Baru banget di pertengahan Desember 2020, kantor kasih kabar kalau harus balik work from office kira-kira pada tanggal 11 Januar...

Awal 2021, Balik Work From Office dan Harus Swab Test. Siapin Apa Aja, nih?


Baru banget di pertengahan Desember 2020, kantor kasih kabar kalau harus balik work from office kira-kira pada tanggal 11 Januari 2021. Jujur agak kaget, karena kondisi COVID-19 di Indonesia semakin banyak dengan penanganan yang sama sekali enggak serius. Khawatir banget dan sedikit sedih.

Mungkin karena ada kabar vaksin juga sih yang membuat penentuan WFO ini, padahal belum jelas vaksin mana yang aman hingga uji klinis tiga dan skema vaksin gimana. Makin dipikirin makin pusing, sih. Tapi kemarin berusaha untuk enggak perlu dipikirin banget, dijalanin aja lah semampunya hahaha.

Yang jelas, sebelum masuk kerja bakal swab test dan alhamdulillah-nya bisa ajukan reimbursement. Tapi masalahnya, bukan karena swab test bisa enggak bayar, tetapi lebih deg-degan sama hasilnya karena setiap orang pun berisiko. Jadi berikut ini beberapa hal yang aku lakukan selama pandemi untuk berikhtiar semampuku dan semoga di swab test nanti hasilnya negatif.

SELALU PAKAI MASKER!

Kalau keluar, harus pakai masker, ya! Kalau kamu mau nongkrong sekalipun, tetep pakai. Dan beberapa bulan terakhir ini aku harus ke rumah sakit untuk keperluan cek kandungan, dan selama di RS aku enggak pernah buka masker sama sekali. Kalau minum, aku akan keluar RS dulu hahaha. Separno ituuuuu. Makan dine-in ya kira-kira sebulan sekali dua kali aja kalo lagi kangen banget, itupun berusaha yang bisa bener-bener jaga jarak.

Berkumur-kumur dan membersihkan hidung berkala

Di masa virus mudah menyebar, katanya disarankan sering membersihkan mulut dan tenggorokan dengan berkumur-kumur serta membersihkan hidung dengan nasal spray. Kalau abis keluar rumah pasti melakukan ini, dan pasti harus langsung mandi.

Selalu minum vitamin

Aku enggak beli vitamin yang mahal-mahal banget, kok. Kayaknya 30 tablet cuma 80rb-an kalo enggak salah, tetapi kandungan yang dibutuhkan untuk mencegah COVID-19 mulai dari vitamin D, zinc dan beberapa kandungan lain ada di vitamin tersebut. Aku rutin minum ini setiap malam, tapi kadang bolong juga sih buat kasih jeda aja biar enggak tiap hari banget. Kayaknya selama 9 bulan ini udah 3 box vitamin kami habiskan, dan ini udah jadwalnya beli box selanjutnya.

Berjemur

Kata teman yang pernah positif tetapi OTG, katanya ini salah satu faktor penting juga. Jadi tadinya aku udah khidmat menjalani stay-at-home, aku jadi mulai berjemur hahahaha. Padahal awalnya udah jamuran kali ya di rumah huhu TT____TT

Tips sebelum swab test

Ini juga dikabarin dari temanku yang penyintas COVID-19, katanya kalau mau swab test, 10 menit sebelumnya, bisa berkumur-kumur dengan cairan 'si gargle' itu dan bersihkan hidung dengan nasal spray. Akan kucoba di awal tahun nanti sebelum swab test, doakan aku ya!

---

Apakah kamu ada tips lainnya untuk menjaga diri dari COVID-19? Beri tips di bawah, dong!

0 comments: