Rekomendasi Buku Self-Love: How To Stop Feeling Like Sh*t (Andrea Owen)

Sejak tahun ini, aku lebih serius lagi belajar apa itu self-love yang selama ini aku abaikan. Ada yang membuat lelucon mengapa self-love baru kita bicarakan lebih intens karena selama ini di pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn), kita diminta untuk mendahulukan kepentingan masyarakat, daripada kepentingan pribadi. Hahahaha ya.. ada benarnya juga, meski jelas konteksnya berbeda. 

Masa di mana aku merasa harus lebih mengetahui self-love adalah di saat aku bingung mengapa di setiap kejadian, aku lebih sering menyalahkan diri sendiri. Minta maaf pada setiap hal sederhana, bahkan kadang aku sudah tahu itu bukan sepenuhnya salahku, tapi seperti lebih mudah menyalahakan diri sendiri. Hingga akhirnya bertemulah aku dengan buku "How To Stop Feeling Like Sh*t", dengan kegelisahan yang aku alami, sebetulnya nggak butuh waktu lama untuk akhirnya memutuskan membaca buku ini. 

Buku ini berisi 14 kebiasaan yang membuat kamu merasa tidak berharga (worthless), dan merasa seperti sampah (feeling like shit).  Dari 14 kebiasaan tersebut, bab pertamanya bener-bener nampol banget sih. Yaitu tentang bagaimana kita mengontrol inner-critic, tapi diawali dengan memahami sumber kebiasaan inner-critic itu dari mana.

Sumber inner-critic itu sebenarnya tidak murni dari kita yang terlalu overthinking kok. Salah satu sumbernya kita dipermalukan oleh orang lain sehingga kita tidak nyaman melakukan sesuatu yang tadinya kita merasa tidak masalah, dan mulai mempertanyakan apa benar yang dikatakan orang lain tersebut. Misalnya, sebelumnya kita menerima keadaan fisik kita, tapi saat orang lain mulai nyeletuk, "Kamu kok gendut banget sih?" Lalu yang tadinya kita memang menerima bahwa badan kita berisi normal, jadi pusing dan berpikir keras apakah memang kita segendut itu yah?

Bab ini juga sempat kubuat videonya khusus, bisa klik di sini.

Bab selanjutnya yang aku suka adalah Bab 15, ini bab terakhir untuk kita lebih mengenali diri melalui value diri apa yang bisa membantu kita untuk tumbuh selagi memperbaiki 14 kebiasaan yang membuat kita membenci diri sendiri. Rasanya jadi lebih percaya diri lagi untuk tumbuh dan berproses.

Selengkapnya ulasan dari buku ini, kalian bisa tonton video di bawah ini ya. 

Untuk dapat rekomendasi buku self-improvement lainnya, kalian juga bisa subscribe kanal youtubeku. 

FAQ Buku:

  1. Bukunya beli di mana? Aku beli di Amazon Kindle, harganya 8.49 USD.
  2. Bukunya bahasa inggris ya? Iya.
  3. Ada buku terjemahannya? Ada, sudah diterjemahkan oleh Shira Media.


0 comments