Kalau ngomongin apa aja yang harus dibawa ke event… sebenernya bergantung dengan acara itu sendiri. Acaranya outdoor atau indoor, for...

4 Hal yang Sebaiknya Dibawa untuk Datang ke Event



Kalau ngomongin apa aja yang harus dibawa ke event… sebenernya bergantung dengan acara itu sendiri. Acaranya outdoor atau indoor, formal atau non-formal, banyak performances atau enggak, hanya beberapa jam atau full seharian, yah… banyak banget lah pertimbangannya.

Tapi menurut saya nih, ada barang-barang penting yang sebaiknya dibawa, kalau bisa jangan sampai ketinggalan. Karena barang-barang ini memungkinkan adanya manfaat dari event yang berkepanjangan, nggak hanya ketika ada di lokasi aja. Berkepanjangan gimana? Hehehe, langsung aja deh.

Kamera

Di event INSPIRATION 2K14 yang kebetulan ada stand up comedy performance-nya.
Nggak selalu bawa kamera sih, karena emang bukan milik pribadi, tapi milik kakak saya hihi. Yah, sedih juga kalau harus nggak bawa kamera, tapi ini bukan stuff yang wajib banget untuk dibawa. Hanya saja.. sebagai blogger nih, saya lebih memilih bawa SLR untuk hasil foto terbaik yang bisa di-share di blog.

Sebenernya bisa aja pake smartphone, sekarang kan makin canggih tuh kualitasnya. Tapi ini tentang memanfaatkan apa yang ada, adanya SLR, untuk smartphone yang punya kapabilitas kece untuk motret event indoor belum ada. Dan kayaknya sih butuh skill sendiri untuk motret pake ponsel dengan hasil yang baik. Kalau kamu punya smartphone yang kameranya udah oke untuk dokumentasi malah enak, karena nggak perlu bawa tas kamera yang agak ribet.


Kartu Nama

Ini pernah saya bahas di event Malang Fashion Day 2015, emang ini sih yang paling impactful untuk masa depan. Nggak perlu banyak anak jadi banyak rezeki deh, karena banyak teman juga banyak rezeki. Rezeki nggak selalu tentang uang kan? Hehehe. Istilah gaulnya sekarang sih ‘expand our networking’.

Ada yang bilang nih: “Ngapain sih dateng ke seminar, toh isinya gitu-gitu terus. Di seminar semangat, pulangnya juga ujung-ujungnya do nothing.” Saya nggak bilang ini salah, tapi menurut saya kurang tepat aja.

Buat saya sih, seminar emang tempatnya nge-charge semangat, jangan terlalu berharap lebih. Tapi yang bisa kamu manfaatkan untuk event keren kayak gitu: networking, kenalan sama orang. Dan kenalan dengan orang yang dateng ke seminar saya pastiin kamu kenalan dengan orang yang keren, orang yang mau belajar terus. Hehehehe. Siapa tau dapet partner untuk usaha atau malah… dapet jodoh.


Kalau memang nggak ada kartu nama.. nggak masalah kok. Saya juga nggak ada kartu nama, cuma sempat punya aja waktu masih kerja di sebuah media. Seenggaknya kenalan dengan satu orang aja di sebelah kamu, kalau udah jago.. bisa deh kenalan dengan banyak orang sekaligus.

Saya juga masih belajar biar pede ngomong dengan orang baru, dan selalu bermasalah ketika kenalan dengan cewek. Dari cewek-cewek yang pengin saya kenal ketika di event, mereka selalu cuek, atau malah judes. Pernah saya bilang makasih karena udah pinjem bolpennya… dia cuma ngambil bolpennya tanpa noleh ke saya. Yaampun hahahaha.

Yah, kalau kamu diajak kenalan dengan orang baru, sapa balik dengan baik aja lah. Apalagi kalau saya yang ngajak kenalan, please be kind to me… Karena dijudesin itu bikin salah tingkah dan bingung mau ngapain. Nggak selalu stranger itu jahat kok.

Dompet

Bisa bayangin dateng ke event dan banyak banget booth berjejeran terus nggak bawa dompet? Apalagi kalau kamu dateng ke event fashion atau malah food bazaar, selamat menahan haus dan lapar kalau begitu hihi. Jadi sebaiknya..... jangan lupa dompetmu. 

Smartphone dan Powerbank


Ada yang bilang, pentingnya smartphone udah melebihi pentingnya dompet! Karena ketika dompet ketinggalan, bisa calling orang di rumah buat nganterin. Seakan-akan smartphone menjadi segalanya. Tapi kalau ada yang bilang smartphone cuma ponselnya aja pinter tapi penggunanya enggak.. saya kurang setuju sih, karena semua bergantung dengan bagaimana memanfaatkan smartphone itu sendiri.

Terlepas dari pentingnya smartphone, kalau di event sendiri termasuk barang yang paling penting. 

Pertama, buat menulis materi atau hal-hal penting yang ada di event itu. Apalagi buat blogger yang emang suka ngereview event, ini wajib banget. Kalau buku catetan biasa sih bisa aja, tapi ini menghindari ketika eventnya mengharuskan kamu untuk terus bergerak dan berjalan.

Atau kamu adalah seorang penulis buku, eh tiba-tiba ketemu ide… rasanya terlalu memakan waktu untuk sekedar mengambil buku catatan kemudian mencatat ide yang kamu dapatkan. Cukup ketik aja di smartphone.

Kedua, kadang saya nggak ngerasa cukup ketika mengetik atau menulis. Di beberapa event saya memilih untuk merekamnya, ini lebih simpel dan bisa kamu dengerin kapanpun. ATAU kamu penulis tapi buat menulis males, bahkan NGETIK JUGA MALES, rekam aja idemu. Kadang ada orang yang susah menyampaikan idenya dengan tulisan, buat mereka langsung ngomong itu lebih enjoy, cepat, dan mengurangi kemungkinan untuk lupa yang akhirnya males nulis.

Keempat, di event biasanya ada kompetisi untuk selfie, lumayan kan? Hahaha. Kelima, untuk mencatat kontak teman yang berhasil kamu ajak kenalan di event tersebut. 

Dari kelima kegunaan smartphone… sering kali menguras habis baterai. Mau nge-charge juga repot. Belum lagi kalau eventnya malam dan kamu belum sempet menghubungi orang di rumah atau temen kost biar nggak dikunci dulu? Karena saya pernah kejadian kayak gitu, akhirnya... nginep di rumah temen karena udah terlalu malam hahaha.

Yah.... kayaknya emang udah waktunya beli powerbank. Karena bukan anak IT nih, saya sering menunda untuk beli powerbank. Di media sering membahas kalau powerbank bisa merusak smartphone kita dan hal menyeramkan lainnya. Misalny, ada powerbank yang bisa meledak.


Sampai akhirnya saya pegang Asus ZenPower- Powerbank (credit-card sized), bisa aja nih ASUS bikin yang ukurannya se-kartu kredit. Saya yakin dengan powerbank ini sih, soalnya dia punya sistem perlindungan yang bisa mencegah korsleting karena arus pendek, kalau udah penuh baterai smartphone kita.. dia otomatis bakal off (gak bakal over charge, baterai jadi lebih awet). Terus juga bisa mengukur suhu baterai, kalau nggak cocok langsung off.

Ada 11 perlindungan sebenernya, tapi ketiga perlindungan itu udah bikin legaaaaa banget.  Kerennya lagi nih, kalau buat nge-charge Zenfone 5 aja.... bisa 3x charge pake Asus ZenPower- Powebank ini. Pas banget deeeeh kalau lagi sibuk-sibuknya dan harus mobile terus, karena powerbanknya punya cadangan energi 10.050mAh. Nggak perlu parno lagi sekarang, udah gitu casingnya elegan dan sexy lagi. :’)

*****


Nah itu tadi empat hal yang sebaiknya kamu bawa untuk datang ke event. Karena menurut saya, datang ke event itu bukan soal kita jadi hits karena mengikuti apa yang sedang rame diperbincangkan. Tapi gimana kita pinter pinter untuk ambil kesempatan di dalam event tersebut akhirnya jadi ‘beneran bermanfaat’.

Dengan kamera, kamu jadi bisa berkarya, dan menulis di blog (buat kamu yang blogger, atau kamu yang emang reporter). Dengan kartu nama, kamu bakal punya temen yang lebih banyak dan siapa tau dia atau kamu akan mengontak satu sama lain untuk urusan bisnis. Dengan dompet, akan mencegahmu dari kehausan dan kelaparan perut atau mata. Dengan smartphone dan powerbank, kamu juga bisa berkarya dan mendapat manfaat yang udah saya jelasin tadi.

Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang di event! :) 

24 comments:

  1. Kapasitas powerbanknya berapa? O iya, suka ngepost blog via mobile gak pake aplikasi blogspot?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh udah di post di atas kan ada, 10.050mAh. Kalau buat Zenfone5 aja bisa ngecharge 3x.
      Kalo blogspot sih belum pernah ya, karena kalau nulis di blogspot selalu panjang. Jadi butuh diatur rapinya lebih teliti lagi, jadi lebih enjoy pake laptop. Tapi aku ada sih blog di tumblr, cuma buat share dan iseng-iseng aja. (daily.sophiamega.com) Kalau tumblr lebih sering pake mobile, karena post di tumblr lewat mobile menurutku lebih cepet dibandingkan lewat laptop. Gitu hehe.

      Delete
  2. Kamera sama kartu nama kayaknya penting tuh. Kayaknya mulai sekarang lo harus bikin deh Meg kartu nama. Biar lebih profesional-profesional gimana gitu sophiamegadotcomnya. \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau blogger kamera emang penting bangeeeeet. :D
      Hahaha gitu ya, yah mari dipikir-pikir kembali :D

      Delete
  3. Kalo kamera emang wajib banget buat gue. Sayang punya sepupu, nggak enak minjem terus. Semoga aja nanti kebeli. :)
    Tapi semenjak hape gue kameranya lumayan, gue foto pake HP aja. Hahaha.

    Nggg... menurut gue, di setiap acara pasti selalu ada manfaatnya. Minimal dapet temen dan pengalaman baru. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kok, aku juga bukan milik pribadi. Tapi someday pasti juga kebeli. Semangaaaat!!! :D

      Yaaaps benar sekali! :D

      Delete
  4. Iya emang sih wajib bawa kamera, tapi apalah daya. SLR ga punya :''

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera punya. Memang untuk blogger kamera adalah segalanya *halah lebay*

      Delete
  5. Yip.Thanks banget postingan ini manfaat.
    Itu, mengenai cewek banyak yang cuek biasanya kalau di event2 gitu, bener. Entah kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeee terima kasih udah baca :D
      Nah itu dia, aku jadi nervous kalau mau ngajak ngobrol cewek hahaha :D

      Delete
    2. Yipi, biar makin sering main udah gw taruh di tab "temen-temen" di blog gw tuh :)

      Delete
    3. Waaaah terima kasih banyak ya :D

      Delete
  6. 4 hal yang lo sebutin emang penting banget.

    apalagi kalau dateng ke event yang gede. kayak berkurang semangatnya kalau ketinggalan salah satunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps bener bangeeeet, kerasa banget semangatnya kalau kurang, apalagi waktu gak bawa kamera. :'D

      Delete
  7. Kalau aku..
    Aku..
    a...
    Ah sudahlah..

    #KemudianBaper

    ReplyDelete
  8. kalo aku dateng ke event itu yang pertama ya kamera, tapi samrthpone sama powerbank juga meg.
    kan percuman bawa kamera aja, tapi entar gak bisa sounding di sosmed hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Tepat sekali hoho. Sounding ke sosmed wajib banget, bukan soal hits, membantu panitia agar acaranya hits :D

      Delete
  9. kalo ke seminar jarang banget kenalan sama orang baru. hahaha. bisa dicoba deh tips ini supaya nambah temen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaa, cobain deh. Kalau bisa sampai tukeran kontak xD

      Delete
  10. Gue belum kepikiran untuk bikin kartu nama. Masih bingung apa yang mau gue cantumkan nanti di sana selain nama. Karena gue belum kerja.

    Gue malah ribet kalo ngetik di ponsel, apalagi layar sentuh. Suka typo. Karena itu, gue sering motret banyak biar nanti diliat lagi di rumah. Dari foto-foto itulah gue bercerita.

    ReplyDelete
  11. Kamera itu yg terpenting mbak, soalnya dgn kamera moment2 yg udah dilewati jadi tersimpan.
    Kartu nama? Saya juga mau bikin ahh :D hehee

    ReplyDelete
  12. I understand this column. I realize You put a many of struggle to found this story. I admire your process. how to make fun snaps

    ReplyDelete
  13. If the speed of use is not that important to you, then consider the sheer fact that consumer slide scanners have poor quality slide holders. WOLVERINE F2D IMAGE CONVERTER

    ReplyDelete