Dengan keadaan NGGAK TAU acaranya berbayar atau gratis, tepat esok hari setelah datang ke Wedding Fair, lebih tepatnya tanggal 25 Jan...

Muslimah Itu Dituntun, Bukan Dituntut

Menjadi muslimah yang baik


Dengan keadaan NGGAK TAU acaranya berbayar atau gratis, tepat esok hari setelah datang ke Wedding Fair, lebih tepatnya tanggal 25 Januari 2015 saya datang ke Aula Pertamina Polinema Kampus 2. Semua ini karena Mbak Putri ngefans banget sama pembicaranya, acara yang hampir nggak pernah saya datangi: seminar dengan konsep agamis.

Penyelenggara acara ini ternyata ‘Mbak-mbak Subhanallah’, yang kalau ngelihat cara berpakaiannya bikin hati adem. Yang selalu pake rok dan hijab yang bikin hati adem. Konsep acara mereka agamis sekali, dan pembicara pertama konsepnya juga pengajian. Sayang sekali saya belum bisa kayak Mbak-mbak Subhanallah tersebut, karena saya hampir ketiduran hehehehehehe.


Pembicara yang kedua, ini yang bikin saya datang ke acara ini. Seorang penulis, sekarang bukunya udah dua. Yang berawal dari blogger.

Buku I Febrianti Almeera
Dulu dia seorang sexy dancer, penyanyi, announcer, anak entertain banget.. sampai sekarang hijabnya Subhanallah tapi tetep gaul dan memberikan impact luar biasa untuk cewek-cewek di lingkungannya untuk menjadi: be a great muslimah. Tadaaaa dia adalah… Febrianti Almeera (febriantialmeera.com).

Opening Febrianti Almeera atau akrab dipanggil Teh Pepew ini keren! Beneran deh dia orang entertain banget, nggak ada deh alasan buat nggak fokus ke Teh Pepew. Public Speakingnya keren banget! Saya belum pernah baca bukunya atau sekedar baca post di blognya, tapi karena event ini, fix, saya kagum dengan Teh Pepew.  

Be A Great Muslimah

“Muslimah itu dituntun, bukan dituntut.”

Gitu kata Teh Pepew, dalem banget.

Saya jadi ingat kejadian di group beberapa hari yang lalu, ada beberapa teman yang hobi nge-broadcast ke setiap group dengan isi yang sama. Nah salah satunya, kebetulan hari itu dia nge-share: “Bro, kalau cari istri yang berhijab ya. Auratnya aja dijaga apalagi KAMU.”

Kebetulan lagi di-share di group SD yang notabene udah pada banyak yang nggak berhijab. Saya baca sambil membatin, “Cari masalah ini anak.” Dan bener, setelah kemarin group jadi on fire karena broadcast yang ‘sensitif’, hari ini lagi. 

Berhijab memang jadi hal yang sensitif. Nggak pakai emang dosa, karena udah jadi kewajiban. Udah pakai tapi masih ketat sana ketat sini, jadi bahan omongan juga. Udah pakai sampai panjang sana sini, masih aja jadi bahan omongan lagi. Tapi kalau yang salah diingetin, sering jadi masalah.

Makanya saya setuju banget kalau muslimah itu dituntun, bukan dituntut. Begitu pula cara mengingatkannya, nggak bisa asal ngomong. Karena belum tentu yang kita bilang siapa yang baik dan siapa yang buruk itu benar. Apalagi cewek, dia dari tulang rusuk, kalau dipaksa dia nanti malah bengkok. Halah.

Jadi buat yang belum berhijab, setidaknya punya niat: iya saya akan berhijab kok secepatnya. Saya doakan semoga peka terhadap hidayah, jadi hidayah-Nya nggak makin naik level. Buat yang udah berhijab, kalau lihat temen kamu rambutnya kelihatan atau kerudungnya nerawang (kecuali emang disengaja) ingetin aja.

Kalau saya sendiri malah seneng, meskipun cowok yang ngingetin. Karena terkadang cewek berhijab tapi masih berantakan seringnya bukan karena sengaja, tapi karena kurang hati-hati dan insyaAllah mau kok diingetin.

Dan yang mengena lagi untuk saya ketika Teh Pepew bilang,
“Jadi muslimah nggak harus jadi anggun kok, kan kita memang dianugerahi karakter.”
Setuju banget! Tapi bukan berarti nggak anggun terus jadi ‘urakan’, tawuran sana sini, ya tetep menjaga etika. Karena jadi total anggun itu… ah bahkan saya susah untuk memikirkannya.

Muslimah berhijrah
Buku ke II Teh Pepew, yang jadi topik event ini.
Intinya di event ini saya jadi dapet ilmu yang luar biasa gimana sih berhijrah menuju ke ‘be a great muslimah’. Dan ilmu itu dengan tenang pelan-pelan masuk meresap. Beda kalau ilmu itu disampaikan dengan keras, balik lagi, cewek itu kalau dikerasin nanti bengkok, tapi kalau nggak dituntun bahaya. Maaf ya kami memang spesial.


Ah, pokoknya semoga kita sama-sama peka terhadap kode-Nya ya? Biar makin cepet menjadi Mbak-mbak Subhanallah dengan cara kita masing-masing. Aamiin.  

20 comments:

  1. Ya ampun mega, kamu mau aku tuntut??!

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Alhamdulillah, yuk kalo ada event kayak gini dateng yuuuk

      Delete
  3. Jadi pengen berhijab nihhh . . :))
    Acaranya keren. . teh febry juga cantik tuhh, kenalin donkz . . :))

    ReplyDelete
  4. "Bukan berarti nggak anggun terus jadi ‘urakan’, tawuran sana sini" Ngakak di bagian ini, gak bisa bayangin kalo ada tawuran anak-anak berjilbab.

    Datang ke event terus meg, bikin event dan jadi pembicara tunggalnya kapan? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha, keren pasti, Mas!

      .....ah, siapa lah saya ini, Mas. xD

      Delete
  5. Keren meg acaranya, mungkin kalo aku yang dateng bakalan di liat-liat sama cewek,
    tapi pakaian mbak-mbak subhanallah itu keren, bikin saya senyum simpul hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie senyum simpul cie, mana sih, cewek yang mana sih Mas Arul? :p

      Delete
  6. Perempuan yang subhanallah sekali itu yang berhijab, pinter, humble. duh, suka bikin cenat-cenut hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga jodohnya sesuai kayak gitu deh, Bang! :D

      Delete
  7. subhanallah.. mba meg. aku sekarang juga masih belajar berhijab. belajar hijab yang bener tp gak ribet dan nyaman pastinya.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga lagi belajar kok. Yang penting nggak perlu ikutan kanan kiri, yang nyaman aja :D

      Delete
  8. Keren sekali acaranya, wah miftah mah da apa atuh. Belum bener hijabnya, doakan agar menjadi lebih baik yaa :3.

    ReplyDelete
  9. Gue sebagai cowok juga kalau liat Ukhti berhijab juga ngeliatnya adem "subhanallah..ya salam ukhti." ayu meg aku tuntun bareng2 menjadi mba mba subhanallah :))

    wanita emang spesial, wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok,kalau di paksa akan patah, jika dibiarkan akan bengkok, maka mengertilah wanita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh...... boleh, Bang. *ea*

      Ya begitulah, karena wanita ingin dimengerti. :D

      Delete