Rasanya, label ‘anak jurusan bahasa’ hanya lah omong kosong kalau belum lihat teater yang sesungguhnya. Makanya saya semangat banget ke...

Fenomena Teater Keong, Kerennya SMAN 7 Malang!

Fenomena Teater Keong

Rasanya, label ‘anak jurusan bahasa’ hanya lah omong kosong kalau belum lihat teater yang sesungguhnya. Makanya saya semangat banget ketika dapet tugas media partner KabarMLG di Fenomena Teater Keong! Wohoo, akhirnya kesampean juga nonton teater! Saya kepo, gimana sih teater yang sesungguhnya, pasti keren!

Pukul 2 lebih sedikit hari Jum’at, 16 Januari 2015 udah touchdown di lokasi, dengan bermodalkan ID Card KabarMLG,

Saya    : “Mas, saya dari KabarMLG nih.”
Mas     : “Oh, dari pers.”
Saya    : (Pers… Wenak… Dasar norak)

Di lantai 3 Perpustakaan Kota Malang, ruangan udah di desain ‘teater banget’. Rata-rata penonton SMP dan SMA yang masih pake seragam sekolah. Lainnya mungkin beberapa mahasiswa dan temen-temen media partner. Kami, penonton yang udah siap nonton duduk lesehan dengan manis menunggu teater dimulai.

Sebelum ke teaternya, saya bertanya-tanya, sebenarnya siapa sih penyelenggaranya? Kalau di poster sih ‘Teater Keong Management’. Tapi, siapa mereka, yang main siapa, sih? Ternyata, mereka adalah SMAN 7 Malang. Teater Keong Managementnya sendiri, berdasarkan informasi temen, adalah garapan alumni SMAN 7 Malang. Woah, keren!

MC Teater
MCnya pun keren, bikin ngakak hahaha. Berhasil bikin
audience lupa kalau ruangannya dipenuhi oleh manusia. 
 Masuk ke teater yang pertama, judulnya “Gak Ilok”

Teater Gak Ilok

Kata ‘gak ilok’ biasanya digunakan ketika kita melakukan hal-hal yang tabu, yang nggak sopan. Arti dari ‘gak ilok’ (bahasa Jawa Timur-an) sendiri adalah ‘gak pantes’ atau ‘gak seharusnya’.

Di teater ini, menceritakan bahwa udah seharusnya yang muda menghormati yang tua. Cocok banget dengan fenomena yang ada sekarang. Meskipun orang Jawa sekalipun, ‘unggah ungguh’ mulai berkurang. Orang Jawa udah mulai kehilangan Jawanya.

Fakta ini nih yang bikin saya pengin banget belajar krama inggil, anyone? 

Teater Indonesia

Pesan sosial yang dikemas dengan cantik banget lewat teater “Gak Ilok” pantes banget dapet dua jempol, keren! Enggak ada narrator sama sekali tapi plot ceritanya rapi, semi drama-musikal, musiknya live, pake gamelan. Ini baru teater! 

Teater kedua, “Orang orang Pasar Tulusrejo”.

Orang Pasar Tulusrejo
Apa yang sebenarnya dilakukan orang-orang Pasar Tulusrejo? Dari alur cerita yang sederhana, yaitu peresmian kamar mandi baru di Pasar Tulusrejo teater ini juga pas banget dengan permasalahan sosial yang ada di Indonesia.

Dalam teater ini, kita diajarkan untuk nggak mata duitan. Pernah saya datang ke kelas Akademi Berbagi dengan topik “Plan Your Career”, Pak Anton Sapto sebagai pembicara menanyakan apakah komisi di luar perusahaan atau biasa disebut ‘uang terimakasih’ itu hal yang wajar atau enggak.

Jawabannya? Masih banyak yang bilang: wajar-wajar saja. Karena emang masih banyak yang kurang paham dengan ‘uang terimakasih’ tersebut seharusnya ke mana. Mungkin lebih jelasnya, coba deh baca bagian ‘Integrity’ di buku Young on Top, 35 Kunci Sukses di Usia Muda.

Teater ‘Orang-orang Pasar Tulusrejo’ ini ceritanya sederhana tapi bener-bener terasa jelas gimana sih dan apa yang terjadi ketika sebuah daerah disuap dengan ‘uang terimakasih'.

Penata Musik Teater

Yang paling bikin terkesan dari teater ini adalah… musiknya! Kalau yang pertama pake alat gamelan, penata musik di ‘Orang-orang Pasar Tulusrejo’ nggak cuma main musik, tapi main peran juga! Duh, keren! Dan entah kenapa saya auto-focus ke cowok yang depan sendiri.. lucu banget. Cieee.

Teater terakhir, ‘Bersiap Kecewa dan Bersedih Tanpa Kata-kata’.

Bersiap Kecewa dan Bersedih Tanpa Kata-kata

Bisa dibilang ini teater yang paling lama, meskipun tata musiknya lebih modern dan lebih asik, pesan moral yang tetep ada, tapi sayangnya menurut saya ‘terlalu lama’. Jadi di pertengahan sempet ngerasa, kapan berakhirnya. Apalagi jam udah mulai menunjuk angka 5 sore sedangkan nggak ada break dan belum sholat ashar, jadi kurang bisa fokus.

Cerita ‘Bersiap Kecewa dan Bersedih Tanpa Kata-kata” adalah cerita cinta-cintaan, intinya pertemuan sepasang kekasih yang dipertemukan di momen yang tidak terduga.

Yang saya suka dari teater ini…

Teater Cinta

Ada bagian di mana ada cabe-cabean yang dapet banget karakternya! Enggak genit sih, cenderung ‘serem’ dan kayak robot, tapi entah kenapa rasanya ‘dapet’ banget karakternya.

Penata Musik Live Teater


Penata musiknya! Makin beragam dari sebelumnya, mulai dari drum, gitar, bass, biola, dan yang lainnya. Meskipun sibuk dengan alat musik dan bagiannya masing-masing, ekspresi muka mereka tetap mengikuti alur cerita. Malah bisa juga dibilang mereka ambil peran di teater tersebut. Masih nggak berubah, masih keren!
*****

Overall, keren semua! Saya pernah main teater, judulnya Los Bagados De Los Pencos. Tapi sayangnya masih ada peran narrator di sana, jadi kurang ‘teater’. Fix, SMAN 7 Malang keren! Kalau ada event, kabarin KabarMLG lagi yah hihihi. Terus… mau dong diajarin main teater kakak-kakak yang ganteng dan cantik? :3

Belum pernah nonton teater? Cobain dong! Serius deh, nggak kalah seru kok dibandingkan Stand up Comedy. Nih ada coming soon teater di Malang, Teater Topeng-topeng. Entah saya bisa datang atau enggak, nggak ada kerja sama media partner sih, hiks. Biar free pass gitu, halah. *kode keras*


Pengin nonton? Bareng, yuk! 

26 comments:

  1. Replies
    1. Jangan gak jelas dong plis. Nanti diputusin pacarnya baru tau rasa lho :(

      Delete
  2. Wah seru gitu theaternya. Dari dulu pengen nonton juga tapi jarang banget di Manado ngadain kayak gitu. :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aja yang minat teater makin banyak, jadi bakal ada pementasan teater :D

      Delete
  3. Mahahaha itu apaan awesome anak muda. :))
    Itu dari tiga itu kayaknya yang paling mantep yg Gak Ilok itu deh. Gue berasa gimana gimana gitu bayanginnya lagi main terus tahu2 ada gamelan main. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gamelannya mengiringi teaternya, engga tau-tau ada gamelan hehehe

      Delete
  4. Sumpah teater lebih menarik dari standup comedy? coba ah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan lebih menarik sih, tapi sama menariknya. Tapi tetep, bergantung dengan selera masing-masing orang.

      Delete
  5. Jelas seru, nonton teater backsoundnnya pake gamelan. Nyaman dan tenang tu... Seru2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tenang juga sih, ada momen menegangkannya. :D

      Delete
  6. Aih... keren juga ya jadi anak jurusan bahasa! ^^

    ReplyDelete
  7. Wih! SMAN 7 itu SMA aku, tapi di Banjarmasin.
    Keren juga ya teater managemennya udah bikin show sendiri. Masih SMA pula. Eh, alumninya, ya? Ah tau ah, gak mau sotoy... Oiya, kalo ada acara ludruk, review juga meg. Ludruk juga lucu XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. .......nggak ada yang tanya, Mas. :p Iya nih, aku pengin banget ke event tradisional begituan. Ludruk misalnya. Yang kepengin dari dulu tapi enggak kesampean itu.. wayang. :(

      Delete
  8. Meg, teater "gak ilok" baru denger aja kayaknya bikin ketawa. Tapi bagus sih, buat sindiran sopan santun di zaman ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo anak muda ditegesin buat menjaga sopan santun kan kadang susah. Kalo lewat hiburan kayak gini mungkin bisa lebih ngena :D

      Delete
  9. pertunjukan yang keren nih kayaknya

    salam ya buat yang pake baju merah yang main pianika
    *salah fokus* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam.... andai aku kenal mereka, pasti aku sampe-in :')

      Delete
  10. Gue malah iri baca tulisan ini. Gue salah jurusan soalnya. Anak bahasa dan sastra manteplah! Asik banget dari foto-fotonya. Kalo soal nonton stand up, itu fokus ke komedinya. Kalo teater lebih luas. :))
    Gue terakhir nonton teater SMP. Lama banget. Wakakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sekarang selamat dan baik-baik saja kan? :D
      Nah bener banget! Kalo teater emang lebih luas, nggak sekedar komedinya, tapi plot cerita, kostum, musik, dan banyak banget yang menarik dan sering bikin ngakak.
      SMP? Lama bangeeeet, nonton lagi dah. :D

      Delete
  11. Wihhh dudul depan sendiri, megs? Bisa dapet foto bagus bagus gitu angel-nya. :))

    ReplyDelete
  12. belum perna nonton teater yang semegah ini gue hahaha awesome!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sebenernya, ini terhitung biasa lho. Ada yang lebih megah :D

      Delete
  13. hadeh, kelewat...
    kapann coba gue bisa nonton lagi

    ReplyDelete
  14. hai mba.. makasih reviewnya. aku salah satu anggota dan tim nih. seneng banget bisa baca comment comment diatas. btw, soon kita bakal adain show lagi di 2017 :)

    ReplyDelete