at Hjh Maimunah Restaurant, Joo Chiat Rd, Singapore. Bukan jalan-jalan namanya kalau nggak cari makanan! Begitu pula dengan edisi #Main...

#MainKeSingapore: Jalan-jalan, Cari Makan

Jalan-jalan, cari makan
at Hjh Maimunah Restaurant, Joo Chiat Rd, Singapore.
Bukan jalan-jalan namanya kalau nggak cari makanan! Begitu pula dengan edisi #MainKeSingapore kali ini, mumpung liburan, yuk makan-makan! Empat hari di Singapore bisa dibilang cukup menekan keuangan sebagai orang Indonesia. Karena makan di sana nggak ada yang murah.

1 SGD (Singapore Dollar) sama dengan 9.498 IDR (Indonesia Rupiah). Biar gampang ngitungnya, anggap aja 1 SGD sama dengan 10.000 IDR. Kalau kalian udah nonton film Merry Riana pasti udah paham banget kalau di Singapore nggak ada yang murah, makan pun begitu. Kalau makan tiga kali sehari, berarti 30 SGD, sekitar seratus ribu setiap makan. 10 SGD aja itu makan di warung biasa!

Oke saya bahas satu-satu sejak perjalanan ke Singapore, yak!

at Burger King, Juanda Airport.
Ini belum di Singapore sih hehe, sebelum ke Changi Airport makan siang dulu di Juanda Airport. Burger King kebetulan belum ada di Malang. Saya pesen paket Whopper Beef Bacon & Cheese (+drink & french fries), kalau nggak salah harganya sekitar 48k.

Rupanya.. burgernya kecil, hiks. Tapi bacon-nya enak banget, tenang aja, bacon-nya bukan pork kok ehe. Cukup lah buat makan siang. Kentangnya juga enak, enggak over cooked. Ayam filletnya enak bangeeeeet! Meskipun bumbunya engga kerasa, tapi empuk. Sayangnya, teh tariknya, kalau saya sih no. 

Travelling in Singapore

Sampainya di Singapore, saya dan keluarga dijemput teman Ayah, namanya Pak Amin. Dianter ke Hotel 81, di Joo Chiat Road. Setelah bawaan udah di kamar, kami makan malam di salah satu food court di dekat sana. Bukan food court sih, kalau di Indonesia ya tempat makan biasa, nggak mewah kayak mall, gini nih: 

Makan di Singapore

Saya dan Ayah pesen menu yang sama:

Singapore Soup

Sup di Singapore

Sebenernya ini sup, tapi enggak ada wortel sama sekali, bumbunya juga beda. Di dalemnya ada sawi, tomat, tofu, dan ikan. Karena pada dasarnya saya enggak suka tofu karena teksturnya terlalu lembut… ya pada akhirnya saya makan juga, karena enggak tega, 4 SGD coyyy! Alias sekitar 40.000! Ini kalau di Malang kamu bisa ke kafe yang kekinian dan udah bisa pesen main course sekaligus minum enak!

Tapi fish fillet (kalau enggak salah) enak kok, bumbunya tetep cocok sama lidah saya.


Nasi gorengnya biasa aja sih, bumbunya engga begitu kerasa. Yang bikin unik tempatnya. Hot plate ya sissss. Hahaha.

Putu Piring Singapore

Wohoo! Ada putu juga di sini, tapi bedanya bentuknya kayak piring gitu. Makanya dinamain Putu Piring, satu porsi harganya 2 SGD. 


Rasanya mirip dengan putu di Indonesia sih, cuma bedanya gula merah yang ada di dalem Putu Piring ini lebih kering. 

Hari kedua di Singapore, kami sarapan di Pasar Geylang Serai. Kalau di Malang sebenernya mirip kayak Pasar Besar, tapi karena penataannya rapi banget dan ada cleaning service di sana jadi enggak kerasa pasar.

Dari deretan yang jualan makanan, akhirnya kami beli di ‘Tak De Nama’, iya namanya gitu. 

No name
at Pasar Geylang Serai

Yang bikin beda Singapore dengan Indonesia, di mana pun tokonya, budaya ‘Self Service’ ini selalu dipake di Singapore. Jadi bakal susah deh direpotin pelayannya, beda sama Indonesia yang bisa dicerewetin dengan hal-hal yang sederhana, misalnya: “Nasinya setengah aja ya, Bu. Gulanya jangan kebanyakan. Kuahnya banyakin dong, Pak.” 

Saya jadi pengin ke Singapore lagi, mampir ke Pizza Hut-nya. Apa iya yaaa waitress mereka kayak di Indonesia yang selalu tanya, "Bagaimana menu hari ini? Enak? Ada saran dan kritik untuk kami?" Jangan-jangan malah disuruh masak sendiri, karena 'Self Service' itu sendiri hahaha, esktrim banget.

Kalau di pasarnya, setiap toko enggak boleh jualan makanan dan minuman. Setiap toko harus jualan makanan atau minuman aja. Spesialnya lagi, meskipun pasar, semua orang yang antri beli baris dengan rapi dan lurus. Keren! 

Makan di Pasar Geylang Serai
at Pasar Geylang Serai
Di pasar lho ya ini, makanan kayak gini 5 SGD sodara-sodara! Dan sayang sekali bumbunya enggak cocok sama saya, ya tapi 5 SGD rasanya nggak tega kalau nggak dihabisin. Ketika makan ini, pasti kalian akan sangat bersyukur makan tempe goreng Mommy di rumah. Take me home, take me home!!!

Kalau main-main ke supermarket di Singapore, pasti banyak menemukan yang enggak ada di Indonesia. Saya ke beberapa supermarket sih, di Singapore juga ada Giant kok, tapi harganya yang lebih murah dari berbagai supermarket yang saya datangi namanya: Fair Price. Kalau belanja mending di sana aja. 


Cup Porridge Singapore

Saya dapet challenge dari Ira, yang nulis di lostintowns.com disuruh cobain mie instan di sana. Tapi karena lagi nggak pengin makan mie instan, akhirnya saya beli bubur. Rasanya? Nggak tega ngomongnya hahaha. Yang jelas enggak lebih dari asin. Kalau Super Bubur kan dibedain tuh antara bubur sama bumbunya, beda sama Cup Porridge yang satu ini, semuanya ada di satu sachet. Harganya? Hmmm 1.65 SGD.

Rasanya nggak ke Singapore kalau nggak ke Merlion-nya, akhirnya kami ditemani Atuk dan Opah (Opah mahasiswi Ayah) ke Merlion. Di sana emang panasnya nggak nyantai banget, se-level sama Surabaya tapi lebih panas dikit.

Frosbite
at Merlion Park.
Karena panas, adek saya jadi minta macem-macem. Dia pengin minum, tapi nggak mau air putih. Dia maunya es krim. Akhirnya beli di Frosbite, es krim durian seharga 12 SGD. Buseeeeetttt, es krim doang!!!
Durians Ice Cream Singapore
at Merlion Park
Tapi emang enak banget sih, saya juga ikut nyobain. Rasanya bukan kayak makan es krim durian, tapi kayak makan duriannya asli. Enaaak! Sebanding lah ya sama harganya. 

Kalau kalian main-main di Merlion, pasti ketemu deh sama yang jualan es krim khas Singapore, es krim yang dimakannya bareng roti itu lho. Karena udah pernah makan di Indonesia, jadi enggak pengin lagi hehe. Dari sekian booth di Indonesia yang jual es krim khas Singapore, saya rekomendasikan yang merknya "Orchard", lebih enak. 

Kit Kat Green Tea Halal
at park around Fair Price
Kitkat Greentea! Akhirnya nyobain! Mommy heran kenapa saya beli ini banyak, total saya beli 5 bungkus! Saya jawab aja, “Nggak ada di Indonesia!” 

Akhirnya di sebuah taman deket Fair Price, tiba-tiba Ibu nyobain Green Tea KitKat, begitu pula Rafi. Saya yang belum nyobain ngepoin mereka, nanyain enak apa enggak. Rafi jawabnya lama…. Dan akhirnya bilang enak. Mungkin dia terpaksa hahaha. Mommy pun begitu, jawabnya lama, “Hmmm ya enak sih, tapi aneh rasanya.”

Saya nggak tau bagaimana rasa enak dan aneh bersatu, hmm. Tapi emang sih nggak semua orang cocok, tapi buat saya sih, ini enak banget!

Saya beli Kitkat Green Tea dan Pocky Green Tea. Ketika sampai di hotel, tiba-tiba langsung inget, INI HALAL GAK YA?! Mampus. Akhirnya saya browsing, Alhamdulillahnya halal, kok! Jadi buat temen-temen nggak perlu khawatir kalau mau makan.

Emang sih di Kitkat Green Tea sama Pocky Green Tea ada komposisi yang enggak halal: shortening. Tapi shortening ini harus dilihat dulu dia hewani atau nabati. Saya browsing sambil deg-degan ternyata halal kok! Alhamdulillah ya. 

at Hjh Maimunah Restaurant, near by Hotel 81.
Jangan khawatir, banyak kok makanan Indonesia di Singapore. Salah satunya di Hjh Maimunah Restaurant, satu porsi ya sekitar 10 SGD. Singapore lah ya cyinnn. Tapi enak, kok! Cocok sama lidah Indonesia. 

at Hjh Maimunah Restaurant
Mungkin kalian mengenal ini sebagai pastel, kalau membayangkan isinya pasti ada telur, wortel, dan berbagai macam lainnya yang bikin pastel terasa yummy sekali. Tapi sayangnya isinya bukan itu! Kata Mommy sih kayak selai gitu, entahlah. Mungkin ini pastel selera orang Singapore. Rasanya? Saya sih no banget, aneeeeeh hehe. 

at Sakura International Buffet Restaurant
Terakhir, yang paling berkesan dan bikin pengin ke Singapore lagi: Sakura International Buffet Restaurant! Simpelnya, buffet itu prasmanan, makan sepuasnya, bayar cuma sekali! Semuanya boleh dimakan. Saya ke Sakura yang ada di Downtown East Mall, tapi banyak kok di tempat lain, cek aja websitenya.

Dan di Sakura makanannya nggak main-main, enak semua! 

Seafood everywhere, seafood everywhere!
Sushi everywhere, sushi everywhere.
Dessert everywhere, dessert everywhere. 
Opah ngajakin dinner di sini, padahal sebelumnya udah ditraktir makan buffet juga di restaurant arab, yang satu orangnya 16 SGD. Ternyata Opah nggak suka makanan arab, jadi sungkan. Eeeeh, ditawarin makan sushi, ya siapa nolak! Saya kirain Sakura adalah tempat makanan biasa, ternyata saya salah hahaha. Opah memang gaul! 



Sok sopan lah ya, ngambil sedikit aja. Tapi ini udah bikin kenyang banget! 


Posi Opah, tapi saya ikutan makan juga sih. Opah memang gaul, sukanya western food! Ditantang makan kerang, dan ughhh saya enggak suka hehe. Kalau udangnya... duh enak! 

Di Sakura, saya juga nyobain laksa, mie khas Singapore. Dan rasanya enaaaak banget! Kapan-kapan kalau ke Singapore mau cobain satu mangkuk laksa, soalnya waktu itu saya kenyang, jadi cuma nyobain satu sendok.


Dessertnya juga enak enak, rasah mbayar (nggak usah bayar) emang selalu enak ya gaes! #PecintaGratisan. Opah, terimakasih banyak, ya! Katanya Opah mau ke Malang hari Kamis di minggu ini. Mau ngurus.. entah tesis atau disertasi saya nggak paham. Ah, harus ditraktir nasi padang, nih! Hehehe.
*****
Empat hari di Singapore, rasanya belum puas nyobain makanan yang ada di Singapore. Kurang bisa challenge mau nyobain makanan-makanan lainnya. Ah, kapan-kapan ke sini lagi! Nyobain makanan yang lebih 'Singapore' banget! Nyam nyam nyam, jalan lagi, yuk! Cari makanan! 

37 comments:

  1. makanan disana kok murah ya sob
    hehehe berkunjung balik

    ReplyDelete
  2. Wah! Seru tuh ke Singapur, waktu itu diceritain temen tadinya mau pesen makan di hotel, pas buka menunya ada gambar babi satu halaman eh gak jadi mesen dan langsung melipir ke 7-Eleven :))

    Itu kitkat green tea emang enak sih! Waktu itu dibawain kakak dari Jepang, pengen lagi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha bisa ajaaaaa xD Wah iya, belum sempet ke 7 eleven, mini market mendunia kan itu :D
      Iyaaaa enaaaaaak :9

      Delete
  3. Waaaaa... menyenangkan sekali kelihatannya. Bikin gemes-gemes pengen D: :D

    ReplyDelete
  4. Duhhhhh . . gue iri . . gue iriiiiiii . . Kapan bisa maen ke Singapura . .??
    Jangankan ke singapur . .?? Ke coban rondo aja belum pernah . . Huhuuhuuuu . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau gitu ya ke coban rondo dulu dong, adeeem! :D

      Delete
  5. Wah keren main-main ke SG, aku paling banter main ke IG. :p
    Bisa nih buat motivasi aku ntar harus bisa ke Singapore.

    Itu yang paling keren makan di wajan gitu yah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahaha main di IG, bisa aja nih mas komikdimsum :p

      Hehe iyaaa makan di wajan, hot plate~

      Delete
  6. BUFFEEEEEEEETT!!! BUFFEEEEEEETTT!!! /ganyante/ /biarin karena di Malang gaada/ Impian Ira yang belum pernah terwujud tuh kalo buffet di hotel pas breakfast sensasinya itu loh tetep gaada. Apalagi buffet yang seafood sama sushi everywhere huhuhuhuhu :''''(((
    Ah tapi KitKat Greantea-nya so delicious kok meg. Ira yang gasuka greantea aja sampe nambah wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buffet memang..... uenak.... kalau gratis ehe. Apalagi yang ini, sayang sekali aku nggak makan Laksa sepuasnya *halah* *banyak maunya* Iyaaa enak kaaaan kitkatnya :9

      Delete
  7. Aih... di Singapore tetep aja bisa makan enak Meg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Sebenernya buanyak makanan enak di sini, cuma ya itu, mahal...... Tapi kalau punya duit sih murah kali ya :D

      Delete
  8. Wedyaan... pulang-pulang bisa parno sama timbangan nih, sops. Makan muluuk~ :'v

    ReplyDelete
  9. Aku mah ngiler baca yang ini meg sumpah, apalagi aku anak kost haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kemarin udah pulang, Mas. Makan sepuasnya di rumah :D

      Delete
  10. Waduh, cuma bisa manggut-manggut lihat makanan di singapur. Dan yang gak terima itu lihat eskrim durian tanpa hiasan harganya superpower banget, ya. Padahal terlihat ga ada spesialnya sama sekali. Tapi ya itu tadi, namanya juga singapur. Hahaha.

    Btw itu side bar dikanan fotonya 'Lil Wayne' bukan ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya tanpa hiasan! Spesialnya emang di rasanya, es krim yang beneran es krim, es krim yang bukan es krim abal-abal.

      Hehe sayangnya bukan, itu foto yang saya ambil di suatu konser di Malang. Vokalisnya Kaitan Reggae :D

      Delete
  11. Memang bener ini mah judulnya, jalan-jalan cari makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, ya benar sekali! Jalan-jalan belum lengkap kalau nggak menikmati kulinernya. :D

      Delete
  12. nggak ada tempe penyet meg ? kalo yg gak gampangan makan gimana . . . .

    ReplyDelete
  13. Yah.. yahh netes deh :'9
    4 hari yang keren beut, Meg! Semoga gue juga kesampean wkwk

    ReplyDelete
  14. Aaaaaaaaaak ketinggalan riwayat Mega ke Singapore!
    Dan gue baca ginian malem minggu pas lagi kelaperan sendirian. Kampreet.
    Itu gue mau doogn kit-kat greentea. Suka banget banget banget gue. :((

    ReplyDelete
  15. liat makanan yang berkuah gitu, jadi ngiler sekaligus laperr duhhh =(

    ReplyDelete
  16. wah dari tempat saya dekat ngak nyampe setengah jam ( batam ), bagus 2 ya sederhana tapi mewah nampaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak tuh, tinggal naik kapal feri jadi nggak perlu keluar biaya lebih mahal :D

      Delete
  17. salam kenal kayaknya perdana disini

    ReplyDelete
  18. mau dessertnya emang yaaa yang keliatan enaak dikamera tuh pasti dessert :D padahal kan ya manis2 gitu rasanya ...

    ReplyDelete
  19. Cie yang habis jalan-jalan ke singapore, GUE IRII.. Kapan ya gue bisa beli Es krim yang harganya 120 ribu haha

    ReplyDelete
  20. Rata-rata makanan di Singapura emang sekitar 4 - 5 dolar. Nggak cuma di Hawker Center tapi juga di Changi Airport! Kalau di Indonesia, makanan di airport jelas lebih mahal dari makanan di tempat biasa. Tapi di Singapura kok bisa sama ya harganya...

    ReplyDelete