Sudah siap dengan tulisan event kali ini? Udah lama lho saya nggak nulis tentang event. Yay, kalau sudah siap, yuk ikuti serunya main-m...

Malang Chocolate Festival 2016: Twinkle Bottle dan Coklat dari Suku Maya


Sudah siap dengan tulisan event kali ini? Udah lama lho saya nggak nulis tentang event. Yay, kalau sudah siap, yuk ikuti serunya main-main di Malang Chocolate Festival 2016!

Honestly, I’m not big fan of chocolate, saya bukan penggemar coklat. Ya biasa aja, tapi saya selalu suka minuman coklat panas yang beneran coklat alias yang manisnya tipiiis banget, atau mochacino yang merupakan perpaduan antara kopi, coklat dan susu dan sekalinya suka coklat pun saya suka coklat yang teksturnya lembut, kalau coklatnya terlalu keras, saya lebih suka nungguin agak lumer.

Kalau orang lebih memilih mendiamkan coklat di kulkas, saya membenci itu, saya benci setiap makanan atau minuman yang masih ada “rasa kulkas”. Setiap snack yang belum habis, lebih baik saya simpan di toples atau diikat biasa daripada masuk kulkas, karena saya bisa merasakan “rasa kulkas” yang saya benci itu. I know it is weird, but that’s me. :p

Lalu apa motivasinya saya ke sini? Butuh bahan liputan buat kerjaan hehehehe. Tapi setelah masuk sini, ternyata banyak sekali agenda yang menarik.

Saya ke sini nggak sendirian, sama Arif. Tapi kita berpisah gitu sih, karena saya liputan. Sedihnya, dia cemberut terus, dia bilang, “Gak asik ah liputanmu.” SIAL! Dia emang sering liputan event, tapi selalu jadi videographer sedangkan saya cuma diem, motret dan tanya tipis-tipis. Errr, awas ya, gak diajakin lagi, fix!

Lupakan soal Arif yang selalu menyebalkan itu dan tidak sabar menemani liputan. Let’s jump to the event!



Cukup dengan Rp10.000 saja saya udah bisa masuk ke Malang Chocolate Festival (MCF), pertama kali masuk langsung ada booth DW Coffee (cuma ada booth-nya aja). “Yeee, ada DW.” Ya, kayak gitu lah sumringahnya. Obsessed banget ya? Hmm, saya kasih tau alasannya deh, semua karena… kopi pertama yang saya minum sampai akhirnya saya suka banget adalah Americano-nya DW Coffee, jadi kedai kopi ini memorable sekali.

Kata Arif, “Dari sekian event (bazaar) yang aku datengin bulan ini, paling rame yang ini.”

Emang bener, rame! Gak cuma anak muda aja, mulai dari Ibu-ibu dan adik-adik kecil juga ngeramein acara ini. Setelah wawancara sama pihak acara dari Bikin Acara Event Organizer ternyata acara ini merupakan acara yang udah ada di tahun 2015. Dibikin lagi karena banyak yang suka terutama pihak UMKM yang bergerak di bidang kuliner coklat terus mendukung.

Saya nggak nyobain satu persatu jajanannya sih, karena gak ada uang banyak yang pertama, yang kedua sibuk motret. Cuma di situ ketemu dengan adik kelas saya yang ternyata punya usaha sendiri, namanya Diza Sainstika, saya follow akun media sosialnya sih jadi agak kepo kok dia ini cukup aktif di event semacam ini, ternyata dia dan saudaranya bekerja sama untuk bikin suatu usaha kuliner yang bernama Apeatit, banyak pilihan waffle di sana, tapi sayangnya saya gak nyobain, mungkin lain waktu ya!

Mas Kecenk yang pakai kaos abu-abu tuh.
Keliling sana dan sini akhirnya nemu booth-nya DW Coffee, sedikit menyapa yang kenal mulai dari Mas Kecenk, Mas Adit, Mas Fais dan Mas Akbar Umara lalu gatel buat beli. Jauh-jauh lho ke Lapangan Parkir Stadion Gajayana Malang eh ujung-ujungnya ke sini. Awalnya mau beli Ice Chocolate, lalu Mas Adit menawarkan, “Gak Twinkle Bottle?”

“LHO, IYA,” batin saya.



Udah lama banget pengin Twinkle Bottle dan sebelum pesan nggak lihat kalau ada si Twinkle ini. Akhirnya beli deh, rasanya enaaak banget! Semacam coklat panas yang pas banget kadar coklat dan manisnya, kental banget tapi disajikan dingin. Nice!

Wajah penuh ekspresi, "Apa lo liat-liat? Beli sendiri!"
Lagi asyik minum si Twinkle Bottle, eh ada suara MC, katanya mau open kitchen. Ternyata open kitchen dari Houten Hand ‘Coffee & Beer’. Saya kurang tau sih lokasi kafe ini di mana, tapi cukup sering denger.

Apakah kalian bisa melihat cabainya??????
Asyiknya, open kitchennya tuh unik-unik. Jadi ada Coklat Cabe, alias coklat panas yang dicampur dengan cabai, katanya ini adalah minuman khas Suku Maya ketika minuman beralkohol belum ada untuk menghangatkan tubuh. Kata Chef-nya yang menurut saya ngerti banget sejarah coklat, efek hangatnya persis kayak minum minuman beralkohol, cuma bedanya gak mabok aja.

Terus ada Coklat Cola yang katanya seger abis dan Coklat Mozarella. Sayangnya gak sempet nyobain karena sibuk motret, pengin sih mampir ke Houten Hand, next time deh boleh.


Berita udah dapet, yuk cau pulang! Event yang asyik sih menurut saya, agak sedih kemarin gak bisa dateng ke Coffee & Market karena masih di Depok, ya semoga aja ada acara yang berbau kopi-kopian selanjutnya lah. Besok, 14 Mei 2016 saya mau dateng ke Folk Music Festival, tungguin ceritanya ya!

Oh, ya, kalau kamu lagi bikin event di Malang, kirim aja press release-nya ke sophiamega97@gmail.com. Kebetulan saya kerja di ngalam.co, nanti saya masukin ke situ, deh. Kalau sempet dan budget mencukupi datang ke eventnya, berarti sekaligus diliput di sophiamega.com, makanya diundang dong! :p *halah*


Sampai jumpa di event dan cerita selanjutnya! 

2 comments:

  1. sempet dateng ke Malang Chocolate Fest yang 2015 kemarin meg, nemenin Tante Dike liputan juga, jadi sekalian aku ikut bantu jadi fotografer tipis-tipis
    yang tahun kemaren aja rame, gak kebayang yang tahun ini. sayang banget aku gak isa dateng :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bakal ada tahun 2017-nya *aamiin* semoga bisa kerasa lagi "coklat"-nya.

      Delete