Foto di Kopi Tjap Giling, oleh Arif Oetomo. Memang baru enam bulan terakhir ini intens pengin belajar soal kopi, kalau dulu sekali dala...

#12Hari18Kedai dan Cerita di Setiap Cangkirnya

Foto di Kopi Tjap Giling, oleh Arif Oetomo.
Memang baru enam bulan terakhir ini intens pengin belajar soal kopi, kalau dulu sekali dalam seminggu aja ke kedai, sekarang bisa dua atau tiga kali ke kedai. Dateng ke kedai bukan ngopi aja, ya belajar. Belajar ngelatih kepekaan rasa, belajar dengan dengar cerita barista sampai kalau udah deket sama kedainya sesekali nyoba nyeduh kopi sendiri.

Sesering-seringnya ke kedai, nggak pernah sih bayangin setiap hari pergi dari satu kedai ke kedai lainnya. But I did it, finally hehehe. Challenge menarik bagi saya yang super mager ini. Ya, iseng-iseng aja memberi nama challenge-nya dengan #12Hari18Kedai.

Challenge ini berawal dari diminta nge-review 30 kedai oleh manualbrewing.com. Selain seneng karena dibayarin ngopi, seneng juga bisa nulis topik yang saya suka. Dari ke-30 kedai, ternyata saya baru main ke 12 kedai aja, berarti ada 18 kedai yang perlu dikejar. Lewat hashtag tersebut lah yang bisa bikin saya semangat untuk lebih inget deadline dan sharing ke temen-temen lewat Instagram.

Foto di Kopi Letek Batu, oleh Sophia Mega.
Dua belas hari berakhir pada 16 Januari lalu. Kedai-kedai yang saya datangi selama dua belas hari ini ada: Kopi Letek (Batu), Wonten Coffee, Sanger Kopi Aceh, Nomaden Coffee, Telescope, Legipait, Golden Heritage Koffie, Museum Kopi, 8oz Coffee Studio, Risk Coffee Room, Vens Coffee, Kopi Tjap Giling, Kopi Oma Kayu, PM Coffee dan Amstirdam Coffee.

Iya, cuma 15. Ternyata challenge kali ini nggak berhasil lengkap 18 kedai. Banyak hal sih di balik kegagalan challenge ini. Salah satu sebabnya karena kecapean pasca-UAS semester tiga kemarin.

Meskipun nggak lengkap 18 kedai, tapi bener-bener banyak cerita di setiap cangkirnya. Jadi terima kasih manualbrewing.com yang udah kasih kesempatan ini. Dari semua kedai tersebut, ada yang bener-bener saya suka dan pengin kembali, ada juga yaaa yang just-not-a-fan-of-it.

Kopi tuh nggak ada yang nggak enak sih, soal cocok-cocokan aja. Tapi saya coba untuk menulis sejujurnya aja. 

Foto di Sanger Kopi Aceh, oleh Sophia Mega.
Yang just-not-a-fan-of-it, ada Sanger Kopi Aceh, kopinya emang unik luar biasa, tapi terlalu manis. Menurut saya kopi yang terlalu manis itu bikin pusing kepala, dan emang kejadian sih. Wajar kok kalau manis, mungkin mereka cari aman dengan membuat kopinya manis, karena itu kan kopi tubruk ya, dengan gelas terbalik udah nggak bisa lagi ditambahin gula. Nah sedangkan saya emang nggak terlalu suka minuman manis, next time boleh lah minta dikurangi gulanya.

Terus ada Vens Coffee, waktu itu saya pesan V60 Bali Kintamani. Di sana bisa dibilang cukup mahal sih, tapi ya… just-not-a-fan-of-it. Kopi Legipait yang super rempah-rempah itu juga unik luar biasa, saya pesen Kopi Rempah. Lagi-lagi karena nggak biasa pesan Kopi Tubruk jadi nggak cocok aja, tapi suasananya bener-bener ngangenin. Bakal balik lagi ke Legipait, tapi pesen yang wajar-wajar aja deh hahaha. Pisang dan tempe gorengnya bikin kangen!

Foto di Telescope, oleh Sophia Mega. Kanan; Ayah, kiri; Ersa, barista sekaligus teman saya.
Lebih banyak sukanya kok daripada menemukan kopi yang kurang cocok di saya. Banyak cerita yang bener-bener ngangenin dan suatu hal baru buat saya, misalnya #MengopiBersamaAyah.

Putus cinta awal Januari kemarin bikin saya lalu sadar kalau banyak hal yang saya lewatkan karena dikit-dikit jalan berdua. Banyak orang yang saya cuekin cuma karena komitmen, padahal niatnya sekadar teman. Banyak orang yang lupa saya telpon karena keasikan berdua. Banyak yang saya lewatkan, salah satunya ya punya quality time sama keluarga.

Di keluarga saya, kami dekat secara vertikal, bukan secara horizontal. Deketnya ya sebatas orang tua dan anak, jarang curhat, adanya saling debat aja. Challenge ini cukup susah sebenernya, tapi karena lagi kesel-keselnya setahun kemarin melakukan banyak kesalahan, niat untuk nge-chat ngajakin Ayah ngopi pun terlaksana.

Sampai akhirnya kami mengopi, Ayah nanya banyak hal soal kopi, menyenangkan sekali! So, I challenge you guys! Kalau Ayahnya masih ada, ajak ngopi berdua lah. Kalau yang nggak suka ngopi, ya ngeteh. ‘Ngopi’ hanya bersifat ritual aja, terserah minumnya apa.

Foto di Wonten Coffee. Kesayanganquwww.
Cerita #MengopiBersamaAyah yang emang paling berkesan selama dua belas hari ini. Banyak juga sih cerita seru lainnya, banyak hal baru yang saya dapatkan, karena teman mengopinya beda-beda.

Denger dan belajar ke Mbak Andrea sambil ngopi di Pasar Tawangmangu—Nomaden Coffee. Asik nggak tuh ngopi di pasar, terus pulangnya jangan lupa beli pecel yang enak banget dengan harga super terjangkau.

Betapa syedapnya perpaduan kopi dan Tahu Kiwalan (kalau namanya gak salah) di Kopi Tjap Giling. Apalagi kedai ini lokasinya bener-bener di rumah pemiliknya dengan suasana vintage dan nyaman banget.

Terus baru tau ada teknik Imersi di Amstirdam Coffee, juara banget rasanya! Suasana kedainya juga asik banget. Rasanya pengin ngopi di sana tiap pagi sambil nulis atau sekadar membaca.

Atau cerita di Kopi Letek (Batu) yang banyak drama tapi banyak rindunya juga. Wonten Coffee yang jadi tempat pertama ngajakin temen deket saya, Arin dan Sarah beneran ngopi.

Foto di Nomaden Coffee, ngopi di pasar, oleh Sophia Mega.
Banyak banget deh ceritanya, kalau ditulis semua di sini, tulisannya bakal jadi makalah. Kasihan kalian bacanya, setuju nggak kalau cerita-cerita yang paling berkesan dijadiin satu tulisan per kedainya? Kalau setuju, kasih nama kedai yang pengin lebih dulu kalian baca ya! Kalau mau jadi Teman Mengopi, yuk lah, monggo!


Anyway, bikin challenge apa lagi yaaa? Ada ide?

16 comments:

  1. Nomaden Coffee boleh rikues, wah enak keknya kalau ngopi bareng sama orang yang demen ngopi. Salut fotonya, cakep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngopi bareng sama yang gak suka juga asik, soalnya kita bisa berbagi gitu kalau kopi juga punya keunikannya. Makasih banyak Mas :)))

      Delete
  2. kaka sophia mega.. saya suka baca tulisanmu disini .. ngefans deh L:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak :'D Duh segala pake ngefans wkwkkw

      Delete
  3. salam kenal kak dr Batu, hehe, mampir ke sini, tahu dari vlog review bukunya. Semoga kita tetap konsisten ngeblog ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dari Batu? Deket dong heheh. Makasih banyaaak yaah udah jauh-jauh mampir ke sini. Siap, pasti selalu update :)

      Delete
  4. Boleh dong kak cerita di telescope bareng ayahnya. Bikin aku iri sama tulisanmu nanti ya!

    ReplyDelete
  5. Challenge-nya keren ini! Banyak cerita di dalamnya. O iya, aku suka blog ini baik design dan contentnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyaaak! Semoga semakin nyaman baca di sini yah

      Delete
  6. Yang paling pingin d baca pas ngopi sama Ayah Mega wkwkwk

    ReplyDelete
  7. aku mulai penasaran sama kopi semenjak nyobain kopi yg kamu pesen waktu kita meet up di MMM itu. sampe sekarang masih belum ngerti apa jenis kopi yg kamu pesen itu hehhe

    ReplyDelete
  8. wah keren tulisannya , orang malang kah ?

    ReplyDelete