“Kok pertama kali lomba ikutan yang di Universitas Indonesia sih? WHY?!” Kalimat tersebut berputar terus sejak pertama kali ada di ...

Satu Pekan Luar Biasa Bareng Pekan Komunikasi UI 2016


“Kok pertama kali lomba ikutan yang di Universitas Indonesia sih? WHY?!”

Kalimat tersebut berputar terus sejak pertama kali ada di Depok, buat final Public Relations Vaganza di Pekan Komunikasi UI 2016. Apalagi ketika udah ketemu sama seluruh finalis, ada sepuluh tim yang setiap timnya beranggotakan tiga orang.

Cukup pressure sih, terutama ketika ngelihat yang lain jauh jauh jauh lebih jago. Di mana mereka udah paham soal business distraction, product defect dan berbagai cases yang terkait dengan Public Relations. Sedangkan saya? Hanya lah mahasiswi semester dua yang baru dapet kelas Dasar-dasar Public Relations yang materi terakhirnya adalah model-model public relations.

Njir.. bisa apa gua. 

Tapi pemikiran tersebut lah yang akhirnya membuat saya bertekad sebulat jajanan tahu bulat (lagi rame di Depok) yang dimasaknya dadakan karena kalau nggak dadakan suka nggak jadi buat memaksimalkan kesempatan ini, apapun hasilnya nanti.

Tiga tim Eskalator dari Universitas Muhammadiyah Malang setelah company visit di hari pertama
Banyak banget kegiatannya, mulai hari pertama company visit ke Burson Marsteller dan Unilever. Hari kedua ada seminar yang pembicaranya merupakan tujuh praktisi yang jago di bidangnya masing-masing. Hari ketiga workshop dan pembagian brief lalu esoknya berkompetisi, setelah stress langsung dihibur dengan PR Soiree. Hari kelima, alias hari terakhir ada Communication Weekend atau awarding night-nya.

Sempet kepikiran kuliah yang ditinggal satu minggu langsung sirna, di sini dapet ilmu banget, bangeeet! Meskipun kebanyakan masih mencerna, karena masih banyak istilah yang nggak dikenal, tapi nggak masalah, dicatet aja semuanyaaaa sambil pelan-pelan nanya ke berbagai orang.

Saya      : “Ini apa sih, Kak? Type of media PESO? Sering denger dari kakak-kakak.”
Kak Gi   : “Sebenernya itu materi semester 6 sih, jadi PESO itu.”

Bahkan hal dasar PESO aja gak paham dan berani-beraninya ikut lomba, mungkin Kak Arina dan Kak Gi khilaf ngajakin saya. Modal mereka ngajakin saya hanya karena: agar Eskalator (komunitas Public Relations di kampus) ada penerus dan kebetulan saya blogger dan emang sering main media sosial, yah sedikit cocok lah dengan tema Pekan Komunikasi kali ini: The New Moon of Social Media.

Di hari H, di mana seluruh finalis mulai berkompetisi, yang sejak awal sampai Depok saya masuk angin entah kenapa di hari H itu lah puncaknya. Tapi saya selalu bersugesti untuk baik-baik saja dan menganggap semuanya hanya karena underpressure. Dikerjain sebisanya deeeh! Akhirnya bisa bertahan hingga pukul enam pagi dengan segala drama yang ada, bahkan sejujurnya agak kecewa dalam beberapa hal yang ada dalam prosesnya. But that’s ok, kata dosen saya kalau nggak gini nggak bakal belajar.  

Setelah presentasi dan memutuskan pulang duluan, saya tidur dalam jangka waktu yang lama, bangun untuk sekadar makan dan minum obat dan hasilnya: sembuh. Tuh kan, karena stress aja! Maklumin dooong, kan jam terbang pertama kalinya. Hwehehehe.

Semoga senyuman dari mereka di PR Soiree ini benar-benar kebahagiaan yang tulus.
Semua perjuangan selesai, dilanjutkan malam harinya ada PR Soiree, gala dinner di Hotel Santika Depok. Nggak bakal lupa keseruannya, terutama duo MC-nya. Pecaaaaah! Terima kasih panitia! Yang udah bikin konsep kompetisi yang bikin lelah, tapi bikin konsep penghibur yang luar biasa bikin lupa sama beberapa hari kemarin.

Seluruh finalis dari PR Vaganza Pekan Komunikasi UI 2016
Hari terakhir: awarding night, karena udah tau prosesnya gimana, jadinya saya cukup take it easy dan udah siap aja nerima hasilnya. Bahkan sejak pagi saya udah meluncur buat main sama dua teman lama saya, Sarah anak kriminologi UI 2015 dan Sayyid anak Fisika UI 2014. Mulai dari makan, beli buku, bahkan sampai main TTS.

Hingga pada awarding night, akhirnya kita tahu siapa yang memenangkan PR Vaganza di Pekan Komunikasi UI kali ini…..

Selamat semuanyaaa! 
Selamat untuk Universitas Atmajaya Yogyakarta untuk Juara I-nya! Universitas Indonesia untuk Juara II-nya dan tidak lupa Univesitas Padjajaran untuk Juara III-nya! Warbiyasak!

Awalnya sempet males kalau harus ikut lagi tahun depan, lelaaaah! Tapi entah kenapa setelah awarding night bikin pengin ikut lagi, bahkan nggak nyobain PR Vaganza-nya, pengin nyobain Journalight-nya hehehe. Semoga bisa main-main ke UI tahun depan! :D

Serius, ini pengalaman yang luar biasa, belajar banyak bangeeeet!

Bisa kenalan dengan banyak temen, halo Kak Hendro, Kak Ayu, Kak Indri, Kak Rayan, Kak Sylvia, Kak Vero, Kak Arif dan teman-teman lainnya! Terus bisa kenal dan deket sama kakak-kakak Eskalator Universitas Muhammadiyah Malang: Kak Ayu yang super perhatian, Kak Salis juga ngasih saran-saran tentang menulis, Kak Fidya yang support acara grand launching 21 Mei besok, Kak Febi yang udah ngasih topik tulisan buat kerjaan hahaha, Kak Jo yang pinter banget bikin meme, Kak Natsir yang selalu bisa cuek dan stay calm dalam setiap kondisi, Kak Arina yang selalu ingetin buat jaga mood dan kesehatan dan Kak Giandri yang banyaaaaak membantuku, terutama soal ­nge-pack pakaian dan barang-barang agar rapi sampai tujuan.

Terima kasih juga yang udah nyempetin buat ketemu saya, Sarah, Tita dan Sayyid. Next time, temen-temen blogger Jabodetabek dan Mas Angga kita sempatkan berjumpa, ya! Harus! Maaf nggak bisa lama di Depok, nanti lah kita atur.

Terima kasih untuk satu pekan luar biasanya! J

Malah kegagalan ini bikin saya semangat buat ngelanjutin kerjaan yang seminggu ditinggal karena di Depok. Langsung dalam hati bilang, “Lomba boleh gagal, tapi kerjaan nggak boleh gagal apalagia sampai resign, grand launching website 21 Mei ntar juga gak boleh gagal!”
******
Yah, gitu lah cerita di Pekan Komunikasi UI kemarin, sebenernya ada cerita lain yang sempet disasarin taxi lah, ngapain aja di Depok dan hal seru lainnya. Di-keep aja jadi Part II biar gak kepanjangan ya. Semoga aja sempet :D Buat yang nanyain Mega ke mana aja kok nggak nulis di blog, padahal cuma ditinggalin satu bulan (CUMA???!) semoga cerita ini bisa menjawab ya.

Lagi nyiapin ini nih, doain yah! :'D
Ada yang bilang, “Emang kalau udah kerja atau sibuk yang lain jadi lupa sama blog sendiri.” Bukan lupa sih, tapi prioritas aja. Mau nggak mau harus ngembangin website impian sebelah yang bulan ini bakal launching di mana hal itu bukan hal yang mudah, terus harus nyelesein kerjaan buat modalin website tersebut juga (kalau nggak kerja nggak tau deh modalin pake apa) dan hal-hal lain yang semoga kalian bisa paham, yah.

Buat yang setia baca blog ini, terima kasih banyak! Bakal disempetin kok, cuma nggak janji, karena tahun ini bakal jadi tahun perjuangan kayaknya *ah elah*. Terutama buat kemarin yang udah nge-dm via Instagram, hai Lilik Fauziah! Nggak nyangka ada yang setia sama tulisan-tulisan dari saya. Kalau kangen, bisa ke ngalam.co/author/mega, tiap bulan ada 50 tulisan di sana (yaiyalah kerja) hahaha. Makasih ya Lilik! Semoga kapan-kapan bisa berjumpa!


Temenan ajah di Twitter atau Instagram, biar kalau ada post terbaru kamu jadi tau. Okaaay, sampai jumpa di lain cerita!

3 comments:

  1. Baru semester 2 udah bisa ikutan Pekan Komunikasi UI keren ishh megaaaa..

    Sayangnya kita gabisa ketemj ya mega :( next kalo ke Jakarta kita musti ketemuan yah..

    Sukses terus mega buat kiliah, kerja sama buat website kapankamunikah nya...

    ReplyDelete
  2. Wealah kamu ikut pekom to megg... ketemu kakak angkatanku dong dari undip... wkwk, aku gak lolos pekom og ya gak ketemu...

    ReplyDelete