Bulan Bahasa!!

Bulan Bahasa adalah acara tahunan dari kelas bahasa. Cerita sedikit boleh dong ya, asal adanya Bulan Bahasa berhubungan dengan Sumpah Pemuda. Di salah satu sumpahnya ada: 


'KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA'. 

Nah itu kenapa Bulan Bahasa ada di bulan Oktober, khususnya pada tanggal 27 Oktober. Namun sayang sekali, acara utamanya Bulan Bahasa di MAN 3 Malang tahun ini jatuh pada tanggal 16 November 2013. Jauh banget ya? Gak papa deh, kan tanggal 10 November Hari Pahlawan. *gak nyambung*


Tapi tetep kok acara lomba- lomba yang akan diselenggarakan di sekolah pada bulan Oktober, jadi masih kerasa banget bulan bahasanya. 

Dari lomba di atas banyak sekali menuaikan pertanyaan yang membuat saya hanya bisa menghembuskan nafas dan mengeluarkannya perlahan. Yang namanya menanggapi pertanyaan satu- satu gak ada selesainya. Dijawab di sini aja ya: 

Lomba- lombanya kok formal banget sih?

Formal gimana ya maksudnya? Agak gak paham sebenarnya dengan pertanyaan ini. Tapi udah ada Akustik sama Stand up Comedy, saya rasa sih gak formal- formal banget kok. Lagian temanya tentang berbicara tentang Indonesia, dengan berbicara itu kita jadi peka dan setidaknya ada rasa kepedulian kita untuk memperhatikan Indonesia. Awal yang cukup baik dari pada sama sekali tidak mau tahu- menahu. Bicara tentang Indonesianya kami tidak membatasi, bebas.

Kok gak ada drama kayak tahun lalu?

Bosen deh kayaknya kalo lombanya itu- itu terus. Kami membuat inovasi baru. Stand up Comedy itu baru, paling nggak nanti ada lah Stand up Comedian di MAN 3 Malang, kali aja bisa ikut lomba atau open mic di beberapa tempat gitu kan. Esai juga baru, alasan kenapa kami mengadakan lomba Esai, lihat yang dibawah ini ya.

Esai? Duh apasih itu? Yang ada Rumusan Masalah itu ya?

NAH! Dari pertanyaan berikut itu lah yang membuat kami bersi keras mengadakan lomba ini. Kami gak mau anak MAN 3 Malang terlalu banyak yang tidak tau apa itu Esai. Jadi Esai itu bukan Karya Ilmiah kayak gitu, tapi kalau saya tafsirkan sendiri sih lebih apa yang kamu lihat, pahami, perhatikan kemudian dijadikan sebuah tulisan.

Salah satu contoh awalan Esai:

Karya Sastra Itu Apa, Sih?
(Soni Farid Maulana)

BENARKAH tidak ada nilai yang bisa dipetik dalam sejumlah karya sastra yang ditulis para remaja, yang penerbitannya demikian melimpah ruah saat ini, baik berupa novel maupun cerita pendek? Tentu saja karya yang mereka tulis, tidak bisa kita bandingkan dengan apa yang ditulis oleh Yukio Mishima, Ayu Utami, NH. Dini, Danarto, Andre Gide, Putu Wijaya, N. Riantiarno, serta sederet novelis maupun penulis cerita pendek lainnya Tagore, Toni Morrison, Ken Zaburo Oe dan Gao Xingjian untuk menyebut sejumlah nama.

Apa yang mereka tulis, dan apa yang mereka alami dalam merenungi, menghayati, sekaligus pengalaman mereka dalam berbahasa dan mengolah kata; tentu sangat berbeda dengan apa yang ditulis oleh para sastrawan tersebut di atas. Karena itu, sungguh tidak layak bila kita tiba-tiba menjatuhkan vonis bahwa apa yang ditulis oleh para remaja itu, yang masuk ke dalam kategori sastra chiklit dan teenlit itu; disebut karya sampah.

Sungguh, saya merasa heran ketika baru-baru ini di CCF de Bandung, seorang sastrawan kawakan dalam sebuah diskusi membahas novel Cermin Merah karya N. Riantiarno, dengan tegas mengatakan bahwa dalam sejumlah karya sastra yang ditulis oleh para remaja maupun untuk para remaja itu tidak ada nilai yang bisa dipetik. Segera pertanyaan muncul di benak saya, adakah ia, sang sastrawan yang juga dikenal sebagai kritikus dan juga budayawan itu, secara teliti sudah membaca habis perkembangan dan pertumbuhan sastra chiklit maupun teenlit yang kini marak di pasaran, yang membuat para pengarangnya jadi kaya raya? Saya ragu. (....dst)



Nanti Esainya dikumpulin softfile kan?

Enggak sayang, diprint-out ya. *kecup*

Ketentuan akustiknya berapa orang? Eh puisi ada durasi gak sih? Eh, temanya apa sih?

Sedih banget ada pertanyaan kayak gini, kami sudah menempelkan poster di beberapa tempat lho rek. Itu di atas ada posternya, kurang baik apa?

Lho itu daftarnya bayar 50.000?

Karena kami baik, enggak kok. Kalo kalian gak ikut, nah itu baru..... setiap lombanya denda 50.000

Itu sedikit informasi dan beberapa pertanyaan, kalo ada pertanyaan- pertanyaan lagi. Langsung menghubungi saya lewat sms aja ya: 083- 834- 578- 311 atau Facebook. Kalo Twitter kadang kelewatan terus gak kelihat, maaf ya. 

Cieee liburan 10 hari, jangan lupa ngomongin buat lomba Bulan Bahasa ya. Selamat berlibur!

Salam sayang setulus hati, 

Kelas Bahasa: 'Kami Peduli Bangsa, Kami Cinta Berbahasa'

Share:

9 comments

  1. WAAAAAAH INI NGEBANTU BANGET MBAK MEG! /ganyante/ Nice taste! :9 Sebenernya posternya udah menjawab pertanyaan sih kalo masalah teknis. Tapi buat pertanyaan yang kayak kok gini kok gitunya kejawab semua :D mbak meg memang hebat *opo* yasudah mbak meg maafin ira alay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TAK KIRAKNO KON IKU ADEK KELAS, EDAN KON *gak nyante* wkwkwk

      Delete
  2. Mau dong diundang stand up comedy. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi juri kayaknya boleh nih. Tapi buat open mic.... Next time ya mas hehe. Ini lagi menghasut panitia milad sekolah buat ngundang dari stand up Malang wkwk-_-v

      Delete
  3. Acara intern ya? Ah jadi kangen SMA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lomba2nya intern. Tapi yang tanggal 16 November 2013 nanti extern kok :D

      Delete
  4. Replies
    1. Anak man3malang bukan? Kalo bukan, maaf ya gak bisa hihi :B

      Delete