Proses sampe tiap sore selalu di studio broadcasting dan rame di radio sekolah cukup panjang. Di mulai dari ikutan public speaking tal...

BEDAH STUDIO



Proses sampe tiap sore selalu di studio broadcasting dan rame di radio sekolah cukup panjang. Di mulai dari ikutan public speaking talent yang padahal waktu itu bukan anggota dari ekstrakurikuler broadcasting, tapi taekwondo. Iya, taekwondo. 

Gak cukup sampe situ, setelah lomba tiba-tiba kakak kelas ngasih job ngemsi di acara sekolah yang cukup besar dan itu outdoor. Udah dibilangin kalau nggak pernah ngemsi, tapi katanya, “Sebentar aja kok, Meg.” Tapi ternyata lama dan berujung di-bully!

Karena berbagai hal, saya keluar taekwondo dan pindah ke broadcasting. Tapi sama-sama tetep gak niat, setiap ke studio gak pernah siaran dan bingung harus ngapain. Yang ada malah ngobrol masalah bisnis dan ikut seminar entrepreneur.

Mirisnya masa regenerasi itu datang dengan anggota broadcasting angkatan saya tinggal 2! Karena teman saya itu udah jadi ketua dimana-mana dan sekarang dia gak pernah ekskul juga… saya yang kena tumbal jadi ketua broadcasting dan otomatis masuk OSIS. 

Dengan keadaan tim yang kurang, saya sendiri belum bisa siaran dan anggota broadcasting baru susah ngumpul, saya melewati hari-hari yang cukup menyedihkan. Dimarahin pembina dan pelatih ekskul, diomelin pembina OSIS, dicerewetin pengurus ekskul dan tiap malem ke studio broadcasting belajar siaran, kadang sendirian juga padahal udah dikasih tau kalau studio itu… menyeramkan.

TAPI SEKARANG, EVERYTHING HAS CHANGED! Meskipun anak kelas XI di broadcasting cuma saya aja, tapi adek kelas udah mulai tobat rupanya. Mereka rajin latihan rutin, siaran dan Alhamdulillah saya udah bisa siaran. Studio broadcasting juga udah tertata meskipun ada kejadian menyeramkan yang mengakibatkan 3 hari lebih saya nggak mau ke sana muehehe. Ngintip broadcasting sekolah saya, yuk!


Karena gak ada operator khusus untuk mengatur volume mic dan backsound, akhirnya announcer (penyiar radio) sendiri yang mengatur. Pokoknya berasa keren kalo udah di depan mic, pake headphone dan mulai ngatur volume.


Playlist musik adalah hal wajib yang harus disiapkan saat siaran. Gak ada komputer sih di studionya jadi saya seringnya pake HP. Tapi doain aja mau diajukan pembenahan studio, semoga disetujui.


Sebenernya frekuensinya bukan 94.00 fm tapi 94.20 fm. Karena radio komunitas, jangkauannya pendek banget. Abis ini belajar pake streaming, biar pada bisa denger :D


Selain playlist musik yang pasti bahan siaran wajib dipersiapkan. Seringnya pake majalah-majalah di atas buat sumber bahan siaran. Mulai dari Gogirl!, Hai dan Kawanku bikin studio broadcasting merangkap jadi rumah baca. 


Nggak lupa selain berisik di radio, berisik juga di timeline twitter. Ini media untuk request dan titip salam gitu. Titip peluk jarak jauh juga boleh kok.

Adek-adek kelas yang mulai tobat untuk siaran. :p
Dari studio ini sih saya percaya dengan yang namanya proses. Gak ada ceritanya dari awal tiba-tiba saya udah bisa siaran, berisik dengan lancar. Gak ada ceritanya ekstrakurikuler ini bisa jadi lebih baik kalo gak ada proses berjuang sebelumnya. Gak ada ceritanya semuanya tiba-tiba menjadi baik seperti yang diharapkan sebelum kita sendiri berjuang untuk membuatnya baik. 

Sabtu besok 6 anggota broadcasting ikutan lomba announcer di Air Your Voice, acaranya Universitas Brawijaya. Di lomba ini saya harus menerima fakta bahwa kami adalah satu-satunya anak SMA dan berujung diomelin adek kelas gara-gara daftarin mereka ke lomba yang gak ada kategori khusus buat anak SMA. Muehehehe. Doain ya! :D

28 comments:

  1. Hehehe senggaknya perjuangan tidak akan mengkhianati kan, Meg. Sukses selalu ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. "perjuangan tidak akan mengkhianati'
      gue jadi keinget lagu JKT48....
      #ngapain juga gue inget....
      sekolahnya keren.... sekolah gue, studio musik aja ga punya...

      *numpak lapaknya ya ashima*

      Delete
    2. Nah bener bange kalo perjuangan gak akan mengkhianati :D

      Aduh bang haw...... Wota ya ternyata.

      Delete
  2. Jadi kapan Pictalogi diundang? Jamban Blogger diundang? aku diundang?
    buat masuk ke studio ituhh~

    ReplyDelete
  3. Waduh, nekad banget nih daftar di luar kategori. Sukses deh..

    BTW, foto-fotonya bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya cukup nekat, ujung-ujungnya juga gak menang hahahaha. Makasih banyaaaak :))

      Delete
  4. sebenernya aku dulu juga pernah pengen ikut broadcasting meg, tapi gak keturutan
    kapan-kapan aku ajak ke studio MAN 3 dong, sekalian cari ilham sama yang bening-bening hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngapain ke MAN 3 dulu, tiap kumpulkeblog kamu ketemu aku kan fer? Udah cukup bening kok :p

      Delete
  5. di sekolahku blm ada studionya malah. kita kl siaran hrs dubbing dulu, nnt diputer setiap hr jumat pagi *pas anak2 belum pada dateng -__-* dan didengerin lewat radio kelas yg bikin suara hasil dubbingannya jd gak jelas.
    meskipun bgtu kita percaya kl suatu saat di skolah kita pst akan ada ruang siaran yg akan menyalurkan suara emas kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun gak ada studio tapi siarannya ke denger semua kan? Udah bersyukur aja. KIta ada studio tapi gak tentu deh ada yang dengerin apa enggak. Yomaaan, aamin :))

      Delete
  6. nah semua eemang butuh proses. gaada ceritanya orang boro2 bisa sesuatu hal, pasti melewati beberapa proses terlebih dahulu. semakin jauh proses yang kita lewati, semakin nambah pengalaman kita.

    ReplyDelete
  7. keren ya SMA-nya ada studio broadcasting nya. semoga menang lomba nya ya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, udah selesai lombanya... dan kalah xD

      Delete
  8. wihh keren! enak banget sekolahnya ada studio broadcastingnya. tempatku enggak ada :(

    ReplyDelete
  9. saya juga mau titip salam juga dong kk
    hahahaha salut ya sama anak brodcast itu kalo disuruh ngomong jago bener
    makanan sehari-hari sih ya..

    lanjutkan bro! ntar saya titip salam via whatsapp aja deh
    wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalo jago ngedance gak di broadcast dong bang :p
      SIaaaaap xD

      Delete
  10. Keren juga ya.
    Jadi pengen ikutan gini :v

    ReplyDelete
  11. Hallo sisat, butuh penyiar cowok? PM me!

    *apasih

    ReplyDelete
  12. Wah kapan-kapan bikin beginian keren juga ya, tapi belum begitu kenal dengan nama-nama alatnya. :)

    ReplyDelete
  13. Sukses ya radionya :) di sekolah gue nggak ada ekskul ini sih u,u eh, ada deng setiap istirahat pertama, pake speaker sekolah, masih kecil-kecilan baru mulai tahun ini :) tapi sampai sekarang radio di sekolah gue belum berjalan :)

    Gue lebih suka baca proses, karena bisa ngasih ilmu dan pelajaran juga, daripada hasil yang akan membuat gue bingung gimana buatnya ya? gimana ini itunya ya? dan lain-lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah bener, dari proses kita jadi belajar banyaaaak banget. Sukses deh radio sekolahnya! :)

      Delete
  14. Titip kenalan sama adek - adek kelasnya bisa? *kemudian digetok*

    Wah keren nih! Gue selalu tertarik dan pengen banget jadi penyiar. Soalnya keliatan keren dan bisa dengerin orang2 curhat, kesulitan - kesulitannya apa aja sih? kasih tau juga dong! :D

    ReplyDelete