Merasakan asam manisnya berjuang di bidang bisnis sebenernya udah sejak kelas 3 SMP. Berawal jadi jualan pulsa, berlanjut ke reseller , M...

"Yang Indonesia Banget!"


Merasakan asam manisnya berjuang di bidang bisnis sebenernya udah sejak kelas 3 SMP. Berawal jadi jualan pulsa, berlanjut ke reseller, MLM dan akhirnya usaha mandiri. Banyak belajar, untung dan rugi. Sering saya bingung, kenapa sih nggak pernah konsisten sama bisnis yang dipegang? Belum dapet jawaban pasti juga sih.

Sebagai kapasitas anak SMA dan masih berumur 16 tahun.. saya yakin ini nggak ada ruginya sama sekali. Yang jelas banyak belajar dan banyak menyimpan bekal ke depannya. Contohnya nih, di tanggal ini saya masih bergabung di Tim JEKO (Ojek Online). Suatu usaha mandiri yang bergerak di bidang pelayanan jasa transportasi. Dimana memanjakan pelanggan tanpa harus ke pangkalan ojek dan mampu menjadi dewa penolong di berbagai keadaan genting.



Tapi satu yang harus saya sadari, rasa-rasanya saya nggak bisa lama-lama ada di sini. Prospek ke depan memang bagus, tapi banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk bertahan. Dan setelah diskusi bersama senior JEKO yang dia juga saat ini tetap ada di Tim JEKO, dia sepakat dengan apa yang saya katakan.

Ada lagi, katanya kalau bisnis: Bisnislah apa yang kamu suka, bener banget. Dan baru aja kemarin saya menerima SMS dari orang super kece:


Tanggung jawab boleh. Cuman kalau engga passion 
kasih batas waktu. Sampai kapan kamu di situ.

Gabung JEKO ini juga atas nama ikut Audisi Usaha Mandiri, ya meskipun ekspektasi kami bukan lomba lagi sih tapi bener-bener berwirausaha dan mencuri start awal. Kenapa saya bilang mencuri? Karena kebanyakan anak SMA ketika dia ingin memulai berwirausaha, dia bilang: "Engga deh, nanti aja kalo udah kuliah."


Kalo bisa sekarang? Kenapa gak sekarang?!

Meskipun kelihatannya terombang-ambing dan sering nggak konsisten, tapi saya dapet banyak dari sini. Mulai dari cara mencari dan menentukan karyawan, menentukan harga, paham fix cost dan variable cost (padahal saya benci pelajaran ekonomi), packaging dan banyak hal lainnya melalui praktek langsung. Setiap pengalaman itu berharga, yakin deh!

Nah, nah, nah ini dia inovasi bisnis yang sedang coba dirintis.


Ada 16 buku catatan yang saya punya, istilah gaulnya notebook. Mulai dari binder yang diberi teman SMP saya dua tahun lalu, notebook gratisan, notebook dari yang besar sampe yang unyu, notebook dari acara (kebetulan yang ada di situ notebook Bulan Bahasa dan ada fotonya Insan Nur Akbar dan Hena Wirasatya lho *apasih*) dan.. buku rekening tabungan, nota kontan serta buku kwitansi. 3 yang terakhir tetep notebook kok, gunanya menyimpan catatan kan? Muehehehe.

Setiap buku beda-beda waktu penggunaannya. Ada yang buat buku catatan bisnis, tugas sekolah, ide nulis, gambar gak jelas, organisasi sampe.. ya itu tadi transaksi pembayaran. Kesimpulannya, saya sering nulis. Selain karena dasarnya suka nulis dan emang butuh notebook semacam ini.


Ini notebook yang sampe sekarang saya pake, setiap hari dibawa kemana-mana. Gratisan dari majalah Gogirl! hehe. Mari kita lihat keajaiban dari sebuah notebook unyu ini. 


Depannya udah keren banget, ada This year’s goals. Tiap buka notebook, jadi langsung inget apa aja sih yang jadi target tahun ini. Aslinya foto ini mau jadi bahan #TematicBlogJB yang 7 target di tahun ini, tapi waktu itu lagi fokus #LombaHUTJB *alesan*.


Nah ini yang menyelamatkan hidup saya. Biasanya kalo saya mau ngapa-ngapain, pasti masih pikir lama, “Aku mau ngapain ya abis ini, apa yang harus aku lakukaaaan! APAAAA!?” Daripada stress dan berujung tidak mengerjakan apapun. Ini adalah solusi terbaik!



Saking seringnya bawa notebook dan kadang-kadang sampe lupa bawa buku catatan pelajaran. Tapi tenang, notebooknya fleksibel kok. Ini catetan pelajaran yang baru aja kemarin dicatet. Dimana saya cuma bisa bingung di akhir pelajaran. Ceritanya lagi belajar kebahasaan di bagian “AFIKS atau IMBUHAN”. Ada yang mau bantuin saya belajar ini? :’’’D

Dan serunya punya notebook:



Itu terakhir lagi nulis apa yang harus dikerjain JEKO untuk besoknya. Ditinggal bentar eh tiba-tiba ada yang nulis “Semangat ya!”. So sweet gak sih? Moodbooster banget.


Jangan perhatikan yang kiri, itu saya lagi stress ngitung hasil jualan tas hahaha. Lihat yang kanan aja. Baru aja sabtu kemarin dapet ginian tiba-tiba. Isi tulisannya adalah:

Hey Mega primadona desaaa. Kamu gak perlu jadi Wonder Woman, cukup jadi Super Mom. Laki-laki hebat, dibaliknya ada perempuan hebat. Ayo Meg, menjelajah nusantara. Ayo Meg, bikin sekolahan yang keren. Ayo Meg, berhenti nyamar jadi orang jelek. Ayo Meg bergerak!”- @Chaichiro.

Absurd sih, tapi so sweeeeet! Makasih banyak ya Cece mumumu.

Nah kan banyak banget gunanya? TAPI TAPI TAPI. Yang saya agak jengah dengan notebook jaman sekarang adalah… banyak yang gak Indonesia banget. Bahkan kakak kelas saya (cowok lagi L) jualan notebook yang gak Indonesia banget itu tadi. Langsung saya komen:

Duh, Mas. Ngapain sih jualan kayak ginian? Kok gak Indonesia banget! Aku pokoknya mau bikin usaha notebook yang Indonesia banget!!” (mas ganteng itu cuma jawab: opo ae se meg)

Ya! Notebook yang Indonesia banget. Yang bikin ketika orang membawanya, “Gila, bangga gue jadi orang Indonesia.” Prospeknya bagus, anak SD, SMP, SMA, kuliah bahkan yang udah kerja butuh ginian. Apalagi yang banyak kerjaan.

Konsep Indonesia banget itu gimana sih? Kalo yang ini, rahasia perusahaan ya hihihi. Jadi gimana, ada yang mau bantuin saya untuk mengembangkan usaha ini? Saran percetakan atau yang lain? Atau udah punya usaha notebook juga atau usaha mandiri lain? Sharing yuk!

Akhir kata, SBY aja bilang: "Milikilah mental wirausaha. Mental yang siap gagal, siap bangkit dan mencoba lagi." Jadi yang masih mikir-mikir mau berwirausaha apalagi yang udah ngerasa ada passion... Masih tetep ragu? 

(Postingan ini dalam rangka ikutan #TematicBlogJB :3)

62 comments:

  1. Replies
    1. Belum, belum keren. Ide bisnisnya belum terealisasi kok :D

      Delete
    2. tapi doa kita yang baca mungkin ide nya bisa jadi realis mba . :) , saya ikut support nih ..

      Delete
    3. So sweet banget sih, makasih banyaak! :))

      Delete
  2. wah, Indonesia banget.. berani beda itu baik :D
    kalo aku blum dapet ide bisnis yg pas nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balik lagi, "bisnis yang kamu suka." Segala macam hal sebenernya.... bisa dijadikan ajang berbisnis. Apasih. Yaudah, sukses ya cari ide bisnisnya :))

      Delete
    2. belajar + banyak nyimak juga mungkin bisa buat bekal kelak disaat punya usaha nanti ! :D

      Delete
    3. Bisa juga nih, kalo triknya Hamzah Izzulhaq salah satu cara dia bisa sukses baca cerita suksesnya orang-orang yang udah sukses :D

      Delete
  3. kamu aja udah berani nyoba bisnis ini itu meg, aku punya prospek bisnis satu biji doang sampe sekarang belum mau ngambil resiko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku selalu ambil peluang tanpa mikir baik buruknya, nah ini yang bikin gak konsisten jadinya. Gak fokus satu hal. Tapi dari sini aku dapet ilmu banyak banget. Prospek bisnis yang kamu punya itu..... udah sekarang ujian dulu deh. Abis semua clear, cari cara pembiayaan modalnya! Cari modal juga pinter-pinter cari trik dan strategi juga sih kalo menurut aku belajar dari bisnis kemarin *halah oposeh meg*

      Delete
  4. Bahahahak.. Keren idenya OJEK ONLINE... Dulu sih pernah denger ada yang wirausaha TAMBAL BAN DELIVERY... Keep it up Meg!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambal ban delivery? Ada ada aja. Browsing ah wkwk. Iya, makasih banyak mas :)))

      Delete
  5. saya nyimak dulu mbak..

    kunjungan perdana ni
    salam kenal dan sukses selalu ya..
    follback jika berkenan zon-go.blogspot.com
    maturnuwun..hehe

    ReplyDelete
  6. keren idenya :)
    aku sih, banyak ideee.. realisasinya yang gak kunjung ada. wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang banget kalo idenya sia-sia. Realisasi pelan asal pasti deeeeeh :D

      Delete
  7. Tjakep, udah berani berbisnis. Gue sih belum tau mau bisnis apaan ._.
    Oiya, semangat ya! haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi jomblo nggak? Bisnis hati bang aji aja.. Eh apasih :p
      Iyaaa, makasih banyak! :D

      Delete
  8. Keren nih, padahal masih muda tapi udah banyak pengalamannya. Gue setuju sih, kalo mau yang panjang ya harus sesuai passion. Calon-calon sukses nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo gak sesuai passion bawaannya berat dan berujung gak panjang umurnya. Aduuuh aamiin, aamiin. Bang Dwi juga pasti calon-calon sukses :D

      Delete
    2. Amin! panggil Adi aja. Slam kenal yaa. :D
      Baru ganti header nih yeee~

      Delete
    3. Muehehe malu kan salah nama. Oke bang adiii! :D
      Hehehe iya nih.

      Delete
    4. hahaha ngga salah juga sih. Tapi err.. ya gitu lah pokoknya Huehehe.

      Delete
  9. Wih, bagus juga. Kadang, selain nulis di blog, asik juga yah nulis di notebook gitu..
    Bisa jadi dream note juga ini notebook.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Dream note itu yang menarik. Gak semuanya asik untuk diketik, contohnya nulis mimpi-mimpi kita lebih greget ditulis tangan *halah*

      Delete
  10. Oh, "dibalik pria hebat, ada perempuan hebat" toh....
    *pantes gue ga hebat-hebat*

    Notenya keren, iya tulisannya juga.... jadi kepengen, buruan kembangin usahanya, siap tau hasilnya lebih keren... oh iya, utang pancake, utang panekuk itu wajib setiap hari ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho lho, hayo lupa sama ibunya sendiri :p

      Iyaaaa, doain yaa! Bukan bukaaaan, itu gara-gara hari sebelumnya lupa bayar hahaha, jadi ditulis lagi deh di hari sebelumnya. Beda warna kan? Bukan warna merah soalnya gak diselesaiin hari itu juga. Gitu. :p

      Delete
    2. Ibu mah ga dibalik gue, dia gue taroh di depan sebagai panutan.....

      kirain kewajiban....kan lumayan bisnis utang panekuk, jadi tiap hari membernya wajib berhutang dan dilunaskan esok harinya, yg artinya pendapatannya tetap tiap hari....

      Delete
    3. Aseeeeeek.
      Edan. Boleh tuh jadi ide bisnis :D

      Delete
    4. bisa....
      *masukin tematic blog ah....*

      Delete
  11. Hmm, keren!
    Padahal masih muda, tapi udah eksplor banget di dunia perbisnisan.
    Berarti sejak kecil udah mandiri banget, ya. Gue tertarik berwirausaha, tapi karena masih awam kayaknya gue harus konsultasi dulu deh. Soalnya gue paling ribet mengatur keuangannya dan segala macem. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Mandiri" tetep bukan dalam artian mandiri sepenuhnya, lebih tepat sedang mencoba mandiri. Soalnya maih ngerasa belum mandiri hehehehe. Udaaaah sikat aja! Aku juga bukan orang yang pinter ngurusin keuangan, berantakan. Tapi jadi lebih baik karena banyak pengalaman dan berjalannya waktu :)

      Delete
  12. Keren keren keren dan kerennnnnnnnnnnnnnnnnnn!! :') Kreatif, blognya juga minimalis dan tampilan juga keren.. Salut dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey hey hey febri! Hehe makasih banyak lho. Kamu juga keren blognya. Super super keren :D

      Delete
    2. Ah kerenan kamu deh kayaknya.. Tapi lebih keren kalo kamu ngefollback blog aku :D Yeye

      Delete
  13. Kalo bisa sekarang? Kenapa gak sekarang?! *ajib*

    ReplyDelete
  14. Wah sering banget ketemu sama tuh notebook hadiah go girl! Pasaran ya.
    Ah ngebangun bisnis sama komunitas tuh emang ribet. Pas ngerancangnya aja semangat sama ekpektasinya gede, eh implementasinya uh ah oh.
    Sukses buat JEKO-nya. Eh ngasih usul aja gimana kalau tuh bentuknya Social Enterprise, biar profitnya dapet, pahalanya juga dapet. Baru dapet ilmu dari British Council nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang hahaha. Lah satu majalah langsung dapet dua notebook.
      Nah iya bener banget, apalagi kalo kurang kontak dan banyak masalah di internal. Lebih susah.
      Aduuuuh agak gak paham, oke bakal browsing deh atau langsung kontak ke bang arif aja kali ya. Makasih banyak bang sarannya :))

      Delete
  15. Replies
    1. Belum kereeen, idenya belum terealisasi soalnya :(

      Delete
  16. Kok selama ini gue belum pernah dapet hadiah notebook-nya Go Girl sih. Ngeselin T.T Btw, gue jadi terinspirasi dari postingan ini deh, serius kak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pukpuk ya Nofi Sensei :') Syukur deh kalo terinspirasi padahal... siapalah saya ini. Ea. Ayo mulai berwirausaha, kalau bisa sekarang, kenapa gak sekarang?! :D

      Delete
  17. keren nih :D serius masih umur 16th?
    gue sih punya ide banyak, tapi kadang susah merealisasikan soalnya berbenturan sama waktu sekolah *alah curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya serius masih umur 16th. Hehehe. Kalo aku sendiri ya pasang prinsip aja, sekolah jangan sampe jadi penghambat ekspresi kita. Kepala sekolahku aja bilang, sekolah ini sebenernya cuma buat latihan, buat pemanasan. Pemanasan buat bikin berbagai maca krativitas contohnya. :D

      Delete
  18. konon di negara kita masih sangat kurang banget wirausahawan, semuanya serba ingin menjadi pegawai (negeri)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seiring berjalannya waktu, pemikiran itu mulai berubah kok. Percaya aja! :) Tapi pegawai negeri juga penting banget lho, super penting. Mungkin baiknya, ya seimbang:D

      Delete
  19. Kayaknya mbak ini ngoleksi notebook ya hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gitu deh. Baru aja kemarin tiba-tiba dikasih Ayah 3 notebook sekaligus padahal masih ada notebook yang lainnya -___-

      Delete
  20. keren ya. emang enaknya kalo punya catatan harian to do list itu bakal nggak bingung mau ngerjain apa hari ini. semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi kalo sering lupa. Lupa satu hal, bisa kacau ntar xD

      Delete
  21. Berjiwa wirausaha sekali yah, beda dengan gue -___-
    Lanjutkan deh bisnisnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa lah, ya masa semuanya berjiwa wirausaha. Ntar gak ada dokter dong di dunia ini *apasih*. Iya makasih banyaaak :))

      Delete
  22. gue mau komentar juga udah di postingan. yaudah deh gue #GagalKomentar untuk postingan ini

    ReplyDelete
  23. kalo cewe rajin sih yaa, punya buku agenda dan notebook isinya berbagai-bagai catatan ide dan kegiatan dengan tulisan rapih dan unyu2 gitu.. jadi 'booster' kalau ngeliat lagi..

    lah laki? kalo saya sih udah tulisannya kayak ceker ayam, males nyatetin agenda tiap hari satu per satu, ahh... tp bagus nih.. keep up the good work! dunia perkuliahan dan kerja memang mbutuhkan keteraturan waktu (dan saya sedang merasakan itu semua)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan cowok yang ceker ayam itu sexy kok, jadi kamu tenang aja ya :")

      Delete
  24. Ojek Online??? baru denger.. hahaha.. Kreatif banget orang2 jaman sekarang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kamu pasti lebih kreatif kaaaaaaaaaaaaan

      Delete