Sepuluh hari terakhir udah 5 kali ngegembel di bandara, mulai dari ngegembel di lounge super nyaman yang kalo ngambil makan gak pake mik...

Penerbangan yang Ricuh


Sepuluh hari terakhir udah 5 kali ngegembel di bandara, mulai dari ngegembel di lounge super nyaman yang kalo ngambil makan gak pake mikir sampe numpang tidur di musola staff bandara. Pesawat terbangnya mulai dari pramugari yang pake rok panjang tapi sobekannya se-paha atau pake rok se-lutut sampe pramugari Malaysia yang pake celana panjang dan kerudung super unyu.

Taken by @RezaIqbal_ (kakak saya)
Dipotret @RezaIqbal (kakakku).


Sekitar 4 hari dihabiskan di perjalanan, awalnya ngira ini bakal jadi suatu hal yang melelahkan dan membosankan. Ternyata salah, banyak banget yang kalau diperhatikan jadi sebuah cerita. Banyak banget yang menarik, langsung aja deh:
 
          Berserakan di Bandara

Berserakannya gak sekedar memenuhi bandara, tapi kebanyakan mereka malah tidur di lantai bandara! Waktu aku nyoba keliling bandara karena bosen nungguin jam terbang yang harus nunggu sekitar 8 jam ternyata gak cuma di satu tempat, berserakan tanpa arah! Ini udah biasa apa akunya aja  yang berlebihan sih? 

          Antri

Toilet (Bandara)

Ada 4 bilik toilet, santai aja antri di paling ujung. Sambil ngelihat rutinitas orang-orang di sekitar. Ada yang lagi antri sambil ngegosip, pake make-up sampe wudhu di wastafel. Nggak lama setelah itu, nggak sadar ternyata ada ibu-ibu di antrian bilik sebelah yang membelah diri (karena bajunya sama) dan pindah antrian ke depanku . Waktu aku nyoba maju, ada sindiran: “Eh kita duluan kan ya yang di sini.” Daripada ribut, mundur adalah jalan terbaik. 

Pengecekan Pasport

Pertama di Bandara Soekarno Hatta Jakarta, sekitar jam 2 pagi dimana seharusnya itu adalah waktu yang tepat untuk memeluk guling. Waktu itu emang banyak banget yang di atas umur dan bisa dipastikan gak paham sistem bandara. Antrian jadi super berantakan, awalnya sih petugasnya cuek sampe akhirnya ada petugas yang masih muda dan gaul teriak-teriak memecah rasa kantuk.
Bu, Antri bu! Antri yang lurus! Ini bukan pasarrrrr!!!” 

Kedua di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Rusuh banget di sini, mulai yang rombonganku belum dapet form yang harus di isi sampe petugasnya ngomel pake bahasa arab dan ada antrian yang seharusnya satu baris malah bercabang empat. Ini mau antri apa bikin mapping map.

          Pesawat atau Bus?

Bukan pesawatnya yang abal-abal, tapi umatnya aja yang kurang paham. Setelah udah nyaman duduk di seat dan mulai baca bukunya Pandji Pragiwaksono yang Berani Mengubah tiba-tiba dateng seorang Ibu dan mendapati seat-nya udah diduduki orang lain.

Lho ini gimana sih, tempat duduk saya kok diduduki. Ya ini tempat duduk saya. Ibu dimana aslinya? Mana tiketnya Ibu? Enggak, enggak saya cuma mau liat aja. (ibu yang duduk di tempat yang salah malah geleng-geleng dengan cuek, maklum udah di atas umur) Duh ini gimana sih, mbak mbak ini gimana dong!!???” 

Pramugari yang udah jelas banget dari mukanya kalau dia lagi stres nyoba tarik nafas bentar dan merespon ibu yang suaranya super berisik nan tidak manusiawi dengan bahasa Malaysia.

Ibu seorang aje? Kalau begitu Ibu duduk aja di tempat duduk yang kosong, terserah.”  

Berasa bus, kan? 

          Toilet Pesawat Terbang

Lagi-lagi bukan pesawat terbangnya yang salah, super nyaman kok. Ya itu tadi, masalah umat yang ada di dalamnya. 

Pertama, tisu berceceran dibawa kloset.

Kedua, tisu semakin banyak, kayaknya orang yang dari situ menyimpulkan bahwa tempat sampahnya memang di bawah kloset gara-gara banyak tisu di sana. Aku nyoba sabar dan membuang tisu-tisu tidak manusiawi tersebut ke tempat yang selayaknya.

Ketiga, 9-10 jam di dalam pesawat terbang tidak memungkiri untuk terus ke toilet. Ketiga kalinya di tempat yang sama, kondisinya makin PARAH! Allahuakbar.

          Lelah yang Berujung Stres

Ini kejadian saat akan pulang dari negara orang dan sepengetahuanku di dalam pesawat terbang tersebut kami punya tujuan sama cuma beda rombongan aja. Aku yang muda aja capek, apalagi orang-orang di atas umur dan kebetulan pada saat itu sekitar 70% golongan tersebut. Perkiraanku juga, mereka punya kegiatan yang lebih melelahkan daripada rombonganku. Artinya, mereka lebih capek dan lelah.

Kelelahan tersebut sepertinya berdampak terhadap psikis mereka. Kok bisa? Entahlah. Tapi ini buktinya (semua kejadian ada di dalam pesawat terbang):

Pertama, ada kakek-kakek kehilangan istrinya. Dengan didampingi pramugari yang super cantik dan lagi-lagi keliatan mukanya ikut pusing nemenin kakek tersebut keliling pesawat terbang. Kayaknya pertanyaan ‘Ini istri bapak?’ selalu berujung dengan jawaban ‘bukan’ yang datang setelah cukup lama pramugari menunggu. Sampe akhirnya ada pengumuman, ‘Kepada Ibu Sulatin, diharapkan memperkenalkan diri kepada anak-anak kapal.' 

Ujung ceritanya ternyata lebih buruk daripada istrinya akhirnya nggak ketemu. TERNYATA, istri kakek tersebut nggak ikut perjalanan bareng dia, istrinya di Indonesia! Entah harus kasihan sama pramugarinya atau malah ngakak nggak karuan. 

Kedua, Ayahku duduk di sebelah nenek-nenek yang sepertinya sedang lelah dan berujung stres. Tiba-tiba dia teriak,

Menantu saya itu kurang ajarrr!! Udah dikasih rumah, menantu saya itu orang P*****!! Aaaanjjjj*****ngg!!!!”   

Mungkin Ayah udah biasa kali ya dengan situasi tersebut, Ayah malah ngajak jalan-jalan nenek tidak dikenal tersebut dan menghampiri keluargaku sambil gandengan dan bilang, “Ini bu istri saya, ini anak saya.” Itu Ayah lagi so sweet, atau ikut gila? Entah.

Keluargaku tanpa si @RezaIqbal_ , karena dia yang motoin muehehe.
Itu aku lagi baca bukunya Stevan Purba yang Entepanuer lhoh :3
Udah bisa bayangin ricuhnya kayak gimana? Atau kalian punya cerita kayak gini bahkan lebih ricuh di bandara atau pesawat terbang? Share aja di sini, asal jangan bikin blog ini jadi ricuh.

26 comments:

  1. syukur aku belum pernah ngalamin cerita kayak gini.. emang pelayanan di bandara itu banyak yg belum maksimal. kemarin aku baca berita ada lg tuh yg namanya tikus2 bagasi pesawat :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, belum maksimal. Bener banget. Tikus bagasi pesawat? Duuh ada-ada aja ya :/

      Delete
  2. gue malah delay 8 jam dibandara BIM padang, setelah didesak penumpang pihak maskapai malah ngembaliin duit, kami terlantar -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah? Udah delay dikembaliin duitnya. Parah. :D

      Delete
  3. Belum pernah ngalami hal serupa nih. Semoga ke depannya lebih baik hehe :v

    ReplyDelete
  4. Wahh... gaul nih isinya... !!! aku belum pernah naik pesawat... --a *mbok'e kasian amat nasib anakmu ini huhu
    duh, jadi tambah kepo kan, emang habis ngapain sih? sekeluarga gitu... ada acara keluarga?? O.o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga naik pesawat baru ini kok wkwk.
      Aduh gak usah kepo, gak penting juga kemananya :p

      Delete
    2. Uwuw... tetep aja udah pernah :3
      ih,... yakin deh tambah kepo -_-

      Delete
    3. Yaudah nanti sama aku deh barengan *eaaaa. Pukpuk ya :p

      Delete
    4. Aseeeekk... ntar tak bayarin deh... *ciyeeee *sokkeren :P. aduh -_- beneran deh kepo ni... *levelkeponaik

      Delete
    5. Gayanyaa :p
      Udah sana sekolah, abis ini UN :p

      Delete
    6. Ahaha,... gakpapadong :P
      haha... yes ma'am... :D

      Delete
  5. Kalau soal masalah jet lag gimana nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kerasa banget awal-awalnya. Dua hari ngerasa kayak naik turun lift, padahal enggak. Gak enak banget -__-

      Delete
  6. ngebanyangin bagaimana gelangsanya si kakek karena gak ada istrinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekaligus bayangin ekspresi pramugarinya ketika menerima kenyataan bahwa istri kakek yang dicari gak ada di peswat terbang itu... Tapi beda negara.......

      Delete
  7. Kayaknya kakek-kakeknya modus tuh. :|

    ReplyDelete
  8. Besok gue mau menggalang tempat sampah khusus di toilet biar tisu2nya nggak dibuang di kloset atau dimaanapun itu -.-

    ReplyDelete
  9. seandainya ojek bisa terbang :D

    ReplyDelete
  10. In the next, Mega akan ayah ajak penerbangan yang lebih nyaman dech (Syamsul Arifin)

    ReplyDelete
  11. iku kabeh ancen true, opomaneh pesawat pas gae mulih, milih kursine isok karepe dewe

    ReplyDelete