Semenjak ada Instagram , food photography jadi rame banget dan saya pun termasuk orang yang ikut meramaikan. Karena kerjaan lain kalau ...

Tips Foto Makanan dengan Kamera HP


Semenjak ada Instagram, food photography jadi rame banget dan saya pun termasuk orang yang ikut meramaikan. Karena kerjaan lain kalau nggak main ke event ya makan-minum lucu di kafe. Iya, makan-minum lucu, saking banyaknya sekarang makanan nggak hanya enak, tapi jadi lucu sekali untuk difoto.

Sebenernya motret makanan nggak semudah itu sih, tetep harus ada pesan dalam foto. Itu sih yang belum saya pahami, selama ini cuma hobi-hobi aja motretnya. Tapi kalau mau bagus hasil fotonya, kamera DSLR dengan lensa fix-nya menurut saya masih jadi opsi yang terbaik, karena makanan jadi terkesan mewah dan elegan. Yang paling penting lagi: jadi bikin orang laper, haus dan pengin ke tempat itu.


Foto kopi Latte Double Ristretto di atas salah satu hasil foto yang saya ambil pake Canon 500D dengan lensa fix. Lensa fix itu emang bisa bikin hasil blurnya cantik banget. Meskipun hasil DSLR emang bagus, bukan berarti kita nggak bisa memanfaatkan fasilitas yang ada dari smartphone. Saya sendiri juga sering mengandalkan kemera HP saya, Samsung Galaxy Grand Prime yang kamera belakangnya 8 MP.

Ini emang nggak motret ketika lagi makan-minum lucu di kafe sih, tapi ada minumannya hehehe. Alasnya bukan meja warna putih kok, tapi kalender bagian belakang yang warna putih. Bisa juga pake karton warna putih, space fotonya juga lebih luas. 


Nah ini baru waktu lagi minum lucu di sebuah kafe favorit saya di Kota Malang. Ini juga hanya pake kamera HP dan diedit tipis-tipis pake aplikasi editing foto. Saya lebih suka pake vsco.cam sama Afterlight. 

Hehehehe, foto kopi terus ya? Coba foto yang lain, ya. 


Angle yang lebih sering saya pake kalau pake kamera HP lebih sering dari atas. Karena saya adalah newbie alias beginner alias pemula dalam memotret makanan, saya pake sistem ATM (Amati Tiru Modifikasi). Jadi saya sering banget lihat hasil foto makanan, kalau nemu yang bagus, saya coba motret kayak gitu. Jadi setelah lihat, screenshot, terus nyobain deh motret foto dengan angle yang seperti foto yang dilihat.

Hasil warna dari kamera HP kalau buat saya kadang pucat gimanaaa gitu, ya akhirnya saya pake aplikasi editing foto untuk membantu. Kalau sekarang sih selalu pake Afterlight, karena kebetulan waktu itu ada pulsa 12.000 buat beli aplikasi hahahaha. Jadi vsco.camnya udah nggak pernah dipake, sebenernya sama aja sih, vsco.cam malah unggul dia bisa motret langsung dengan ukuran square, tapi nggak tau kenapa lebih nyaman editing pake Afterlight. Kayak foto di bawah ini: 


Green tea latte ini saya ambil di malam hari, di dalam ruangan kafe, tanpa cahaya tambahan (flashlight dsb). Karena fotonya 'bocor' alias kelihatan tangan orang lain dan warnanya juga nggak cakep, akhirnya saya edit jadi kayak gini: 


Untuk melakukan editing foto jangan sampai mengubah warna yang sesungguhnya ya. Terus juga, saya nggak pernah nambahin filter dalam foto, saya lebih sering mengubah brightness, contrast, sharpen, tone dan fade. 

Dengan kemampuan kamera HP dan skill abal-abal yang saya punya, hasil foto itu udah lumayan buat saya. Cuma yang saya sedih adalah, hasil fotonya nggak tajam. Ya minusnya pake kamera HP seringkali begitu sih, kalau mau lebih cakep lagi cari deh HP yang kemampuannya lebih bagus, atau sekalian iPhone aja. Hasil fotonya lebih jernih dan cantik.

Kalau emang nggak ada iPhone dan budget pun nggak ada, ada sih opsi lainnya, pake Zenfone 2 Laser. Harganya yang jelas pasti dibawah iPhone, Rp 2,399,000. Sebenernya kamera belakangnya sih sama aja kayak Samsung Galaxy Grand Prime, sama 8 MPnya, cuma dia udah ada kemampuan otofokus laser, hasil fotonya jadi lebih jernih dan mempercepat foto close up. Nah kalau buat motret makanan, paling penting ya kemampuan mempercepat foto close upnya itu tadi, apalagi angle yang diambil nggak dari atas. 

Saya pernah sih motret minuman nggak dari atas dengan kemera HP, hasilnya: 


Hasilnya cuma bisa segitu aja, nggak ada blur di bagian belakang untuk mempercantik foto. Jadi hasil foto lebih fokus ke arah kursi yang sendirian itu dibandingkan dengan kopinya. Kemampuan ngeblur itu membantu kita untuk menentukan cerita dari apa yang mau kita foto. Tapi kalau udah pake yang otofokus laser, hasilnya bisa lebih cantik dari ini. 



Karena emang ini smartphone keluaran baru, jadi masih jarang hasil fotonya. Cuma foto di atas salah satu pembanding aja, backgroundnya jadi cantik gitu ya? Warna dari Zenfone 2 Laser ini juga lebih natural dan kalau malam hari dia punya kemampuan untuk menghasilkan foto lebih cerah, jadi bisa menghindari penggunaan flashlight. Kalau mau motret makanan dengan HP, coba si Zenfone 2 Laser ini, kayaknya dia emang dilahirkan untuk generasi 2015, yang hobi banget motret makanan-minuman lucu. 

Bisa sih hasil foto diedit agar sekitarnya ngeblur, tapi saya nggak jago soal itu, hasilnya malah absurd: 



Hasil ngeblurnya jadi kelihatan maksa dan nggak natural. Saya lebih suka kalau blurnya bukan hasil editing sih. Mending nggak ada blur sekalian daripada maksa, kalau buat saya sih gitu. 




Errr, mau banget kalau foto di malam hari hasilnya kayak gitu. Smartphone ini jadi wishlist selanjutnya. Apalagi saya lebih suka motret kalau malem, entah kenapa suka gitu sama cahayanya. Kayak foto green tea latte saya yang di atas. Nabung, nabuuuung. Kerja, kerjaaaa. Biar nggak harus bawa DSLR berat-berat cuma buat motret makanan. Mana tipis lagi smartphonenya, RAM juga udah 2 GB, 64 bit Android L, dan lucunya lagi dari si Zenfone ini punya kemampuan tahan banting 2x lipat dari smartphone pada umumnya. Njirrr, paham banget sama keteledoran anak muda. Kalau baru disayang-sayang, kalau udah lama dicuekin. Asal jangan gitu ke pacar aja sih hahahaha.

Jadi tips foto makanan dengan kamera HP dimulai dari ATM (Amati Tiru Modifikasi). Kalau emang lebih sering pake HP untuk foto terutama foto makanan coba pilih smartphone yang kemampuannya lebih ke arah fotografinya, soal budget bisa menyesuaikan seperti yang udah dijelasin di atas. Terus belajar tipis-tipis editing foto, jangan berlebihan, hasil foto jadi nggak natural. Yang terakhir, jangan menyerah belajar, belajar dan belajar. Saya juga meskipun cuma iseng dan hobi aja tetep belajar sedikit-sedikit hehehehe. Pada akhirnya nanti bisa karena biasa. Semangat para penggiat food photography! 

19 comments:

  1. Yang di foto kok makanan mahal mulu, sekali-skali pecel kek atau tahu telor. hehe

    Aku juga lagi belajar foto-foto pake kamera iPhone sih, tapi object yang dipakai gak pernah makanan, paling suka mainan atau buku gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, kapan-kapan bakso atau pecel yak xD

      Buku aku juga suka. Kalau makanan gak terlalu. Lego gitu kah?

      Delete
  2. Wih, ilmu baru nih. Kebetulan gue juga suka foto makanan yang macem-macem. :))
    Karena belum punya DSLR, selama ini baru pake aipon 4 aja. Hehehe.

    Gue juga setuju soal yang blur itu, mendingan blur karena foto aslinya dan jangan maksain, soalnya kalo editan gatau kenapa kurang puas buat ditampilkan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, Kak Yoga sekarang juga suka editing foto pake photoshop ya? :D


      Setujuuuu!!!

      Delete
  3. Hp temenku zenfone itu meg, wkwkkw
    Tapi aku juga suka sih kameranya xiaomi. focusnya dia bagus, kemarin pernah nyoba jernih dan kaya make DSLR, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zenfone 2 tuh ada dua mbak. Yg laser sama yg bukan laser. Punya temen Mbak Ashya yg laser kah? Suangarrr. Baru launching november ini soalnyaaa.

      Xiaomi yg manaa? :O

      Delete
  4. Wah itu kayaknya lumayan deh zenfone 2 laser. Lagi rame ya meg? :))
    Hape gue padahal lumayan kalo cahayanya bagus, tapi memorinya penuh. Muahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gitu bang xD
      Astagaaa :") Apa udah ditambahin sd card? :")

      Delete
  5. Kapan-kapan kita hunting makanan bareng, kak.

    ReplyDelete
  6. Kalo foto makanan sih aku gapernah deh keknya. Soalnya kurang paham juga untuk nyari sudut yang oke. Mungkin nanti aku bisa belajar sama mbak :D

    ReplyDelete
  7. Sekali-kali fotoin ane dong mbak mega :D

    ReplyDelete
  8. Kalo cahaya lagi bagus dan terang kamera HP 8MP mungkin cukup meg, tapi kalo sudah malam... aku jadi pengen beli HP baru :(( Zenfonenya sangat leh ugha.

    ReplyDelete
  9. pesen minuman > foto minumannya > aplod di instagram pake ribuan hesteg > pulang... *minumannya ga diminum*

    ReplyDelete
  10. Intinya balik ke kameranya deh ya? Duh, kameraku aja masih oldskull banget gini :(

    ReplyDelete
  11. Keren. Eh, rekom dong tempat ngafe lucu di Malang xD

    ReplyDelete
  12. Minum lucu itu gimana, Meg?
    Kayaknya Zenfone lagi musim ya? Hampir seluruh umat manusia jaman skrg pake Zenfone.

    ReplyDelete
  13. Orang zaman sekarang kalau makan harus foto makanannya dulu.
    Btw fotonya keren-keren mbak.

    ReplyDelete
  14. Asus zenfone bagus juga ya kameranya.

    ReplyDelete