Dua puluh sembilan hari yang lalu….. sebenernya sih…. tepat usia saya delapan belas. Tapi untuk saya, bertambah usia tuh semacam hari Nyepi...

Delapan belas.

Dua puluh sembilan hari yang lalu….. sebenernya sih…. tepat usia saya delapan belas. Tapi untuk saya, bertambah usia tuh semacam hari Nyepinya pemeluk agama Hindu. Sepengetahuan saya sih, kalau di Nyepi kita diminta untuk merenung apa yang telah dilakukan selama ini. Ya begitu lah ketika saya delapan belas tahun.

Penginnya pasti lebih baik lagi, ya begitu pula dengan saya. Tapi jatuhnya kok… malah… sebulan ini update blog kemarin doang. Rasanya support udah di mana-mana, tapi saya sendiri yang nggak mau maju. Errrr…. momen-momen yang menyebalkan.

Hingga akhirnya saya hari ini seharian main di luar. Saking capeknya… sampai segelas kopi yang saya minum nggak berhasil bikin saya terjaga, malah ngantuk banget.

Saya udah mandi pagi sejak jam tujuh dan berangkat ke sekolah. Setibanya di sekolah, rasanya tuh semuanya kayak diputar kembali. Aaaahhhh… masa-masa sekolah. Mungkin dulu saya bisa produktif terus karena banyak yang menjaga mimpi-mimpi saya. 

Temen kelas dua tahun. Ah belum lagi kalau ngomongin mereka.

Ada guru yang nggak akan pernah saya lupakan jasanya atas ajakannya untuk selalu datang ke berbagai event, Bu Ruri, beliau bertanya, “Gimana, Meg? Kamu liburan gini setiap bulan nulis berapa? Tetep produktif?” Betapa malunya bahwa ternyata sama aja, atau malah sekarang makin nggak produktif.

Atau tiba-tiba guru kesayangan saya, Bunda Yuyun, yang datang dengan, “Selamat menjadi penulis muda. Menjelajah dunia dengan pena.” Agak awkward juga sih sebenernya dibilang seorang penulis, iya Bunda, seenggaknya sekarang penulis blog hehe. Dan yang lebih mengagetkan ketika Mr. Yoga mengetahui cerita P2KK (kegiatan kampus) kemarin. Aaaaah guru-guru ini…


Jujur aja speechless banget melihat respon ketika datang ke sekolah sebagai alumni. Padahal saya tau banget kalau di kelas sering ngantuk, sering izin dan sesekali bolos. Saya langsung membatin, “Laaaah gimana dulu nggak semangat kalau memang suasananya seperti ini.”

Kemudian saya diingatkan lagi soal semangat.


Jam sebelas pagi menjelang siang, Mbak Lia, pacar Mas kandung saya udah di depan. Ya, hari ini Mbak Lia menjanjikan untuk mentraktir makan. Betapa senangnya hati ini. Saya makan Classic Latte dan Bayam Cheese lalalala yeyeye (saya lupa nama menunya) di Illy- Lai lai. Ice cream di BVGIL GELATO. Berakhir di MATOS (mall) beli Aichiro dan saya lagi-lagi nggak tahan di Gramedia… yahhhh… beli majalah kan jadinya.

Duh gini ya… jalan-jalan sama foodies! Kalau kalian pengin tau betapa mereka suka makan dan jalan-jalan, cek ajah Instagramnya di @rezaiqbal dan @syafalia. Sedikit banyak diajarin soal motret, ya meskipun ujung-ujungnya jadi obat nyamuk. Terus diajarin juga gimana memulai masak dan wajar banget di awal kalau masakan kita nggak enak. Kata Mbak Lia sih, masak itu karena kita terbiasa, malah nantinya nggak biasa kalau nggak masak.

Kemudian saya diingatkan lagi untuk terus belajar. 


Malamnya, selesai membantu tugas adek saya yang masih kelas 4 SD dengan pusing pala Barbie, saya mulai chatting dengan beberapa teman. Malem itu temen saya (sebenernya sih kakak kelas, tapi kita tidak lagi dalam sebuah gedung yang sama), namanya Zain Muhammad lagi punya acara. Grand opening di kafenya yang bernama Cilok Caleg.

Wussshhh dasar emang heboh, saya share aja ke beberapa group. Betapa patah sekali hati saya ketika udah read by 18 dan nggak ada yang ngerespon. Saya sering kok digituin, tapi biasanya tuh rileks, tapi entah kenapa saya baper banget malam itu, mendadak jadi sedih. Hari itu sih saya share dua event, dan mengalami penolakan kedua-duanya. Hiks.

Ah udah ah, asikin aja lagi, Meg! Semangat!!!

Saya iseng share event tersebut di timeline LINE dan mengaktifkan “public”, wah lumayan juga yang ngeshare lagi. Duuuuh eike mah gitu orangnya, suka gampang mellow kalau dibaikin. Di status tersebut saya tulis juga sih, “Temen tuh emang harus jadi yang nomor SATU buat dukung temennya yang mau sukses! Jare konco! Ladub!”


Jare konco adalah bahasa Jawa dari ‘Katanya temen’. Sedangkan ladub adalah bahasa walikan yang digunakan di Malang, ladub aslinya budal, yaitu bahasa Jawa dari ‘berangkat’.

Kalau kamu udah baca buku Indiepreneur dari Pandji Pragiwaksono, pasti kamu sepakat dengan temen tuh udah seharusnya jadi yang nomor satu untuk dukung karir temennya. Mendadak saya ingin sekali menghubungi beberapa temen saya.

Saya tanya, “Sibuk apa?” eh ternyata dari pertanyaan sibuk aja, topik jadi kemana-mana. Mulai curcol karya sampai ke topik yang lain. Dia adalah Henasatya, biasanya nulis di henasatya.com. Mas Hena sharing banyaaaaaak banget, banyak pol! Sampai saya ingat, saya harus berjuang lagi, niat lagi!'

Kemudian saya inget temen saya, Alvin Bramanta, yang biasanya nulis di alvinbramanta.wordpress.com. Alvin minta tolong saya untuk membaca prosa yang dia tulis, sesungguhnya dia salah orang, karena saya nggak paham sastra hahahaha. Saya lama banget cuekin blognya, hingga kemarin saya baca blognya.

Atau teman yang tiba-tiba saya tanyakan kabarnya, minta maaf atas dosa-dosa yang dulu *apasih* dan minta tolong detail event yang sedang dikerjakan komunitasnya. Atau chat dengan Mbak Lia yang membahas banyak hal soal banyak realita yang terjadi.

Kemudian saya diajak belajar lagi bahwa kita harus terbiasa dengan kegagalan dan penolakan. Kemudian saya semakin paham betapa asyiknya punya temen yang bisa saling mendukung.

Atau kamu yang mengingatkan soal lebih rileks dalam mengejar apa yang kita mau. Cie, kamu.

Amazing banget sih kemarin… tapi intinya, hey, I’m back! Nggak usah banyak “cing cong”, yuk mari event apa aja nih yang deket-deket ini mau saya datangi. 

Grand opening CilokCaleg! 

Kebetulan lagi kangen cilok. Selain itu yang bikin menarik sih konsep grand opening
yang jarang-jarang ada seminar kecilnya. Ada talkshow dari tiga owner olshop.
Katanya, ini buat yang haus ilmu. 

VOLUNTEEN MALANG



Untuk lebih detailnya kamu bisa cek IG mereka: @volunteenmalang. 
Ini diusahain dateng. Biar liburan ada gunanya hehe.

STAND UP COMEDY, 
SMS (SEMARAK MAHASISWA SOSIAL)


Kalau ini yakin bakal pecah!!! Udah gak perlu dijelasin, langsung BELI tiketnya!

Akhir kata, jangan pernah takut untuk tiba-tiba down, yahhhh ada kalanya begitu lah ya, sampai akhirnya bener-bener bisa kebal dengan tantangan yang ada, resiko yang menghadang. Terima kasih banyak teman-teman atas inspirasi luar biasanya seharian kemarin!

Pernah ngalamin hal serupa nggak? Share doooooong. Senang sekali bisa denger cerita kalian, kali aja bisa saling memberi manfaat, kali aja jodoh. Halah. Ditunggu sharingnya! 



19 comments:

  1. OOT, cuman mau tanya opoo kok template'e gonta ganti tok ae ? wkwk

    ReplyDelete
  2. Semoga menjadi yang lebih baik lagi ya meg di usia delapan belasnya.. :D

    ReplyDelete
  3. Halooo! Btw aku pernah juga ngalamin ketika ngeshare sesuatu ke temen-temen dan beberapa tanggapan dr mereka sedikit...menyedihkan. Diambil positivenya aja, mungkin interest mereka bukanlah itu. Tapi ada jg kok yg bakal nanggepin kita hehe dan disitu saya merasa senang~~ Tetep semangat yaak! Salam kenaaaal, blog kamu bagus bangettt! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks. Kita senasip. Sini berpelukan.
      Ah, kamu. Makasih banyak lho ya. ({}) :))

      Delete
  4. hwaaa happy belated birthday yaa~ kalo aku suka takut jelang ulang tahun malah ahaha btw blognya lucuuu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih :)) Kenapa takut? Hehe.
      Waaaaa terima kasih banyak ya :))

      Delete
  5. wah ceritanya bagus sekali. kali ini saya banyak belajar dari sopia sang "event dan buku" . terimakasih ya. hal yang kamu ceritakan menjadi pelajaran yang tidak orang lain persis mengalaminya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah membaca dan sama-sama ya, semoga beneran bisa mermanfaat :)

      Delete
  6. Btw, selamat ultah. Maaf telah. Semoga makin aktif dan semangat lagi~ Bahasa Malang itu emang dibalik-balik gitu, ya? Budal jadi ladub. XD

    Gue malah belum baca bukunya Pandji nih. :(
    Ya, kalo temen yang bener-bener temen pasti mendukung lah, tapi kan ada temen yang malah menjatuhkan. Fake gitu deh. Hehehe. Jadi untuk sekarang masih memotivasi diri sendiri dan dukungan dari orangtua. Kalo temen, paling yang bener-bener deket aja. CMIIW~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya nggak masalah. Terima kasih banyak ya :)) Iya Bahasa Walikan emang bahasanya Malang gitu deh hehe.

      Istilahnya soal itu sih... berteman lah dengan teman-teman yang positif, biar terjaga aja mimpinya. Meskipun ada yang menjatuhkan (udah pasti), kita tetep banyak dukungan :D Iyaaa sama bang, cuma temen-teemn yang bener-bener deket yang bisa memotivasi :D

      Delete
  7. mungkin kita emang butuh sering-sering ketemu deh meg kalo ngomongin soal start up sama bisnis :')

    ReplyDelete
  8. Mega is back! Hahaha santai meg. Pelan-pelan. Yang penting ngerjainnya dari hati. :)

    ReplyDelete
  9. Oke SMS InshaAllah nonton..
    Pengen menikmati Stand Up Comedy lagi nih kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiip!!!! Fery juga mau nonton sih katanya. Mas Arul bareng cewek gak? :p

      Delete