Akhirnya! Bisa dateng juga ke GRAVITASI NOL, Pameran Seni dan Desain yang diselenggarakan oleh Desain Vokasi dan Seni Rupa Universitas B...

Gravitasi Nol, Pameran Seni dan Desain Universitas Brawijaya

Gravitasi Nol

Akhirnya! Bisa dateng juga ke GRAVITASI NOL, Pameran Seni dan Desain yang diselenggarakan oleh Desain Vokasi dan Seni Rupa Universitas Brawijaya. Awalnya udah mau nggak dateng aja ke event ini karena nggak ada temen—ya maklum lah jomblo. Namun, rupanya alam semesta lebih mendukung keinginan saya. Sehari sebelum hari terakhir, Mbak Putri ngajakin ke sini! Woho!

Gravitasi Nol

Seperti pameran pada umumnya, Gravitasi Nol memamerkan banyak masterpiece di dalamnya. Mulai dari lukisan, wpap, pop up, dan berbagai karya yang saya enggak ngerti namanya. Tapi setidaknya, dari pameran ini saya jadi tau kayak gimana sih karyanya mahasiswa DKV (Desain Komunikasi Visual) dan Seni Rupa, terutama di Universitas Brawijaya sendiri.

Ooh, jadi gini ya? Keren!

Selain pengin tau karya mereka kayak gimana, nama eventnya tuh yang bikin penasaran! Ada apa dengan Gravitasi Nol? Emang bakal kayak gimana di sana? Kalau gravitasinya nol, berarti melayang dong?

Maksud Gravitasi Nol

Ternyata bener! Di pameran ini kita bakal ngerasa melayang karena pesawat terbang yang udah disusun melayang dengan cantik banget, konsepnya cakep!

Pameran Indonesia

Selain itu, ketika melayang otomatis benda-benda yang ada di sekitar bakal nggak ada aturannya kan? Ini juga konsep yang mereka coba terapkan, di pameran ini semua karya bersatu, lebih tepatnya menyemukan pembeda dari karya-karya tersebut. Sama ketika melayang, bebas!

Di antara banyaknya karya, mungkin Mbak Putri suka lukisan yang ini:

Lukisan Hujan

Mungkin karena hati Mbak Putri yang cenderung kalem dan peka, dia jadi suka hujan. Ketika saya baca tulisan Mbak Putri tentang penggambaran cuaca, dia ahlinya banget! Hahaha. Ketika ditawarin foto di lukisan ini, saya jawab dengan cool, “Maaf Mbak, aku nggak suka hujan.”

Nggak suka hujan…. atau karena nggak kalem dan nggak peka? Hiks.

Dari karya ke karya saya telusuri namanya, mana sih karya Mbak Vian, kakak kelas saya. Saya udah keburu kecewa duluan gara-gara Mbak Vian ngabarin kalau nggak submit karya, ternyata… malah ada tiga! Nggak submit apaan…

Dua karya di antaranya…
Karya Universitas Brawijaya

Dua karya favorit! Suka banget! Sukses terus ya Mbak Vian!
Indonesia People
Saya—Mbak Vian—Mbak Putri
Ada lagi karya yang saya suka,

Astronot

Judulnya seingat saya, “Banyak Jalan Menuju Bulan”. Asik banget! Setelah ngelihat selama sepuluh detik, tiba-tiba saya inget, “Mbak, ini logonya JEKO!” Akhirnya kami tertawa bersama, mengingat perjuangan membangun perusahaan JEKO—Ojek Online satu tahun yang lalu.

Indonesia Produktif

Dear, JEKO—Ojek Online. Real founder (re: Mbak Putri) masih nggak bisa move on tuh dari kamu, masih kamuuu aja yang dipikirin. Doain aja deh, kamu bisa ada suatu saat nanti, entah siapa yang nge-manage.

Diambil dari IG: @gravitasinol
Yap, sama-sama Gravitasi Nol! Saya tunggu lagi deh acara-acara keren dari Desain dan Seni Rupa Universitas Brawijaya! Menurut saya, yang kayak gini nih penting. Selain menjadi wadah anak muda Indonesia untuk terus termotivasi berkarya, sebagai salah satu cara juga mengenalkan ke warga Indonesia bahwa kayak gini lho anak muda Indonesia, masih terus produktif berkarya.

Kamu juga suka bikin karya kayak di atas? Tunjukkin, dong! Kalau kamu masih malu show off, gimana kita bisa tau kalau ada orang Indonesia yang punya karya luar biasa?

*Next Event: Teater Keong and Love Donation by Young on Top Malang.

17 comments:

  1. Wah konsepnya lucu juga ya. Banyak pesawat digantung2. Dan, gue juga suka itu yang gambar monyet! Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Yang Monyet Hipster itu nggak pake cat doang, tapi ada digital printing juga. :D

      Delete
  2. Duh, Mega iki nemu aja acara2 keren. Keliatan banget gawlnya. Da aku mah apa atuh. Btw karya2nya keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, gawl tanpa kekasih apa lah artinya mas. Huahaha opoze meg. Yaaa, keren-keren! :D

      Delete
  3. Naksir sama gambar sebelah kanannya Batman! Bagus aja gitu.. BTW, kok tau banget sih acara ngehits di Malang. Aku mah apa atuh, di Bekasi cuma ngendog :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya Bekasi lebih punya banyak event keren deh.... Emangnya engga?

      Delete
  4. kenapa setiap perempuan (wanita yang siap) yang ada di dekat mu cantik meg. dan kamu ahh sudahlah.. halah gak fokus. sebenarnya semua yang gak lumrah seperti pameran itu bisa di katakan aneh, tapi kalo semau orang sudah gak asing dan jadi lumrah maka itu gak aneh, kelangsungan hidup aneh semakin terancam.. gaswaat!!

    ReplyDelete
  5. Keren banget Meg! Haha, hasil karya anak DKV mah gitu.. atistik banget pasti! Aku juga suka ngeliat pameran tugas akhir jurusan DKV hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak, artistik! Ya nih jadi pengin dateng lagi ke acara-acara mereka :D

      Delete
  6. Keren banget meg... *emot jempol gimana sih*

    ReplyDelete
  7. Woooh keren meg !! gue paling suka yang monyet, digital apa manual yak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang itu sih perpaduan. Jadi yang monyet sama bunganya digital printing, belakangnya dua objek itu pake cat air.

      Delete
  8. acara kayak gini ngajak atuh meg

    ReplyDelete
  9. Acaranya keren. Bisa jadi spot buat selfie pulak! :D

    ReplyDelete