Ketemu temen, event, meeting, menulis, dan laper adalah alasan kenapa saya harus pergi ke tempat makan, terutama ke kafe. Makanya...

dW Coffee Shop: Nyaman Untuk Blogger!


dW Coffe Shop


Ketemu temen, event, meeting, menulis, dan laper adalah alasan kenapa saya harus pergi ke tempat makan, terutama ke kafe. Makanya saya nggak pernah tergoda dengan adanya kafe yang semakin menjamur di kota Malang. Setiap ada temen yang upload foto abis dari kafe hits di Instagram, saya biasa aja. Karena saya datang ke kafe bukan untuk: pengin ke tempat baru, stok foto instagram, atau sengaja nyobain makanan. Istilahnya, menunggu momen. 

Sama seperti pertemuan saya dengan dW Coffee Shop. Sebenarnya tempatnya sangat dekat dengan sekolah, tepat di belakang sebelah kiri. Bahkan kalau lewat asrama, ada pintu belakang yang kalau pengin keluar tinggal dibuka dan tadaaaa.. udah kelihatan banget lokasi dW Coffee Shop di depan mata.

Sebenarnya coffee shop ini udah ada sejak lama, tapi selalu saya cuekin karena nggak ada alasan saya harus ke sana. Sampai akhirnya di penghujung 2014 saya harus bertemu dengan seseorang untuk urusan penting di dW Coffee Shop.

Coffee Shop Malang

Dari segi dekorasi emang lucu banget, dominan kayu dan vintage. Kebetulan sore itu baru aja hujan turun, jadi adem. Tenang aja gitu bawaannya. Saya pun memesan: satu cangkir kopi Americano, namanya keren.

Americano pun datang, saya menelan ludah, “Oh jadi kopi item begini ya, gak ada susunya gitu?” Saya nggak alergi kopi, suka malah. Saya cuma khawatir Americano ini membawa hawa ‘bapak-bapak’ ke dalam first impression hari ini. Udah gitu, saat Americano datang saya lagi baca majalah tentang wedding, nggak match abis.

Pertemuan dengan dW Coffee Shop yang awkward, heuh. Untungnya Americano-nya enak, beneran kok, nggak mengada-ada. Tapi ya itu, saya merasa ‘bapak-bapak’. Improvisasi adalah hal terbaik, saya cuek aja minum Americano. Entah akhirnya aura ‘bapak-bapak’ itu keluar, atau yang saya temui tidak peduli hehehe.

Atau, aura saya jadi cewek yang macho. Halah. Entahlah.

A photo posted by dW Coffee Shop Malang (@dw_coffee) on

Dan entah kenapa juga, sejak hari itu jadi sering ke sana. Selalu ada alasan untuk dateng ke kafe yang hits dengan hashtag #mengopiboleh-nya ini. Mulai dari satu minggu sekali, sampai pernah dua hingga tiga minggu sekali! Mulai dari meet up komunitas, reuni kecil-kecilan, ketemu guest star, sampai hanya karena: laper.


Cafe Moment
Ketika lagi kumpul bareng temen-temen lama ditemani tiga eskrim dan teh tarik dW Coffee Shop.
Bareng Jamban Blogger! 


#MalangKipa (photo by Lintang Jingga)
Ada event yang spesial juga diadakan di dW Coffee Shop, Komunitas Malang Hore yang ingin menjadikan hashtag #MalangKipa trending topic. Karena saat itu statusnya saya masih jadi admin KabarMLG, akhirnya ada di sana deh. Kalau di foto itu di sudut kiri atas, pake kerudung tosca.

A photo posted by dW Coffee Shop Malang (@dw_coffee) on

Selain kopinya yang enak, main course, minuman yang lain, dan ice creamnya nggak ada yang nggak enak. Enak semua. Beneran, nggak bohong. Nggak percaya sama yang udah dateng ke dW Coffee Shop sampai 3 kali dalam seminggu? Hihi. Green tea lattenya juga enak, lho! Ah pokoknya kamu harus ke sana!

Di suatu siang, saya lagi kesel karena nggak bisa nulis. Saya mulai nggak percaya dengan writer’s block, mungkin itu hanya otak kadal untuk males nulis. Akhirnya saya beranjak dari tempat tidur dan berpikir untuk menulis di kafe saja. Sebenarnya pengin ke kafe yang lain. Tapi emang dasar, males, kebiasaan jarang ke tempat baru, saya akhirnya datang ke dW Coffee Shop… untuk menulis. Sendirian.


Saya menghabiskan waktu lima jam hanya untuk menulis dan lokasinya sama: dW Coffee Shop. Karena tau diri, saya pesan menu secara berkala. Pertama: Caffe Latte (Double Shot) 16K dan Chocolate Toast 8K. Ronde kedua: Blureo Coffee 18K dan French Fries 13K.

Dari ke empat menu tersebut saya paling suka Caffe Latte (Double Shot), tapi buat yang nggak suka pahit mungkin bisa cobain yang single shot. Enak banget deh! Apalagi kalau abis makan cookies yang disediakan di cawan cangkir Caffe Latte dimakan terus langsung nyeruput kopinya. Rasanya pengin pesen satu lagi!

Dan tau nggak, selama lima jam saya di sana, saya nggak ngerasa diawasi oleh siapa pun. Nyaman banget nulisnya. Biasanya kan ada tuh kafe yang kalau udah lama di sana, entah kenapa mata-mata mbak mas waitress-nya agak aneh. Tapi di sini enggak, serasa rumah sendiri. *nggak tau diri*   

Dan Mas Henasatya ketika dateng ke sini untuk pertama kali, di malem minggu untuk jelasin mekanisme event Blogpreneur, sependapat dengan saya bahwa suasanya enak. Meskipun lama di sana enggak ada yang ngawasin seakan-akan berbicara: “Lo tau gak sih udah berapa lama di sini?” Mas Henasatya juga post tentang dW Coffe Shop sih, nih: dW Coffee, Obat Move On.

A photo posted by dW Coffee Shop Malang (@dw_coffee) on


Minusnya sih.. karena saya nggak bisa kena rokok.. saya jadi sebel sama yang ngerokok di sana. Nggak penting di dW Coffee Shop ada aturan ngerokok atau nggak, sebaiknya sih yang ngerokok bisa menghargai lah. Bahwa makan terus kena rokok orang lain itu nggak semua orang bisa ngerti.

Ya mungkin si perokok kurang paham, ya saya aja deh yang memaklumi mereka, mungkin rokok identik dengan kopi ya? Jadi suasananya pas buat ngerokok, hehehe. Kalau gitu sih, saya bisa apa. Saya nggak benci orang ngerokok kok, semua orang kan punya pilihan dan ceritanya masing-masing, I appreciate you guys. Ya hanya karena nggak bisa kena rokok aja, maaf ya kakak-kakak. :(

Tapi terlepas dari itu semua, semenjak hampir setengah hari ada di dW Coffee Shop, saya ngerasa nyaman banget. Nulis jadi asik, selesai sesuai target, nggak ada ceritanya capek terus jadi draft. Dan selama saya main ke sini bareng temen dan menghabiskan waktu bersama, saya juga merasakan hal yang sama. Temen-temen pun sepakat. Rasanya: “Nyaman aja gitu.”


Tapi jangan tanya saya gimana kalau pacaran di sana ya, jangan. Jangan aja pokoknya. Buat kamu blogger, mungkin kamu bisa nyobain setengah hari di dW Coffee Shop buat nulis. Jangan percaya writer’s block, itu hanya mitos! Dan jangan lupa pesen Caffee Latte atau Green Tea Latte! 


dW Coffee Shop 
Jalan Bogor Nomor 11, Kota Malang, Indonesia 
IG: @dw_coffee

26 comments:

  1. E itu dimana Jalan Bogor . .?? Jauh nggak dari matos . . n untuk harga, bersahabat nggak untuk kaum Mahasiswa rantau . .??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deket banget. Tau wearness nggak? Nah itu di belakangnya, jalan aja terus sampai di sebelah kiri kamu pas ada kafe yang kayu-kayu gitu. Cek ajah di IG-nya kalau mau lebih lengkap. Kalau masalah harga, kalau buat makan siang setiap hari ya... nggak bersahabat xD

      Delete
  2. Jadi keinget film Filosofi Kopi

    ReplyDelete
  3. Belom pernah kesana.
    ini kamu di endorse gitu tah sama dw coffe?

    aku juga pengen nulis ini, berhubung suka banget kuliner.
    tapi jatohnya jadi ngiklanin mereka.
    disitu kadang saya merasa bingung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan bukan endorse mbak, berdasarkan panggilan hati untuk apresiasi aja^^

      Sederhananya sih begini. Mungkin aja, ada orang yang browsing 'coffee shop Malang'. Dia lagi butuh banget nih informasih tentang itu. Mau ngopi di Malang tapi gak tau di mana. Mau cari kuliner di Malang, gak punya temen di Malang. Eh nyambungnya ke postingan yang ini. Alhamdulillah berarti postingannya bermanfaat.

      Niatnya dibalikin di awal ajah, bukan untuk promosi. Tapi menjadi apresiasi, memberi saran dan kritik untuk kemajuan kafe tersebut, dan yang paling penting memberikan infomasi untuk pembaca. Yah, itu lah fungsi blog, sebuah media komunikasi, media informasi. :D

      Delete
  4. Yess fotoku ada di blognya Mega. Aku senang wkwk. ya emang tempatnya asyik meg, tapi kalo aku yang mahasiswa kantong tipis mah mikir-mikir kalo mau kesana :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha :D
      Harusnya itu jadi motivasi untuk dapet good income, Mas! Yuk bisnis! :D

      Delete
  5. Dan entah kenapa gue jadi ngiler buat datang ke sana padahal kejauhankejauhan dari Palembang ke Bogor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Malang. Bukan di Bogor. Jalan Bogor 11 kota Malang :)

      Delete
    2. Ternyata gue salah baca itu alamat -_-

      Delete
  6. Awesome coffeee!
    Nyaman banget dan suasana nya relaxing abis

    Wahhh di padang kapan ya ada kafe se-blogiable iniii

    ReplyDelete
  7. postingannya kak Meg, lagi-lagi bikin diriku ngebet kuliah di Malang wkwkwk
    Padahal, tadinya pengen kuliah di tempat yang super jauh di sana
    gara-gara kenal blognya kak Meg, sekarang jadi belok ke kota Malang hahaha
    makasih kak Meg, kapan-kapan kalau ke Malang mampir ah... :v
    siapa tau bisa ketemu kak Meg di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk di Malang aja, adem. Ya agak macet sih akhir-akhir ini, tapi enjoy ajah deh. Anak mudanya banyak, jadi bisa lah berkreasi dan berkarya di sini hehe. Boleh banget deh kalau mau ketemuan ^^

      Delete
  8. Duh keren-keren.. jadi ngiler deh lihat minumannya...

    ReplyDelete
  9. Jauh, meg, jauuuuuuhhhhh.... dari sini. Nongkrong di sananya bisa via online aja kali yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tongkrongin instagramnya aja deh, kali aja bisa kenyang wkwk.

      Delete
  10. minumannya menggoda imankuuuu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaghfirullah, aku jadi ngerasa berdosa nih.

      Delete
  11. tempatnya nyaman,jadi mau kesana,tapi ah sudahlah
    sayang sekali yg ngerokok kurang menghargai yg tidak merokok,tegur aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Jawa sih.... "Sungkan" mau negur hihi.

      Delete
  12. Instagramable banget tempatnyaaaa.. >,< Apalagi makanan en minumannya gitu tampilannya cakep. Uh :3

    ReplyDelete