List Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir 2021 (+ spreadsheet file: link, harga & catatan)

Sewaktu menyiapkan perlengkapan ibu melahirkan dan bayi baru lahir atau newborn, cukup overwhelming karena: (1) listnya banyak banget; (2) bingung produk mana yang sebaiknya dibeli karena harus baca berbagai ulasan; (3) gak tahu mana dulu yang harus dibeli. Setelah semua sudah siap, yang kusadari adalah, coba aku nyiapin mulai bulan kelima kelahiran, mungkin atur pengeluarannya lebih enak. 

Tadinya aku enggak ingin banyak-banyak menulis soal pengalaman hamil dan melahirkan, tetapi karena aku justru terbantu pada Ibu-ibu yang menuliskan pengalamannya, akhirnya tulisan dan list ini dibuat. Agar tidak lelah membaca postingan yang panjang, aku sudah menyediakan spreadsheet file yang bebas akses dan aku akan menjelaskannya satu-per-satu dalam artikel ini.


KLIK UNTUK UNDUH SPREADSHEET List Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir 2021


APA SAJA LIST KEBUTUHAN IBU & BAYI BARU LAHIR?

Aku pisahkan list kebutuhan hamil, melahirkan dan barang-barang yang dibutuhkan untuk merawat bayi baru lahir. Biar teman-teman mikirnya bertahap ya. Awal tahu hamil, bisa fokus dulu di Tab 02: Awal Hamil. Pertengahan kehamilan, yuk, mulai siapkan "Tab 03: Melahirkan", berisi biaya untuk melahirkan. Asuransi kesehatan akan memudahkan tahapan ini, tetapi jangan lupa siapkan dana tambahan untuk proses ini, ya. Bulan kelima-kesembilan kehamilan, baru, deh, memikirkan Tab 04: Hospital Bag dan Tab 05: Kebutuhan Newborn.

Manajemen berpikir sangat membantu mengurangi stres, semoga dengan list ini kalian enggak pusing, ya. Soalnya aku sempat nangis cuma karena bingung mana dulu yang harus disiapin karena banyak banget hahahah.



TAB 01: BACA INI DULU



Ini adalah tab desclaimer bagaimana cara menggunakan spreadsheet ini ya. Ini hanya gambaran, bukan ideal kebutuhannya seperti ini.

TAB 02: IBU HAMIL


Untuk mempermudah, aku juga beri list kebutuhan yang dibutuhkan saat hamil ya. Aku berikan juga catatan akun-akun Instagram yang bisa membantu kalian dalam mendapatkan pengetahuan seputar hamil, melahirkan dan mengurus bayi baru lahir.

TAB 03: MELAHIRKAN


Lakukan riset untuk biaya kebutuhan melahirkan di tempat yang kamu tuju, ya. 

TAB 04: HOSPITAL BAG


Kita enggak pernah tahu kapan akan berangkat ke Rumah Sakit atau tempat pilihan kamu melahirkan, hospital bag jadi penting. Saat sudah ada tanda-tanda melahirkan, cukup bawa hospital bag ini.

TAB 05: KEBUTUHAN NEWBORN (& IBU BARU)


Ini tab yang paling banyak dan memusingkan, akan kujelaskan setiap tabel-tabelnya ya.
  1. Nama kebutuhan: sudah dibagi berdasarkan kategori-kategorinya. Kalian bisa membeli bertahap, misalnya menyusui dahulu, atau skincare bayi dahulu, terserah kalian merasa nyamannya seperti apa. Menurutku membeli dengan sesuai kategori bisa mengurangi stres dan mudah mengukur mana yang sudah terbeli dan belum.
  2. Kuantitas: jumlah yang perlu dibeli, yang kutulis hanya kebutuhan di awal-awal saja ya. Pasti ada beberapa produk yang akhirnya harus beli kembali.
  3. Tautan: tempat membeli. Ini hanya berguna agar terbayang bentuknya barang yang dibeli. Bisa disesuaikan lagi dengan preferensimu dan di mana kamu lebih nyaman untuk membeli.
  4. Harga: sebagai gambaran saja.
  5. Ceklis: untuk memudahkan meninjau mana barang yang sudah dibeli dan tidak.
  6. Catatan: catatan personalku terkait produk yang kubeli.
  7. Total: total biaya yang dibutuhkan.
  8. Biaya sendiri: total biaya yang benar-benar aku keluarkan, karena beberapa ada yang dibelikan
  9. Tautan ulasan produk: aku berniat mengulas produk yang kubeli untuk memudahkan kalian juga menilai mana produk yang nyaman dan tidak. File ini akan secara rutin aku perbarui ya, jadi kalau mau cek review produknya, akses saja file spreadsheetnya.

TAHAPANKU DALAM BELANJA KEBUTUHAN NEWBORN


Pada trisemester kedua, aku langsung belanja rak baju dulu, sih. Aku mulai mikir yang besar-besar dulu baru barang kecilnya. Beli rak plastik begini saja karena budgetnya juga enggak banyak :p.


Baru, deh, bulan kedelapan-kesembilan membeli barang-barang kecilnya. Dulu, aku mikirnya, oh cuma barang-barang kecil aja kok. Ternyata bikin stres juga kalau enggak ditata beli yang mana dulu. Di kehamilan minggu ke-37, semua sudah 95% lengkap, harusnya mungkin lebih awal kali ya. Kan, kita enggak tahu kalau harus melahirkan lebih cepat? Lebih awal memang lebih baik.

5%-nya paling baru sadar kalau kayaknya baju lengan panjangnya butuh satu lagi. Oh ternyata handuk kecilnya belum ada. Lebih ke printilan-printilan begitu saja. Selanjutnya aku akan ulas tiap-tiap produk jika punya waktu biar kalian lebih tergambar atas persiapannya, ya! Doakan aku punya kekuatan dan energi menulisnya hahaha.

PUNYA BAYI EMANG MAHAL BANGET, YA?

GIMANA CARA DAPETIN UANG SEBANYAK ITU BAPAK-BAPAK, IBU-IBU?


Kalian bisa skip bagian ini kalau tidak punya masalah finansial. Siasat yang aku dan suami lakukan adalah dengan dua-duanya bekerja. Jadi gaji suami dialokasikan kebutuhan sehari-hari dan kesehatan (kami bergantung dengan asuransi kantornya), sementara aku bekerja untuk memenuhi kebutuhan printilan.

Tidak semua barang aku beli, pemberian orang tua, saudara, dan teman, sangat membantu! Tapi bukan berarti aku meminta hadiah, ya. Kami sendiri tak berharap apa-apa, tetapi syukur, teman dan saudara sudah minta list duluan sebelum membeli. Dan, jangan sungkan untuk bertanya pada saudara atau teman dekat kalau punya barang yang bisa dipakai lagi, jadi tak perlu membeli baru.

Satu lagi, ketika memang secara sadar memutuskan punya anak, belanja kayak gini jadi gak berasa mahal kok. Karena sebelumnya memang udah berniat memiliki anak maka sudah menyadari bahwa ini adalah bagian dari perjalanan yang perlu dilewati. Jadi tak menjadikannya beban sama sekali.




Apalagi yang kalian butuhkan dan bingungkan? Tinggalkan komentar di bawah, siapa tahu aku dapat menuliskannya.

1 comments

  1. Berpedoman pada kategori yang sudah kamu bagi-bagi, aku jadi dapat pencerahan dan semangat membuat list-ku sendiri mumpung masih trimester 1. Terima kasih, ya, Mega. Sehat selalu dan lancar lahirannya.

    ReplyDelete