Kehadiran DM Instagram membuat bertanya apapun jadi enggak susah. Bagi akun kecil seperti saya ini, rasanya enggak pantas kalau lalu en...

Q&A @sophiamega : Pake Alat & Aplikasi Apa Selama Bikin Konten?


Kehadiran DM Instagram membuat bertanya apapun jadi enggak susah. Bagi akun kecil seperti saya ini, rasanya enggak pantas kalau lalu enggak bales DM. Ya paling nggak.. bales meskipun agak lamaan. Mulai dari 1 bulan baru dibalas, akhirnya sekarang bisa melatih diri paling lama nggak dibales 3 hari. Dari sekian pertanyaan, yang paling banyak ditanyain adalah: alat dan aplikasi.

Nah, biar enggak kesusahan lagi selama jawab pertanyaan, post blog ini saya buat. Jadi temen-temen udah komplit dapetin apa aja yang selama ini saya gunakan, setidaknya udah sekitar 2-3 tahun selalu pakai alat dan aplikasi ini. Tapi ada juga yang baru-baru ini saya temukan dan pakai, biasanya dipakai kalau dalam keadaan jauh dari laptop atau laptopnya lagi diservis. 

Alat dan aplikasi itu kadang jadi alasan untuk nggak membuat konten. Bener, saya juga kalau lagi terbatas alat dan aplikasinya, mau ngapa-ngapain jadi susah. Tapi karena udah tanggung jawab, kadang desain konten Instagram untuk akun sebelah juga bisa lewat HP. Untuk bikin vlog, karena saya malu kalau harus pake kamera, seringkali juga pake HP. 

Akan dibahas satu-persatu berdasarkan saluran atau channel apa yang sedang dipakai, semoga bermanfaat!

INSTAGRAM

Kamera
Dari yang paling basic, pasti tanya kamera. Untuk foto di feed, saya lebih sering pake Sony A5000 dan lensa fix, yang juga bawaan dari Sony. Agak jarang pake lensa kit, untuk beberapa keperluan dan momen yang emang mau ambil wide baru pake kit.

Tapi kadang juga pake HP, sekarang yang lagi dipake Samsung J7Pro. HP ini cukup oke menurutku, karena kamera depan dan belakang sama-sama bagus, buat Instagram Stories atau bahkan ngevlog masih bisa diandalkan.

Aplikasi editing foto
Biasa pake VSCO, tapi emang yang full-pack dengan ilegal. Ya, kenalkan saya sobatqismin yang masih belum mampu untuk beli berbagai filternyta secara berbayar. Semoga kelak saya enggak qismin lagi jadi bisa beli fullpack dengan berbayar.


Aplikasi editing video
Dalam beberapa event, saya bikin vlog sederhana. Nah bagi sobat Viva Video yang gatel matanya karena watermark yang gak oke sama sekali tersebut, bisa pake Adobe Clip yang bisa didownload di Google Playstore secara gratis.

Nah, kali ini saya cuma share alat dan aplikasi apa yang saya gunakan, tanpa tutorial ya. Kalau tutorial nanti dulu, satu-persatu. 


Aplikasi college atau menggabungkan foto atau video
Saya seneng banget gabungin tiga foto untuk di-share di Instagram Stories. Bahkan ini juga bisa dipake untuk gabungin beberapa video, atau bahkan foto dan video dalam satu foto. Biasanya pake Photo Grid atau Pixlr juga bisa, tapi saya lebih sering pake Photo Grid. 


Aplikasi recording screen. 
Ini nih yang cukup banyak nanyain juga, untuk recording screen baik ketika kita lagi scrolling beberapa bagian kayak mbak-mbak selebgram lagi paid promote.. biasanya saya pake DU Recorder. Gimana caranya biar gak ada watermark dan icon oranye yang bikin ganggu screen? 

Buka aplikasi, klik icon setting atau yang paling kanan.

Di bagian CONTROL SETTING: cari tulisan "hide the record window when record" agar icon oranyenya hilang. Terus di bawahnya ada "shake phone to stop recording" itu pilih aja Enable, gunanya ketika video yang kita rekam udah selesai, tinggal shake aja HPnya tanpa perlu klik apapun lagi. 

Di bagian RECORDING TOOLS: cari tulisan "Watermark" pilih Disable agar watermark DU Recordingnya hilang. Tada, sekarang kamu sudah bisa bikin paid promote ala mba-mba selebgram!

YOUTUBE

Aplikasi editing kalau laptop kompatible aplikasi berat
Pake Adobe Premiere CC 2015, menurutku ini lebih user friendly dibandingkan Sony Vegas. Meski katanya Sony Vegas ini lebih ringan di laptop, dan membuat saya ingin pake, tapi ya.. udah terbiasa Adobe Premiere gimana dong. Kayaknya untuk Adobe Premiere bedanya dia gak bisa color grading deh, kalau gak salah lho ya. Tapi untuk kebutuhan basic, bagi saya aplikasi ini udah memadahi banget. 


Aplikasi editing kalau laptop gak kompatible aplikasi berat. 
Sejauh ini yang bikin saya betah dan kuat adalah app.clipchamp.com. Tapi sebelumnya pastikan kamu sudah pake Chrome dan sudah download extentions khusus untuk Chromenya ya! Di sana emang terbatas 5 video sih, tapi kalau kamus udah export 1 video, ya masih bisa pake di project lama di-delete dan dipake lagi untuk editing.

Tapi agak terbatas sih. Pertama, cuma bisa sampe 480p. Kedua, lebih baik videonya durasinya kurang dari 5-7 menit. Karena waktu saya bikin 10 menit, bener-bener enggak bisa diexport gitu :( Mungkin kalau mau bikin yang 10 menit, koneksi internet harus yang bener-bener ok. Kalau tiba-tiba proses export jadinya no networking, refresh aja beberapa kali. Nanti pasti bisa kok.

Nah karena clipchamp ini aplikasi yang sebenernya enaaaak banget buat editing, tapi kadang kala PHP di exportnya, saya tetep pilih Adobe sih. Soalnya koneksi internet saya enggak bagus-bagus amat :(.

POSTER/DESAIN


Untuk bikin desain, entah quotes atau untuk akun sebelah (dalam hal ini adalah @kapankamunikah). Saya selalu pake Adobe Photoshop. Nah kalau lagi kepepet enggak bisa dikerjain pake laptop yang kompatible untuk diinstall Adobe Photoshop, biasanya saya pake photopea.com, itu cukup mirip dengan Photoshop.

Atau yang lebih simpel lagi adalah Canva, ini bisa diakses lewat web maupun aplikasi lewat HP. 

Nah, itu tiga alat dan aplikasi yang biasa dipake selama bikin konten, baik untuk Instagram, blog dan Youtube. Kalau masih ada yang bertanya, bisa tinggalkan komentar di bawah atau langsung DM melalui Instagram @sophiamega. 

8 comments:

  1. Bermanfaat sekali tipsnya buat sobatmisqin kayak saya yg selalu cari aplikasi gratisan huehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk sobatqismin memang harus banyak referensi :') Sobatqismin harus punya effort lebih dalam mencari mana yang gratisan #sedih

      Delete
  2. agar semakin afdol dan menuai banyak varokah, akan lebih baik untuk membuat video tutorialnya wgwg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wgwg siap. Nanti semoga berkesempatan bikin videonya yah wgwg.

      Delete
  3. Hallo mega :) kalo saya biasa edit video menggunakan movie maker. Pernah ingin coba aplikasi lain dan pernah download adobe premiere cc 2015. itu bisa download secara free kan? Saya sih sudah beberapa kali download tapi gagal terus ntah kenapa 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah coba pake itu, cuma kekurangannya dia agak susah untuk dibikin 2 layer. Misalnya mau nunjukin closeup buku jadi bingung gimana caranya.

      Iyaaah bisa kook, cuma emang lebih enak kalau udah punya masternya dari para pemilik aplikasi2 gratisan yang ilegal. Sobatqismin lagi-lagi harus melakukan hal ilegal huhu :(

      Delete
  4. Photoshop Express sekarang bisa kolase foto, nih. Tapi memang lebih enak pakai PhotoGrid atau PicsArt. Beberapa kali pakai PhotoGrid hasilnya ada ngeblurnya kalau foto yang dimasukkan resolusinya beda..

    ReplyDelete
  5. Wah terimakasih ya meg sudah membantuku yang gaptek dan perlu banget edit video akhirnya ku menemukan aplikasi edit video yang mungkin bisa ku pake wkkw

    ReplyDelete