Ketika di SMA, banyak yang bilang, “Masih enak di SMP lho, santai banget sekolahnya.” Saya nggak setuju, karena saya merasa sangat b...

Oh, Gini Rasanya Kerja - Part 1



Ketika di SMA, banyak yang bilang, “Masih enak di SMP lho, santai banget sekolahnya.” Saya nggak setuju, karena saya merasa sangat bersyukur, di SMA saya dapet suasana yang baru, lebih asyik dan lebih positif. Ketika saya akan kuliah, semua bilang, “Beda banget lho kuliah, masih enak SMA,” Lagi-lagi ungkapan itu, ketika saya di kuliah, saya malah merasa lebih bahagia, karena mata kuliahnya gak sebanyak ketika saya di SMA.

Akhirnya saya mulai nggak percaya dengan frasa ‘masih-enakan-waktu-itu-lho’. Kemudian saya baca beberapa blogger yang udah nggak kuliah lagi dan mulai bekerja. Mereka bilang, kerja nggak lebih enak daripada kuliah, ketika pulang kuliah, kalian akan banyak kegiatan, tapi ketika pulang kerja, beda lagi. Iya, itu carita dari blognya Bang Ucup, di rahmanucup.blogspot.com.

Karena saya udah nggak percaya dengan frasa tersebut, dalam batin saya pun berkata, “Ada apa sih orang-orang ini, selalu ingin ada di zaman lampau. Ibarat grammar bahasa inggris, mereka ini lebih suka past tense. Ibarat asmara, mereka ini bagian dari sekumpulan orang yang susah move on.”

Apasih.

Nggak lama dari baca ceritanya, saya pun akhirnya bekerja. Ya, saya kuliah sambil kerja. Niatnya sih belajar nulis, belajar manajemen media dan sekaligus cari uang jajan tambahan. Poin pertama sama kedua itu saya butuh banget, yang ketiga? Itu apalagi, hwahahaha. 

Pertama saya jadi contentwriter di ngalam.co dan di perjalanan saya kerja di sana, tiba-tiba ada yang nge-chat saya di Facebook nawarin kerjaan, freelance contentwriter. Agak serakah ya sebenernya punya kerjaan dua, tapi percaya lah, kerjaan contentwriter itu sebenernya enak, bisa kerja dimana pun, nggak enaknya cuma satu: tertekan oleh deadline.

Nah, kali ini saya mau ceritain pengalaman kerja jadi freelance contentwriter. Karena dua kerjaan saya ini meskipun sama-sama contentwriter, ada pengalaman yang berbeda. Tiba-tiba saya di-chat seseorang lewat Facebook. Chat-ya kayak gini nih:

Bisa dibilang ini salah satu asyiknya jadi blogger dan aktif di media sosial. Bukan kita yang datang kepada pekerjaan, tapi pekerjaan yang datang kepada kita. Tapi tugasnya adalah: konsisten nulis dan berkarya, maka orang akan melihat kita.

Awalnya saya agak ragu, ada apa gerangan orang ini memanfaatkan Facebook sebagai medianya? Mengapa tidak e-mail? Jangan-jangan ini penculikan!!!! Ya gak gitu juga sih. Tapi di chat tersebut ada website yang cukup kredibel lah, kayaknya perusahaannya udah cakep banget nih manajemennya. Akhirnya saya respon, respon dan respon lagi, fix, saya jadi freelance contentwriter mereka.

Pertama-tama, saya dikirimi banyak referensi soal: SOP perusahaan mereka dan bagaimana seharusnya menulis. Dalam batin saya, “Anjirrrr, detail banget.” Ilmu saya pun bertambah, ternyata kalau nulis artikel tuh harus tau siapa pembacanya, kata-katanya harus gimana, mencari sumber tuh harus kayak gimana dan masih banyak lagi. Cakep buat media punya saya nanti! *aamiin*

Di awal, ada beberapa miss-communication. Pikiran saya udah yang, “Duh, jangan-jangan gak dapet orderan lagi nih.” Tapi enggak, editor saya ini malah jawab dengan, “Sementara ini gapapa, kan sekarang lagi bangun komunikasi.” Jadi kita nih sebagai contentwriternya makin asyik nulisnya, nggak tertekan atau ada beban bakal diomelin, tapi malah diajarin.

Selain saya jadi tau bagaimana seorang penulis dibayar, jadi dari dua kerjaan yang saya punya ini saya nerima gaji yang berbeda. Di ngalam.co saya digaji perbulan dengan mekanisme yang udah dijabarkan, sedangkan di freelance ini bayarnya per-artikel per-100 kata. Saya kan lagi ngembangin media nih, tapi bingung, nggak tau gimana sih bayar penulis tuh, dari sini deh saya dapet ilmu manajemen dan perhitungannya secara langsung. Hihihi.

Tau gak saya di freelance ini nulis apa? Hmm, kalau kalian sering baca blog ini mungkin kalian tidak akan menduga bahwa saya harus menulis: tentang resep. Ketika saya dijelaskan oleh editor, saya ketawa banget, “Serius nih nulis resep? Astagaa!!!” Di antara tulisan saya ada yang dipublish di resepkoki.co, cuma di sana gak ada nama penulisnya sih, tapi di antara artikelnya kalian bisa baca beberapa di bawah ini:

Tapi banyak manfaat ketika saya diminta nulis tentang hal seputar yang ada di dapur, jelas, saya cewek dan ujung-ujungnya pasti yang jago masak itu lebih sexy daripada yang hobi ngabisin duit suaminya. Ada momen-momen lucu ketika menulis.

E-mail pembawa berkah (re: uang jajan)

Di bulan Januari saya dapet orderan ‘7 tulisan plus plus’, kalau ‘plus plus’ itu identik dengan yang ‘ena-ena’, ini enggak, panjang-panjang banget deh artikelnya, tapi ya berimplikasi dengan besar transferannya sih. Nah salah satu artikelnya adalah: Tips Menata Kulkas.

Saya baca dong berbagai referensi dan ada tips: jangan simpan bawang di kulkas, selain meningkatkan pembusukan akan menggangu makanan lainnya, dan jangan juga disimpan di lemari karena aroma dari bawang sangat menyengat. Saya nulis malam hari dan langsung lari bergegas ke kulkas dan mengambil bawang saya dan menyimpannya di dapur. Hahahaha, ketahuan banget jarang di dapur sampe nggak ngerti bawang tuh seharusnya disimpan di mana.

Dari kerjaan ini saya jadi tau gimana sih masak cumi-cumi, cara membeli ayam yang sehat dan tidak berformalin dan banyak hal yang bermanfaat banget buat bekal saya sebagai ibu yang dirindukan oleh suami dan anak-anaknya karena sedapnya masakan di rumah. Eaaaaa.



Setelah kirim semua artikel, editor selalu kirim revisi, yang kadang-kadang harus dibenahi total. Ya maklum, namanya juga belajar, ketika nulis artikel saya lemah di kata-kata persuasif, tulisan cenderung flat.

Dan yang terakhir, meskipun fee-nya bisa dipake buat ngopi tipis-tipis, kalau orderan tulisan yang selesai satu hari biasanya dapet 100rb, kalau yang selesai dua hari, kayak orderan di bulan Januari ini kira-kira dapet 200rb lah. Nulis aja, bisa dimana pun, nggak perlu jago masak asal bisa tahan bosen baca berbagai sumber referensi. Tapi yang berat adalah: deadline.

Orderan bulan Januari ini diberi hari Kamis siang dan harus selesai Sabtu sebelum jam 12. Saya lagi UAS, tapi karena mata kuliahnya rilek, saya terima tuh, karena kalau dihitung-hitung bisa kok selesai dan sempet belajar. Intinya: kerja sama kuliah sama-sama jalan seimbang.

TAPI KETIKA LIHAT DETAIL ORDERANNYA, pusing pala Barbie. Butuh sabar banget deh nulisnya, bikin punggung saya pegel. Sampe Arif bilang ke saya, “Kamu kok jadi tertekan akan kerjaan kamu. Tidur jadi keganggu, kuliah tetep nomor satu lho.”

Wehehehe, pantes kok si Arif bilang gitu, karena kalau capek pasti yang kena dia, kalau ngeluh jatuhnya ke dia. Awalnya saya berpikir juga, “Jangan-jangan aku terlalu memaksakan diri, ini bukan kerja keras, tapi memaksakan diri.”

ngalam.co

Nah, ini ada kaitannya nih sama kerjaan saya yang di ngalam.co. Saya sempet minta resign, saya nggak kuat sama deadline dan permintaan kontennya. Tapi, pihak ngalam.co nggak memperbolehkan saya resign, tapi diberi banyak keringanan. Sampe akhirnya saya ketemu Mas Rio, beliau founder Wearemania sekaligus yang membimbing saya di ngalam.co.

“Kamu lho, Meg kenapa mau nyerah? Jangan dulu lah. Kamu cuma perlu skill aja buat nulis bisa cepet, satu jam bisa nulis 5 sampai 10 tulisan. Gaya nulis kamu itu emang bercerita banget, beda sama penulis online yang terbiasa re-writing, nanti biar Mas Tomi ajarin kamu. Jangan nyerah dulu, pengalaman kayak gini nggak banyak didapetin orang, manfaatnya nggak sekarang memang, 5 tahun lagi kamu bisa dapetin.”

Ah, masih banyak deh nutrisi-nutrisi semangat yang dikasih Mas Rio. Akhirnya saya sadar, bahwa kerja tuh emang nggak enak, enak kuliah! Mahasiswa itu pekerjaan paling rilek, nerima ilmu di kelas, ngerjain tugas, terus ujian. Kalau gagal bisa mengulang, deadline bisa negoisasi sama dosen, kelas bisa kosong karena negoisasi, kalau masuk kelas bisa titip absen atau bolos, nggak ada yang marah, ancaman terbesar ya IPnya aja nggak bagus.



Dari sini saya jadi tau, kerja itu emang awalnya nggak ada yang enak, apalagi yang kurang skill kayak saya ini. Tapi ketika saya diberi kesempatan kayak gini, seharusnya nggak nyerah dan memperbaiki dan mengembangkan skill. Mungkin sekarang saya merasa berat dengan deadline, tapi bisa jadi, satu tahun lagi saya punya skill nulis satu jam dengan 5-10 artikel seperti penulis online yang udah senior kan? Ah, ini bukan soal memaksakan diri, tapi soal jam terbang aja!

Saya jadi setuju dengan apa yang dibilang Bang Ucup, ya emang kerja tuh nggak sepenuhnya enak kok. Asik sih, apalagi saya kerja karena passion, tapi ada yang beda lah intinya daripada kuliah. Dari kerja, emang sih uang jajan jadi makin banyak, tapi beda lho rasanya sama dikasih sangu orang tua dan gaji kita. Rasanya malah menghargai uang itu untuk ditabung untuk hal yang lebih besar daripada sekadar minum-minum lucu di kafe.

Yah, buat kalian yang masih mahasiswa, coba deh kerja. Selain pengalaman jadi banyak, banyak nilai-nilai kehidupan, rasa syukur, dan hal lain yang bisa kita dapatkan. Kalau nggak mau terlalu berat sebagai pekerja tetap, cobain deh freelance.

Eh iya, terakhir nih dari pengalaman kerja jadi freelance, yang konyol adalah sekitar satu bulan lebih lah kira-kira saya berkomunikasi dengan editor saya ini. Namanya yang saya tau adalah Yoky, panggil saja Kak Yoky, meskipun beliau sudah berkeluarga. Ketika kirim e-mail, di awal selalu saya panggil, “Dear Mrs. Yoky.” Eh tiba-tiba… Kak Yoky whatsapp saya, “Btw, saya Mr. lho bukan Miss/ Mrs.” ANJIRRRR, saya langsung bales dengan heboh: “ASTAGA, SAYA KIRA SELAMA INI BERINTERAKSI DENGAN SEORANG PEREMPUAN.” Hwahahaha, maafkan saya Kak Yoky dan terima kasih sudah memberi kesempatan saya belajar banyak.

Tips menulis.
Saya bakal nulis pengalaman kerja lainnya selain freelance ini. Tungguin aja ya di post selanjutnya, ada pengalaman kerja sebagai contentwriter tetap di perusahaan dan bekerja di startup yang waktu itu belum ada gajinya. Mungkin aja bermanfaat buat kalian, sampai jumpa di post selanjutnya, ya! 

19 comments:

  1. What ? Bikin resep ? Kamu masak Aku belum tentu percaya :D
    Menarik sekali post kali ini.
    Makasih Mega untuk share pengalamannya, berguna sekali bagi aku yg baru start.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, kamu mah jahat, Za. Aku bisa masak tipis-tipis kok. :( Semangat Mirzaaaaa, sukses selalu menulis dan vloggingnya! :)

      Delete
  2. Alig alig. keren banget ini.
    gua juga kepengen nya gitu, bisa kerja sambil kuliah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((Alig)). Semoga segera menjemput kesempatan atau kesempatan itu akhirnya datang dengan sendirinya :) Aamiin.

      Delete
  3. Mungkin saya kategori yang past tense dan susah move-on itu .. jadis yedih .. :'(

    Waduy, jadi pengen juga jadi contentwritter freelance .. lumayan nambang uang saku .. Kerjaannya juga sesuai dengan passion kita lagi ..
    Semangat deh .. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk move on yuuuk hahaha :D
      Iya, ALhamdulillah :) Pasti semangat terussssss

      Delete
  4. kereeen.. bingitzzz mba meg. semangat ya. moga lebih sukses lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, ini mah apa, aku ngga seberapa. Kamu juga semoga semakin sukses dan tetap semangat yaaa :)))

      Delete
  5. setuju meg, aku jg ngerasain ini dri smt 1 udah magang (part time sih) di kantor malahaan wkwk 8gk ada yg tanya *sekilas info.. semangat kitaaa hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weeeh suangar. Di kantor lagiii. Yap, semangat teruuuus!

      Delete
  6. Duh, makin berbobot aja nih tulisanya MR. MEGA. (WAH JADI SELAMA INI MEGA TUH CEWEK TOH!!)

    *kabur naik gojek*

    ReplyDelete
  7. Kak Meg... aku salah satu yang suka ngestalk ig sama blog Kakak ini, lho. Calon anak media banget sih, tapi keren lah sumpah. Kerja freelance juga lebih fleksibel dan 'berkelas' lah, kali lain boleh ya diajarin, hihi.



    Btw, salah fokus bookmark The Return of Superman xD *yakali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, kok cuma stalk aja sih, yuk saling follow :D *menahan salting*
      Alhamdulillah, tapi aku mah ngga seberapa, mari belajar bersama.


      Wahahaha, iya itu bookmark episode yg paling aku sukaaa. Aku suka banget nontonin mereka. Sambil belajar mendidik anak kelak.

      Delete
  8. emang pas awal ketemu udah kelihatan keren meg kamu hahaha
    btw aku banyak belajar loh dari cerita-ceritamu
    sukses terus ya :)

    ReplyDelete
  9. Berawal dari kepoin postingan instagram yang dompetnya hilang, akhirnya nyasar ke blog yang super kece. Semoga dompet beserta kawan-kawan penghuninya cepat ketemu :)

    ReplyDelete
  10. Saya juga punya web resep loh mbak, mungkin mbak sophia tertarik juga jadi freelancewriter di web saya ?
    kalo sama saya deadline nya lama kok .... hahaha....

    ReplyDelete
  11. ya bener banget,, persiapan besok adalah pekerjaan berat hari ini... seperti saya sebagai penulis, berharap recehan dari google adsense, belum tahu hasilnya besok seperti apa, setahuku pekerjaan berat telah saya jalankan tanpa mengetahui hasilnya .. hmm

    ReplyDelete
  12. Salam kenal mba Sophiamega. Senang bisa kenal penulis profesional :). Thanks for share

    ReplyDelete