Kayaknya… ini waktu yang tepat untuk cerita Taken by Mas Kesayangan. For more photo, check his instagram: @rezaiqbal. Sebagai manus...

Road to Makkah: Kerennya Bahasa Arab!

Kayaknya… ini waktu yang tepat untuk cerita
Road to Makkah
Taken by Mas Kesayangan. For more photo, check his instagram: @rezaiqbal.

Sebagai manusia yang menjadi bagian dari muslim dan muslimah, atau penganut agama islam ibadah haji adalah salah satu hal yang katanya ‘nggak afdhol’ kalau nggak bisa ke sana. Terutama orang Indonesia, kalau udah ke haji panggilan Ayah dan Ibu jadi berubah. Yang awalnya panggilannya Ayah, berubah jadi Abah. Yang awalnya panggilannya Ibu, berubah jadi Ummi. Atau yang paling bikin geli, ada orang yang nggak mau kalau gelar H. alias Hajj ketinggalan ketika dituliskan atau disebutkan.

Ibadah haji menjadi impian setiap muslim dan muslimah. Bahkan ada guru saya yang memasang foto dengan tulisan ‘Road to Makkah’ di meja gurunya. Ketika saya melihat beberapa fenomena sosial tersebut, yang ada dipikiran saya, “Ada apa sebenarnya di Makkah?”

Iman saya memang masih cupu.

Namun, Allah SWT rupanya sayang sama saya, hingga suatu hari Ayah dan Ibu bertanya, “Mega, kamu mau umroh, nggak?” Saya diam dan membatin, pertanyaan konyol macam apa ini? Jelas mau lah!

Tapi seiring berjalannya waktu mengurus paspor dan lain sebagainya, saya sempat berpikir ingin menggagalkan rencana perjalanan ini. Kenapa? Hmm… ini sedikit konyol. Alasannya adalah, saya nggak pede. Iman saya masih cupu, gaya banget umroh segala. Takutnya, ketika saya udah selesai umroh, iman saya segitu-gitu aja. Ini nggak keren!

Keresahan itu saya pendam begitu lama hingga akhirnya saya menemukan orang yang tepat untuk diajak sharing, saya pun cerita. Dia pun bilang, “Hus, jangan gitu, Meg. Udah anggep aja rezeki, insha Allah barokah,”

Akhirnya saya menepis pikiran negatif itu dan berangkat ke Madinah pada bulan Februari 2014.
Masjid Nabawi
Ini foto kakak saya di Masjid Nabawi. Saya nggak mau foto di depan masjid.
Saya dan Ayah sepakat dan sepaham, foto di depan masjid itu nggak keren.
Huahahaha. Maap ya mas. :p
Makkah
Ya emang sih......
Pelajaran agama yang saya dapatkan mengenai budaya yang di Madinah, bener banget. Negaranya tertata rapi, masyarakatnya ramah, dan suasananya bikin adem di hati. Kebetulan Madinah juga lagi musim dingin, lebih dingin dari pada di Malang!

Katanya, sesuai janji Allah, Madinah dilindungi oleh tiga hal. Seinget saya dan sepaham saya nih ya, kalau salah, ingetin aja. Yang pertama dihindarkan dari banjir. Kedua, hmm semacam dihindarkan dari perperangan dalam Negara kalau nggak salah. Yang ketiga, dihindarkan dari kelaparan. 

Yang paling menarik menurut saya yang ketiga, dihindarkan dari kelaparan. Jadi kalau misalnya nih ada lima orang lagi kelaparan di Madinah, ternyata adanya nasi bungkus satu doang.. Berkat mukjizat Allah SWT, nasi bungkus itu bakal cukup untuk lima orang tersebut!

Madinah Food
Rasanya… luar biasaaahhhhh permisaaahhh! Ladzziiizzzzzz!!!
Sayangnya saya nggak pernah kelaparan di sana, jadi belum bisa membuktikan mukjizat tersebut. Yang ada saya malah makan terus, nggak ada makanan nggak enak di sana! Gitu kata Ayah saya. Bahkan pisang yang dijual di depan Masjid Nabawi aja cantik dan enak rasanya.

Banyak cerita yang saya dapatkan di Madinah, mulai dari nekat ke makam Nabi Muhammad sendirian sampai tersesat di golongan orang Turki, didorong sekelompok orang India dan berujung diomelin Ayah gara-gara saya ninggal Ibu, sampai.. dikira istri Ayah saya ketika lagi beli gamis.  Ah, tapi kapan-kapan aja ah ceritanya.

Beberapa hari setelah di Madinah, akhirnya kami sekeluarga dan rombongan yang lain berangkat ke Makkah, di mana ibadah umroh berlangsung. Ketika kami usai melakukan berbagai ibadah mulai tawaf, sa’i, tahalul dan baru selesai saat subuh, yah sekalian aja solat subuh di Masjidil Haram.

Yang paling menyebalkan di momen solat subuh itu adalah… Masjidil Haram lebih rame daripada Masjid Nabawi. Hingga akhirnya saya mengeluh ke Ibu, “Kenapa sih, Bu mereka ini rame banget, nggak santai. Ya tau ini Makkah, emang mereka bisa apa ibadah khusyuk kalau kayak gini?”

Rupanya Allah mendengar keluhan saya… akhirnya kami nggak dapet tempat di dalam masjid, tapi di luar. Padahal lagi dingin banget, empat kali lipat dinginnya Malang Kota kalau subuh dan musim dingin, serius! Selain dingin, saya kepelet pipis, beneran kan nggak khusyuk jadinya.

Nggak selesai sampai itu aja, ketika kami akan kembali ke hotel, kalau di Indonesia adanya macet karena kendaraan, ini beda, macet karena manusia! Jarak antar orang nggak sampai ada lima centimeter, bener-bener deh sempit! Padahal di jalan raya lho ya.

“Aduh, Yaaaah aku kebelet pipis banget, nih,” serius ini ngomong sambil pengin nangis, saking kebelet pipisnya. 

Mungkin ada hampir setengah jam perjalanan ke Masjidil Haram ke hotel, padahal lumayan deket! Sampai akhirnya ketika berhasil keluar, saya udah nggak kebelet pipis. Parah! Dan entah dari mana asalnya saya tiba-tiba memiliki pemikiran ini:

“Ya mungkin ini spesialnya Makkah, spesialnya ketika ibadah haji atau umroh. Di mana lagi tempat yang semuanya bener-bener mau beribadah, berbondong-bondong sampe masjid segede itu aja nggak cukup? Masjid di sekolah aja yang deketnya beberapa langkah, masih aja males ke masjid.”
Keren, gilak, sumpah. Mukjizat! Nggak sia-sia saya ada di situ.

Banyak juga cerita yang menarik di Makkah. Nggak secantik Madinah, sih. Tapi, mallnya meeen! Keren! Mau cari apa? KFC? Pizza Hut? Baskin Robbin? Mc Donnalds? Starbucks? Ada!

Ini saya mau ibadah apa belanja sih sebenernya…

Saya mencoba menepis ide gila untuk memanfaatkan waktu ini untuk sekedar ngeliatin mallnya. Tapi apa daya… tour leader saya ini.. hobi main ke mall. Saya kenal beliau sejak kecil, saya sering main ke rumahnya dan selalu dikasih mainan dan permen. Bahkan, ketika sekeluarga main ke Surabaya, beberapa kali disediakan tempat tinggal di apartmentnya, kalau nggak salah di daerah Pakuwon. Super baik. Namanya Om Masykur.

Onta
Lebih enak susu onta daripada susu sapi, gaes!

Di suatu hari, setelah minum susu onta yang enak banget, kami diajakin jalan-jalan ke berbagai mall. Nggak cuma satu mall aja! Iya, serius!

Saking capeknya diajakin jalan, kami laper banget! Om Masykur akhirnya peka, hampir saja kami akan mati. Beliau ngajakin makan ayam, saya lupa merknya apa. Tapi kami ditolak mentah-mentah, karena ketika kami mau makan… ada adzan dhuhur.

Setelah kami solat, entah mengapa Om Masykur menghampiri saya.

“Mega, kamu yang pesen makanan aja, ya. Di sana. Yang laki-laki antri.”

Padahal yang cewek juga antri. Karena saya pede dan menganggap semua akan baik-baik saja, saya mengiyakan dengan mantap. Saya dicatatkan sebuah menu dengan bahasa arab, okay! No problem! La ba’sah!

La ba’sah itu… bahasa arabnya ‘nggak papa’.

Saya ditemani satu cewek yang masih SMP, dia dari Surabaya, kami satu rombongan. Dia bilang, “Nanti… Mbak aja ya yang ngomong.” Saya menganggukan kepala dengan mantap.

Banyak gaya.

Ketika sudah di depan kasir, saya nyoba pake ilmu bahasa arab yang diajarkan di sekolah. KAMPRET!!!! KASIRNYA GAK NGERTI WOY, HIY#(*^(&68^^!!!!!!!!!! Saya blank, nggak ada kepikiran buat ngomong bahasa inggris.

Beberapa detik setelah saya diam dan kasirnya mulai memasang muka pengin gampar saya. Saya mencoba improvisasi, melihat buku menu dan menyebutkan yang dipesan ‘se-kena-nya’. Setelah semuanya terpesan, usai sudah penderitaan saya.

Makanan pun datang, kami makan ngemper, gembel banget pokoknya. Dengan ragu-ragu saya tanya, “Om, nggak salah kan yang saya pesenin?”

Omnya jawab, “Bener, kok. Yah, kalau nggak Mega yang pesan, nggak punya cerita nanti kamu.” Allahuakbar! How great! Ma ajmal!

Akhirnya saya makan berdua sama mas saya dengan khusyuk. Isinya ada beberapa ayam goreng, kentang, dan roti burger. Nggak ada nasi. Nggak ada sambel, adanya mayonnaise.

Atau cerita ketika saya, Ayah, dan Ibu beli sajadah. Tiba-tiba pundak saya dicolek seseorang yang ada di belakang saya. Oh, orang Turki nih. Sebut saja namanya A.

A: “Kam?”

Sebenernya saya tau artinya ‘Kam’ itu ‘berapa’. Tapi saya ngeblank, dan ngelihatin mbak-mbak Turki itu beberapa detik dengan tatapan kosong. Hingga akhirnya saya ngomong dengan putus-putus, “Arba’ah riyalaats.” Artinya, empat real. 

Dan yunowhat gaes, saya diciein sama si penjual yang tadi sibuk godain Ayah percaya menuduh bahwa Ayah saya bukan orang Indonesia, padahal face Ayah nggak ada bule-bulenya, madura asli hahaha. Ya nggak ngomong cie juga sih, kayak kaget gitu. Tapi saya bisa membaca dari sudut matanya ingin berkata, “CIE BISA YA LO! BISA YA!!!”

Saya terpukul karena pengalaman tersebut. Belajar bahasa arab sejak 4 SD belum cukup untuk bisa ngobrol pakai bahasa arab. Paling maksimal ngelihat ayat al-qur’an dan bisa ngartiin se-kata-dua-kata. Tapi karena itu juga sih saya jadi pengin terus belajar bahasa arab.

Meskipun saya sering ngantuk dan berujung tidur di kelas ketika pelajaran bahasa arab. Meskipun ketika ujian nahwu sorof (tata bahasa dalam bahasa arab) saya menjawab dengan menuliskan soalnya kembali…

THAT DOES’NT MATTER!

Nggak mau tau, pokoknya ketika saya udah kembali ke sana lagi, saya udah jago dan bisa sok akrab dengan mereka pakai bahasa arab! Karena… bisa ngomong sama mereka pakai bahasa arab itu.. keren! Ya, keren aja gitu. Hehe.

Adek saya, Rafi namanya. 


Tungguin cerita lainnya! :D

32 comments:

  1. Meg, aku numpang tanya ya, kalo selama pengalamanmu di sana, kata-kata dasar bahasa Arab apa aja seng bisa dipake? Buat basa-basi aja, untuk berbaur lebih mudah di sana...

    Mohon jawabannya ya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaan yak, biasanya sih kalau mau beli mereka juga paham pake bahasa indonesia. Aku jarang komunikasi sama mereka jun, coba paham bahasa arab, penginnya sih bisa ngobrol gitu..... Maap ya gabisa jawab :')

      Delete
  2. Masyaallah Megaaa keren banget kamu udah pernah ke Makkah :'D mupeng abis akuuu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bisa segera menyusul! :))

      Delete
  3. Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga kamu juga bisa segera menyusul! :')

      Delete
  4. Hahaha ceritanya seru! Jadi intinya ini jalan-jalan yaaa.. Bukan umroh. Wkwk

    Btw, Makkah itu besar gak sih? Besar mana sama Malang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitu lah... spiritualnya kurang. Makanya... pengin ke sana lagi hehehe. Kalau gedean mana sih.. kayaknya sih ya gedean Makkah. Majunya juga maju Makkah *yo iyo meg*

      Delete
  5. Subhanallah ihh jadi pengen nabung biar bisa ibadah ke Makkah euy. Ditunggu cerita lainnya. Itu ontanya lucu banget deh.. Uwuwu.. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaaattt! Semoga segera menyusul!
      Siap, pasti. Hehe iyaa, mereka unyu banget, masih kecil-kecil. Ada yang guede banget, waktunya disembelih, yang udah pada gede nggak unyu lagi. Serem malah. :')

      Delete
  6. Sebagian pedagang disana ada yang mahir bahasa Indonesia kan ? Sambil baca dan lihat fotonya sambil do'a juga semoga dapet kesempatan pergi ke sana. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget yang jago bahasa indonesia, tapi jagonya tuh lucu banget, bikin ngakak xD Aamiin, semoga ke sana, ajak-ajak juga ya. Eaaa.

      Delete
  7. Entah kenapa ada dua sensasi sekaligus saat membaca postingan ini meg:

    1. Merinding, karena perjalanan ke dua kota suci itu memang akan mendatangkan pengalaman-pengalaman yang nggak ada tandingannya
    2. Kocak, karena cara ente (jiah, ente) menyampaikan yang polos bangets :")

    Anyway, sukses belajar bahasa arabnya yee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Bram! Makasih lho udah baca^^.
      Polos ya..... masa sih hahahaha. Sip sip, semangat!!

      Delete
  8. Entah kenaoa setiap baca tulisan yang kayak gini gue selalu ingat tulisannya mas Agustinus Wibowo. :)
    Dan, anyway, itu yang di foto nggak salah tuh? yang photo bomb bukannya yang kerudungan item? hahaha *kabuuur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisannya yang mana? :o
      Errrrrr.... harusnya kayak gitu yaaaa hahaha xD

      Delete
  9. Alhamdulillah ya, Mbak, udah bisa umroh. :D moga aku juga kesampean. ya! :D

    ReplyDelete
  10. Wah seru banget tuh.. kalo aku jalan keluar kota aja mikir dulu :|

    btw, ontanya gaul, ngerti kamera :)))

    ReplyDelete
  11. Wah enak ya udah umroh.. :3

    Gua juga mau ah! *nabung dari kembalian coki-coki*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.
      Yuk! Kali aja ntar umroh bareng *halah*

      Delete
  12. seru banget bacanya tapi fotonya kurang banyaaak ;D ceritanya kurang panjang... ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo panjang-panjang kamu nggak mau baca cuma scroll doang aku yang sedih, hiks :'( *ea*

      Delete
  13. Merinding bacanya, seriuus. eh asik ya, semoga bisa kesana juga, aamiin. entah kenapa semua anak man 3 yang aku kenal udah pernah umroh semua hmm :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho kenal anak-anak man3? Hehehe alhamdulillah kalo gitu :))

      Delete
    2. ada beberapa yang kenal hehe. eh btw kita seumuran loh, sama-sama pejuang unas tahun ini :D
      aku yang waktu itu komen di ig-mu :3 sekarang lagi ujian ya? sukses ujiannya megaa :))

      Delete
    3. Eh, seumuran? Ehehehe iya, cuman aku lebih nyantai ke UNnya, fokus ke ujian PTNnya. :'D Hehehe iya makasih banyak lho ya, sampe mampir ke instagram segala. Yapssss, lagi UAS nih, kamu juga ya, sukses! See you on top! *halah*

      Delete
  14. جربي يا اختي..إنشاالله ستستطع :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. جربي يا اختي..إنشاالله ستستطع :)


      salam kenal ;)
      from : "auni insyirah" solo..

      Delete
    2. Bingung mau bales apa hahahahaha. Afwan :p

      Delete
  15. Subhanallah keren sangat yah saya semoga juga bisa sampai Mekkah insyaAllah aamiin.....keren yah saya iri nih... T.T, lagi belajar Nahwu semoga aja bisa jadi bekal sampe sana aamiin...

    ReplyDelete