk ya bang xDD

      Delete
  2. << udah 5 tahunan ga pernah naik bis lagi T.T

    ReplyDelete
  3. Yang paling ampuh sih tidur, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurus paling ampuh buat gak mabuk, tapi kalo di bis abis tidur sakit semua xD

      Delete
  4. Berguna banget nih tipsnya :D Kebetulan akhir bulan ini mau GTC ke Yogyakarta. Tapi kayaknya ini bukan GTC sih, lebih tepatnya wara-wiri nggak jelas, karena ngga ada agenda ke UGM :(

    Kalo gue paling suka duduk di samping jendela, dan tidur. Pas bangun tidur langsung liat pemandangan sebelah duh.. surganya dunia deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. GTC apaan tuh? :D
      Tergantung sih sama pemandangan yg di luar apaan xD

      Delete
  5. 6. Ngerjain Temen Yang Lagi Tidur
    boleh dibilang ini jahil sih, tapi inilah letak keseruannya hahaha

    meg, yang baju merah itu meg :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu pasti kerjaanmu kan fer?:p

      Namanya Ira, dia pernah kumpulkeblog lho :D

      Delete
    2. iya lah, kan seru :p

      kok aku gak tau ya? kenalin lah :D

      Delete
    3. Waktu itu kamu lebih memilih ikut Daisuki Jepang bersama teman-temanmu, jadi kamu gak ada :p

      Delete
    4. dih, nyesel. dia punya blog juga gak?

      Delete
    5. Ada fer, nih: http://maimindismine.blogspot.com/. Abis ini dia mau apdet lagi katanya.

      Delete
  6. Gue pernah tuh dari madiun- bali.. sendirian mulai naik kereta, bis, jalan kaki, naik minibus, desek-desekan sama orang :D

    Biar nggak ribet intinya jangan bawa barang yang terpisah, misalnya bawa 2 tas gitu, ribet.. perjalanan jadi nggak nyaman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backpacker nih kayaknya :p
      Naaah iya, mending satu tas aja. Kalo lebih jadi rempong banget

      Delete
  7. jangan makan kebanyakan biar gak kebelet boker pas di perjalanan

    ReplyDelete
  8. ngakak komen e billy, tapi bener seh :D

    ReplyDelete
  9. Sistem backpacker lebih seru, tapi ini juga seru kalau lagi santai dan banyak bekal persiapan. Tapi gue perantauan jadi susah mau nyantai begini :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya "perantauan" gimana sih? Mau ngerantau gitu? Kalo ngerantau sih wajar kalo bawaannya banyak. :D

      Delete
  10. Dari traveling, kita banyak belajar hal baru. Salah satunya adalah, manajemen waktu dan juga cara menata barang dengan baik dan benar. Hehehe. Nice posting!

    ReplyDelete
  11. oh mai gat meeeeg tas alfamart e gak kesensor cobak wakakakak xD
    Aku liburan semester mau bandung lagi loooh /curhat/ /gaada yang peduli/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya itu gak keliatan kalo alfamart, tapi karena kau memberitahu semua orang jadi tauuu *halah* Wkwk goodluck ya, semoga bisa ke hostel kece yg kita liat waktu itu :D

      Delete
    2. ....... oke saudara-saudara tadi itu sebenernya bukan alfamart /plak/
      Aku berencana nginep di sana cobak wkwkwk opo iki. Hostel itu ternyata emang kece luar dalem, komen2 orang-orang bagus, terus harganya murah oh mai gat.
      Okaaaay makasiiih :D

      Delete
    3. Serius? Kau harus cerita ini di kelas! :D

      Delete
  12. dari Pekalongan ke Jepara aja pegel bingit kok u,u

    ReplyDelete
  13. Lha ada foto hotel Inna Garuda saya pikir nginepnya di sana, canggih amat study tournya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, di Jogja nggak nginep di sana hahaha. Gila aja nginep di Inna Garuda, pake duit siapa. Pake USD gak sih kalo bayar di sana? Kita nginepnya di Bandung, di Hyper Inn kok :D

      Delete