Meg, kamu berangkat jam berapa? 6.45 kalik. Rumahku deket soalnya. Dor! Jam menunjukkan di angka 7.30, di bulan Ramadhan yang s...

P2KK, It is just the beginning!


Meg, kamu berangkat jam berapa?

6.45 kalik. Rumahku deket soalnya.

Dor! Jam menunjukkan di angka 7.30, di bulan Ramadhan yang seharusnya menjadi pribadi yang lebih sholehah, subhanallah dan menggemaskan malah saya awali dengan kata-kata mutiara, “Sial! Siapa suruh tidur setelah subuh! Belum mandi lagi!”

Akhirnya saya tetep bisa berangkat jam 6.45.

Ditambah satu jam setelahnya maksudnya. Hehehe.

Sampai di lokasi jam 7.52.

Semua udah kumpul cantik dan ganteng di hall rusunawa Universitas Muhammadiyah Malang. Sedangkan saya baru dateng dengan satu ransel dan satu totebag dengan muka bantal. Dengan buru-buru saya menyusup di antara mereka dengan sok kenal, “Hai, di sini kosong kan? Oke, makasih ya. Namamu siapa? Jurusan apa?”

Yak, saya akan memulai kegiatan kemahasiswaan untuk pertama kali selama enam hari ke depan! Agenda ini hanya ada di UMM—universitas yang saya pilih untuk melanjutkan studi. Nama agenda tersebut: P2KK (Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan). Intinya program ini selama enam hari lima malam stay di rusunawa dengan sekian banyak kegiatan yang menjadi awal kami—yang baru lulus SMA untuk tau kehidupan mahasiswa.

Pesan yang saya ingat sebelum berangkat ke P2KK adalah temen yang udah saya anggep “mbak sendiri”, yang sekarang juga lagi kuliah Manajemen di UMM—Mbak Putri, “Siapin aja mental jadi anak ma’had (asrama)-nya. Ga ada yang begitu susah kok meg. Banyakin cari relasi. Ati-ati banyak yang cinlok di P2KK.”

Ah, pokoknya ini pasti akan jadi satu pengalaman baru lagi.

*****


Bener sih, nggak ada yang terlalu susah, malah semuanya menyenangkan. Nggak ada HP selama enam hari biasa aja rasanya, ketika temen-temen kamar rusunawa pada bilang, “Duh kangen si dia, kangen HP, biasanya tuh ya ngapa-ngapain kan pegang HP.” Saya cuma diam dan bertanya-tanya pada diri saya sendiri, apakah saya kangen dengan seseorang atau kangen HP.

Ternyata iya. Saya kangen…. dikangenin orang lain. Halah hahahahaha.

Tapi yang paling membuat saya putus asa ketikajam dua pagi harus bangun untuk salat tahajud dan tarawih. Bukan soal jam dua paginya, tapi jam segitu Malang lagi dingin-dinginnya. Sedingin hatimu menanggapi rasa cintaku, halah. Saking kedinginannya saya ngerasa bukan anak Malang lagi, seakan-akan saya adalah anak rantau dari anak pesisir yang kehidupannya di pantai terus, kalau mau makan harus naik perahu dulu. Kena dinginnya Malang dikit langsung masuk angin.

Dan hal yang paling bikin putus asa selanjutnya: salat terawih sambil ngantuk-ngantuk. Cuma dua kali salat malam dan terawih yang bener-bener saya melek dari awal sampai akhir, lainnya “ambyar”. Apalagi kalau udah bertepatan dengan imam yang bacaannya pelan-pelan banget, saya curiga jangan-jangan sebenarnya semua ini di-slow-motion.

Selebihnya? Me-nye-nang-kan!

Saya pas banget dapet kelas yang seluruh isinya menyenangkan! Mulai dari trainer, co-trainer, anak kelas, dan pembicara lainnya semuanya keren! Ilmunya banyak banget yang didapet, yang bikin saya sadar, “Oh jadi gini ya cara belajarnya anak kuliahan.” Ada yang bikin saya bener-bener excited untuk kuliah selanjutnya.

Topik yang sedang dibahas adalah: “Kenapa kita tidak bisa menggambarkan Allah?”

“Coba deh kalian ada di ruangan ini tanpa sebelumnya tau bagaimana luarnya dan diminta menggambar gedung ini secara keseluruhan. Bisa nggak? Nggak kan. Ya sama seperti bagaimana kita tidak bisa menggambarkan Allah. Kita nggak akan bisa menggambarkanNya sebelum kita bisa keluar dari kekuasaannya.”
Waw, merinding!

Banyak ilmu yang saya dapatkan, banyak temen yang saya dapatkan yang punya leadership keren, aku mah apa atuh. Dan ada cerita yang bikin saya bener-bener kagum dengan dia.

Dia anak timur yang punya rasa percaya diri tinggi dan ingin show and do the best. Namanya… Sandi.

Sandi dari Sulawesi, tepatnya di Mamuju. Kalau kamu tau stand up comedian bernama Abdur, ya persis Abdur cara bicaranya Sandi ini. Kalau kamu orang Jawa, pasti kamu bakal nganggep dia nyolot, padahal enggak, ya emang gitu cara ngomongnya. Sandi lulus tahun lalu, nggak sama seperti saya yang lulus tahun ini. 

Sandi yang di paling sebelah kiri. 

Awalnya dia mau kuliah tahun kemarin, tapi karena uangnya nggak cukup untuk kuliah, akhirnya dia memutuskan untuk cari uang, di Sulawesi juga. Hingga setengah tahunan dia berhasil menghasilkan 5 juta. Ketika dia browsing “Unismu”, eh… ketemunya UMM (Universitas Muhammadiyah Malang). Dengan segala cobaan dan rintangan, akhirnya dia lolos.

Dia pun ngurusin segala macem keperluan kuliahnya sendiri, dia berangkat dari Sulawesi ke Malang sendirian. Sesampainya di Malang, UNTUNGNYA, dia update status di Facebook kalau lagi di Malang dan ada temen yang jemput dia buat nyariin tempat tinggal. Omg. Ketika denger ceritanya, bener-bener deh saya berpikir: aku mah apa atuh, cuma anak Ayah yang kalau pergi keluar kota sendiri harus nyiapin seribu alasan.

Anehnya lagi, ketika pengumuman peserta P2KK terbaik se-angkatan adalah saya…. Krik krik krik.

Padahal kalau di luar kelas saya jarang nanya, saya berbicara karena ada yang mau disampaikan entah bertanya atau berbagi, bukan ingin dikenal banyak orang, bukan karena ingin dianggap keren. Waktu outbond, bukan saya leader-nya, karena saya emang nggak jago untuk hal tersebut. Leader yel-yel pun bukan saya.

Ketika di P2KK saya udah memposisikan diri kalau memang bidang saya, oke bakal aktif, kalau enggak? Itu kesempatan orang lain. Karena setiap orang punya peran masing-masing. Kalau pengin ada di setiap posisi itu artinya… pengin eksis ya? Mana ada anak muda yang mau banggain Indonesia udah sombong duluan? Kata Mas Yahya, trainer saya: “Do the best but don’t feel the best.”

Akhirnya saya memberi pesan kesan di depan P2KK 2015 angkatan 5 dengan tangan gemeteran, ah saya nggak se-pede itu kok, saya juga bisa nervous dan keringetan dingin.

Anehnya lagi, Sandi menyalami saya dan bilang kagum. Ah serius deh, saya jadi nggak enak hati. Sandi, you are more than me. Orang sukses biasanya yang bangkit dari zona nyamannya, orang sukses yang berani ambil resiko, orang sukses yang nggak mau hidupnya hanya sekedar nongkrong dan seneng-seneng. Dan tau perjuanganmu untuk kuliah dan legowo lebaran kali ini nggak balik ke Sulawesi itu udah pertanda you will be an amazing man!

“Apasih. Kamu juga keren kok. Nanti kita sering-sering sharing aja.”
“Sharing gimana?”
“Ya kamu cerita-cerita aja, sharing. Kan aku gak pernah ngerantau.”
“Kamu sering baca buku ya?”
“Iya, aku ada buku bagus buat kamu kayaknya. Nanti aku pinjemi.”

Temen-temen yang super.
Awalnya saya nggak terlalu respect sama Sandi karena saya pusing denger dia ngomong, nggak paham. Tapi akhirnya saya nyoba ngobrol berdua dan oh my… keren banget. Ada lagi temen saya namanya Asat yang berani ambil keputusan dari gajinya yang berjeti-jeti eh malah cabut untuk kuliah. Atau Naufal anak Lombok yang diem aja di kelas eh ternyata di Instagram hits banget fotonya, AJARIN FAL, AJARIN!!

Ceweknya juga nggak kalah bikin saya terkagum-kagum. Ada satu cewek yang bikin saya iri banget, namanya Alfa. Leadership-nya paling saya suka, dia bisa memimpin dengan sekaligus mengayomi. AJARIN DONG FA, AJARIN! NANTI YA, KITA KAN SATU JURUSAN! *lebay*

Di akhir P2KK satu sama lain saling nulis pesan kesan tentang pribadi seluruh temen di kelas. Terima kasih banyak ya gaes, bakal disimpen terussss. Kalau kata Yordan sih: "Berarti, soalnya ada yang ngomentari diri kita. Apalagi itu dari anak baru kenal." Bener banget kata Yordan, abis ini mau beli pigura ah untuk kertas pesan kesan itu. 

Ah banyak deh inspirasi yang saya dapatkan, yang bener-bener bikin bersyukur banget menjadi bagian dari mereka. Belum kuliah udah punya temen banyak. Saya gak bayangin kalau kuliah tanpa ada P2KK, mungkin bakal terjadi culture shock.

Cinlok? Hahahahahahahahahahahaha enggak ada. Mungkin orientasi saya untuk datang ke P2KK untuk expand networking kali ya, jadi setiap kenalan, denger cerita mereka, saya memposisikan diri untuk bener-bener belajar dari mereka. Yah… ada sih…. yang nyambung kalau diajak ngobrol, tapi jatuh cinta nggak secepat dan segampang itu lah.


Saya pulang dengan terus senyum, berkah Ramadhan banget saya bisa dipertemukan dengan mereka. Meskipun harus pulang dengan tugas makalah dari P2KK dengan topik Pendidikan Berkarakter dan akan dipresentasikan ke temen-temen yang menjadi terbaik di setiap kelasnya. Di saat yang sama saya juga banyak deadline artikel dan deadline komunitas, yaitu bikin website untuk Kelas Inspirasi Malang. Whoa, tapi bersyukur sih, udah cukup liburan saya santai-santai, waktunya re-schedule jadwal.

It is just the beginning, semoga semakin saya melangkahkan kaki, saya semakin bertemu dengan banyak orang yang menginspirasi, seperti mereka.


****
Anyway thanks Asat, iphone-mu memang membantu untuk post kali ini hehehehe.


24 comments:

  1. gak cinlok tapi ada rasa ya meg? hehehe
    kok belum belum udah ada begituan sih?
    apa p2kk semacem ospek atau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum sampai ke sana lah Mbak, mungkin dalam tahap tertarik kali ya hahahaha. Bukan ospek mbak, ospeknya masih 8-11 September nanti. Ini emang pembekalan sebelum mahasiswa masuk ke dunia kemahasiswaan yang sesungguhnya. Kebetulan emang hanya di UMM.

      Delete
  2. cieeee, peserta terbait :3 keren dehhhhh!!!!! pasti ayah mu bangga, nak? *opose*

    ReplyDelete
  3. Ciee maba cieee! Hahaha
    Semoga kuliahmu lancar, Meg. Oh iya, sepupuku ada anak 2014 jurusan komunikasi disana. Siapa tau seniormu ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya nih maba, makasih ya doanya, semoga kamu juga. :) SIapa namanya? Anak Ikom UMM banyak soalnya hehe.

      Delete
  4. hmmm jadi kamu peserta terbaik meg? selamat ya :')
    P2KK di bulan puasa itu yg bikin berat ya emang tarawihnya itu, cuman enaknya jumat udah pulang
    denger-denger peserta terbaik bakal ada P2KK lagi meg, hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya Fer. Enggak jum'at pulangnya, kita tetep sama kayak lainnya, hari Sabtu. Iya katanya begitu.

      Delete
  5. Bentar lagi ada yang mau cinlok nih :D
    Kenalin dong yang namanya sandi .. Salam kenal dari Awan dari negeri Probolinggo nun jauh disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apasih hahahaha. Belum tentu kalik. Yaaa semoga Sandi baca ini ya hahaha, lagian kamu kan ntar di UGM juga pasti bakal ketemu dengan temen dari Sabang sampai Merauke xD

      Delete
  6. tiap blogwalking ke sini, pasti bingung mau komen apa mba.
    pokoknya dapat banyak banget pengalaman juga dri postinganya, apalagi kata kata bijaknya, uhukk..
    selamat ya mba meg, udah jadi maba,nanti aku nyusul.. kesana. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau memang bermanfaat, semoga bisa bermanfaat terus ke depannya. :)) Hehe iya makasih ya, semoga dilancarkan kuliahnya. Nyusul ke mana dulu nih? Kuliah di Malang? Yuuuk, di sini adeeeem :D

      Delete
  7. cieeeee kemarin masih posting sebagai anak sekolahan, sekarang udah anak kuliahan :D
    sukses ya meg! barakallah. jangan lupa cinlok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin masih bilang "Lagi di sekolah." sekarang "Lagi di kampus." Kemarin masih bilang, "Aku sekolah dulu ya." sekarang "Ngampus dulu ya." Hahahaha. Iya makasih, sukses juga untuk kamu. Cinlok.... ah entahlah. xD

      Delete
  8. ciye uda lulus ciye. ciye maba ciye. ciye aku ntar nyusul ciyeh#amin :*
    aku masih jetlag nih, berasa masi kelas 10 yang unyuunyu :'3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie calon mahasiswi UMM. Asik banget kok di sini, prepare yourself. Ikut jalur undangan aja Vin, lebih enak dan lebih murah hehehe.

      Delete
  9. Cie-elah Meg, selamat bisa jadi peserta terbaik :D
    mm, sekarang temen-temen p2kk mu pasti masih seneng banget buat kumpul-kumpul, tapi nanti pasti bakalan menghilang Meg :')

    True Story nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, sering banget, hampir tiap malem ngopi. Kalau dibayangin bakal menghilang sedih juga sih, tapi kayaknya emang begitu prosesnya ya Mas? Yah mau gimana lagi, manfaatkan momen sekarang sebaik mungkin. :)))

      Delete
  10. Baca blog mega memotifasi banget. HAHAHA

    Cie jadi peserta terbaik, selamat ya Mega.

    Foto Mega keren-keren. hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlahhhh. Hehehe. Terima kasih ucapannya :))) Eh itu bukan aku yang motret, di akhir tulisan tuh ada kalau ini pake iphone temen xD

      Delete
  11. 5 hari buka puasa sama sahur di sana ? duh gabisa kayanya kalau saya begitu walaupun semenyenangkan apapun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, mikirnya gitu tapi kalau dijalani pasti enak-enak aja kok. Malah betah :D

      Delete