Dari sekian SMA/MK/MA se-derajat di Malang, mungkin hanya MAN 3 Malang yang libur sejak penerimaan rapot sampe seminggu setelah Hari R...

Libur Enam Minggu?


Dari sekian SMA/MK/MA se-derajat di Malang, mungkin hanya MAN 3 Malang yang libur sejak penerimaan rapot sampe seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri (kecuali anak baru hihi). Jadi di bulan Ramadhan sama sekali nggak masuk dan itu artinya: kami libur selama enam minggu.

Hebat.

Antara bahagia karena bisa puas liburan dan bingung juga karena bisa-bisa gembel di rumah karena nggak ada kegiatan. Kan biasanya kalo sekolah pengen libur, dan kalo libur pengen sekolah. Setelah libur sekitar dua minggu, dugaan awal sangat benar sedangkan dugaan kedua saya sangat salah.

Gembel di rumah karena nggak ada kegiatan merupakan dugaan yang sangat salah karena liburan saya dipuas-puasin banget buat kumpul sama temen lama dan ngadain beberapa event.

Pertama, MOS 2014.

Udah pernah update postingan tentang ini nih, klik sini ya. Dari MOS jadi kenal beberapa adek kelas yang hobi bikin video, suara yang cocok jadi MC dan blogger. Asyikkkkk!

Kedua, Buka Bersama 6A MIN Malang 1 (lulus tahun 2008/2009).

Baegopa?

Kirain reuni SD kali ini bakal biasa aja kayak dua tahun yang lalu, yang dateng cuma beberapa. Ternyata enggak! Yang dateng lebih banyak dan kita ngakak heboh karena nostalgia masa-masa SD yang emang pantes diketawain. Ada cerita yang bikin saya ketawa nggak berhenti dan lega banget deh ketawanya.

Jadi ada seorang guru yang tanya di kala itu, “Siapa yang sakit??”. Dan satu anak yang ketika buka bersama 6A jadi topik hangat sampe stalking Instagram-nya segala, dia bilang sambil angkat tangan, “Saya pak, mati.”

OMAYGAATTT! Gara-gara itu saya ngakak nggak berhenti-henti, motivasinya bilang kalo udah mati sambil angkat tangan apa coba.....

Saya masih inget ketika kelas 6 hobi duduk di paling belakang sudut kiri, deket jendela yang viewnya jalan raya dan pepohonan bareng Qonita. Setiap pohon gerak karena ada angin, Qonita selalu bilang: “Meg, Meg kelas kita gerak, kelas kita gerak!!” Idiot banget.


Foto-foto Tongsis
Ini salah satu foto dari sekian buanyaknya foto.
Banyak deh cerita yang bikin Baegopa jadi rusuh karena kita. Mulai dari ketawa nggak wajar sampe foto rame-rame pake tongsis dan dilihatin orang-orang se-Baegopa. Sesudahnya makan, hampir semua mampir ke rumah temen, Naya namanya. Dan lagi-lagi foto-foto. 

Karena mereka emang nggak wajar frekuensi photo sessionnya, ditengah-tengah itu saya bilang, “Udah rek, cukup, pipiku sakit.” Tapi percuma, anak-anak cewek lainnya masih tetep semangat foto-foto pake tongsis.

Subhanallah. BBBBB – Bener bener Bukan Buka Bersama Biasa.      

Ketiga, Let’s Make Up Your Community – NGEGAS (Ngobrol Ide Gagasan) Bareng Komunitas.

Let's Make Up Your Community
Pengen bisa bikin poster kayak giniiii.

Ketika lagi asik-asik liburan, tiba-tiba dapet SMS dari kakak kelas kesayangan *cieh. Katanya diminta ngumpul, tanpa tanya ngumpul apa saya iya-in aja. Kirain bakal ngomongin bisnis, ternyata salah. Saya tiba-tiba diberi amanah di Jemari Indonesia Muda untuk MAN 3 Malang. Yang akhirnya membawa saya jadi bagian dari kepanitiaan acara ini.

Seru banget meeting bareng Urip Mapan Corporation divisi PQD (People Quality Development). Yang awalnya galau dan capek, bahkan temen-temen pada bilang: “Kamu lagi lemes ya, Meg?” sampe di tempat Gazebo Universitas Brawijaya, tempat kami meeting biasanya, rasa capek sama pusing itu hilang seketika.  

Banyak komunitas yang diundang: Klub Buku Malang, Turun Tangan, Forum Indo Muda, Indonesia Youth Water, Akademi Berbagi, Ayo Peduli Malang, Hijabers, Aksara Malang, Young On Top, Lingkar Pena, KASKUS dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu ada perwakilan OSIS dari SMA/MK/MA di Malang dan tamu dari media partner, kayak Mahasiswa Malang, Event Malang, acaraapa.com, halomalang.com dan lain-lain. Acara ini sifatnya RVSP ONLY, jadi buat yang udah diundang… dateng ya di KOPI SOSIAL (di daerah SMK PGRI 3 Malang) hari Minggu, 13 Juli 2014 dan open gate mulai jam 13.00. ;)

Keempat, Buka Bersama  NYETTI!


Swag
Gara-gara bosen, akhirnya bikin ginian hehe.
NYETTI itu temen tiga tahun di SMP, agak nge-geng juga sih hahaha. Udah beberapa di antara kami hobi sinis ke adek kelas lagi. Masa-masa SMP saya emang isinya cuma seneng-seneng.

Tapi saya nggak ikutan sinis ke adek kelas kok, ciyus deh. Kisah sejak SD tentang adek kelas selalu sama, saya yang sering dijahati mereka. Kayak di SD, saya dibilang yang enggak-enggak sama adek kelas. SMP, ada adek kelas yang pamer kalau mantan saya udah jadi pacarnya saat itu. SMA, diomelin adek kelas gara-gara ekskulnya nggak jelas. Ya nasib, muka-muka bully-able emang gini.

See you, dear! :**

Kelima, Buka Bersama Matsanewa9 (MTsN Malang I).




Kalo bisa dibilang ini event yang gampang-gampang susah, masalah lebih ke duitnya. Ngumpulin duit anak yang udah kepecah-pecah di beberapa SMA dan ada juga yang di luar kota cukup susah. Udah H-9 hari dari sekarang, doain ya gaes! :D

Keenam, #KumpulKeblog Jamban Blogger Malang Edisi Ramadhan.


Jamban Blogger
Karena putus asa, jadi malah awan nggak jelas gini. Duh maap hee.

Bikin janji sama mereka ini susahnya minta ampun…. Saya juga sering nggak bisanya lagi. Sampe saya bilang kalo nggak papa tanggal 20 Juli, tapi saya nggak ikut. Lagian udah sering ngumpul dan saya lah yang paling sering protes nggak bisa. AKHIRNYA FIX TANGGAL 21 JULI! Dateng ya, kangen nih. Eaaaa.

Buat kamu blogger dari komunitas apapun yang lagi ada di Malang, yuk ikutan!

Ketujuh, PROJECT I XII Language: Literature on Ramadhan.


Jurusan Bahasa MAN 3 Malang


Ini nggak bisa dibilang event sih, lebih ke project. Tapi yang jelas project “Literature on Ramadhan” ini bikin nggak gembel di rumah untuk liburan kali ini.

Jadi dengan libur enam minggu murid-murid di sekolah saya dikasih tugas membuat laporan kegiatan. Ketika saya baca undangannya, udah keluar aja tuh kata-kata protes: “Yaelaaaah buat apa giniaaan yaelaaaah woy.” Kemudian saya punya ide memodifikasi tugas ini agar lebih menarik dikerjakan.

Karena terlalu sibuk kenaikan kelas dan wisuda kakak kelas, jadi kehilangan momen berkumpul, padahal sekelas cuma ada 9 bocah. Akhirnya baru bisa share di Facebook beberapa hari lalu, semuanya sepakat dan guru yang bertanggung jawab juga sangat mendukung. Budaaaal!


*******

Banyak acara kayak gini tuh kadang-kadang jadi suka ngeluh karena beberapa keadaan yang kurang mendukung. Kemudian ada mas-mas zuper kece mention saya, namanya Shakti Nugroho, isi mentionnya: "Semangat sops! Ojo kakean sambat, ra apik. ;)" Kemudian saya sadar, ngeluh bukan tindakan yang keren.

Jadi inget satu hal penting yang seharusnya dilakukan setiap pagi. Seharusnya kita berbicara pada diri kita masing-masing di setiap pagi: “Ada masalah apa hari ini yang bisa saya selesaikan?” Karena disadari atau tidak, masalah-masalah yang muncul dalam kehidupan lah yang membuat kita menjadi orang yang lebih baik lagi dan kita harus berterimakasih atas masalah-masalah tersebut.

Jadi setelah berbagai acara ini, apalagi event yang bisa saya selesaikan? Tsaahhhhh.

40 comments:

  1. wah keren nih banyak event sama project. seengganya bikin ga ngebo terus dirumah kaya saya -___-iya saya.
    eniwey itu liburnya gak salah? lama banget enam bulan dan biasanya libur lama gitu pas masuk sekolah berasa gak sekolah selama setahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sengaja aja tiba-tiba ada project hehehehe. Enam minggu hey hey heeeey, bukan enam bulan :D

      Delete
  2. Gila, sukses bikin gue pengen meg. Gue cuma libur dua minggu.. Lah elu? Enam minggu cuy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho, LIBUR ENAM MINGGU ~~ LIBUR ENAM MINGGU~~

      Delete
  3. Wih kamu orang sibukss ya Meg... Semangat libur 6 minggunya :D

    ReplyDelete
  4. Baru kali ini liat kegitan selama ramadhan di rangkum sedemikian rupa di postingan blog. Haha. Semangat kegitannya ! \o/

    ReplyDelete
  5. salaman dulu sama pemilik blog ini, muda dan banyak cerita.
    betwe,,,ngeblognya mulai dr SMP ya ?

    ReplyDelete
  6. enam minggu sama dengan sebulan lebih! wih mantap banget bisa buat keliling indonesia(?) kalo lagi puasa emang tawaran bukber membanjir :D harus nyiapin kantong terkuras juga hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keliling Indonesia.......... Nah tuh terkuras, management income dan outcome jadi tidak selaras xD

      Delete
  7. Gila banyak bener buka puasa bersamanya. Gue malah belum ada nih. *curhat*
    Dan itu yang ditanya 'siapa yang sakit?' 'saya bu, mati.' Hahaahha. Ngaco abis. Enak ya, masih akrab sama temen SD. \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah yuk, buka puasa bareng aku aja deh. Kan tetep BukBer, Buka Berdua.
      Iyaaaaa, ngakak banget abis dilemparin joke itu wakakaka. Hehe Alhamdulillah masih bisa ketemu, masih se kota juga sih :D

      Delete
    2. Ini kenapa gue malah digodain yaa -___-
      Hmm gue mah tinggal nyisa-nyisa. Hahaha.

      Delete
    3. Beruntung lho bisa digodain Mega *eaaa apasih*. Nyisa-nyisa? Maksudnya??

      Delete
  8. asalkan dompet lg tebel,10 kali buka bersama pun gpp :D
    semangat, dek Mega yg unyuk *eak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener banget hahaha. Iya makasih deh kakak yang lebih oenyoeee ~

      Delete
  9. seenggaknya lo ga kesepian kayak panda bengong. Lah gue, sepi. Karna terlanjur gada event yang ditunggu, alhasil jadi males juga ngapa2in selain duduk d rumah. jadwal bukber juga tanggal 20 ke atas kebnyakan. semangat yaks! nikmatin aja. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku pasti udah nggak tahan kalo libur sekian lama cuma di rumah ajaaaah wkwk. Yessss makasih banyak ya :D

      Delete
  10. Ini libur 6 Minggu untung masih ada kegiatan, lha aku libur 16 Minggu nggak ada kerjaan hayo. Loh ini kok malah ngaku jadi pengangguran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. APA?! 16 MINGGU?! Wes aku tak kuliah ae wes (sok ngerti kuliah).

      Delete
  11. Widihhh banyak amat acara bukbernya, Meg? Keren abis nih. Semangat terus ya Mbak Mega, semoga puasanya kuat dan nggak bolong - bolong \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, alhamdulillah heheheh. Makasih banyak, iya nggak bolong kalo bukan takdirnya ajah kok xD

      Delete
  12. tunggu a di Bukber JB Malang. Santai, kamu bisa meluapkan rasa kangen ke aku kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak jadi ikut buka bersama deh Fer, salam ya ke temen-temen wkwk.

      Delete
  13. Cie yang udah liburan. Semoga liburannya menyenangkan ya meg.

    ReplyDelete
  14. di SMA gua masuk sih pas bulan puasa, tapi cuma seminggu doang

    ReplyDelete
  15. Nggak ada bedanya sama liburan anak yang nunggu hasil unas. Lama bangettt,, aku mah libur 4 minggu. masuk lagi cuma 1 minggu. terus libur lagi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sebut yang berhubungan dengan UN satu tahun mulai sekarang x'D Sama2 lamanya :D

      Delete
  16. Saya mah jadwalnya padet sama ibadah.

    ReplyDelete
  17. Tu akhirnya banyak juga kegiatannya kan sekaligus bisa punya banyak waktu untuk blogging :)

    ReplyDelete
  18. Liburannya lama banget, tapi gapapa dong kalo diisi dengan kegiatan yang positif gitu hehe..

    ReplyDelete
  19. cie jadwal padat merayap
    bukber gak nanggung nanggung :D
    anyway, dompet aman ? hahaha :D

    ReplyDelete