Instagram itu media sosial yang pas banget untuk personal branding, ya nggak sih? Kita bisa menentukan mau dikenal sebagai apa oleh orang...

#DiskusiBoleh, Food Photography for Instagram

Instagram itu media sosial yang pas banget untuk personal branding, ya nggak sih? Kita bisa menentukan mau dikenal sebagai apa oleh orang dengan feed foto dan bio di Instagram. Misalnya dia adalah backpacker yang suka hiking, feed-nya udah pasti full foto panorama dan bionya ala-ala backpacker gitu. Atau dia food enthusiast, feed-nya makanan semuaaaa, bionya juga ala-ala foodies.

Cuma… bikin feed rapi dengan satu topik yang sama itu susah buat saya. Menghasilkan foto cakep nggak semudah itu juga. Dulu udah nyoba untuk bikin feed yang rapi, tapi malah nggak nyaman, malah jadi krisis identitas. Akhirnya… saya memutuskan untuk cuek dengan feed dengan satu tone warna, satu topik, karena pada dasarnya akun @sophiamega adalah akun personal dan kembali lagi.. saya hanya seorang blogger yang punya banyak ketertarikan. Kayak di blog ini, ada empat topik utama: story, event, book dan coffee.

Awalnya mau nulis event aja… tapi malah blognya nggak konsisten, sepi. Saya pun nggak selalu suka main ke event, karena sebenernya saya nggak sepenuhnya extrovert yang suka keramaian, bahkan sering jalan-jalan sendiri dan larinya selalu ke buku dan kopi. Yah, begitu lah, akhirnya saya menerapkan hal yang sama dari blog ke instagram juga, feed-nya juga seputar empat topik tersebut. Yang akhirnya ada banyak hal yang harus saya pelajari, menulis dengan baik dan menarik, motret ala-ala jurnalistik dan motret kopi yang bagus. 


Jadi… ketika lihat poster di atas… saya langsung regestrasi!

*********
Untungnya saya kebagian kursi! Banyak hal yang saya dapatkan dan ada beberapa hal yang akan di-share di sini dari materi Mas Akbar dan hasil diskusinya juga.

Ada empat hal yang sebaiknya diketahui dari Instagram: Pertama, Creative Inspiration, sebenernya sih Instagram emang bisa aja hanya menjadi sarana share cerita-cerita, foto selfie, tapi sebenernya Instagram ini juga menjadi wadah yang tepat banget untuk kreatif. Mulai dari yang suka motret, bikin video (vidgram) dan masih banyak lagi yang akhirnya kalau kita bisa menggunakan Instagram dengan maksimal, Instagram nggak hanya sekadar ‘media sosial’, bahkan bisa jadi portofolio dan tempat berkarya.

Kedua, Use Hashtag. Saya setuju banget sama Mas Akbar, hashtag atau tagar ini penting banget! Misalnya nih dari 500 followers nggak semua bakal ngelike, bisa aja sebagian followers-nya adalah online shop, atau mereka nggak lagi online. Jadi hashtag memungkinkan untuk foto diketahui banyak orang dan kebetulan saya dapet tiga temen yang ketemu di Instagram lewat hashtag. Saya iseng aja explore hashtag, nge-love foto mereka dan akhirnya saling follow dan ngobrol banyak.

Ketiga, Instagram Etiquette. Meskipun itu akun milik kita pribadi, etika juga dibutuhkan, mungkin ini juga lebih ke hak cipta atau copyright, ya nggak jarang ada fotonya yang di-upload di akun lain tanpa ada izin dan credit foto tersebut. Keempat, Share n Care. Kalau Facebook dengan thumbs up-nya dan (dulu) Twitter dengan favorite-nya (sekarang jadi ikutan pake love), Instagram dengan love-nya. Foto di-love itu sebagai pertanda juga bahwa orang lain peduli dan mengapresiasi karya kita, jadi nggak perlu sombong-sombong untuk sekadar double-tap.

Mas Akbar (sebelah kiri, atau juga akrab dipanggil Mas Doyoke) sebagai pembicara dan Mas Fais (sebelah kanan, salah satu owner dW Coffee sebagai MC dan moderator).
Quote yang paling ngena di diskusi kali ini adalah:

“Kamera terbaik adalah kamera yang ada di tangan Anda di saat yang tepat dengan skill yang tepat.” –Arbain Rambey.

Kalau kalian follow Instagram saya pasti lihat juga beberapa foto yang lokasinya di Cafetaria dan Coffee Toffee, di foto itu saya pake kamera Canon 5D, bukan punya saya sih wahahaha, kebetulan kakak Arif yang kerja di perfilman layar lebar bawa kamera dan lensa fix yang banyak banget, yah sekalian pinjem dan belajar.

Salah satu hasil foto di Cafetaria pake Canon 5D.
Tapi saya udah mikir, “Ya… percuma aja sih kamera bagus tapi nggak punya skill.” DAN EMANG BENER! Hasil foto saya biasa aja, emang lebih baik dari kamera yang biasa saya pake (Canon 550D atau kamera hp), warnanya lebih tajam, warna lebih cantik, ISO-nya bisa banyak, tapi ya biasa ajaa… seenggaknya tolak ukurnya nggak di-repost sama Instagram hobikopi atau anak.kopi karena hasil fotonya masih jauh.

Dan setelah saya pake si-5D ini tangan saya sakit, karena berat, belum biasa hahaha. Jadi saya percaya banget, kamera terbaik itu apa yang ada sekarang dan bisa memaksimalkan dengan terus praktek dan belajar. Kata Mbak Andrea, salah satu malang foodies bilang, “Udah biasa 25 foto yang bagus cuma satu.” Bahkan Mas Akbar lebih ekstrim lagi, “Udah biasa 100 foto yang bagus cuma satu.” Bahkan saya pernah baca, bahwa 10.000 foto pertama yang kita hasilkan itu hasilnya belum bagus.

Diskusi kali ini jadi lebih semangat buat belajar motret dan sering-sering hunting.  


Ada lagi ilmu yang saya dapatkan dari #diskusiboleh sambil #mengopiboleh tipis-tipis kali ini. Skill dasar yang dibutuhkan untuk food photography di antaranya: fokus, tidak shaking atau goyang dan cahaya yang cukup (cahaya natural atau pake alat lighting).

Terus angle-nya ada: eye level, low level dan birds eye level. 


Sederhananya, eye level itu kayak foto di atas ini nih, bisa dilihat dengan jarak pandang biasa oleh mata manusia. Kalau low level itu biasanya yang motret sampe jongkok di bawah meja, buat menghasilkan foto yang utuh dari bawah ke atas (misalnya rainbow cake yang warna-warni layernya). Sedangkan birds eye level itu ketika yang motret sampe jinjit atau naik kursi.

Motret untuk Instagram juga agak berbeda dari sekadar motret makan biasa, jadi kalau motret biasa apalagi untuk menu bisa aja nih cuma motret makanannya aja udah wah, tapi di Instagram sendiri semacam ada tantangan untuk lebih menunjukkan ke: pengalaman makannya. Jadi di dalam satu meja nggak hanya ada makanan, bisa juga ada tangan yang lagi sibuk mencicipi makanan.


Oh ya, di setiap post kalian bisa koreksi setiap apa yang saya bilang ya! Karena siapa tau saya salah hihi, ditambahi juga boleh ya, gaes!  


Akhirnya #diskusiboleh yang lokasinya di kafe favorit saya ini—dW Coffee kali ini ditutup dengan langsung praktek motret, ini sih bisa langsung diskusi tipis-tipis dan kenalan dengan beberapa orang di sana. Dapet kenalan baru kayak Mbak Andrea, Mas Yugo dan berjumpa lagi dengan Mas Nino, salah satu relawan fotografer di Kelas Inspirasi Malang yang dulu pernah juga mampir ke rumahnya buat bikin pameran foto.

Terima kasih dW Coffee dan Mas Akbar! Dan terima kasih juga buat kakak saya, Mas Rezaiqbal yang sudah membayar Move Onchino dan Affogato yang saya pesan. Kakak yang baik. Ditunggu #diskusiboleh selanjutnya! Untuk hasil foto lain dari diskusi ini akan saya upload di bulan Februari ini huehehehe, kepoin aja yak.

Semangat belajar teruuuuuuussss!!!!! Kalau ada pertanyaan soal food photography bisa leave comment di bawah, siapa tahu ada ilmu yang belum di-share dan bisa menjawab pertanyaan kalian. Atau kalau mau request bahas topik fotografi atau kopi boleh juga, ditunggu ya! 

23 comments:

  1. Tunggu aja semester ini, Meg kamu akan dapat matakuliah fotography, gak sia2 deh itu hobimu wkwk.
    Inshaallah pasti nerbitin buku lagi (kalo pak Rahadi yang ngajar)
    Fotomu harus masuk ya! Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, agak takut sih mas menuju semester 2 ini. Pasti tantangannya nggak semudah semester 1 :'D Aamiin aamiin deeeeeeh :'D

      Delete
  2. Lho emang dulu pas event-event gitu blognya sepi mmeg? Gue malah suka lho pas itu. Muehehe. Anyway, itu kayaknya copyright bukan sih maksudnya yang hak cipta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makna sepinya sebenernya karena nggak konsisten itu hihi, maunya yang ditulis tuh banyak, jadi kalau difokuskan ke eventblogger nulisnya malah terbatas wehehehe. Sampe sekarang masih tetep nulis event-event kok :D

      Hihi iya, itu maksudnya, udah diedit. Makasih koreksinya. Lagi kepikiran copywriting soalnya. :D

      Delete
  3. nyesel itu pas gak tau kalo ada acara ini, dan kenapa pas tanggal itu lagi di luar Malang. sedih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Follow akun IG-nya dW Coffee atau mahasiswamlg, soalnya mereka selalu share di sana :D dW juga sering bikin challenge motret kopi kook :D

      Delete
  4. Meeeeegggg, aku suka lho liat feeds instagram kamu. Cantik-cantik banget fotonya. Pengen bisa foto kaya gitu. Hiks. :(( Seneng bisa baca post ini, nambah ilmu. Keep up the great, Mega!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau ada yang suka meskipun ini nggak seberapa masihan :'D Ayok belajaaaaar, kalau banyak praktek sebenernya ntar bisa-bisa sendiri kok :D Makasih Kak Yolandaaaaaa

      Delete
  5. AAAAAHHH!! Jadi tertarik buat bikin instagram kita jadi berisi foto-foto keren gitu, tapi masih kepikiran sampe sekarang kalo mau fotonya aja pasti susah. Jadi agak males buat ngelakuinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu ya isinya yang nggak bagus kok (meskipun sekarang pun belum terlalu bagus juga). Berproses, jadi bersahabat saja dengan proses. Semangaaaat!

      Delete
  6. Saya juga pengennya akun instagram berisi foto-foto makanan. Tapi masih terkendala di biaya untuk beli makanannya :D, jadi ya beberapa foto saya akali dengan membeli makanan yang menarik, dan menatanya di rumah.

    Hasil fotonya pun masih berantakan. Masih pada tahap belajar juga sih. Bagi saya, food photography itu bagus ketika foto itu menggiurkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaaah, itu boleh. Itu salah satu trik juga kok. Semangaaaaaat!!!!

      Delete
  7. Nah, ini nih yang sekarang jadi pekerjaan/hobby baru bagi kalangan yang punya kamera selain selfie. yak, foto makanan dan foto makanan ternyata ada seninya juga. Hmmm... boleh nih dicoba :))

    ReplyDelete
  8. makasih juga meg udah berbagi ilmunya ke blog, hehe
    seru juga sebenernya moto-moto gitu. boleh dicoba nih sama hape yang ada hehe
    sukses terus dan selamat belajar buat kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaaat mbak. Fotonya Mbak Ashya udah unyu2 gitu :3

      Delete
  9. Ketika selesai baca ini jadi mikir, 'duh nyesel udah gak di malang lagi..' dan sekarang kayaknya makin banyak event keren kayak gini ya. Hmm, jadi pengen kembali lagi ke malang entah sekedar main atau buat waktu yang cukup lama kayak dulu. Eh, hallo mega! Lama gak stalking blog kamu dan akhirnya aku baca banyak blogpostmu yang terlewatkan olehku *halah. How's your life? Sukses yaa! Hihi

    ReplyDelete
  10. ♥♠♣♦ Selamat Datang Di www.maintwin.com ♥♠♣♦
    --------------------------------------------------------------------------
    DAFTAR & MAIN SEKARANG JUGA dan raih berbagai Bonus menarik untuk Anda :
    - Turn Over 0,3% Di bagikan Setiap Hari senin
    - Bonus Referral 20%

    Mainkan 7 Jenis permainan dalam 1 user ID anda bisa menikmati berbagai permainan favorit seperti :
    👉 Texas Holdem Poker
    👉 Domino99
    👉 CEME
    👉 CAPSA
    👉 Bandar Texas Holdem Poker
    👉 Bandar CEME
    👉 SAKONG

    Untuk Informasi Selanjut nya silakan di hubungin di bawah ini
    - Live Chat 24 Jam
    - BBM : 7A81E470
    bagaimana menurut anda? Apakah anda tertarik ?
    Jika tertarik silakan datang ke www.maintwin.com


    poker online
    bandar poker online
    domino qq online
    bandar q online
    adu q online
    capsa susun online

    ReplyDelete
  11. situs SLOT Online terpercaya dan terlengkap di Indonesia AhliBet88

    ReplyDelete