Selain event food bazaar, event fashion lagi rame-ramenya di Malang. Karena dasarnya nggak mengikuti fashion, saya kurang suka dan ma...

Malang Fashion Day 2015, Event Fashion Keren di Malang



Selain event food bazaar, event fashion lagi rame-ramenya di Malang. Karena dasarnya nggak mengikuti fashion, saya kurang suka dan males dateng. Tapi Malang Fashion Day, Pakai Indonesia yang diselenggarakan di Graha Sasana Budaya Universitas Negeri Malang pada 27-28 Maret 2015 menurut saya event fashion yang paling menarik sejauh ini.

Baca juga: The Sexiest Blue- Black Street Fashion: Pertama Kalinya Dateng ke Event Modelling


Kenapa? Karena di event ini nggak cuma ada performances dan fashion show, tapi juga ada seminarnya! Coba deh lihat trailer video Malang Fashion Day di bawah ini: 


Di video itu modelnya Mbak Chicha, reporter KabarMLG TV lho, yang sering saya ceritain di post-post ketika masih bareng KabarMLG. Cantik banget ya, baik banget lagi, cuma sayang... udah ada yang punya.

Saya dateng telat, karena sebelumnya saya lagi demam, bangun-bangun udah baikan dan masih ada waktu dateng. Demi nggak melewatkan free pass yang aslinya harus bayar 100 ribu ini, akhirnya saya berangkat dengan ceria. Kata Mbak Chicha, reporter KabarMLG TV, "Kamu kalau udah pegang kamera ya gitu, lupa semuanya."


Baca juga: Pagelaran Seni Sriwedari Mimpi, Love and Share

Konsepnya event yang diadakan oleh tiga lembaga: Business Owner School, Pejuang Ekonomi Nusantara, dan SE (Science Entrepreneurship) FMIPA UM sebenernya cakep banget. Ketua pelaksananya ketika saya wawancara jelasin kalau biasanya bikin event gebyar wirausaha, tapi kali ini tentang fashion.

Sebentar lagi kan MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) 2015 nih, tema “Pakai Indonesia” ini pas banget! Karena kalau Negara yang maju udah nggak perlu bingung, cukup meluaskan ekspor barang. Tapi kalau Indonesia, yang paling utama, kita harus bangga dengan produk lokal. Tapi bukan berarti beli produk luar yang di-KW-kan ya hehe.

Bener banget, karena saya sendiri hanya satu dua pakaian, sepatu, kacamata, atau tas yang produk Indonesia. Kendalanya sih sederhana: nggak tau mana produk lokal dan kurang peduli. Dan event yang semacam ini, fashion yang bernafaskan Indonesia harus lebih-lebih sering diadakan. 

Oleh-oleh kenalan.

Di event ini saya jadi tau banyak banget produk lokal Malang yang sebenernya udah oke, saya tertarik dengan mbak-mbak yang produknya dia jahit sendiri, keren! Cewek banget yah. Sempet kenalan juga dengan hampir semua booth yang ada di sana. 


Ini nih yang bikin saya semangat dateng! Ghaida Tsurayya!

Waktu saya lihat posternya, sebenernya nggak tau siapa dia. Dia pembicara di topik “Muslim in Business” dan cantik banget. Rupanya, Kak Ghaida Tsurayya ini seorang Ibu muda dari Bandung yang punya bisnis fashion: GDAs By Ghaida.

Yang menarik, cerita Kak Ghaida gimana mulai bisnisnya. Jadi Kak Ghaida ini waktu masih kuliah di Fisika ITB udah nikah. Nah si Suami tau nih kalau Kak Ghaida suka mix and match baju, akhirnya ditawarin buat bisnis. Awalnya Kak Ghaida nggak pede, tapi akhirnya bareng suami belanja kain dan ke penjahit langganan. Sampai sekarang bisa sesukses ini. 

A photo posted by GDa'S by Ghaida (@gdas_by_ghaida) on


Tips bisnis di fashion menurut Kak Ghaida harus tau nih karakter warnanya, karena Kak Ghaida suka warna yang vintage, akhirnya GDAs By Ghaida pake warna itu. Ada lagi yang bikin saya salut, ada yang nanya gimana kalau desainnya ditiru.


Nah ini hasil desain Kak Ghaida semua lho. 

“Ya ada yang kayak gitu, malah pelanggan Ghaida yang ngasih tau. Ya sakitnya tuh di sini yaaah. Ya saya bilang, yaudah belinya di Ghaida aja ya. Tapi teh saya percaya aja kalau pasti ada rezekinya,” ucap Kak Ghaida.

Ada lagi yang bikin saya makin nggak nyesel nih dateng ke seminar kali ini. Kak Ghaida bener-bener take care sama penjahit-penjahit yang udah jadi langganannya sekarang. Kak Ghaida juga ikut kursus menjahit, biar tau nih kalau baju segini butuh berapa meter, pake kain apa, dan pake cara apa. Dih, keren! Dan beberapa penjahitnya juga dikursusin jahit lagi, biar nggak kesusahan dan diupgrade lagi kemampuannya. 

Salut deh sama Kak Ghaida!! Semoga segera nyusul sukses sama nikahnya. Udah aamiin-in aja dulu dah. Hihi. Sebenernya ada speaker yang lainnya, banyak malah, ada delapan. Tapi saya cuma sempet dapet dua speaker dan Kak Ghaida oke dan inspiratif banget!



Serunya Malang Fashion Day 2015! 

Overall event ini keren, dari ramenya yang dateng juga kelihatan banget. Wuh! Hanya dekorasinya kurang aja sih. Tahun depan semoga bisa dapet gedung yang keren dan asik banget buat event beginian deh! Thanks a lot Malang Fashion Day 2015, keren! 



Malang Fashion Day 2015 // Twitter: @PakaiIndonesia // IG: PakaiIndonesia

24 comments:

  1. Lho ada kartu namanya mbak nelsi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kenal? Aku pengin kenalan lagi sih, kayaknya kerjaannya keren hehe. xD

      Delete
  2. duh anak ini yaa ..?? kerjaannya ngevent mulu ihhh .. hahaa .. bagus deh lanjutkan !!
    btw eventnya di sasbud yes ..?? semoga sukses aja, nggak bisa nonton juga nih, coz lagi nggak ada di Malang .. hehee ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya namanya juga event blogger, bisanya main ke event doang hehehehe.
      Iya di Sasana Budaya, anak UM nih? Cie lagi ke hometown ya? :D

      Delete
  3. hasil desain Kak Ghaida bagus-bagus tuh :))

    ReplyDelete
  4. Exciting.....pingin ikut acara kaya gitu

    ReplyDelete
  5. Menjahit sendiri tentu akan membuat sebuah hasil karyanya lebih keren dan terasa puas

    ReplyDelete
  6. Yang event kemarin nggak dateng Meg? yang Brawijaya Fashion Week? kata temenku sih yang rame cuman di Erigonya aja, soalnya itu yang ngasi diskon banyak. Aku mah gak dateng, gak ada uang #curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang Brawijaya Fashion Week aku nggak ikut mas hehehe, sebenernya HTM-nya 5.000 doang. Ya meskipun nanti ujung2nya di sana belanja ya wkwk Tapi feelingku ya fashion show doang gitu, ini dateng ke event fashion karena tertarik sama speakernya dan kebetulan gratis, Alhamdulillah. Banyak event gratis, ke sana aja deh. Aku juga #PecintaGratisan kok :'D

      Delete
  7. Lanjutkan Mega! Lanjut melakukan field report event terus. Tapi kalo bisa, pameran komputer juga dong. Kan seru bisa nyobain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pameran komputer apa yang ditontonin dong, kalau press release mau banget deeeeh. Mau banget mau banget. xD

      Delete
  8. Wuih, pada cantik cantik semua modelnya.

    ReplyDelete
  9. aaaakkk suka banget sama stylenya yang pakek jilbab ituuu :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huehehe iya, sekarang udah nggak ada alesan gak mau pake jilbab karena gak gaul deh pokoknya :D

      Delete
  10. itu subhanalloh semua ceweknya boleh dong satu

    ReplyDelete
  11. Keren banget desainnya Ghaida.. Gayanya feminin semua :D

    ReplyDelete
  12. aiiih.. jadi pengin bilang assalamualaikum ke mbak-mbak model yg berkerudung itu..

    ReplyDelete
  13. itu mcnya temen aku, hahaha :D

    Yaah, di BFW kemarin sebenernya juga ada pembicaranya meg.
    ada @ameliaelle yang anak endorse dari umm itu :D

    Aaah, yg ini gak sempet dateng gak ada duitnyaaa :(

    ReplyDelete