Performance dari Tari Tradisional jurusan Ilmu Komuniksi 2015 Awalnya udah bahagia gitu jadi Maba di kampus saya sekarang, karena kabar...

Student Day 2015: Ini Soal Jam Terbang

Performance dari Tari Tradisional jurusan Ilmu Komuniksi 2015
Awalnya udah bahagia gitu jadi Maba di kampus saya sekarang, karena kabarnya nggak ada OSPEK jurusan. Kalau di kampus sebelah ada OSPEK satu semester. Ternyata… tidak selesai sampai situ saja. Kalau di kampus saya ada yang namanya: Student Day. Bukan OSPEK sih, malah seru-seruan sama kakak tingkat. Tapi tetep aja.... wajib.

Student Day sendiri dibagi berbagai level, mulai dari kompetisi se-jurusan—Kajur Cup, se-fakultas—Dekan Cup dan terakhir se-universitas—Rector Cup. Dalam batin saya udah merasa, “Jangan ambil jatah liburanku. Biarkan aku ngeblog dengan bahagia. Baca buku dengan unyu.” Tapi Maba tetaplah Maba, mau nggak mau Sabtu atau Minggu harus digunakan untuk kegiatan Maba yang khas sekali dengan: sedikit-sedikit bikin yel-yel.

Semua bermula dari Kajur Cup, tiap kelas harus nyiapin delegasinya untuk lomba. Dari sekian banyak lomba saya cuma mau merelakan diri untuk jadi MC Non-Formal. Kampretnya semua temen saya selalu ngira, “Meg, kamu MC formal, ya?” Ketika saya bilang, “Aku nggak bisa formal, bisanya non-formal.” Wajahnya semacam nggak percaya. Sial, branding saya di kelas kelihatan serius banget. Padahal saya sering duduk di belakang, nggak berambisi di depan. Sering telat dan suka ambil jatah bolos. :”)

Udah gitu kampretnya lagi, “Meg, kamu delegasi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) ya.” Saya udah protes sedemikian rupa tapi keluhan saya nggak diterima. Saya gak tau apa-apa soal LKTI, serius! 
Audisi sih, jadi seadanya bajunya hahaha.

MC ada ragu sedikit karena partner MC-nya anak stand up comedy. Takut nggak bisa mengimbangi. Tapi karena gak ada cowok lagi… akhirnya sama Fito yang saya panggil dengan Mas Fito. Di luar dugaan… ternyata partner sama Mas Fito malah enak banget! Kalau kata Mas Fito sih, “Aku nyampah, Mega yang nge-MC.” Hahahahaha.

Nge-MC dengan suasana audisi itu nggak enak banget sumpah. Nggak ada audiens dan juri lebih sering menahan ketawa ketika menjuri dan selalu memasang muka serius. Jahat! Nggak enak tau, Kak! :”)


Foto bareng kelas Ilmu Komunikasi B 2015 setelah Kajur Cup a.k.a IMB (Ikom Mencari Bakat)


Banyak hal di luar dugaan memang ketika Student Day selain ternyata nge-MC sama Mas Fito ada chemistrynya. Di luar dugaan itu adalah: saya lolos ke Dekan Cup untuk LKTI. Ketika dikabari itu, saya bilang ke Kak Ramzy (penanggung jawab LKTI): ‘Lho kak sehat a? Nggak salah?’ Dia langsung jawab, ‘Nanti dikabari lagi.’ Saya udah berharap nggak jadi, eh malah beberapa menit selanjutnya disuruh ngasih NIM dan foto 3x4. Oh noway! 

MC? Alhamdulillahnya masuk ke tahap selanjutnya dengan partner yang masih sama, Mas Fito.

Hmmm makasih lho udah difotoin waktu merem-merem kayak gitu. Dari kiri: Mas Fito, saya dan Kak Putra. Terima kasih banyak Kak Putra atas mentoringnya. Sebentar tapi bermanfaat sekali. Jadi tiap break nge-MC di awal-awal selalu dikasih tips dan trik biar asik. Yang paling gak lupa jargon Student Day yang udah dibikin Mas Fito disaranin biar makin asik sama Kak Putra. Jadi bisa bikin audiens rame. Thank you so much Kak Putra!

Masuk ke Dekan Cup, saya dan Mas Fito ada mentor dan penanggung jawab. Penanggung jawabnya Kak Bryan dan Kak Putri, sedangkan mentornya adalah kakak tingkat sendiri yang emang udah jago, Kak Putra. Dari latihan sebenernya yang paling menyebalkan adalah: harus pake baju apa. 


Saya dan Mas Fito sepakat pake denim! Tapi cowok sih simpel ya, nah cewek ini, apalagi ceweknya kayak saya: nggak suka belanja baju, sukanya pake sneaker dan nggak suka dandan. Ini jadi bagian tersusah. Kalau punya uang, ya tinggal beli aja sih. Kalau nggak... pinjem sana sini. Saya? Pinjem sana sini. Selagi ada yang gratis... kenapa enggak. :")

Feel awkward banget sebenernya pake baju secewek itu.
Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba! Nge-MC event se-FISIP! Deg-deg-an pasti, karena bakal nge-MC di depan kurang lebih 1000 audiens, tapi pengin segera MC juga. Overall sih sukses! Jokes dari Mas Fito kena semua. Bahkan katanya ada yang nyeletuk, “Sebenernya mereka ini bagus. Yang cewek udah bagus, tapi yang cowok ini lho… gak papa a dia??” Hahaha saking pecahnya bit-bit yang dikeluarkan Mas Fito, bahkan saya sering khawatir kalau malah gak fokus nge-MC, tapi malah ngakak gara-gara Mas Fito. kata Mas Fito itu tadi sih, kami emang Ying dan Yang, saling melengkapi.
 

Ya gitu sih asiknya kalau ada yang bisa kasih jokes, tapi harus belajar lagi kalau partnernya nggak bisa ngelawak. Tantangannya kerasa banget kalau dua orang sama-sama nggak bisa ngelawak. 

Tim sukses MC kali ini. MC aja ada tim suksesnya, lho! Makasih banyak Jasmine yang udah nge-makeup. Thanks banget Lenna yang udah nemenin. Kak Putri sebagai penanggungjawab, udah bela-belain semuanya!
Cuma koreksinya sih, kata Arif, saya sering membelakangi beberapa penonton. Saking asyiknya nggak sadar ya, cyin. Tapi tetep perlu jam terbang lagi, sini sini kalau kamu ada event, aku MC-in. 

Awalnya udah deg-degan dengan delegasi MC per fakultas, apalagi waktu Arif bilang, "Kayaknya yang HI yang jadi MC Syahrini itu deh." Ya jadi ada anak HI (Hubungan Internasional) yang hebohnya mirip Syahrini. Dan emang bener sih dia yang jadi delegasi dari HI. Tapi jangan pernah khawatir sih soal yang seperti ini, karena setiap MC, setiap orang punya ciri khasnya masing-masing. 

Thank you Arif sudah mau peka dengan, "Kameramu sini, tak fotoin." Awalnya mau minta tolong tapi sungkan sekali hahahaha. Thank you Arif yang sudah menyempatkan motret padahal masih sibuk ngurusin supporter Student Day esok harinya.


Dari sini akhirnya saya sadar: ya emang harus beda penampilan keseharian sama perform. Keseharian boleh aja pake sneakers, tapi kalau perform ya lihat-lihat konsepnya dulu. 

Lanjut ke LKTI yang akhirnya dapet partner dari kelas lain, namanya Dawai. Ternyata dia lebih parah! Waktu Kajur Cup saya baru mulai ngerjain LKTI jam 9 malam dan selesai jam 1 atau 2 pagi. Sedangkan Dawai ngerjain kurang dari 1 jam sebelum presentasi! Gilak! Yang lebih gila lagi Kak Ramzy sebagai penanggung jawab kok bisa memilih dua orang yang awalnya sudah ber-mindset: "Pasti gak lolos." Tapi untungnya Dawai udah pernah ikut LKTI di SMA-nya dulu. Jadi saya masih cukup tenang. 
  
Setelah presentasi LKTI di Dekan Cup! Dari kiri: Dawai, Kak Dinda, Saya dan Kak Ramzy. Terima kasih banyak Kak Dinda yang udah nemenin Kak Ramzy, dia jangan biarkan sendiri, nanti dia dibully terus. Dawai yang jadi partner istimewa. Kak Ramzy yang udah menemani kita tapi sering PHP, dan mencarikan dosen pembimbing yang asik sekali, Bu Widiya. Dan terima kasih banyak atas bimbingannya Bu Widiya! Terima kasih atas ilmunya!
Setelah disogok gorengan dan air putih dari Kak Ramzy akhirnya kita bisa kenyang dan siap presentasi. Alhamdulillah cukup lancar, emang nggak sempurna tapi saya belajar banyaaaaaak banget soal LKTI. Sampai yang saya berpikir, “Asik juga ya bikin LKTI.” Padahal sebelumnya gak tau apa-apa. 

Saya pun godain Dawai, “Kalau diminta maju Rector Cup sih kita siap ya, Wai? Bikin LKTI tuh udah kayak cuma bikin diary di buku diary aja.” Hwahahahahaha, it is a joke! Nggak gampang, tapi seru juga. Pede bangetnya itu lho, padahal pengerjaan LKTI ini juga cuma sejak jam 6 malam sampai jam 2 pagi. Lanjut paginya sampai jam 11 siang.

Keluhan “perenggut liburan” rupanya salah, malah Student Day ini jadi sebuah kesempatan besar. Capek emang, tapi banyak hal yang harus dimanfaatkan. Misalnya: networking, ilmu baru dan hal-hal yang baru lainnya. Siapa yang tau kalau misalnya dari ikut akustik di Kajur Cup bisa dapet job terus? Yang MC juga siapa yang tau? Intinya sih: jam terbang.


Anyway, terima kasih banyak HIMAKOM dan BEM FISIP UMM! Terima kasih atas jam terbangnya! I love you!  Bakal ada Student Day 2015 Part II. Tungguin ajah! Sayang banget ngevideo tapi gak dishare hehehe.  

16 comments:

  1. Sedikit-sedikit bikin yel-yel. Hahahaha. Asli lah bener banget.
    Anyway Mas Fito itu yang kemaren di special show-nya Mas Wawan nge-rap itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yel-yeeeeeel terus :") Iyaaaa, Mas Fito emang personilnya Santen Cerah.

      Delete
  2. Elek dandanan mu. Gak pantes macak

    ReplyDelete
  3. Mega semakin hits aja yaa, aku dulu Student Day gak ikut ngasih kontribusi apapun meg. Eh ikut akustik sih tapi gagal masuk Dekan Cup hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu pernah bilang jadi mc penutup student day gitu ferrr?

      Delete
    2. bukan meg, beda lagi itu. pernahnya jadi MC pas Farewell Party sama dosen ESP Speaking dan sekaligus masuk nilai UAS, dan harus ngomong full English :')

      Delete
    3. Oalaaaah begitu, tak kira event gitu. Waduh, nanti aku gitu juga gak yaaa.

      Delete
  4. Jurusan sebelah OSPEK SAT SEMESTER? HIH! GUE DULU SETAHUN!!! :(
    Hmmmmm jadi gitu ya meg? nge-MC sekali udah dapet chemistry. Hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA DONG SATU SEMESTER!
      Hmmmmm... kayaknya sih... hmmmmm

      Delete
  5. Woho, keren, Meg.
    Nah aku udh prediksi tuh kamu emang lolos LKTI *juri..
    Semangat ke Rektor Cup Meg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gagal masuk Rektor Cup, agak mengecewakan sih. Tapi yawdahlah ya bukan jalannya wehehehe. LKTI juga gak lolos, kalah sama jurusan lain. Tapi, terima kasih juri :)

      Delete
  6. Wkwkwkw cocok kok Meg bajunya :v

    ReplyDelete
  7. asik juga keknya jadi mc ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, asik juga. Tapi lebih enjoy nulis sih daripada ngemsi, kalau buat aku lho ya :D

      Delete