Kok Ariana Grande? Biarin deh. Cantik sih, sexy lagi.... suaranya. Di sela-sela lagi ngopi-ngopi ganteng dan cantik sekaligus lagi dip...

WOMEN IN BUSINESS, AIESEC BRAWIJAYA

Kok Ariana Grande? Biarin deh. Cantik sih, sexy lagi.... suaranya.
Di sela-sela lagi ngopi-ngopi ganteng dan cantik sekaligus lagi dipahamkan Business Model Canvas di Buskerbeans—salah satu kafe di Malang, temen saya bilang, “Meg, kamu gak dateng ke acara yang ada CEO Female Daily?” Setelah dilihatin posternya, saya langsung catet CP, dan beli tiket masuk beberapa hari setelahnya seharga 50.000. Ah, 50.000 buat ketemu CEO Female Daily itu murah, murah banget!!! *norak*

Topiknya keren lagi, WOMEN IN BUSINESS: “Where Women, Business & Leadership Come Together.”

Poster Women in Business
Sabtu, 16 Mei 2015 saya udah di lokasi, Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya jam delapan pagi, padahal acaranya jam sembilan! Ah bodo deh, udah terlanjur semangat. Dan Gedung Widyaloka ini emang pas untuk seminar, adem, kursinya empuk, dan ada Wi Fi-nya hahaha. Saya duduk sendirian, karena udah ngajakin temen nggak ada yang bisa, dan yang ngasih tau event ini kebetulan cowok, jadi sepertinya dia tidak terlalu berminat meskipun ada beberapa audiens yang cowok.

Agak sedih juga sih ketika dateng ke event ini, karena… nggak bawa kamera. Hiks. Ah tapi gak papa, yang penting ilmunya dulu!

Acara dibuka dengan homeband Universitas Brawijaya, sambutan ketua pelaksana, dan ketua AIESEC Brawijaya yang jelasin banyak tentang AIESEC dan tips untuk kasih sambutan. Suka banget sama skill public speaking ketua AIESEC! Hehehe. AIESEC tuh semacam suatu wadah untuk yang mau exchange dan juga ngajarin tentang leadership, itu sih sepaham saya, ada yang mau menambahkan?

Tadaaaa, akhirnya intinya juga! Saya udah deg-deg-an, ini kali pertama saya dateng ke seminar, speakernya belum ngomong saya udah pengin tanya duluan hahaha. 


Speaker yang pertama, Diajeng Lestari, Founder & CEO HijUp.com.

Saya nggak terlalu tau tentang HijUp.com, tapi ((dulu)) saya sering lihat video tutorialnya. Yang menarik dari Ms. Diajeng Lestari ketika beliau bilang, “Suami saya yang punya bukalapak.com.” Aaaak awesome! Itu artinya mereka suami istri sama-sama seorang Founder sekaligus CEO dari startup! Keren!

Ms. Diajeng share sedikit tentang social media marketing, dan saya yakin di sini banyak banget yang udah mulai bisnis online shop. HijUp.com pun platform jualan online untuk fashion muslimah yang hits banget baju-bajunya.

Ketika jualan di social media jangan cuma share barang dagangan aja, tapi sampaikan manfaat atau tips-tips. Kayak HijUp.com dengan video tutorialnya, atau misalnya jualan baju bisa share tips gimana menata baju di lemari. Yakin deh orang bakal ngefollow akun nggak hanya untuk lihat jualan apa aja, tapi karena manfaatnya.

Saya jujur agak sebel kalau ada online shop yang sengaja private akun dan di bionya ditulis: “Jangan follow kalau akhirnya unfollow.” Yaelah mau jualan apa ngapain sih. Apalagi kalau ada yang marah-marah, “Lagi OFFLINE! Lagi UTS, nggak jelas apa di bio sama line?” Takut sis, eikke takut sis.

Customer mau unfollow atau enggak itu ya terserah customer. Biasanya saya follow online shop karena dua hal sih: 1) Ada manfaatnya, seperti yang diungkapkan Ms. Diajeng dan 2) Fotonya keren-keren, kalau lihat di Instagram jadi seneng dan sekaligus belajar motret hehe.

Masih banyak sih ilmu dari Ms. Diajeng. Kalau ada seminar dari beliau, saya saranin kamu untuk datang!


Speaker kedua, YEAH INI DIA! Hanifa Ambadar, Founder & CEO Female Daily.

Saya jarang ke femaledaily.com untuk baca artikel atau bahkan forumnya meskipun saya daftar sih hehe. Tapi… saya ngikutin banget sepak terjang Female Daily di berbagai website kayak startupbisnis.com dan dailysocial.net. Bahkan saya print.

Female Daily sampai sebesar ini sebenernya dulunya berawal dari personal blogger yang niche-nya beauty. Kemudian karena dapet iklan Ms. Hanifa mulai berpikir tentang “Gimana kalau blog ini dijadikan lebih professional lagi?” Akhirnya kayak sekarang deh.

Ada yang nggak saya lupa dari Ms. Hanifa

“Sebagai cewek yang bisnis itu banyak untungnya. Kita bisa mengatur kantornya deket rumah.”

Bareng dua buah hati dari Ms Hanzky
Dan beliau mengingatkan sebagai cewek kita nggak boleh membatasi diri kita, misalnya khawatir kalau misalnya hamil. Kayak, “Nanti aku kerjanya pindah di yang ringan-ringan aja deh.” Ms. Hanifa mengingatkan bahwa kita nggak boleh membatasi itu, toh hamil itu bukan berarti badan kita nggak sehat kok

Ms. Hanifa juga jelasin tentang bisnis sebaiknya dari passion kita. Jangan dulu pikirkan profit, tapi pikirkan value-nya. Next time saya pengin cerita tentang bisnis dari passion nih, next time ya! Dan ada tiga tahapan yang rasanya harus dipikirkan untuk kita yang lagi mengembangkan bisnis.


Ah masih banyak lagi deh ilmu yang dibagikan!!! Sayangnya saya gak dapet kesempatan untuk tanya, akhirnya saya main deh ke forum Female Daily. Oh ya, Ms. Hanifa bilang kalau Female Daily ini sebenernya punya cita-cita untuk menjadi forum untuk cewek yang besar, dan untuk sekarang dimulai dari “beauty”-nya.

Dan bener, ketika saya main di forumnya, baca threadnya, baca websitenya… saya ngerasa cewek banget. Saya setuju dengan: jadi cewek itu mahal. Iya emang, karena kami berharga. Eaaa hahaha. Selain itu forumnya asik banget, tiap thread ada moderatornya, jadi selalu terjaga konten dan topik pembicaraannya. Kalau ada member yang jarang nge-forum, bakal dapet newsletter ke e-mail. ASIKNYA LAGI… Ms. Hanzky juga aktif di forum!


Karena saya gak sempet tanya di seminar, akhirnya saya masuk thread entrepreneur, tanya, dan dijawab lengkap banget sama Ms. Hanzky. Nih:


Next...

Saya lagi di startup juga, merintis dari awal banget, dan quotes yang diberikan Ms. Hanzky di presentasinya: “Startup is not a SPRINT. It is MARATHON.” Bikin saya semangat lagi! Wuhu!

Acara dilanjutkan dengan talkshow dengan owner Cokelat Klasik, Tanabang Jilbab dan Schone (online shop) yang dimoderatori oleh Mas Jawad! Mas Jawad itu adalah mas-mas hits dari Universitas Brawijaya, saya nggak terlalu kenal beliau, tapi saya kenal adiknya dari SD yang juga nggak kalah keren karena seangkatan dengan saya.

Dari event ini saya jadi ngerasa kalau acara yang sifatnya “transfer ilmu” lebih enak dibawakan presentasi atau seminar, bukan talkshow. Karena kalau seminar bener-bener full deh, dan dapet ilmunya keseluruhan.


Terakhir… spesial dari Anindya Kusuma Putri, Putri Indonesia 2015 bicara tentang leadership! Tapi beberapa menit menjelaskan tentang leadership, saya harus pulang hehehe. Sayang banget sih, kayak ilmunya keren.Yang jeas Kak Anindya: cantik dan tinggi banget! 

****

Sayangnya saya nggak berhasil kenalan dengan orang baru di sini, hanya ngobrol dengan mbak-mbak di sebelah kiri saya. Dan sempet ketemu juga dengan Mas... Mas Indra kayaknya. Beliau event partner di acara ini, sebagai penyedia venue, catering, booth, dsb. Mau kenalan keburu dijutekin terus sih, bahkan ada yang judes banget. 

Ketika makan siang… eh dapet kusioner. Kebetulan saya gak bawa bolpen. Saya bukan orang yang pemalu dan terlalu jaga image, saya pinjem orang di depan saya, “Permisi Mbak, boleh pinjem bolpennya?” Saya dipinjemi dengan tanpa bicara apa pun. Ketika udah dan saya kembalikan, “Makasih, Mbak.” DIA NGAMBIL BOLPENNYA DENGAN JUTEK TANPA NGELIHAT KE SAYA. Mental breakdown dan salting lah pasti hahahahahahaha, tega banget!!!!

Nggak papa deh. Aku ra popo.


Thanks AIESEC Brawijaya! You made my day! Women in business? Awesome! Banyak banget deh manfaatnya, kalau ada event-event kayak gini mending dateng deh. Ditunggu event-event selanjutnya!

Maaf ya kali ini nggak ada foto ketika di acara, karena gak bawa kamera. 19 Juni saya mau dateng ke event yang kayaknya keren, semoga bisa motret deh! :D 

14 comments:

  1. Salah satu alasan aku mau baca postingan ini adalah ada gambarnya Ariana Grande. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo Mas Dimas... hayoo wkwk. Akhir-akhir ini aku nonton live-nya terus di Youtube hahaha. xD

      Delete
  2. Salah satu alasan aku baca postingan ini adalah ada Komikdimsum yang koment :p

    Asik Meg, banyak banget dapet ilmu dan motivasinya :)
    Nanti ah bikin startup sama temen kelas, semoga kesampaian. btw, Ariana Grande cakep banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah.... Hahahaha xD

      Naaaah. Kalau ada event kayak gini kabari akuuuu.
      Aseeeek, aamiin semoga kesampaian! Kan anak Ilmu Komunikasi *ea. Iyaaa cakep banget ya. :')

      Delete
  3. “Startup is not a SPRINT. It is MARATHON.”

    Nah ini! Rata-rata orang udah capek di awal karena belum menghasilkan apa-apa, mikirin nanti dapet uangnya berapa. Padahal prosesnya itu yang penting, nggak bisa langsung instan.

    Kerenlah, Meg!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget! Mikirin monetizing, planningnya bakal gimana emang penting. Tapi kalau mikirin itunya terus di awal-awal...... Nanti gampang capek hihi.

      Keren.... guest starnya xD

      Delete
  4. Gue cocok gak ya buka femaledaily :D?

    Gue baru tau kalo CEO Hijup itu istrinya Ahmad Zaky. Itu keren banget, suami istri bekerja pada jenis usaha yang hampir sama dan sukses. Keknya gue perlu datang ke seminat entrepreneur juga deh, biar nambah semangat untuk buka usaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooh nama suaminya Ahmad Zaky? Aku baru tau nama suaminya malah hihi. Iyaaaa buruaaaan dateng. Sedikit tips sih,karena kita anak muda nih, dateng ajaaaaa... kali aja dapet wangsit abis dari seminar entrepreneur :D

      Delete
  5. Gua pas tau yg punya hijup sama bukalapak suami istri juga sempet kaget. Rasanya keren aja gitu suami istri. Tapi gua baru pernah ketemu sama suaminya doang. Ubannya banyak banget. Hehe..
    Btw, lama gak ke sini tampilannya jadi asik banget. Elegan gimana gitu.. nice! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa keren yahhh. Rencananya mau ke event yang ada speakernya founder bukalapak.com, semoga kesampean deh hehehe. Kalau gitu kamu harus ketemu istrinya, cantik hihi. #halah
      Aaaa syukurlah kalau jadi lebih baik. Makasih :))

      Delete
  6. senengnya baca postingan mbameg. pasti ada acara seru semacam kek gini, walopun ga dateng, ikut kecipratan ilmunya mbameg

    ReplyDelete
  7. Halo! Saya pertama kali main ke sini, langsung liat Ariana Grande haha. Postnya bagus-bagus deh. Sukaa!

    ReplyDelete