Selama dua tahun berstatus anak SMA sekaligus anak asrama, saya selalu menunjukkan kode-kode bahwa saya tidak suka tinggal di asrama. B...

Boarding School People


Selama dua tahun berstatus anak SMA sekaligus anak asrama, saya selalu menunjukkan kode-kode bahwa saya tidak suka tinggal di asrama. Berbagai cara saya tunjukkan, sering pulang ke rumah, sengaja tidak ikut beberapa kegiatan, dan beberapa hal yang lain.

Bahkan ketika saya mengungkapkan bahwa asrama adalah the annoying place ever, keluarga dan sodara-sodara malah menanggapinya dengan, “Katanya nggak betah, tapi makin gendut.” Hmmpffff.


Sugesti-sugesti positif pun gagal. Akhirnya saya mencoba menikmati apa adanya, kalo udah bandel ya udah bandel ajah. Tetep ikut acara-acara di luar, gabung komunitas, aktif di sekolah, dan berbagai kegiatan asik lainnya yang bikin saya lupa dan tinggal capeknya aja di asrama. 

Setidaknya saya menghabiskan waktu dengan kegiatan positif.

Nggak kerasa sekarang udah kelas 12, DI MANA INI LAH TAHUN TERAKHIR DI ASRAMA! Kalo dulu selalu bilang: masih lama. Sekarang dengan asrama yang aturannya semakin ketat dan bikin saya sumpek, setidaknya sembilan bulan lagi! SEMBILAN BULAN LAGI!

Sebenernya banyak hal yang bisa dipelajari di kehidupan asrama, tempat yang tidak pernah menjadi keinginan saya. Bahkan saya pernah nangis-nangis karena nggak mau di sini sebelumnya. Mulai dari nyuci dan nyetrika sendiri, kalo nggak nurut (dan ketahuan) kalo nggak dimarahin ya dihukum, dan memperjuangkan mimpi yang nggak didukung asrama bukan suatu hal yang gampang juga.

Selain mental tahan banting yang dilatih, banyak hal yang membuat saya belajar jadi lebih baik lagi. Dan yang membuat saya bertahan sampai sekarang, selain banyak kegiatan yang saya lakukan, teman-teman yang luar biasa menjadi bensin untuk saya.

Di antaranya adalah mereka:

(Dari kiri) Mbak Icha, Mbak Putri, Gua, Mbak Layyin, Mas Kim, Mas Haqqi, dan Mas Zain.
Saya pernah sedikit cerita tentang mereka di postingan Awal Tahun Menakjubkan. Mereka semua yang ada di sekeliling saya adalah kakak kelas yang saat ini sudah resmi menjadi alumni. Iya udah nggak satu sekolah lagi… Hiks.  Rasanya itu sama banget ketika putus terus ditinggal pacar, persis!

Sabtu kemarin, seusai saya memberi pengumuman ekstrakurikuler broadcasting…

“MEGAAAAA!!!!”

Ketika saya menolehkan kepala ke sumber suara, ternyata.. MAS HAQQI!

“OMAYGAAAAATTTTT!” saya langsung teriak norak banget.
  
Mungkin kalo Mas Haqqi cewek, udah dipeluk sampe besok. Lebay.

Beberapa di antara mereka pada dateng ke acara Nguber 22 – Ngumpul Bareng (angkatan) 22, jadi mereka pada ke (mantan) sekolah. Nggak semua sih, ada juga yang nggak dateng, kayak kakak kesayangan saya satunya, Mbak Putri, dia lagi asik ke Bromo. Karena kangen, saya jadi ikutan ngobrol di tengah-tengah alumni nggak kenal waktu dan tempat bareng Mas Haqqi, Mas Kim, dan Mbak Layyin.

Mereka cerita banyak hal tentang perjuangan mereka di kelas 12 sampai saat ini. Sebagai anak yang baru naik kelas 12, saya benar-benar menyimak.

It’s fair! Setiap orang punya bebannya masing-masing,” kata Mbak Layyin.

Mbak Layyin keterima universitas di Jepang, tapi ada problem lainnya yang luar biasa. Mas Kim yang udah gak sabar kuliah di Universitas Airlangga, juga punya beban yang lain. Mas Haqqi dan Mbak Putri yang mungkin masih menunggu pengumuman, dia punya suatu hal yang patut disyukuri. Atau Mas Zain, yang memutuskan tidak kuliah tahun ini dan mulai fokus bisnis.

Bagaimana pun cerita kehidupan mereka, saya yakin mereka akan jadi orang yang luar biasa. Saat mereka mulai pamit untuk kembali ke rumah masing-masing, Mas Haqqi di Gresik, Mas Kim di Surabaya, dan Mbak Layyin di Pare. Saya diberi magical advice dari kakak kesayangan saya, Mas Haqqi.

Mas Haqqi. :3

“Meg, kamu belajar yang bener ya. Udah jangan fokus Ujian Nasional, kamu itu Ujian Nasional di sekolah udah lebih dari cukup. Fokus aja di SBMPTN, jangan kayak aku, salah strategi. Pokoknya jangan kayak aku, capek bangetttt. Dan satu lagi, jangan pernah menyalahkan Tuhan apa pun yang terjadi.”

Mungkin waktu dibilangi kayak gitu, muka saya mesam mesem aja. Tapi jauh di dalam hati, nyentuh banget. Ya orang-orang luar biasa semacam ini alasan utama kenapa saya harus bersyukur ada di asrama. Saya bisa deket, saling cerita, belajar, dan bertahan di asrama.


Momen yang gak bakal lupa!! 
Buat adek-adek yang statusnya sekarang masih boarding school people… nyebelin emang awalnya. Tapi jangan fokus di betapa menyebalkannya. You will find many magical things there!! Jangan takut bandel kalo masih bisa dianggap wajar, itu bakal jadi cerita buat kalian.

Buat orang yang luar biasa, see you on top gaes!

Tahun terakhir.... oke siap! 

34 comments:

  1. Jujur, kalo saya diasramakan, saya tidak bakal sanggup...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu anggapan awal deh kayaknya, emang kalo belum masuk bakal ngiranya nggak sanggup. Tapi kalo kebanyakan tuh ya, anak cowok itu bakal betah-betah aja. Karena banyak temennya. Terus juga, ngelatih tahan banting banget deh. *lah malah promosi* :D

      Delete
  2. 19 tahun selalu 'dilayani' dirumah, rasanya saya kurang sanggup juga untuk menjalani hidup di asrama. Pantesan temen saya yang walaupun cuman ngekos juga dulu waktu sma sering pulang kampung.

    ReplyDelete
  3. *angkat tangan* Anak asramaaaaaa!!!

    ReplyDelete
  4. sekolah saya juga ada asrama, tapi untungnya dekat dari rumah, jadi ya gak masuk asrama. hoho
    asrama mah buat nonton, numpang pipis, e*k juga, + makan gratis (selama gak ketahuan kepsek) :D
    iya, nyiapin diri semaksimal mungkin buat sbmptn emang wajib, tapi apalah arti sbmptn jika tidak lulus UN? tapi kalau emang udah merasa yakin mampu di UN, gak ada salahnya fokus ke sbmptn, karena soalnya 5x lebih susah dari UN. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, temen-temen non-asrama juga suka banget numpang-numpang dan ngambil jatah makanan anak asrama kalo masih ada hahahahaha. Iya laaah masa gak lulus UN terus fokus SBMPTN. xD

      Delete
  5. bisa bertahan berapa lama ya kalau aku hidup di asrama rame-rame gitu..hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bertahan dari tiga tahun bisa aja sih sebenernya, ngangenin soalnya. Apalagi kalo udah lulus nanti. Kakak kelas saya yang udah lulus, beberapa minggu sesudahnya masih nginep di sana. Bahkan ada yang sampe sakit gara-gara kebiasaan hidup di asrama terus harus pulang, padahal cowok. :D

      Delete
  6. Aku punya temen mantan anak pesantren, dan katanya masuk pesantren itu subhanallah sekali, yang lainnya berkali-kali, hehe. Semisal, gokil bareng temen berkalikali, kena marah berkalikali, diceramahin berkalikali. Tapi memang seruuuu! dapet ilmu agamanya pun berkalikali *jadi pengen* :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes bener banget. Meskipun aku jarang perhatiin banget pelajaran agamanya. Tapi setidaknya budayanya dapet. :D

      Delete
  7. keren banget! aku dari kecil belom pernah tinggal jauh dari ortu. kuliah aja disuruh disini, ga boleh ke luar kota. Ortu minta ditemenin :")
    kadang pengen juga ngerasain yg namanya asrama, kan keliatannya serem gitu ngoahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ortu minta ditemenin, mending nemenin aja deh. :D Ngga serem kok, asyikk :D

      Delete
  8. Mega temen-temennya bening-bening ya... kayak air di samudra pasifik.

    ReplyDelete
  9. wah anak asrama. aku dulu pernah mau di asramain. tapi alhamdulilah gak jadi hehe.
    semangat 9 bulan untuk anak kelas tiga itu waktu yang terasa singkat loh
    nikmati aja setiap detail momennya.

    eh, btw folback blog aku yak
    notedreaminggirl.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata kalo diitung-itung lagi, tinggal 7 bulan lagi. Iyaaa bakal kerasa cepet banget :'D Followed ya :)

      Delete
  10. Megaaa! Percayalah, kelas 12 itu menyenangkan kok :D masa depanmu adalah masa laluku *eaaa

    ReplyDelete
  11. Wiiih, semangat ya Mega. Sekolah berasrama buatku nyenengin kok, apalagi kalo udah dapet kebersamaan ama temen-temen, bakal jadi kenangan indah yang bikin gagal move on. Hehe. Keep your best ya, suatu saat kamu akan mengenangnya sebagai yang terindah. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaaap, iya kata kakak kelas pada kangen gitu xD

      Delete
  12. Belom kepikiran buat sekolah asrama, rasanya udah geleng-geleng aja kalo diajak. tapi, kalo seasrama isinya temen-temen deket semua sih gapapa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho malah asrama tuh malah bikin kenal se-angkatan :D

      Delete
  13. semangat meg! semoga sukses ya UN, SNMPTN, SBMPTN, semoga masuk Unair seperti yg kamu pengenin :)

    ReplyDelete
  14. SMA mana sih? sampe tinggal di asrama gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAN 3 Malang. Di Malang juga sih. Ceritanya panjang sampe harus masuk asrama.

      Delete
  15. Gue kuliah wajib asrama tahun pertama... dan gue cuman bertahan dua bulan, sisanya cabut. \:p/

    ReplyDelete
  16. Ihhhh seruuuuu.........keliatannya sih, tapi ternyata bosen ya?! :| Btw, semangaaat yaaa sekolahnya.. CUMA 9 BULAN LAGI!! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih banyak lho yaaaa. Iya, sembilan bulan lagi........

      Delete
  17. Ya emang sistem sekolah berasrama yang dibutuhin anak-anak Indonesia sekarang, yang cuma mikirin pelajaran. Asrama adalah tempat yang terbaik buat belajar. Nggak melulu cuma belajar pelajaran sekolah, tapi di asrama kita bisa belajar berinteraksi dengan yang lain, belajar saling menghargai, belajar saling memaafkan, belajar mengikhlaskan, dan yang terpenting belajar untuk berterima kasih. Dan masih banyak lagi pelajaran tentang kehidupan yang bisa didapet di asrama.

    Buat yang nggak betah di asrama, inget "No Pain No Gain". KIta nggak akan bisa kalau nggak dipaksa. Dan kalau Mega bilang tinggal 9 bulan lagi, aku masih pingin seribu tahun lagi di asrama. Coba liat sisi positifnya, jangan cuma dilihat dari peraturannya. Bener-bener manfaatin hidup 9 bulan di asrama. Sesekali nengok ke belakang dan inget apa aja yang udah didapet sejak pertama kali pindahan ke asrama.

    #PenghuniAsramaSMAN10Malang

    ReplyDelete