Berfoto imut dan endel seperti ini bukan jadi salah satu tips cara bikin konten blog yang kreatif kok. Selamat lah bagi manusia-manusia ...

TIPS: 6 Cara Bikin Konten Blog yang Kreatif

cara bikin konten blog

Berfoto imut dan endel seperti ini bukan jadi salah satu tips cara bikin konten blog yang kreatif kok. Selamat lah bagi manusia-manusia yang tak hobi selfie. ‘Bikin konten’ bagi para blogger atau youtuber bukan hal yang asing lagi, sering kali mereka malah gak menyebut dirinya ‘blogger dan youtuber’ tapi ‘content creator’.

Sebelum jelasin apa sih content creator itu, bicara dunia per-blogging-an atau bahkan per-youtube-an, banyak yang lebih tanya, "Pake laptop apa sih Kak? Dari Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor, laptop kakak prosesornya udah yang mana?" Iya sih, alat juga penting, apalagi kalau ngomongin soal prosesor, karena semakin besar angka setelah huruf 'i' kecepatan multitaskingnya juga lebih cepat.

Tapi ada yang lebih penting lho: gimana cara bikin konten blog yang kreatif biar pembaca betah dan makin banyak yang baca juga tentunya. 

Laptop apa yang paling baik buat ngeblog? Laptop yang kamu punya sekarang. Kalau gak punya, ada warnet kok hehe.

Sekilas tentang content creator, buat yang belum tau nih, c
ontent creator bertugas membuat konten yang nggak hanya tulisan, tapi bisa foto, kampanye media sosial, video dan lain sebagainya. Cara sederhana menjelaskan content creator adalah: bagaimana netizen masa kini mengubah ‘feeds Instagram’nya jadi secantik mungkin. Mereka berpikir berjuta-juta kali sebelum upload fotonya, harus diedit dulu, dipikirin jadwalnya, biar orang-orang tertarik dipancing apa dulu dan banyak stepnya.

Sebenernya pengguna Instagram yang peduli dengan feeds-nya berarti dia sedang menjadi content creator untuk Instagramnya. Spesial di tulisan kali ini, saya akan berbagi 6 cara bikin konten yang kreatif buat temen-temen yang pengin ngeblog tapi belum tau dari mana.

Tulisan ini spesial ditemani dengan video Coffee Break #2: 6 Cara Bikin Konten Blog, sebelum baca artikel di bawah, bisa nonton video di bawah ini, yak!



Meskipun saya bilang cukup lama nulis di blog ini, tapi sebenernya saya terhitung baru untuk mengembangkan blog gimana biar bisa dibaca banyak orang dan lain sebagainya. Tapi semoga tulisan kali ini bisa tetep bermanfaat ya!

Sederhana aja kok jadi blogger, kita hanya cukup bersenang-senang aja. Tapi ada enam langkah yang bisa memudahkan, keenam hal tersebut adalah:


Paling pertama banget adalah: NIAT & MOOD. Udah ada niat jadi blogger kadang terhalang dengan mood. Nurutin mood gak ada habisnya sih, tapi hal yang paling mudah adalah: cari tau deh apa yang bikin kita ngerasa lebih semangat.

Kalau saya sendiri sering kalau lagi sumpek memilih untuk bersih-bersih atau sekalian aja nulis di luar. Kadang tuh bete gak jelas, lalu saya bilang ke Mbak Putri—teman serumah, “Kok aku bete gini ya Mbak? Kayaknya harus bersih-bersih deh.” Kalau udah bersih, mau kerja kan jadi nyaman gitu. Kalau kalian gimana biar moodnya jadi baik?


Cara menentukan niche blog sebenernya simpel kok, kamu suka apa, ya itu lah niche blog kamu. Suka traveling? Biasanya disebut Travel Blog. Atau kamu mau bebas aja nulis apapun? Personal Blog bisa jadi pilihan. Kalau saya sendiri memfokuskan diri dengan kopi dan buku lalu memberi asal nama dengan Coffee & Book Blogger.


Nggak wajib kok memberi nama setiap segmen, tapi dengan cara ini pembaca bakal lebih inget dengan konten apa yang kita tulis. Kalau mau lebih deket dengan pembaca, atau istilahnya meningkatkan engagement, coba deh iseng-iseng bikin polling di akun media sosial kita. Ajak pembaca ikut serta dalam pembuatan tulisan kita, mereka lebih suka kita nge-review kedai kopi murah atau mahal, atau mereka lebih suka kita nge-review buku apa.


Problematika para blogger adalah ketika kita lupa atau nggak tau mau menulis apa. Caranya emang jangan lupa dicatet setiap ada ide apa, nanti dengan sendirinya kita akan menentukan mana dulu yang lebih penting, lebih bagus atau nggak perlu ditulis.

Saya juga sering tiba-tiba di rumah berpikir, “Kayaknya tadi aku mau nulis apaa gitu kok lupa.” Penyakit lupa di tahun 2017 ternyata tak kenal usia ya? Jadi jangan males untuk menyimpannya dalam catatan.

Pernah tuh, saya dan temen saya—Sarah lagi jalan-jalan di mall, kemudian kami ngobrolin hal yang asik banget. Tiba-tiba saya berhenti dan bilang ke dia, “Aku catet dulu ya Sar obrolan barusan.” Temen deket saya pasti hafal kalau kemana pun saya berada selalu bawa buku catatan. Meskipun ada HP, menulis secara langsung itu lebih melegakan dan menyimpan memori lebih lama. 


Ada beberapa direct message baik di Twitter, Instagram atau LINE yang tanya “Meg kamu pake laptop apa? Kayaknya laptopmu enak banget deh.” Yang langganan tanya tuh ada Fery dan Mbak Ardien, parahnya Mbak Ardien selalu sering kena ‘racun’ dari saya. Akhirnya laptopnya dia sekarang ASUS dan kameranya Sony A5000, hahahaha selamat berkarya dengan peralatan barunya ya, Mbak!

Sekarang saya emang lagi pake ASUS A456U. Hal yang paling saya tuju dan perhatikan sebelum beli laptop adalah: prosesornya. Udah saya bahas kan tadi kalau ada tiga prosesor untuk windows: Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor.

Saya tau banget deh banyak yang nggak paham laptop dan kebingungan mau beli yang mana, semakin dijelasin anak yang paham teknologi, sering kali kita makin bingung mau beli yang mana, ya gak sih?


Gampangnya nih, untuk cari laptop yang multitasking-nya bagus, caranya bisa lihat prosesornya. Waktu mau beli ASUS A456U, saya lihat dengan Intel Core i5nya dia bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan laptop dengan prosesor yang sama tapi dengan brand yang beda. Asus tuh memang terkenal dengan: murah dan kemampuannya oke. Paling minus-nya trackpad-nya rada nggak nyaman (tapi nggak semua).

Udah nyaman-nyaman aja sih pake yang ini, karena saya lebih sering nulis di rumah. Kalau dibilang pengin beli yang lebih bagus, ya pengin lah! Hahahaha dasar gak pernah puas, saya agak dilema sebenernya mau beli ASUS A456U atau PC aja. Pake PC tuh lebih lega, lebih gede, lebih nggak lemot dan pasti nyaman banget bikin video dan nulis.


Ada sih yang saya pengin, ASUS Vivo All in One V220i. Parah banget sih ini, monitornya lebar (21,5 inci) dan memang PC ini ditujukan buat para penggemar grafis atau visual. Buat blogger apalagi youtuber pasti enak banget. Apalagi dilengkapi dengan kemampuan touchscreen.

Prosesornya memang i5, tapi i5 PC dengan laptop beda banget sih rasanya. Dengan monitor yang lebar dan tampilan yang elegan banget, betah banget deh kalau lagi bikin video.

Ya gitu aja sih soal alat, saya nggak mau bikin kalian makin pusing dalam menentukan mau beli laptop atau PC. Sekarang tinggal: budgetnya seberapa dan butuhnya yang kayak gimana. Kalau ada budget lebih, ASUS Vivo All in One V220i ini emang bikin ngiler sih, tapi satu hal yang harus diingat: jangan sampai terhalang ‘aku mau pake laptop itu dulu baru berkarya’. No, no, no!

Alat bisa belakangan, sambil ngeblog, sambil cari uang dari blog, sambil nabung beli laptop yang mana. Atau kalian jadi Techno Blogger aja biar dapet endorse gadget-gadget gitu! :p


Definisi sukses bagi setiap orang pasti beda-beda, kalau saya sendiri belum ngerasa sukses jadi blogger. Tapi meskipun gitu, saya sukaaaa banget jadi blogger. Kalau lagi capek nulis freelance, saya tinggal kerjaannya dan nulis buat blog hahaha. Ada kenikmatan sendiri aja buat ngeblog.

Tips terakhir yang nggak bisa dilewatkan adalah, jangan bosan dengan prosesnya ya! Emang, di awal tulisannya mungkin nggak asik dibaca, nggak banyak yang baca, atau bahkan banyak yang nggak peduli. Santai, pokoknya kalau mau jadi blogger, harus cinta sama proses deh, kalau enggak.. ya… bakal bosen dan nggak dapet target apa yang diinginkan.

Kadang, saya hidup dengan insecurities, ketakutan dan ketidakpuasan pada diri sendiri. “Meg, kamu ini udah ngeblog lama tapi gini-gini aja.” Ya ada lah rasa belum puas pada diri sendiri, tapi kalau udah cinta sama yang dilakukan, pasti mau kok untuk terus berproses, belajar gimana cara bikin konten yang baik, rajin belajar di Pinterest dan lihatin para blogger lain yang keren.

Jadi gimana? Keenam langkah tersebut udah ada yang pernah coba belum? Kalau udah, share dong berhasil nggak sih. Kalau belum, dicoba yuk! Kalau berhasil atau gagal, jangan malu-malu untuk ngobrol di Instagram atau Twitter ya (@sophiamega)!

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.


24 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Nice banget artikelnya kak, sangat bermanfaat. cocok bgt bwt gw yg msh newbie dalam hal bkin konten blog..

    ReplyDelete
  3. Setuju dengan bagian pembukanya. Orang sering tanya "bikinnya pake alat apa?" seolah-olah alat satu-satunya faktor yang bikin hasil bagus. X)

    Nice writing anw. Thank you, Mega. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama! Yas, alat bukan salah satunya faktor! :D

      Delete
  4. WAAHHH INI NICH yang lagi aku butuhin selama ini. OHH ternyata ini formulanyaaa. aku praktekin langsung yaa kak, Sophi. :3

    ReplyDelete
  5. sangat setuju dengan kebiasaan mencatat hal-hal yang penting atau hal-hal baru. nice artikel!

    ReplyDelete
  6. Mantab Jiwa Meg. Yang paling susah si sebenernya konsisten itu dan... alat. Misalkan alatnya gak sanggup buat ngedit video. Editing jadi susah. Kalo udh berusaha konsisten tapi alat nggak menunjang kayaknya 0 juga. #curhatsek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi inget dulu ngedit pake Movie Edit Touch doang mas, gak bisa nambahin tulisan xD Ibarat Bayu Skak 3-4 tahun yang lalu lah, dia juga dari nol (banget) ku rasa.

      Delete
  7. Kuncinya ada di Niat yang kuat, ngerasa tersendir nih hhihi
    Thank you meg, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Nice content, Meg! Bermanfaat sekalii. Semoga bisa terus berkarya, ya!!

    ReplyDelete
  9. yang penting konsisten, gak ngurus ada yang baca apa enggak. nais kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti pasti akan ada yang baca kok, thank you! :)

      Delete
  10. Keren kak mega :) belajar dari yang keren itu emg lebih ngena :D

    ReplyDelete
  11. Nurutin mood gk ada habisnya, iya sih. Mo masak aja, kalo gk dipaksa...ya gk masak2, krn gk niat :))))

    Dan belakangan mood nulis rasa2 piyeee gt, uda ngedraft sih. Tapiiiiii *duh curcol

    ReplyDelete
  12. terimakasih kak mega, sangat bermanfaat sekali!💙💙

    ReplyDelete
  13. Ulasan yang menarik, kalau bisa ada kelanjutan tentng konten yang berhubungan

    ReplyDelete