Topik yang paling sering menjadi pembahasan bagi Maba—Mahasiswa Baru selain “Udah cinlok?” adalah: “Kamu ikut organisasi atau UKM apa?” Seb...

Kelas Inspirasi Malang: Dulunya Merasa Buta, Sekarang Merasa Ada Pelangi di Bola Mataku.

Topik yang paling sering menjadi pembahasan bagi Maba—Mahasiswa Baru selain “Udah cinlok?” adalah: “Kamu ikut organisasi atau UKM apa?” Sebagai Mahasiswa Basi Baru juga, saya agak males jawab pertanyaan mereka. Karena jawabannya pasti bikin percakapan itu selesai, pasti jawabannya bikin mereka kecewa.

Karena jawaban saya, “Nggak ikut apa-apa.”

Dan pasti jawaban yang akan saya terima setelah itu adalah, “Serius, nggak ikut apa-apa?”

Iya, serius! Alasannya sih bukan karena: fokus kuliah. Alasannya.. karena emang udah ada tanggung jawab di komunitas luar kampus dan lagi mengembangkan bisnis yang perlu diajak lari. Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya yang akhirnya juga membuat saya memilih untuk: Mending aktif di sedikit tempat tapi memberikan sesuatu, daripada ikut di banyak tempat tapi nggak melakukan suatu hal yang berarti.

********
Ini saya lho :3
********
Akhirnya… saya memilih untuk berkontribusi di: Kelas Inspirasi Malang.

Saya kenal komunitas ini dengan cara yang cukup absurd, dengan cara yang mungkin nggak banyak orang alami ketika mereka pengin bergabung ke dalam sebuah komunitas. Ceritanya begini…

Ketika jadi panitia event Blogpreneur, tiba-tiba ada seseorang SMS ke nomor HP saya untuk daftar acara tersebut, kebetulan memang nomor HP saya lah yang jadi contact person. Namanya Arsyad. Kok kayak nggak asing ya….

Bales aja deh kayak sok kenal: “Oh ini yang akun Twitternya @JustArsyad itu kan? Yang hits itu kan?” Emang dasar nggak tau malu! Hwahahahaha. Tapi akhirnya dari sana saya kenal Mas Arsyad, ketika di acara Blogpreneur kenalan secara langsung dan saya sempet-sempetnya ngasih kartu nama (kartu nama ketika saya masih kerja di KabarMLG).
Acara Blogpreneur di Toast Story Jl. Bendungan Sutami

Beberapa kali saya bertemu dengan Mas Arsyad di event yang kebetulan saya datang sebagai media partner, sempet say hi juga. Sampai akhirnya Mas Arsyad ini ngechat, “Kamu tau komunitas Kelas Inspirasi Malang nggak?” Karena enggak tau.. ya saya jawab kalau cuma pernah denger namanya hehehehe. Mas Arsyad pun bilang, “Komunitas keren tuh, kamu harus ikut.”

Nggak tau bagaimana detail ceritanya sampai SAYA MAU-MAUNYA GABUNG KE KOMUNITAS YANG SAYA AJA NGGAK NGERTI ITU KEGIATANNYA APA!!! Yang saya tau… ketua baru dari Kelas Inspirasi Malang, Mbak Ama—orang yang saya kirain serius banget eh taunya alay banget bilang ke saya kalau nanti bantuin di bagian social medianya. Dengan SOK YES saya mengiyakan. Hingga akhirnya, di liburan setelah Ujian Nasional, saya mencoba gabung meet up dan ujung-ujungnya merasa bodoh sekali di sana, berkali-kali saya membatin, “Sebenernya kegiatannya apa sih?”

*Untuk yang ingin gabung sebagai relawan panitia/ fasilitator bisa banget kok, cuma tahun ini udah ditutup hehehe, yang di Malang… coba tahun depan, ya!*

********
Ada Arie Kriting!
Tapi pelan-pelan saya tau Kelas Inspirasi Malang ini komunitas apa, kegiatannya apa, dan orang di dalamnya seperti apa. Yang awalnya saya merasa buta, rasanya sekarang seperti ada pelangi di bola mataku! Halah, gombal!

Kegiatan utamanya sih sebenernya hanya tiga.



Pertama, pameran foto. Nah saya udah sempet nih ikutan kepanitiaan ini, cuma konsepnya jauh berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya dan berbeda di kebanyakan Kelas Inspirasi di kota-kota lainnya. Kalau tahun kemarin ada pameran foto aja, tapi kali ini ada stagenya. Yang paling spesial sih sampai datengin Arie Kriting. Next post bakal dishare deh hahahaha dan huhuhuhu-nya di acara Kelas Inspirasi Festival Malang 2015.
Hasil foto dari relawan fotografer.
Kedua, Hari Inspirasi. Hari di mana para relawan pengajar masuk ke dalam kelas sekolah dasar. Bukan ngajarin mata pelajaran lho ya, tapi bercerita tentang profesinya. Tujuannya biar adik-adik sekolah dasar mengenal lebih banyak profesi, punya mimpi dan harapan baru. Jadi mereka adalah para professional, alias yang udah punya profesi. Di acara ini juga melibatkan relawan dokumentasi, para fotografer dan videografer yang badai abis.
Hasil foto dari relawan fotografer saat Hari Inspirasi.
Ketiga, Refleksi. Ini hasil evaluasi dari Hari Inspirasi.

Yang paling menarik dari komunitas ini.. orang-orang yang ada di dalamnya. Mereka random banget! Nggak hanya mahasiswa. Tapi mulai dari MC, Manajer Hotel, Fotografer Badai, PNS, HRD di suatu perusahaan, pengusaha dan masih banyak yang lain. Jadi berinteraksinya dari yang sebaya sampai yang udah dewasa banget. Dan sejujurnya.. itu nggak mudah. Tapi IYA BANGET kalau membuka luas networking kita.

Acara Kelas Inspirasi Malang Festival kemarin sampai diliput 17 media dan sebenernya itu the power of networking

Dari Kelas Inspirasi Malang lah yang akhirnya saya diajarin foto jurnalistik sama mas-mas yang kerja di Radar Malang. Diajarin juga leadership untuk memimpin orang yang lebih tua daripada kita. Dan yang paling luar biasa: diajari bekerja di bawah tekanan. Hahahaha.


Setengah tim dari Kelas Inspirasi Malang3. Saya yang paling atas, dari kiri nomor dua.
Pernah tuh besoknya harus OSPEK, jam 5.30 harus udah di kampus.. eh malamnya saya harus kirim e-mail blast ke 140-an orang. Mana tiba-tiba ada koreksi yang harus mengubah seluruhnya. Itu momen di mana stress besok harus berangkat pagi dan stress nggak bisa pake e-mail blast.

Pernah juga saya beberapa minggu nggak aktif karena masih menyesuaikan kegiatan kampus (ya Maba lah ya) dan kegiatan-kegiatan Maba yang penuh dengan yel-yel. Akhirnya ketika ada hari libur saya beresin semua kerjaan. Tapi emang dasar Mbak Ama ini manusia yang cerewet sekali…

Sekalinya kerjaan beres dikit, langsung, “Meg, bikin post dong buat di web.”

Setelah post selesai, “Meg, bikin konten Twitter yuk.”


Foto bareng Mbak Ama.

UNTUNG AJA MBAK AMA LAGI SKRIPSI, KALAU ENGGA UDAH AKU SMACK DOWN!!!!!!!!! *gaya Mbak Ama kalau lagi alay* Dibalik oh-betapa-cerewetnya-Mbak-Ama, dia adalah teman yang baik soal sharing blog, nulis, branding social media, curhat, dan banyak hal pokoknya. Meskipun saya sering lambat dalam menerima informasi, tapi dia masih tetap mengerti diri ini, menuntun untuk tetap konsisten di komunitas.

Anyway, blognya Mbak Ama: simplesillyjourney.com.

********



Ah, ya gitu deh! Sekarang sedang tidak sabar untuk Hari Inspirasi! Sok nggak sabar KAYAK UDAH DIKERJAIN AJA KERJAANNYA, MEG!!!!! EDITING KONTEN DI WEB AJA HARUS NUNGGU SEWINDU. 

Yahhh itu lah memang lika liku dalam berkomunitas. RIleks banget, kalau kamu melepas tugasmu nggak akan ada LPJ (Lembar Pertanggung Jawaban) seperti di organisasi. Tapi kalau dikerjain dengan baik bakal banyaaaaak banget hal yang kita dapatkan, seperti: belajar untuk dipercaya orang dan belajar berkomitmen dengan apa yang udah kita pilih.

Eh, tapi tetep nggak pengin ikut kegiatan kampus, Meg? Hahahaha, ya akhirnya ada sih. Karena nggak dipungkiri perlu networking orang dalem kampus. Setelah menahan diri untuk ikut organisasi atau UKM kampus ternyata ada yang lebih rileks! Semacam club gitu tapi nggak terlalu terikat, serileks komunitas lah. Tanggal 16 Oktober besok saya dateng ke acara mereka untuk pertama kalinya, tungguin ceritanya, ya! 

12 comments:

  1. Wah, kemarin blogwalking ada juga yang ikut komunitas ini tapi bukan di malang. Banyak juga ya ternyata, dan emang keliatan keren sih kegiatannya. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Memang udah banyak di tiap daerah. Yuk yuk ikutan :)

      Delete
  2. Kelas inpirasi kegiatan yang sangat positif, bisa membantu memajukan stabilitas perekonomian bangsa haha. seru banget ya Meg acaranya, apalagi bisa membantu dan menambah ilmu anak-anak SD supaya lebih tau kalau profesi bukan hanya PNS dan Guru. Dan pastinya itu sangat menginspirasi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk bang join :3 Atau kalau udah punya kerjaan bisa tuh join relawan pengajar :3

      Delete
  3. Wah akhirnya ada postingan baru! Hmmm ini tuh pecahannya yang indonesia mengajar itu kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhu, setelah sekian lama hilang!!!!! Iya memang inisiatornya para pengajar muda indonesia mengajar :D

      Delete
  4. Biasanya MaBa pasti suka nanya-nanya gitu. Tapi nih kalo kelas karyawan mah boro-boro ikut UKM, gue aja nggak tahu ada UKM-nya atau enggak. Wahaha. XD

    Seru, ya. Ikut-ikut komunitas begini. Banyak pelajaran. Padahal di Jakarta kayaknya banyak, ah tapi belum bisa ikut satu pun. Gue merasa cupu. :(
    Keren juga ada Arie. Eh, gue malah fokus ke baju merah yang cantik dari samping daripada si Arie Kriting. #SalahFokus :))

    ReplyDelete
  5. Kayaknya kelas inspirasi makin banyak aja yah di Indonesia, saya pertama kali kenal kelas inspirasi tuh pas gak sengaja liat ada anak-anak muda ngajar di sekolah dasar deket rumah awalnya sih kirain anak PGSD lagi magang ternyata salah, mereka dari kelas inspirasi dan makin lama jadi tertarik juga tapi belum sempet ngikutin sih soalnya kejendot rutinitas lainnya

    Semangat terus deh buat kelas inspirasinya

    ReplyDelete
  6. sangat terharu dan menambah sy inspirasi dari artikelnya, sebelumnya terimakasih mbak salam sukses :)

    ReplyDelete
  7. MEGA KAMU TUH KEREN BANGET. SALUT!!!! udah aku cuma mau bilang itu.

    sukses terus ya mega. bagi-bagi ilmunya dooonggggggggggggggggggg

    ReplyDelete
  8. Mau ikutan, di kota saya sepertinya belum ada #hikss

    ReplyDelete
  9. mangat ya dedek Mega, makin aktif makin hits kegiatan di dalam dan luar kampusnya. btw, kamu ikut Eskalator meg?

    ReplyDelete