Menulis ibarat mendapatkan kekasih, mungkin mudah saat mulai mendekati lalu jadian, tapi kadang maintaining- nya nggak bagus, jadinya p...

TIPS: Rajin Nulis di Blog / Rajin Ngeblog


Menulis ibarat mendapatkan kekasih, mungkin mudah saat mulai mendekati lalu jadian, tapi kadang maintaining-nya nggak bagus, jadinya putus, jadinya nggak nulis lagi, nggak ngeblog lagi. Kalau dapetin atau bikin orang suka.. gampang lah, tapi gimana caranya bikin orang tersebut bisa sayang terus sama kita dan sebaliknya?

Ini yang bakal dibahas di post kali ini, gimana sih caranya rutin menulis blog atau artikel (karena ada beberapa yang nanya juga lewat media sosial). Sebenernya sebagai blogger sendiri, saya nggak serutin itu untuk menulis, banyak blogger yang lebih rutin lagi, seminggu tiga atau empat kali misalnya. Sedangkan saya hanya dua atau tiga kali dalam satu bulan. Terus 'menulis' di sini arahnya lebih ke nulis karya non-sastra, karena saya rasa proses pencarian inspirasi karya sastra lebih susah dibandingkan yang non-sastra. 


Berterima kasih pada semua kesempatan bekerja di bidang kepenulisan yang pernah saya dapatkan, karena dari situ sebenarnya saya akhirnya terbiasa menulis. Setiap sumpek sama kerjaan, pasti larinya ke blog, karena lebih bebas dan enjoy. Jadi kerjaan beres, blog juga beres, saling ada keterkaitan yang menguntungkan. 

Prosesnya memang gak sebentar, butuh waktu untuk benar-benar rutin—bahkan saya yang udah ‘dipaksa’ rutin menulis karena pekerjaan. Mulai dari jadi reporter Beware Magz—majalah online karya teman-teman blogger Jakarta, Jogja, dan sekitarnya. Bikin-bikin konten sama jadi reporter di Kabar Malang. Lulus SMA, waktu jadi mahasiswa baru, Alhamdulillah dapet kerja di ngalam.co dengan deadline 50 artikel per-bulan dan nyambi freelance juga di resepkoki.co. Resign dua-duanya, dapet kerja seru-seruan di Foody.id meskipun sebentar dan dapet project review 30 kedai di manualbrewing.id. Sampai akhirnya sekarang nulis di Iki Malang dan kadang bantuin @nolcreative nulis untuk Wedding Journalnya.

Sering banget kerja di bidang kepenulisan bener-bener bikin enjoy sama menulis, stres mungkin pernah—kadang sering juga. Tapi nggak pernah capek meskipun harus nulis, nulis, dan nulis lagi. Bahkan kalau ditanya soal cita-cita, saya maunya spending all daaaaays dengan menulis—yang temanya lebih ke kopi.


(Tips #1) Makanya ketika ditanya soal gimana rutin menulis, sejujurnya saya agak bingung, karena saya dilatih dengan deadline. Kalau kalian punya banyak waktu luang, latih diri dengan apply pekerjaan menulis. ‘Dipaksa’ jadi salah satu cara untuk tau bahwa ternyata kita bisa melampaui limit yang sebelumnya kita nggak tau. Misalnya, ah mana bisa nulis setiap hari, dengan bekerja mau-nggak-mau harus bisa. 

Gimana cara cari kerjanya? Jujur ya, saya beberapa kali apply pekerjaan. Mulai untuk media jualan jilbab, media traveling bahkan memberanikan apply untuk kopikini.com dan sempet interview di Surabaya.. nggak keterima juga hahaha! Mungkin selama ini saya dapet kerja tertolong dengan kehadiran blog ini, saya rutin menulis dan Alhamdulillah ada aja yang nawarin, baik ketemu secara langsung atau melalui e-mail. Jadi menurut saya, nulis rutin di blog nggak terlalu ‘basi’ kok, masih banyak banget benefitnya.



Tips pertama ini emang nggak bisa cocok ke semua orang, mungkin kuliahnya yang emang sibuk luar biasa atau sebab-sebab yang lain. Apalagi teman-teman yang memang nggak mau menghabiskan karirnya dengan menulis. Jadi tips #2 adalah: kepercayaan bahwa kalau gak konsisten gak akan kemana-mana. 

Sebenernya saya mau kasih tips kedua adalah: pasang target. Tapi itu udah basi banget gak sih? Saya juga udah sering pasang target, tapi ya gini-gini aja. Yang bener-bener bikin semangat untuk terus nulis, bikin konten terus, ya kepercayaan bahwa kalau gak konsisten gak akan kemana-mana dan jangan berharap mau dapet hasil dari ngeblog.

Sederhana aja deh, mau sampe kapan blog kita hanya dibaca teman-teman kita sendiri? Bosen gak sih? Makanya yuk semangat nulis! Semakin rutin nulis, pasti akan semakin banyak teman-teman dari luar kota bahkan luar negeri yang baca tulisan kita—tapi butuh waktu ya, makanya.. konsiten, yuk?

Pun, saya dengar dari Mas Iyok—@ikimalang bisa develop akunnya jadi banyak followers dan engangement yang bagus salah satunya gak pernah seharipun kosong bikin konten. Mas Henasatya—youtube yang saya ledekin terus, Youtubenya rame subscriber karena dia rajin banget tiap minggu bisa 3-4 video. Ketika saya dengar tips develop social media dari Mas Swedho, tips paling awal adalah: rajin bikin konten setiap hari. Hal paling utama emang konsisten, kalau gak konsisten ya gak bakal dapet progress yang baik—entah progress pembaca atau pemasukan.  


Tips #3: Masih ada kaitannya sama tips yang sebelumnya, cuma kalau gak konsisten alias angin-anginan menurut saya malu-maluin. Ini nggak bisa disamaratakan dengan segala kondisi ya, nggak semua orang yang sedang berhenti berkarya berarti gak membanggakan. Mungkin dia sedang takes time untuk sendiri atau sedang mencari semangatnya atau memang frekuensi konsistennya beda karena saking sibuknya.

Cuma ini jadi prinsip yang bisa menguatkan saya untuk terus menulis. Kalau gak rajin, malu lah! Ibaratnya saya ngaku sebagai blogger, tapi nggak pernah nulis—saya malu dengan diri saya sendiri. Masa ngaku ini itu tapi sebenernya gak ngehasilin apa-apa? Sekali lagi, malu dengan diri sendiri, bukan berarti saya menganggap orang lain yang berhenti akan aktivitasnya itu berarti malu-maluin. 

Eh tapi kalau keseringan takes time, jangan tetep anggap ini pertanda baik ya. Sering kasih excuses ke diri sendiri, jadi gak konsisten, lagi-lagi balik ke tips kedua: nggak bakal kemana-mana.




Tips #4: gimana kalau stres dan gak ada ide nulis? Ini selalu kejadian di saya sampai detik ini. Yang paling tau solusinya.. kita sendiri sebenernya. Kalau saya: 1) kalau nulis ditungguin, jadi ada paksaan untuk harus nulis, 2) memaksa diri dengan, “Ayo Meg, kamu harus nulis sesuatu,” 3) ke kedai kopi yang gak ada Wi Fi-nya, 4) ke kedai kopi untuk membuang lelah, baru pulang untuk nulis, 5) curhat.

Jangan stres malah sibuk dengan, “Duh aku stres nih.” Tapi trial & error cari solusinya. Sampai akhirnya saya nemuin lima cara mengatasi stress untuk diri sendiri, yang paling sering dipake sih yang nomor lima.. curhat. Bawaannya ngalem sama rewel sih hahaha, jadi ketika udah mencurahkan rasa lelah beberapa menit, pasti langsung bisa nulis dua artikel. (Duh buka kedok kalau manja deh).

  


Sebenernya ada yang bakal bikin kita semangat nulis terus: ketika orang lain menanti tulisan kita. Nah gimana caranya orang inget sama apa yang kita tulis? Ini beda lagi pembahasannya, lebih ke branding diri lewat blog. Sebenernya saya sempet ngisi acara tentang ini (dengan sangat deg-degan karena pertama kali ngomong di orang umum hahaha). Kalau mau tips tentang topik ini, let me know ya! (boleh lewat kolom komentar, atau sosmed!).

Kalau ada yang kurang dari tips rutin menulis blog kali ini, juga jangan lupa beri komentar! Kali aja bisa nulis tips-tips selanjutnya. Plus, nulis kayak gini jadi self-reminder juga, biar terus konsisten nulis.


12 comments:

  1. Branding tuh yang susah, Meg. Kebanyakan berawal cuma dari personal blog, tapi yang dibahas random bangeet. Terus gaya penulisan masih niru sana-sini.

    Aku pun dulu vakum karena ndak tau lagi mau nulis apa. Kasih tips dong, Meg! ��

    ReplyDelete
  2. Keempat tips di atas ini nampar gue banget sih yang orangnya emang angin-anginan banget. Beda banget dengan gue yang waktu awal-awal ngeblog jaman SMA dulu. Dulu gue fokus banget dan bisa dibilang konsisten dengan blog walau intensitas tulisannya nggak setiap hari dan hasilnya bisa dirasain banget. Berbeda dengan beberapa tahun in yang nggak terlalu fokus kayak waktu SMA. Mungkin karena ada banyak waktu yang gue pake buat kerja, ditambah kerjaan gue sama sekali nggak ada kaitannya dengan menulis. Ngetik sih, tapi ngetik data hahaha.

    Lah, kok malah curhat di sini. Maap :D

    ReplyDelete
  3. dari keempatnya yag paling susah tuh ide, bukan karena gak ada ide sih tapi karena kebanyakan ide jadi bingung sendiri mau mulai dari mana nulisnya. Jadi imbasnya sama dengan telat posting, jadi gak konsisten dan fatalnya udah jadi malas ngeblog. Itu aja sih, makanya dalam menulis ada baiknya langsung ditulis aja disaat itu juga tapi jangan dimasukin draft lagi nunggu seminggu atau sebulan bisa lupa tuh sama isi idenya malah makin berabe.
    makasih nih udah berbagi tips, jarag banget nih ada blogger yang mau ngingetin blogger lainnya untuk menulis. semangat terus dalam berkarya yah sophia

    ReplyDelete
  4. wah bener banget sih meg, sampai mau nangis bacanya ( gegara liat diri sendiri yang pas banget di point pointnya )
    Apa karena sibuk urusan kuliah? ah nggak kok. yang ada ngaplo terus akhirnya ke game.
    makasih ya meg sudah memberi semangat lagi. kamu selalu jadi panutanku disetiap kata deh.
    Meg, boleh dong tulis tentang cara "buat deadline untuk diri sendiri"-nya.
    Anyway I really love your blog.

    ReplyDelete
  5. Awalnya aku juga susah buat nulis teratur. Baru dua bulan ini aku bikin deadline per minggu 2 artikel jadi lumayan bisa memotivasi buat terus menulis.

    ReplyDelete
  6. bisa diambil kesimpulan banyak nulis banyak rejeki hehehhe. Yang sulit itu lebih ke konsisten. Dan adsense eh uang sepertinya bisa memperlancar itu hehhehe peace

    ReplyDelete
  7. wah....tipsnya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  8. whoa! beberapa tips dari Mega sepertinya menarik dan berhasil
    kadang aku juga angin-anginan, ga taunya karena emang kadang mutusin buat 'break' bentar jadinya malah keasikan break trus gak gerak-gerak. balikin semangatnya juga males-malesan.

    ReplyDelete
  9. Bener juga ya.. Kalo ga konsisten ya ga bakal kemana-mana.. Tulisannya memacu semangat nulis kembali bergelora kak.. Thanks buat tipsnya.. Salam kenal

    ReplyDelete