Salah satu target yang saya punya di kehidupan yang penuh sandiwara ini adalah.. menikah muda. Ketika saya menceritakan target yang s...

Manfaat Menikah Muda

Manfaat Menikah Muda


Salah satu target yang saya punya di kehidupan yang penuh sandiwara ini adalah.. menikah muda. Ketika saya menceritakan target yang satu ini, kebanyakan orang kalau nggak menganggap saya ‘kebelet nikah’ pasti ‘bosan sekolah’. Seakan-akan saya setelah lulus SMA yang akan berlangsung tahun depan langsung tutup buku dan buka terop, alias menikah.

Noway! Enggak juga. Saya emang baru aja berumur tujuh belas tahun, dan punya target menikah muda sejak akhir kelas 1 SMA, dimana saat itu saya baru berumur enam belas tahun. Meskipun saya bandel di sekolah bukan berarti saya ‘kebelet nikah’ atau ‘bosan sekolah’ kok. Enggak sama sekali.

Kalau saya bilangnya sih, bukan kebelet nikah, tapi we are thinking one-step further. Kebanyakan dari kami yang ingin menikah muda karena kami berpikir satu langkah lebih jauh. Emang sih ketika saya mempunyai target menikah muda di usia enam belas tahun itu ngawur banget, asal pingin.

Namun saya percaya satu hal: ketika kamu percaya, maka alam semesta akan mendukung. Dan emang bener, saya dipertemukan oleh banyak kejadian yang berkaitan dengan menikah muda. Ada yang bahagia dengan menikah muda, ada yang bilang menyesal, dan yang paling sedih adalah kejadian beberapa hari yang lalu…

Saya      : “Gimana kabar, Mbak? Katanya kemarin mau nikah gitu? Gimana ceritanya?”
Mbak     : “Ya… gitu lah, Meg. Sekarang aku ngelanjutin kuliah S2.”

Iya, nggak jadi nikah. Ah mungkin cowok gantengnya masih disimpen, kayaknya tiga bulan lagi ketemu. Terus Mbak-nya menikah dan nggak jadi ngelanjutin kuliah S2. Aamiin, hehehehe super sok tau.

Postingan kali ini, saya akan share tentang manfaat menikah muda versi kabarislam.net di artikelnya yang berjudul 6 Manfaat Menikah Muda. Tapi dari artikel tersebut saya ambil tiga aja dari enam manfaat yang ada, dan saya modifikasi agar bisa dibaca semua kalangan. Emang apa sih manfaat menikah muda? Yuk langsung aja!

Lebih Bahagia
Awalnya saya termakan omongan orang, ketika orang yang menikah muda kadar egonya lebih tinggi. Semaunya sendiri. Tapi setelah saya baca artikelnya, malah berbalik dengan opini kebanyakan orang.

Pasangan yang menikah muda malah belum mempunyai ego-ambisi, jadi mereka lebih bisa menerima keadaan pasangan hidupnya. Bahkan ketika misalnya nih, suaminya belum mapan dalam hal ekonomi mereka tetap enjoy menjalani kehidupannya.

Iya sih, saya juga menemui beberapa karakter para perempuan yang umurnya udah pantes menikah tapi belum menikah, dan perempuan yang menikah muda.

Pada kasus pertama, saya kenal dengan beliau. Cantik, baik hati, dan religius. Di umurnya yang sebenernya udah pantes banget untuk menikah, saya bingung juga kenapa belum menikah yaaa? Menurut hipotesa saya, semakin berumur seorang perempuan, kriteria pasangan yang dicari semakin kompleks dong pasti? Nah itu dia! Maunya yang mapan, religius, fashionable, ganteng, pendidikanya harus lebih tinggi, pengertian, dan makin banyak dan bertambah deh syaratnya.

Pada kasus kedua, perempuan yang menikah muda. Saya kenal beliau sebagai pasangan menikah muda yang mempunyai putra baru kelas 2 SD dan sangat so sweet. Kebetulan suaminya membangun suatu perusahaan baru. The beginning is always the hardest, coba deh belum bisa renang terus belajar renang, pasti susah awalnya. Nah, apalagi membangun suatu perusahaan kan?

Azra Ucorp
Ini nih clue-nya. Namanya Azra, anaknya siapa hayo.

Tapi, istrinya begitu so sweet dan enjoy ketika menemani suaminya. Dan anaknya pun bisa banget bersikap, waktu itu saya dari perwakilan komunitas lagi meeting dengan perusahaan tersebut. Anaknya meskipun baru kelas 2 SD udah bisa makan dengan tenang. Ketika saya bilang, “Pengen deh punya anak kayak gitu.” Ayahnya bilang, “Pikirin aja terus, pasti nanti kamu punya anak kayak gitu.”

Lebih mudah mencari kesuksesan

Yakin deh banyak banget orang yang lebih memilih: “Ya mapan dulu baru nikah.” Tapi yang saya percaya malah kebalikannya! Menikah adalah salah satu jalan membuka rezeki! Kalau di web yang menjadi sumber saya sih.. karena ketika menikah kita bisa lebih tenang, gitu. Tapi ya mana saya tahu, saya kan belum menikah. :p

Masih nggak yakin? Tunggu Selasa minggu depan deh. Saya bakal cerita tentang ini!

Lebih baik bagi masa depan anak-anak
Ini menjadi alasan yang paling menguatkan saya, tapi alasan ini disimpen Selasa depan ya hehe.

Kalau di web sumber sih, menikah muda bermanfaat agar anak-anak kita nggak hanya merasakan nikmatnya kehidupan, tapi merasakan juga bagaimana manis pahit kehidupan. Kalau menikah muda pasti banyak juga kan yang sebenarnya nggak mapan dari segi ekonomi? Jangan khawatir, hal tersebut bukan permasalahan seutuhnya, malah bisa menjadi pembelajaran tersendiri.  

Serius, ini penting lho! Ayah dan Ibu saya adalah pasangan menikah muda, memulai kehidupan rumah tangga dari nol. Ayah saya merantau ke Malang dengan menggandeng Ibu saya yang masih muda, rumah masih ngontrak, dan dengan keadaan tersebut kakak cowok saya lahir.

Ketika saya lahir baru punya rumah sendiri yang sangat sederhana. Kalau makan keluar pasti ke tempat-tempat yang sederhana. Ketika adek saya lahir, Alhamdulillah keadaan keluarga juga semakin membaik. Udah pindah rumah, dan saya sering banget ngajakin makan keluar ke tempat-tempat gaul.

Selain keadaan yang membaik, kedua kakak adek saya ini yang udah makin gede dan sangat jarang di rumah. Kakak saya lebih sering ngampus daripada di rumah, dan saya anak asrama, satu-satunya anak yang selalu di rumah ya adek saya yang masih SD. Kalau dia butuh bola futsal, atau apa deh pasti cepet banget di-iya-in.

Hal tersebut yang terkadang membuat saya khawatir, akhirnya saya sering mengingatkan dia biar nggak manja di sela-sela ketika dia lagi cerita panjang lebar dan mengeluh tentang kehidupan anak-anaknya yang lucu banget. Emang sih dia ini serba di-iya-in kalau mau beli apa-apa. Tapi saya pernah denger curhatannya gini:

Saya      : “Aku tiap minggu renang dong, Fi. Kamu kapan? Katanya mau renang?”
Rafi      : “Huuuh, iya. Aku udah minta Ibu renang. Tapi gitu, mesti kapan-kapan. Selalu deh kalo aku yang minta renang gitu. Huh.” (Adek saya meskipun cowok, cerewetnya mirip mbaknya, bukan masnya hehehe)

Ya gitu, tercukupi materi biasanya waktu bareng keluarganya sering nggak tercukupi. Di sini peran seorang kakak yang dulu pernah hidup susah secara materi tapi tercukupi di segi waktu kebersamaan bermain wahai teman-teman. Halah.

Razes Rafael Gibran
Ini lho yang bikin kangen rumah. {}

Dari sekian alasan, pasti masih banyak yang menganggap menikah muda adalah suatu keputusan yang harus mikir-mikir-mikir-mikir dulu banget. Yang kalau dijadikan target kehidupan nggak pas juga. 

Sampai jumpa di segmen Wedding Moment minggu depan selanjutnya aja deh! Saya mau share tentang kisah pasangan menikah muda yang bikin saya pingin banget bikin event yang judulnya: “Pernikahan Dini?” Hehehe. See you gaes! 



15 comments:

  1. Sebenarnya, gak ada orang yang siap nikah. Sama seperti gak ada orang yang siap mati. Pernah dengar juga, nikah bukan berarti gaji kita akan dibagi dua, tapi Allah akan menggandakan gaji kita. Gitu sih, gak tau juga hehe

    ReplyDelete
  2. Dulu aku gak pernah bermimpi mau nikah muda. Maunya ya umur ideal, sekitar 25 gitu. Tapi ternyata, aku ada rencana dekat untuk dua tahun ke depan. Doakan ya Mega. ^^ Apalagi setelah tau beberapa manfaatnya aku jadi makin siap dan mantap. :))

    ReplyDelete
  3. Kira-kira, apa langkah pertama yang harus dilakukan untuk menikah muda?

    ReplyDelete
  4. kalo untuk ane sih blm siap buat nikah muda :D

    ReplyDelete
  5. Kalau buat cewek sih nikah muda rada gampang, tapi kalau buat cowok tanggung jawabnya lebih besar, jadi kalo aku sih sukses dulu baru nikah.

    ReplyDelete
  6. Nikah muda yaa.. Bolelah.. Bersakit bersama dahulu menghargai kesuksesan bersama kemudian.. Boleh lah

    ReplyDelete
  7. wahaha saya kira saya doang yang sudah mikir nikah hihi
    tp bukan berarti sy udah kebelet nikah yaa... :P

    ReplyDelete
  8. Gue juga pengin sih nikah muda. Mudah-mudahan aja ada yang mau nikah muda sama gue. \:p/
    Eh, terop itu apa sih Meg?

    ReplyDelete
  9. pernikahan dini yah, hemm semua orang boleh berpendapat masing masing tapi saya juga setuju nikah muda, tapi sampai sekarang keinginan saya belum terwujud hehehe curhat. yang penting ketika nikah muda menurut saya seenggaknya sudah punya minimal salah satu punya pekerjaan sehingga sudah bisa hidup mandiri tidak mengandalkan kiriman dari orang tua lagi hihi...

    ReplyDelete
  10. Eeeee' aaaa' eeee'... nikah muda? bentar-bentar, masalahnya bukan kapan kita nikah. Tapi sama siapaaaah?? Hahahaha

    ReplyDelete
  11. pengen nikah juga tapi belum punya pasangan T.T

    ReplyDelete
  12. kalo nikah tanggung jawab gak cuma sama diri sendiri tapi sama keluarga yang baru kita bentuk juga
    jadi harus pastiin dulu mental bener bener siap

    ReplyDelete
  13. Kalo aku nikah umur 23 itu termasuk muda a meg?

    ReplyDelete