Awal desember kali ini sama kayak tahun-tahun sebelumnya, masih diisi sama yang namanya UAS (Ujian Akhir Sekolah). Kalo di sekolah saya UAS ...

Di Balik Soal UAS Antropologi

Awal desember kali ini sama kayak tahun-tahun sebelumnya, masih diisi sama yang namanya UAS (Ujian Akhir Sekolah). Kalo di sekolah saya UAS mulai tanggal 2 sampai 11 Desember 2013 buat yang kelas 11. Yang kelas 10, pengecualian tersendiri. Mereka UAS sampe tanggal 12 Desember. Pukpuk ya adek-adek unyu, aku percaya kalian kuat kok hahaha.

(sumber: http://twitpic.com/7mhouk)

Jadwal UAS (XI BAHASA):


Senin(Teknologi Informasi Komunikasi dan Matematika)
Selasa (Akidah Akhlak dan Bahasa Indonesia)
Rabu (TOEFL dan Bahasa Inggris)
Kamis (Bahasa Jepang dan Antropologi)
Jum'at (Penjaskes dan Sejarah)  
Sabtu(Seni Budaya dan Bahasa Asing Arab)
Senin (PKn dan Sastra Indonesia)
Selasa (Qur'an Hadist dan Fiqih)
Rabu (Bahasa Arab)    

Selama 4 hari UAS, lancar-lancar aja sih. Masalah nilai belakangan, kata Ibu waktu saya minta doa biar UASnya lancar dibalesnya gini: "Ya, tak doakan lancar, yang penting sudah berusaha dan berdoa."

Tapi UAS hari ini, Kamis 5 Desember 2013 saya dapet tamparan keras *halah*. Hari ini ada Bahasa Jepang sama Antropologi. Bahasa Jepang lancar hampir tidak ada kendala meskipun agak buta huruf hiragana, untungnya bisa ke tolong. Tapi Antropologinya nih....

Antropologi apaan sih? Antropologi itu temennya Sosiologi, cuma kalo di Antropologi fokusnya ke budaya Indonesia sedangkan Sosiologi fokus di kehidupan sosial, kemasyarakatannya. Kalo sepaham saya sih gitu, sepaham saya lho ya :p

Karena semalem entah sampe jam berapa udah belajar, pede aja ngerjainnya. Sikaaat! Ternyata jurus pede kali ini gak berhasil, dari nomer 3 ke bawah susah banget. Banyak yang gak ada di buku dan itu ngeselin!

Semacam: 'Minangkabau menggunakan sistem kekerabatan....'  (Jawabannya: sistem kekerabatan matrilineal, dari Ibu). Waktu baca soalnya cuma bisa ngebatin, "Mampus, ini apaaaaa." Sekali lagi, di buku dan catetan saya gak ada tentang sistem kekerabatan yang dipake setiap daerah lokal di Indonesia. Anak sekelas juga pada panik.

Atau istilah-istilah perubahan budaya yang asing buat saya. Kayak imitasi, originasi, interalisasi dan enteralisasi. Dan semua istilah itu tipe soalnya disuruh menganalisis kebudayaan yang di soal termasuk perubahan budaya yang gimana. Karena gak tau makna sebenernya dan di buku gak ada, cuma bisa nalar semampunya sambil berdoa biar jawabannya bener.

Ngeselin? Iya awalnya, tapi ini yang menurut saya merupakan tamparan. Yang membuat saya berpikir apa gunanya sekolah dan apa yang udah saya dapatkan dari sekolah. 

Buat apa ngerti Pluralisme Budaya adalah paham keberagaman budaya itu penting tapi gak tau keberagaman budaya di Indonesia apa aja. Buat apa ngerti artinya Budaya Lokal tapi budaya daerah sendiri aja gak yakin ngerti apa enggak. Buat apa paham Akulturasi Budaya itu gabungan 2 budaya yang menghasilkan budaya yang baru tanpa menghilangkan dua unsur budaya keduanya, tapi cuma tau Candi Borobudur lah hasil akulturasi India dan Indonesia gara-gara di buku contohnya cuma itu.

Kalau saya bilang: gurunya yang salah bikin soal susah karena banyak budaya yang belum saya tau gara-gara cuma baca yang ada di buku dan catetan hasil penjelasan guru. Saya yang harusnya malu jadi pelajar.

Ngakunya belajar budaya Indonesia, tapi gak tau apa-apa tentang budaya Indonesia. Ngakunya cinta sama Indonesia, tapi masa bodoh sama keberagaman di Indonesia. Buat apa nilai selalu seratus, tapi nol di penerapan kehidupan?

16 comments:

  1. duuuh si mega lagi uas masih bisa bikin posting. hebat gilaa \m/ haha
    aku juga lagi uas meg, tapi cuman bisa komen nih sudah harus belajar lagi. bye. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. *tersipu malu* ditunggu postingannya abis uas deh kalo gitu :D

      Delete
  2. Btw imitasi blablabla ada di sosiologi hehe. Keren Meg!

    ReplyDelete
  3. praktek antropologi, secara gak sadar kamu udah mengalami...

    ReplyDelete
  4. karena yang namanya budaya emang nggak bisa dijabarin secara teoritis aja buat ngerti. harus ikut ambil alih dalam kebudayaannya, dan yang pasti... tiap orang punya kebudayaan pribadi dan daerah masing-masing. *benerin kerah baju*

    ReplyDelete
  5. wah, untung gue dulu sekolah gak ada pelajaran antropologi hehehe, jadi gak merasakan :D

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. ah untung dulu sekolah tidak pernah bersentuhan dengan antropologi.. hehe
    tp sepakat dgn quotes mu, 'Buat apa nilai selalu seratus, tapi nol di penerapan kehidupan?'
    dapat ilmu baru lagi :)

    ReplyDelete