Jangan bosan melihat banyak foto dari White Shoes & The Couples Company ya!  Bulan Mei emang bulannya event buat kota Malang, ban...

Folk Music Festival 2016: Akhirnya Nonton White Shoes & The Couples Company


Jangan bosan melihat banyak foto dari White Shoes & The Couples Company ya! 
Bulan Mei emang bulannya event buat kota Malang, banyaaak banget event! Yang paling bikin excited adalah FOLK MUSIC FESTIVAL 2016! Musik folk itu musik yang asyik banget buat didengerin pagi hari dengan secangkir teh atau kopi panas sambil nulis, sempurna. Musik folk juga cenderung lebih bebas, punya keunikan dan karakter yang asyik banget.

Folk Music Festival (FMF) kali ini diselenggarakan baru aja kemarin 14 Mei 2016 di Lembah Dieng, Malang. Sebelumnya udah ada FMF ini di tahun 2014, asyiknya diselenggarakan dua hari di Surabaya. Sayangnya yang di Malang ini jadi satu hari aja, semua bintang tamu dijadikan satu, akhirnya penuh banget, banyak penonton yang kecewa karena gak dapet posisi yang enak.


Untunya karena saya dateng sejak sore bisa cari tempat terbaik dan berkat bawa kamera jadi bisa keliling sana dan sini. Jadi kalau mau dateng ke event, sok sok aja bawa kamera seakan-akan pers atau fotografer hehehe. Sebelumnya yuk lihat snapshot gimana keseruan Folk Music Festival di bawah ini, yuk!


Saya datang ke event ini sendirian, iya sendirian. Aslinya mau ditemenin si Arif, tapi dia lagi kerja di Event Malang. Apalah daya. Plus minus sih datang ke acara musik sendirian, plus-nya kita bisa kemana aja yang kita mau, mau di depan, di samping stage dan keliling sampai capek ya gak masalah, karena sendirian. Minus-nya, nggak ada yang bisa diajak ngobrol, hiks. Akhirnya saya meniatkan untuk bener-bener liputan di sini, biar nggak garing. 

Littlelute dengan vokalis yang super cute. 
Di awal udah agak kecewa sih dengan acara ini, acara segede ini ketika panitia ditanya, “Ada press release buat media nggak?” jawabannya beragam, ada yang nggak nyambung sama press release itu apa dan ada yang bilang, “Kurang tau, ya.” Dalam hati saya sih seakan-akan ada tanda tanya besar, “Serius, acara segede ini gak ada press release?”

Untungnya acaranya udah kerja sama dengan media besar sih, salah satunya media favorit saya, CNN Indonesia. Rasa kesal saya akhirnya dihilangkan oleh musik-musik lucu dari Littlelute, grup musik yang masih baru sih, musiknya bener-bener membawa kita ke masa kecil.

Gak tahan dengan vokalisnya, dress coklatnya menggemaskan! Terus kalau ngomong juga lucu, di panggung dia sempet bilang untuk menjaga lingkungan dan langsung mencontohkan dengan rapihin sampah-sampah yang ada di depan panggung. Bakal kepoin si Littlelute ini lagi deh! 

AriReda, senior nih dan terkenal banget di Jakarta.
Musik AriReda syahduuuu sekali, ternyata grup musik ini udah senior banget, sahabatnya Sapardi Djoko Damono, seumuran. Jadi awal project-nya ketika Sapardi mengajak AriReda yang merupakan nama dari dua personil ini, Ari yang cowok dan Reda yang cewek, untuk ikut dalam sebuah acara yang mengajak orang awam memahami puisi dengan lagu.

Aku-banget! Saya anak bahasa tapi sering gak paham sama puisi dan ketika udah jadi musik syahdu, duh suka banget deh! AriReda sukses bikin merinding, nggak nyesel dateng sore di saat yang lain memutuskan datang malem karena penampilan utamanya lebih banyak di malamnya.  

Silampukau
Ketika Silampukau di atas panggung, semuanya udah merapat ke depan. Silampukau ini grup musik asal Surabaya yang terkenal dengan kritikan-kririkan pedasnya tentang Negara, yang paling terkenal lagu tentang Dolly Surabaya. Saya kurang tau sih sama grup musik ini, jadi saya cuma bisa ikutin musiknya dan sibuk motret di saat semuanya sing-a-long.   

White Shoes And The Couples Company!

Yay, akhirnya White Shoes And The Couples Company! Saya tahu grup musik ini nggak sengaja dari Youtube, ketemu aja gitu. Meskipun videonya masih nggak terlalu bagus kualitasnya, tapi musik dan dandanannya asik banget. Kepo kepo dan kepo.. akhirnya suka!

Mulai dari pakaian sampai aksi panggungnya bikin semuanya sing-a-long dan menikmati. Bahkan Miss Sari, vokalisnya sampai turun panggung dan menyatu dengan audiens.   

Miss Sari! 
Miss Sari lagi! 
Dari sekian grup musik yang paling banyak dipotret ya White Shoes & The Couples Company (WSATCC) deh, terutama Miss Sari-nya. Kapan-kapan lagi ke Malang, ya! Sebenernya ada sih albumnya di music market-nya, namun apa daya budget untuk hal tersier semacam ini masih harus dikesampingkan, nanti bulan Juni semoga bisa beli, aamiin.    

Thaaanksss WSATCC! You made my day! 

Aurette And The Polska Seeking Carnival
Agak malu-malu untuk ke samping panggung meskipun emang lagi liputan buat ngalam.co dan blog personal kesayangan. Akhirnya waktu Aurette And The Polska Seeking Carnival berani juga ke sisi kanan panggung, yay! Sayangnya penampilan Aurette And The Polska Seeking Carnival yang akan membawa kita seakan-akan ke pasar malam ini saya bisa lihat gimana ada sedikit kesalahan teknis yang nggak nyala lah atau kurang keras lah dan banyak komentar di akun Instagram @folkmusicfestival kalau mengeluhkan hal tentang sound.

Sebegai orang yang gak terlalu paham musik mungkin saya sih biasa aja ya, tapi kasihan sama grup musiknya aja sih yang udah jauh-jauh tapi ada kendala, jadi nggak yahud. Semoga tim Folk Music Festival bisa bikin acara yang lebih rapih ya untuk selanjutnya, tenang, tetep nggak bikin kecewa-kecewa banget kok. Tetep asik, seru dan keren (soalnya saya dapet posisi pas banget depan panggung hehehehe).

Seharian sejak jam tiga sampai waktu menunjukkan isya’ bikin perut saya bunyi, dilema udah dapet posisi enak.. tapi daripada kelaperan akhirnya saya mampir ke booth kulinernya. 

Apeatit
Saya udah sedikit cerita si Apeatit ini di post event Malang Chocolate Festival 2016, Apeatit ini bisnis teman saya yang dulunya adik kelas saya, Diza Sainstika. Diza dulu ini merupakan adik kelas yang cukup menyebalkan, karena dia mantan dari mantan pacar saya, halah. Tapi sekarang ya biasa aja lah pastinya hahaha, dia makin manis sih sekarang, hmmm hahaha. Dengan wajah lelah akhirnya memesan waffle rasa green tea.

Makan waffle sambil duduk sendirian, sedih banget yak. Sampai akhirnya Arif datang juga ke Folk Music Festival, sempat di-record sama Tara, host dari Event Malang dan diajak kenalan. Saya cuma hening dan menjawab seadanya dan berujung dengan, “Aku tak liputan dulu, ya.”

Romantis banget. Malem minggu lho itu. 


Tapi seenggaknya nggak semua pasangan bisa ada di sisi panggung yang berbeda untuk meliput dan bersebrangan seperti ini. Arif yang mana? Yang chubby dan mata melirik tajam. Nggak lama sih, karena saya harus pulang duluan waktu Tigapagi memainkan beberapa musik. Pulang sendirian sih, karena gak dapet barengan juga lebih baik duluan deh. Mungkin kalau ada barengan bisa nonton Danilla, Mocca dan Float. :( 

Liyana Fizi dari Malaysia!
Foto ini saya ambil waktu gitaris cowoknya lagi godain Liyana Fizi yang terus-terusan bikin penonton ngakak, apalagi dengan logat melayu yang Liyana Fizi punya. Diambil black and white karena lightingnya acaranya kurang sip, terlalu harsh, saya pernah datang ke beberapa konser dan lightingnya masih cakep malah nilai plus yang bikin saya yang amatir ini ketagihan buat belajar motret acara musik. Hal ini pun digosipkan para fotografer yang ada di samping saya, tapi ternyata black and white juga jadi gak kalah cakepnya.


Setelah tau kalau cakep juga pakai black and white lalu memaki diri, “Kok gak dari tadi aja.”


Meskipun nggak nonton sampai habis, seenggaknya bisa lihat Tigapagi lah meskipun nggak lama. Setelah pamit dengan Arif dengan bahasa non-verbal yang artinya: “Aku pulang dulu.” akhirnya meninggalkan Lembah Dieng dan sampai di rumah dengan selamat.


Meskipun banyak kritik dan saran buat Folk Music Festival kali ini, terutama yang bikin orang nggak nyaman adalah yang bisa nonton cuma bagian tengahnya, sedangkan samping kanan dan kiri tanpa ada layar LCD hanya bisa tiang-tiang saja setidaknya malam festival kemarin cukup tak telupakan. Semoga saran dan kritiknya bisa membangun agar ke depannya bisa lebih baik, ya!

Terima kasih Folk Music Festival yang dipenuhi dengan anak muda dari berbagai kota, cukup kagum sih dengan ticket box yang ada di berbagai kota mulai dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto dan Bandung pun juga ada. Keren! Terima kasih juga White Shoes & The Couples Company, sering-sering lho yaaa main ke Malang, sukses untuk video dokumenter dan yang lainnya.

Saya juga sedang berharap agar Banda Neira yang mulai vakum sejak Februari 2016 nggak akan lama vakumnya, kangen nih! Malang, sering-sering ya bikin acara keren kayak gini, ditunggu!

Seperti biasa, sampai jumpa di event selanjutnya, bakal ada launching kapankamunikah.com, stay tuned yah! :) 

7 comments:

  1. sebenernya aku juga pengen sih dateng acara musik-musik kayak gini meg, tapi entah kenapa selalu gak jadi hmm
    tiap liat stage-photo gitu jadi pengen belajar fotografi stage juga, kayak keren aja gitu, gak serumit human interest
    eh tapi kamu kan emang biasanya sendirian meg kalo ke event-event gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Fer! Huft, kamu emang rempong mengalahi wanita paling tulen sedunia. Wkwkwk gak-gak. Iya sih, aku juga ngga pernah belajar human interest, selain nggak ada ketertarikan, susah juga. Iya, lebih enjoy sendirian, karena bisa jalan-jalan kemana-mana tanpa khawatir temen capek dan bosan :D

      Delete
  2. mega masih bisa nonton, aku ada fieldtrip dua jadi gak bisa nonton semuanya :(

    danila mocca float padahal paling aku tunggu tuh di malang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mbak Ashyaaa! :D Aku juga ga sempet nonton mocca sih, meski suka banget lagunya yang What If.

      Delete
  3. Lagi searching buat referensi.. Eh, tiba-tiba gak sengaja masuk ke blog ini.. And I like it.. :)
    Saya suka sama tulisan-tulisannya, dan cara berceritanya.. Terus suka juga sama personality-nya.. Haha.. Kidding.. :))
    Eh tapi saya beneran suka loh sama tulisan-tulisannya, terutama dari cara kamu memvisualisasikan apa yg kamu alami ke dalam bentuk tulisan.. Cocok jadi scriptwriter nih kayanya.. Ditunggu nih next post nya, terus berkarya, dan salam kenal Sophia Mega.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widih scriptwriter :") Makasih banyak sudah bacaaa. *langsung meluncur ke blognya*

      Delete