Gawai atau Aplikasi yang Bermanfaat Banget di 2020


Ingin merangkum apa saja yang membantu di tahun 2020, tahun yang krusial bagiku. Semua orang belajar bertahan di situasi sulit, sebagian orang mencoba beradaptasi, dan sebagian yang lain mencoba menciptakan peluang-peluang baru. Untuk itu aku ingin berterima kasih pada teknologi yang sudah membantuku untuk menjalani 2020.

Gawai Kindle

Kindle adalah e-book reader, atau alat elektronik yang kegunaannya hanya satu: membaca buku. Layarnya berbeda dengan smartphone atau tablet, karena layarnya mirip dengan kertas. Gawai ini sangat membantuku selama 2020 untuk enggak boros membeli buku hahaha. Selama pandemi tuh banyak banget promo, kan? Tapi menurutku bukan berarti aku harus boros gitu. Dan karena pakai gawai ini aku jadi bisa menahan diri karena buku-buku yang pengin aku baca ya sebenarnya ada di sini semua.

Selain itu, di tahun 2020 ini aku jadi lebih fokus baca buku-buku pengembangan diri yang aku butuhkan daripada buku-buku 'yang banyak diomongin orang'. Menurutku ini penting, lho! Karena kalau kita baca buku berdasarkan hype-nya aja, siapa tahu kita enggak butuh buku itu? Tapi ada buku krusial lain yang lebih perlu kita baca. Nanti aku bakal kasih tahu buku apa saja yang menurutku bagus ya di 2020 ini.

Aplikasi kesehatan

Selama PSBB atau semi-lockdown, kalau aku lagi butuh vitamin, atau kebutuhan kesehatan lagi, enggak lagi ke dokter. Jadi ya beli aja di aplikasi kesehatan yang ada apotiknya di sana. Membantu banget! Karena selama pandemi ini aku beberapa kali radang tenggorokan karena kecapekan, dan daripada ke dokter atau rumah sakit, aplikasi kesehatan sangat membantuku.

Oh ya, aku juga nyempetin ke psikiater pakai aplikasi kesehatan ini buat menyelesaikan beberapa masalah, konsultasi pertamaku akan berjalan di 31 Desember 2020 nanti, hadiah akhir tahun buatku hahaha.

Aplikasi To-do dari Microsoft

Aku sering enggak coock deh sama aplikasi to-do-list. Tapi di tahun ini aku baru banget nemu aplikasi To-do dari Microsoft yang bisa digunakan di laptopku dan hp. Aku suka banget fitur-fiturnya dan kepake banget, bukan cuma yang ditulis to-do-list-nya terus dilupain hahaha.

Aplikasi memulai bisnis

Pandemi datang, suamiku coba berbisnis untuk selingan pekerjaannya. Ia membangun MiniFarm Indonesia dengan temannya. Senang mengikuti proses belajarnya, dan dia tuh terhitung yang cukup serius mengirimkan setiap paketnya. Aplikasi sederhana untuk memulai bisnis ya Whatsapp Business dan Tokopedia Seller.

Dua itu aja, tetapi aku sih ngerasa dia butuh aplikasi khusus untuk merapikan keuangannya, karena kadang ada banyak uang keluar masuk yang enggak di Tokopedia Seller. Kadang ada pelanggan yang maunya datang ke rumah dahulu buat lihat produk, jadi ada uang yang harus kami pegang. Mungkin selanjutnya kalau bisnisnya makin berkembang udah harus pakai aplikasi mengatur keuangan bisnis atau sekalian pakai aplikasi kasir juga kali ya. Sepengetahuanku aplikasi kasir bisa membantu mulai dari data produk, stok, hingga transaksi. Jadi bakal lebih rapi catatan keuangannya.

---

Dari sekian aplikasi dan gawai, menurutku tiga itu yang paling sering kugunakan dan sangat membantu di tahun 2020. Kalau aplikasi atau gawai yang paling membantumu selama 2020 apa nih?

0 comments