Kenaikan kelas kedengarannya akrab dengan kata UKK (Ujian Kenaikan Kelas) dan rapot. Tapi nggak itu aja, ada yang lebih penting. Buat yang ...

ABIS INI GUE LENGSER!

Kenaikan kelas kedengarannya akrab dengan kata UKK (Ujian Kenaikan Kelas) dan rapot. Tapi nggak itu aja, ada yang lebih penting. Buat yang gabung ke ekstrakurikuler dan organisasi, pasti lagi sibuk-sibuknya mencari penerus yang bisa diberi amanah untuk melanjutkannya. Kalo bahasa kerennya: regenerasi.


Itu artinya... sebentar lagi saya LENGSER! HA-HA-HA-HA. Karena tahun ini saya jadi ketua ekstrakurikuler Broadcasting dan CO divisi Dekorasi dan Dokumentasi di Safari Dakwah dan Bakti Sosial. Jadi ketua ekstrakurikuler atau ketua divisi itu nggak sekeren kelihatannya kok. Saya kepilih aja karena faktor keputus-asaan kakak kelas saya dulu yang nggak ada pilihan lagi. #akurapopo

Kok bisa nggak keren? Buktinya saya bahagia banget kalo mau lengser, karena emang nggak gampang. Sekarang pun saya harus... mencari penerusnya. Penerus yang tepat, cepat dan tangkas. *halah*. Cara pertama yang paling ampuh adalah dengan mengamati passion, cari mana yang sesuai kriteria kalian untuk jadi ketua selanjutnya.


Amati satu-satu adek kelas kalian. Misalnya, waktu itu saya jalan bareng sama salah satu adek kelas menuju studio broadcasting. Dia dengan songongnya bilang gini, Kalo liat broadcasting di sini, kayak liat broadcasting di SMP jaman adek kelasku dulu, Mbak. Nggak jalan!”

Saya diem sambil memaki dalam hati, ”Kampret, keadaannya beda. Broadcasting lo maju itu gara-gara kekuatan ada orang tua lo di sana. Sekarang siapa lo ha?”

Tapi saya tahan kalimat makian yang tidak ber-merk itu. Yang keluar dari mulut saya cuma, “Hehehehehe.” Karena saya cemen memaki adek kelas.

Kalimat adek kelas yang nusuk itu jadi pikiran beberapa hari kemudian, tapi tiba-tiba saya yakin ini petunjuk dari Tuhan! Yak, dia cocok banget jadi Ketua I di Broadcasting. Karena Ketua I itu butuh banget orang yang cerewet, ngomongnya pedes dan teges karena harus berhadapan dengan pengurus ekskul di OSIS.

Misalnya dia akan menemukan kejadian seperti ini:

Broadcasting butuh satu komputer ya.”
Hmm... itu dianggarin tahun depan aja ya...

Kalo saya pasti jawabnya, “Yaudah deh. Aku anggarin yang mendesak lainnya aja.”

Tapi kalo adek kelas saya yang satu ini pasti bakal jawab gini, Lho gimana sih? Pengurus ekskul kok nggak mau ekskulnya maju. Yaudah aku ngomong pembina OSIS aja langsung.” Saya yakin ini bakal keren! *ketawa setan*

Untuk Ketua II bagian fokus ke broadcastingnya, kayak latihan rutin, bikin lomba atau jadwal siaran juga udah dapet karena “mengamati passion” itu tadi. Ketua II Broadcasting tahun depan selama ini rajin banget, saking rajinnya bikin saya pusing kalo ketemu dia. Pasti kalo ketemu kayak gini:
Mbak, nanti latihan nggak? Mbak absennya gimana? Mbak aku nggak ketemu pembinanya. Nanti ada pelatihnya? Anak-anak kok nggak siaran ya, Mbak?”  *tarik nafas pelan-pelan* “Iya nanti latihan, nanti aja ya diomonginnya.

Cara kedua: bedakan pekerja dan pemimpin. Untuk urusan ketua pasti butuh banget dengan karakteristik pemimpin untuk bisa menghandle semuanya. Sedangkan karakteristik pekerja itu cenderung tekun dan mengerjakan sendiri, bisa-bisa tugas yang diberikan malah dikerjakan sendiri dan berujung nggak selesai-selesai karena bingung membagi tugas.

Masalah broadcasting emang udah selesai, bahkan saya yakin mereka akan jadi tim yang keren! Tapi CO divisi Dekorasi dan Dokumentasinya bener-bener jadi bahan pikiran saya sekarang. Satu nama adek kelas udah tercoret, karena tahun depan dia bakal sibuk banget di OSIS. Dan nama kedua... saya bingung gimana mencoba menawarkan amanah ini.

Karena ada suatu insiden yang bikin saya males ketemu sama dia. Jadi malam itu saya baru selesai workshop tentang branding di suatu cafe. Ternyata ada dia, nama kedua di daftar calon CO bareng kakaknya-yang-ganteng-dan-keren-banget-dan-pake-kacamata-yang-bisnis-kaos. 

Kami ngobrol cukup lama. 

Tiba-tiba, di tengah-tengah asyiknya ngobrol dengan mereka berdua KAKAKNYA-YANG-GANTENG-DAN-KEREN-BANGET-DAN-PAKE-KACAMATA-YANG-BISNIS-KAOS itu bilang dengan sangat polos: “Mbak, mbak, kancing bajunya ke buka.”




SIAPA YANG NGGAK MALU COBA, UDAH ADEKNYA SE-SEKOLAH LAGI SAMA SAYA!! Sekarang lagi mencoba menata mental untuk membahas tentang regenerasi CO divisi Dekorasi dan Dokumentasi yang udah ditagih aja sama ketua Safari Dakwah dan Bakti Sosial di tahun saya. Huuufttttttt.


53 comments:

  1. Apa yang salah dengan kancing baju yang terbuka? Kalo kancing bawah sendiri sama atas sendiri mah nggak ngefek~ :p

    ReplyDelete
  2. iya banget gua juga kepikiran organisasi yg gua ikutan taun depan bakal kaya apa? siapa ntar anggota barunya? siapa ntar ketua barunya.

    ReplyDelete
  3. Aku mau dong kakak jadi regenerasimu. :3
    Halah apa ini.. hahaha.

    ReplyDelete
  4. Ikutan bang kribo ah, hahaha
    KEren mbak tulisannya... :)

    ReplyDelete
  5. aku juga pernah kayak kamu Meg. bingung nyari regenerasi buat ekskul jurnalis :(
    tapi bener deh apa kata kamu. lengser itu rasanya Merdekaa!! hahahaha *uups

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener pol pol pol! Merdeka banget, soalnya emang nggak segampang itu kan. Bahkan jadi anggota juga nggak segampang itu, menjaga komitmen dan memenuhi kewajiban itu bukan perkara yang sepele :D

      Delete
  6. ceritanya cari regenerasi nih? oh jadi mega makin tua sekarang :D

    ReplyDelete
  7. Ciye jadi ketua ekstra broadcasting nih.. Berarti makin tua ya :D

    ReplyDelete
  8. mbak-mbak kancing bajunya kebuka hahaha
    that's so awkward moment, I can imagine your expression when he say it to you #umaksabaro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Awkward bangeeeetttt! Tiap ketemu adeknya aku selalu pura-pura nggak lihat ;__;

      Delete
    2. muka mau taruh dimana meg? sini slempitin di sepatu aku aja hahaha :p

      Delete
    3. Gak, aku udah nyediain kresek di tasku kok. Kamu gak perlu khawatir :')

      Delete
  9. sekolahnya keren aja, ada ekskul broadcasting, itu siaran di sekolah? nyiarnya setiap jam berapa? #kepobanget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehe siaran di sekolah, tiap pulang sekolah gitu deh. Tapi radio komunitas :))

      Delete
  10. Wih keren yah. Anak Broadcasting. pasti mahal ya mbak ikut ekskul kaya gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak lah. Gratis kok, nggak pernah urunan apapun. Paling bayarnya cuma kalo lagi ikut lomba aja. Selain itu gak ada. Kita aja gak pernah menjalankan "uang kas" hehehehe.

      Delete
  11. Anak broadcasting kerjanya di mana? Blackberry Messenger ta meg? Ya ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muehehe bukan. Broadcasting ya... penyiar radio gitu. Tapi selain penyiar radio, kita juga belajar off air sih, kayak jadi MC dsb. :))

      Delete
  12. Hahahaha awkward moment banget tuh pas si kakaknya-yang-ganteng-dan-keren-banget-dan-pake-kacamata-yang-bisnis-kaos tiba - tiba nyamperin dan bilang “Mbak, mbak, kancing bajunya ke buka.”
    Pasti malunya bukan main ya? Apalagi kalo yang bilang itu cowok ganteng._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Awalnya udah kerasa jatuh cinta banget sama kakaknya-yang-ganteng-dan-keren-banget-dan-pake-kacamata-yang-bisnis-kaos itu... Tapi gara-gara dibilangin kalo kancingnya ke buka, duh.... gak jadi deh.

      Delete
    2. Makanya kalo lagi di tempat umum itu harus sering - sering periksa periksa kancing bajunya udah ditutup semua apa belum. Kamu masih mending sih cuma kancing baju, kalo dulu temenku resleting celana jeansnya yang turun._.

      Delete
    3. Iya, gara2 itu jadi sering ngecek kancing :v. Wakakaka, aku belum nemu yang kayak gitu xDD

      Delete
  13. Regenerasi kan memang harus terjadi... ga masalah meskipun ada masalah *iki piye*

    yang jadi sorotan, itu kalimat kancing kebuka dan mas-mas, kayaknya kode deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomong apa sih bang? xD
      Kode apaan coba? wakakaka.

      Delete
  14. Wah berarti ga amanah nih kalau regenerasinya sampai ga jalan mah.
    Ciye yg mau lengser, ciye yg bakalan pusing ngurusin LPJ.

    ReplyDelete
  15. Hahaha kayaknya aku ngerti siapa yang mau mbak mega maki-tapi-nggak-jadi-soalnya-cemen /eh/ :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe ya iyalah kamu anak broadcasting, jangan bilang2 dia ya wakakaka. Kalo dia tau ya gak papa sih, setidaknya passionnya dia berguna xD

      Delete
  16. Meg, berterimakasihlah sama kakaknya-yang-keren-banget-dan-pake-kacamata-yang-bisnis-kaos-itu, kan malah repot kalo cuman diketawain doang x))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhuhu iya, coba kalo gak diingetin. Udah di situ banyak cowok keren lagi *halah*

      Delete
  17. SMA sekarang udah ada broadcasting ya?
    nyesel lahirnya kecepetan :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah ngapain nyesel, kurikulum 2013 terdengar tidak bersahabat untuk sekarang ini. Ujian Nasional juga semakin tidak masuk akal saja. :")

      Delete
  18. regenerasi udah aku rasain tahun kemarin, dari mulai bingungnya, setresnya, senengnya, dan emang rasanya merdeka, bebas dari tanggung jawab. tapi siap2 aja kangen moment2 saat sibuk2nya ngurus organisasi -__- organisasi gue ngangenin bangeeeeet *malah curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya sih. Tapi aku di sini kayaknya kelas 3 SMA harus ikut organisasi lagi. Kepanitiaan sih. Entahlah beberapa kakak kelas di sini meskipun nggak bisa ikut organisasi sekolah mereka bikin organisasi sendiri. :O

      Delete
  19. aahhh dulu pas lengser dari bem juga rasanya kayak yang seneng banget gitu, tapi juga kepikiran siapa ya yang jadi presiden dan mentri-mentri selanjutnya~~
    km skrg kelas 3 brarti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum hehe, tapi mau kelas 3 SMA. Hehehe. :D

      Delete
  20. ternyata pake pengkaderan juga ya. keren organisasi lo. haha. selamat ya untuk kelengserannya. masih untuk kancing baju doang yang kebuka. kalau sampe yang lain, kan bahaya. hati yang terbuka misalnya. terbuka untuk disakiti.
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah terbuka untuk tersakiti, sedih banget :")

      Delete
  21. Jangan gara-gara kancing terbuka kesempatan dia yang kakaknya-yang-ganteng-dan-keren-banget-dan-pake-kacamata-yang-bisnis-kaos itu tertutup :0

    ReplyDelete
  22. Untung kakaknya-yang-ganteng-dan-keren-banget-dan-pake-kacamata-yang-bisnis-kaos ngasih tau sih ya :p

    ReplyDelete