Wawan Saktiawan, memang saya bukan teman ngopinya hingga kenal akrab sekali. Tapi buat saya komika yang saya panggil dengan Mas Wawan b...

SMS27OKT: Ini Acaranya Wawan Saktiawan!


Wawan Saktiawan, memang saya bukan teman ngopinya hingga kenal akrab sekali. Tapi buat saya komika yang saya panggil dengan Mas Wawan bukan sekadar sosok yang jago stand up comedy, bukan sekadar sosok yang sangat lucu ketika mulai mengeluarkan bit “es grem rasa soklat”-nya yang meski bit tersebut diulang berkali-kali tetep bikin ketawa, bukan ketawa aja malah, ngakak! Mas Wawan emang punya karakter yang beda banget ketika menyampaikan bit-bitnya, selalu ekspresif.

Sejak acara SUCROS 2 Jatim, kebetulan Mas Wawan ini adalah teman akrab dari guru Antropologi saya di SMA, jadi sesekali ngobrol apalagi ketika ada Kafe Inspirasi. Sejak saat itu mulai kenal bahwa Mas Wawan memiliki cerita pernikahan yang cukup unik dan menikah muda. Kebetulan saya lagi nulis di media yang membahas tentang pernikahan, jadi lah Mas Wawan ini sering saya kepoin, bahkan lewat Whatsapp pun beliau masih tetep merespon.

Dan di special performance-nya di SMS (Semarak Mahasiswa Sosial) 27 Oktober, Mas Wawan pun menunjukkan bahwa beliau bukan sekadar sosok yang jago ngelucu lewat bit-bitnya di atas panggung stand up comedy, namun ada sisi lain yang bikin melting! 


Dzawin di SMS27OKT sok-sok pake bahasa jawa ;p

Kok nggak terlalu pecah ya? Itu yang ada di benak saya ketika di awal-awal dan langsung membanding-bandingkan dengan acara tahun lalu SUCROS 2 Jatim. Di SUCROS 2 Jatim itu bener-bener ketawa 9 jam, pecah! Ya meskipun guyonan si SUCROS 2 Jatim bisa dibilang 65% jokes “hot”. Kalau di SMS kali ini sih cuma 45% aja. Bukan… bukan… bukan karena saya sedih kenapa stand up comedy kali ini tidak mesum, bukan… tapi nggak terlalu kerasa aja pecahnya. Padahal di antara mereka yang perform sebelum Wawan Saktiawan ada Abdur Rasyad, Dani Aditya, Deddy Gigis, Irul Nasution, Fariz Syahtria dan Dodit Mulyanto.

Tapi akhirnya saya disadarkan ketika Abdur bilang, “Saya senang sekali ya jadi opener Saktiawan.” Baru deh saya ‘ngeh’, oh iya! Kan emang hari ini adalah special performace dari Mas Wawan! Kalau openernya udah pecah banget, pasti audiensnya nanti capek ketawa ketika special performacenya tampil. 

Abdur juga lebih menceritakan gimana ketika kenal sosok Mas Wawan dan menceritakan gimana pertama kali belajar dengan Mas Wawan plus plus juga mengeluarkan bit pertamanya yang dibuat bersama Mas Wawan. Mas Wawan dalam satu kalimat disebut tiga kali, ini tidak efektif, tapi acara ini emang punya Mas Wawan! *apasih* :D


Meskipun kali ini nggak dapet gelang kayak di SUCROS 2 Jatim sebagai tiket masuknya, tetep ada yang baru lagi! Ada sistem undian, jadi di sesi-sesi tertentu undian akan diacak dengan cara seperti foto di atas, nanti semua dari angka 0000 dan diacak beberapa detik sampai ketemu deh siapa yang memenangkan undian. Leh uga nih konseptor eventnya!


Dari sekian opener, saya paling suka Fariz Syahtria! Karena dia nggak sendirian, tapi sama Santen Cerah! Santen Cerah ini sebuah klub nge-rap, tapi mereka nge-rap bukan sekadar nyanyi tapi sekaligus stand up comedy! Santen Cerah berasal dari plesetan dari Sang Pencerah, dan isi-isi bit dari Santen Cerah ini plesetan-plesetan gitu.

Ini kedua kalinya saya nonton Santen Cerah, pecah, asik, seru!

Hingga akhirnya… yang ditunggu-tunggu… yang bisa dibilang yang punya acara ini… Wawan Saktiawan!


Hmmm sudah ku duga! Audiens ketika diawal emang diatur gimana caranya nggak terlalu ngakak, karena ketika Mas Wawan performe dengan dibuka ngedance-ngedance gitu pecah banget! Setiap menit selalu ada applause dari penonton! Setiap menit lho ya dan Mas Wawan stand up kira-kira 1 jam lebih! Kalau dalam istilah stand up comedy ada hitungannya sendiri, sebutannya lpm (laugh per minute) dan Mas Wawan udah 1 lpm! Sadeeeeessss!

Temen-temen saya ada yang masih semangat ketawa, ada yang udah lelah ketawa dan ada juga yang tidur karena nggak paham Mas Wawan ngomongin apa, karena dia adalah Mahasiswi Baru dari Palangkaraya yang nggak paham bahasa jawa. Hwahahaha.

Antara ngakak dan nggak percaya bahwa Mas Wawan bisa bikin audiens ngakak dan tepuk tangan setiap menit. Bener-bener acara ini emang milik Mas Wawan banget!


Biasanya para komika akan menutup performacenya dengan bit yang paling bikin pecah, tapi karena emang Mas Wawan udah bikin audiens ngakak dan tepuk tangan setiap menit.. Mas Wawan menutupnya dengan sangat manis!

Mas Wawan memanggil istri dan anaknya ke atas panggung, saya nggak bisa nyeritain kayak gimana. Dari tribun arah jam 4 dari panggung saya langsung lari ke depan buat motret dengan perasaan nano-nano. Antara terharu, kagum dan pengin segera dinikahin sama jodoh. Astaga.

Ini yang saya bilang tadi, di balik sosoknya yang lucu banget, Mas Wawan punya jiwa keayahan yang manis sekali. Terharu serius, pengin nangis serius :") 

Whoaaa, PECAH! Terima kasih Stand up Comedy Malang! Saya yakin di balik event yang luar biasa pasti ada orang-orang hebat di baliknya. Selamat atas 3200 penontonya! Super sekali! Ditunggu eventnya di tahun 2016! 

13 comments:

  1. Astaga ini local heroes Malang nih ya? Mega jadi kamu pengin nangis terus dinikahin? Gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya local heroes :") Tapi rasa nasional gitu deh. Wkwkwkwkwkkwk gimana ya jawabnya :")

      Delete
  2. Jadi penasaran sama cerita unik pernikahannya mas wawan :D

    ReplyDelete
  3. Pasti eventnya keren banget ya Meg. Sayang ada temen kamu yang tidur gegara gak ngerti bahasa jawa.

    Salut deh sama Mas Wawan, liat gambar endingnya mengharukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya bener-bener anak rantau dari kejauhan. Iya mengharukan :")

      Delete
  4. 1 lpm bukannya masih kurang ya? Cemen aja semalem minimal 5 lpm (kata mentor).

    Tapi gak tau juga ding suasana di sana gimana.

    ReplyDelete
  5. cie pengen cepet nikah yaa.. hahaha

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Wah Mas Wawan ya...jujur ini adalah komika favorit saya. Orangnya ramah banget, humble, wes pokok e josss banget. Ditambah satu fakta bahwa kami ini se kabupaten, rumahnya agak,deketan lagi. Sayang banget saya melewatkan acara ini, padahal acaranya di kampus sendiri dan fakultas saya EO-nya

    ReplyDelete