Bisa foto ala-ala piknik meskipun belum kenal nama. Salah satu hal challenging dari WWIM 14 hari kedua, belum kenal tapi harus kerja tim b...

Pique Nique Bersama World Wide InstaMeet 14 Malang Foodies

Bisa foto ala-ala piknik meskipun belum kenal nama. Salah satu hal challenging dari WWIM 14 hari kedua, belum kenal tapi harus kerja tim buat dapetin foto yang oke.
Media sosial emang bener-bener punya ‘power’ luar biasa yang berdampak ke berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis, salah satu tempat paling oke untuk personal branding (bahkan pencitraan) dan memajang hasil karya kita di sana. Dari sekian media sosial yang ada, Instagram menurut saya yang paling oke untuk tiga hal tersebut.

Asiknya lagi, ada acara keren untuk pengguna Instagram yang bernama World Wide InstaMeet. Mulai dari Mojokerto, Malang, bahkan Borneo dan masih banyak lagi. Sepertinya persebaran pengguna Instagram lebih merata ke seluruh Indonesia dibandingkan pembangunan infrastruktur Indonesia ya? :’) *apasih, berat berat berat*

Meskipun begitu cinta dengan blog, tapi nggak membuat saya nggak pengin ketemu dengan pengguna Instagram di Malang dooooong. Bahkan pengin banget! Lagian bagi blogger yang niche-nya macam saya,  skill memotret juga penting, karena foto pendukung tulisan banget, waktunya belajar lagi nih!

World Wide InstaMeet 14 kali ini diselenggarakan pada 17-18 September 2016 di Ubud Cottage Malang.  Kalau temen-temen ngikutin Instagram saya, ada banyak yang tanya, “Lho di Bali, Meg?” Enggak kok. Iya sih di Ubud, tapi Ubudnya di Malang, alias Ubud Cottage Malang. Sebuah hotel di Malang yang suasananya Bali banget.

Dulu, World Wide Instameet Malang 13, saya udah pengin banget tuh dateng. Tapi sungkan.. karena para instagrammer kan selalu hits.. sedangkan saya mah apa. Ternyata ketika datang ke Ubud Cottage Hotel, semuanya welcome dan menyenangkan.


Hari pertama, ada materi dari Mas Alexetiawan (@alexetiawan_), karakternya kuat di gaya flat lay dan gadget. Ada beberapa materi dan tips yang dibagikan, di antaranya yang udah saya catet:

Pertama, untuk motret ada tiga hal yang penting:

1) Mata, di mana kita peka dengan, "Wah asik nih di foto."

2) Taste, ini penting ketika kita menata foto flat lay. Seperti peka terhadap yang kurang rapi, shape-nya harus kayak gimana, dsb. Pasti kerasa deh nggak gampang buat nata foto flat lay, dan semua itu emang perlu dilatih dengan sering-sering motret. Dengan sering-sering berlatih, 'taste' itu bakal kebentuk pelan-pelan.

3) Gali karakter, nggak semua orang bakal cocok dengan gaya flat lay, atau nggak semua orang punya ketertarikan dengan memotret makanan. Kalau saya sih, yang saya foto emang random karena pada dasarnya saya 'pencerita apapun', yah jadi selamat menikmati cerita-cerita saya yah hwhwhw.

Kedua, ada beberapa jam yang cahayanya oke untuk motret. Pagi sekitar pukul 5.30 atau 06.00, siang pukul 14.00 atau sore pukul 16.00. 


Materi selanjutnya disampaikan Mas Akbar Umara alias @doyoke alias admin @malangfoodies di Instagram. Dengerin sejarah @malangkuliner (di Twitter), gimana cerita awalnya, gimana akhirnya Mas Doy bisa belajar memotret makanan, bisa dibilang perjalanan yang nggak sebentar dan nggak mudah juga.

Sebenernya saya udah nerima materi dari Mas Doy di Diskusi Boleh-nya DW Coffee. Nggak jauh beda sih, tapi di sini saya belajar lebih soal proses, bahwa Mas Doy dulu juga motret pake HP. Ada beberapa tips yang diberikan Mas Doy untuk memotret menggunakan HP, yaitu:


1) Pahami kelebihan, kekurangan dan kemampuan HP. Agar kita bisa explore lebih luas, misalnya nih ternyata HP kita bisa lho digunakan fokus yang tajam dalam kondisi cahaya yang seperti apa.

2) Angle paling aman adalah eye-level dan bird-level alias flat lay karena lensa kamera HP yang memang luas. 

Hari pertama diakhiri dengan memotret menu-menu di Ubud, sayang sekali daku tidak menang. Tapi lumayan lah dapet voucher karena ikut WWIM 14 dan dapet lagi karena tanya. Asyik! Anyway, sebelum motret kita ada Coffee Break, dan kopi di Ubud menurut saya oke banget, dengan suasana Bali jadi makin syahdu!

Kelompok Magenta, dijual dijuaaal kameranya. Murah, muraaaah. Tebak saya yang mana?
Nggak kalah asyik di hari kedua, karena temanya Pique Nique alias piknik. Meski telat karena asik liputan di acara Kadin Jatim (tungguin tulisannya ya), nggak bikin hari kedua membosankan dong. Di hari pertama kan udah dapet stiker WWIM yang warnanya beda-beda, nah setiap warna yang sama menjadi satu kelompok untuk memotret di lima spot yang udah disediakan.

Susah-susah gampang, karena kita belum kenal, jadi awalnya agak canggung motret sendiri-sendiri, sampe akhirnya udah ada yang ikhlas jadi talent dan kasih ide mau motret apa. Saya cuma bagian nata-nata barangnya biar lebih oke aja hahahaha. 

Spot pertama, 


Spot pertama yang kita tempati bertemakan anak-anak, hari itu matahari lagi terik-teriknya, alhasil hasil foto emang nggak jadi oke. Nggak ngerti lagi musti digimanain dan cari akal kayak gimana lagi. Akhirnya saya cuma bisa motret sekenanya dan berharap ada yang bagus.

Spot kedua,


Nggak kalah susahnya sih spot yang kedua, penginnya mau kelihatan tenda segitiganya, tapi apalah daya saya nggak punya ide. "Mau motret kayak gimana nih?" pertanyaan tersebut berputar-putar di kepala sampe keringetan karena matahari lagi panaaas banget. Akhirnya saya ambil aman aja dengan bird-level seperti foto di atas.

Spot ketiga, 


Spot ketiga lumayan oke karena kita pindahin semua perlengkapannya ke lokasi dengan cahaya yang lebih bersahabat. Selain itu juga foto ala-ala piknik gitu kayak foto di bawah ini:


Spot keempat, 


Sebenernya suka bangeeeet sama konsep logo Instagram dengan susunan kue, tapi saya nggak peka kalau ada yang kurang rapi. Jadi hasilnya ya kurang sempurna. Di spot ini udah mulai lelah buat motret.

Spot kelima, 
 

Terakhir! Banyak yang udah ogah-ogahan motret karena capek. Meski capek, kita motret di WWIM 14 Malang Foodies asiknya bukan sekadar latihan aja lho, tapi ada pemenang yang mendapatkan berbagai macam hadiah seperti strap kamera, voucher gratisan lagi dan masih banyak lagi.


Tema kali ini ‘Malang Foodies’ enggak lengkap kalau nggak makan-makan, akhirnya kita menikmati makanan yang tadi kita foto, iya tapi semuanya udah dingin. Seperti Mas Doy bilang, “Ya motret makanan gini pasti makan makanan dingin, jadi kalau ditanyain enak atau gak enak, bingung mau jawab apa.”

Di balik foto makanan yang cakep, ada perjuangan di baliknya, ada rasa rela makan makanan yang sudah dingin. Tapi seenggaknya, dari memotret makanan jadi punya banyak teman! Kalau di kota tempat tinggal kalian sekarang ada WWIM, sangat wajib deh buat ikutan, nggak nyesel!

Thank you Instagram sudah mempertemukan kami! Meskipun semakin ke sini kamu semakin menyebalkan, setidaknya aku jadi banyak bertemu dengan orang baru. :) 

7 comments:

  1. Dar dulu pengin banget ikut sih, Meg... Tapi aku malu mau ikut, aku ngerasa bukan tempatnya karena dar daerah lain. Huhu --'

    Nanti kalo aku balik ke Lombok mungkin bakal ikut di sana... Semoga ga wacana. Amin. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan ga harus anak Malang mas, yang penting tinggal di Malang. Bahkan ada yang dari luar kota ke WWIM 14 Malang lhoooooo.

      Delete
  2. seruuu yah, dapet ilmu motreet.
    sebenernya pengen ikut dan belajar motret juga sih, jadi biar foto di blognya kece. tapi malu banget soalnya cupuu soal motret memotret :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa lho, Mbaaak. Semuanya juga lagi belajar, foto-fotonya mbak juga keren koook.

      Delete
  3. komplit!

    emang beda kalo mega yang nulis ahahah
    akhirnya bisa ketemu smaa blogger hits ngalam satu ini

    :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komplit kayak buku panduan aja ya jadinya ahahaha. Halaaaah hits-an Mas Helga laaah~

      Delete
  4. Baru tau kalo ada acara keren ginian di Malang.
    Padahal pen banget dapet ilmu dari naq Instagram. :(

    ReplyDelete