Es Kopi Susu Enak di Malang, Kamu Harus Coba, Ya!


Belum semua es kopi susu di Malang saya coba, tidak semua es kopi susu di tempat yang saya datangi saya coba. Tapi ada beberapa yang selalu jadi andalan karena suka banget, jadi saya share es kopi susu yang sementara ini saya suka, semoga kalian berkenan.

Sebelum itu, saya deskripsikan dahulu ya kopi yang saya suka itu standarnya seperti apa. Es kopi susu yang enak menurut saya yang kombinasi keseluruhannya pas dimulut, nge-blend-nya pas, gak ada yang aneh. Aneh di sini dalam hal: gak ada rasa yang bersebrangan. Es kopi susu sama gula aren masih oke, tapi ketika saya mencoba yang sama green tea, atau sirup-sirup lainnya, jadinya agak bertabrakan gitu. Kopinya kemana, green teanya kemana, jadi gak nge-blend. Buat saya ini kurang cocok aja, jadi lebih suka es kopi susu yang biasa saja, gak perlu neko-neko. 

Beberapa kali saya coba sih, mulai yang campurannya powder hingga sirup, tapi ternyata tetep bertabrakan di lidah saya. Tapi ini cocok gak cocok aja ya, di lidah saya enggak, di kamu mungkin sebaliknya. Atau bahkan di saya cocok, di kamu malah gak enak. Ya enak dan gak enak sebenernya selera aja.

Nge-blend yang pas ini sebenarnya juga gak ada rasa yang terlalu mengganggu. Misal terlalu pahit, atau malah acidnya tinggi (cenderung asam). Kadang, ada yang komentar: kurang pahit, berarti ya seleranya pahit, bukan kopinya yang salah, atau selera orang lain salah karena gak satu selera dengan kamu. Kalau dalam hal ini, misalnya saya menemukan es kopi susu yang terlalu pahit atau acidnya tinggi, ya berarti bukan seleranya aja, bukan kopinya yang salah. Meskipun ya tetap ada standarnya, tapi daripada rumit, sementara begitu saja.

Ya bener atau salah bukan ranah saya, semoga dari tiga paragraf sebelum ini tidak mengakibatkan perpecahan antar penikmat kopi. Nah, sejauh ini saya suka banget es kopi susu di dua tempat, yaitu:


Bruh Coffee

Salah satu hidden gems alias permata tersembunyi di dunia perkopian Malang, karena tempatnya tersembunyi dan kadang bukanya bisa telat atau sesuka yang punya. Agak ngeselin, tapi worth to try es kopi susu atau Milky Coffee-nya. Bukan cuma worth to try sih, emang seenak itu!

Nge-blend sempurna, super creamy, manisnya pas, rasa kopinya pun ter-blend sempurna. Jadi gak ada yang lebih unggul antara manis atau kopinya. dan tentunya gak ada rasa yang mengganggu. Cuma 10.000 lagi, dan bisa pesan untuk take-away. 

Bagaimana pun seleramu, cobain Milky Coffee-nya Bruh Coffee, deh. Rasanya ini bisa jadi penengah semua selera dari penikmat es kopi susu di alam semesta ini. Hahaha kok mekso gitu sih. Tapi yang jelas ini enak banget! Sekali sedot tidak akan berhenti, dan menangis kalau tiba-tiba sudah habis. Mau bilang kurang banyak, kok ya kebacut alias 'parah banget sih lo', karena hanya 10.000 IDR saja. Sayangnya, buka Bruh Coffee hanya mulai pukul 12.00 hingga 18.00 saja.

Motiv Coffee

Tempat yang cukup sering saya datangi ini membuat sering bingung mau pesan apa, karena semuanya sebenernya enak. Tapi, dari dua varian es kopi susunya, yang paling favorit Es Kopi Masa Depan. Nge-blend dengan enak banget, susu kental manis, susu segar, kopi dan esnya membuat semuanya pas. Es batu di Es Kopi Masa Depan bukan yang dalam bentuk gede-gede gitu, tapi dihancurin terlebih dahulu jadi kecil-kecil.

Varian yang lain ada Es Kopi Masa Lalu, bedanya gak pake susu kental manis, tapi gula aren. Ini juga enak, tapi yang favorit masih Es Kopi Masa Depan. Bisa dipesan secara take-away juga kok. Alamat Motiv Coffee ini berada di MT. Haryono yang tepatnya di Ruko Ditas. Buat yang dari Universitas Brawijaya, di kanan jalan akan ada toko Rei (semacam perlengkapan camping gitu yah), nah di situ lah komplek Ruko Ditas. Sedangkan yang dari arah Tlogomas, tentu saja sebaliknya, ada di kiri jalan.

Buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam bisa jadi andalanmu setiap saat.

Nah, masih dua itu yang jadi es kopi susu favorit di Malang. Nanti kalau ada es kopi susu lainnya yang harus banget kalian coba, pasti akan ada post terbaru kok. Jadi stay tuned di sophiamega.com setiap hari, ya!

2 comments

  1. Eh itu Bruh beneran buka cuma sampe jam 6? padahal nongkrong dimulai dari jam 7 abis Isya, sayang sekali. kalo kesini harus sore-sore kayanya

    ReplyDelete