Tugas praktikum yang membuat saya membuka kembali buku WOW Building Indonesia Tourism and Creativity Industry. Sebenarnya banyak sih t...

Matriks Tourism 3.0 di Buku WOW Building Indonesia Tourism and Creativity Industry


Tugas praktikum yang membuat saya membuka kembali buku WOW Building Indonesia Tourism and Creativity Industry. Sebenarnya banyak sih tugasnya, mulai harus belajar Destination Branding, Community Development, dan beberapa hal lain. Tapi, saya langsung ingat kalau pernah baca buku ini dan mencoba membaca kembali.

Tepatnya di bagian matriks Tourism 3.0. Udah bikin summary-nya, cek foto di bawah ini ya.


Dalam matrik tersebut ada empat sumbu penting. Dua sumbu pertama: (1) CULTURE-ADVENTURE-NATURE, ini memudahkan kita melihat sebuah wilayah dalam "HELICOPTER VIEW", sederhananya: sesuatu yang kompleks jadi sederhana, dari tiga aspek potensi bisa jadi satu BIG PICTURE untuk membangun pariwisata yang brandingnya jelas


Sumbu selanjutnya, (2) ENJOY-EXPERIENCE-ENGAGE, ini adalah level di mana tahap customer path di bagian "ACTION" bekerja. Karena Tourism 3.0 gak cuma bikin enjoy dan punya experience ini, tapi ENGANGE. Engage di sini memiliki maksud bahwa turis yang datang ke tempat wisata ingin terlibat lebih di tempat wisata tersebut.



Dua sumbu selanjutnya adalah semacam tahapan dampak dari strategi yang kita buat. Yakni: (1) Creativity-Challenge-Commitment, saya masih enggak paham ditahap ini~ wkwk jadi gak bisa jelasin deh. (2) OK-AHA-WOW, tahap WOW udah ada di kolom biru di bawah kanan.

Meskipun sekilas membaca, paling enggak hari itu belajar sedikit lah buat kuliah hehehe. Besok-besok mau membaca lagi biar makin paham. Untuk review buku ini di Youtube juga udah ada kok, kamu bisa tonton di bawah ini:


1 comment:

  1. This particular is usually apparently essential and moreover outstanding truth along with for sure fair-minded and moreover admittedly useful My business is looking to find in advance designed for this specific useful stuffs… Wealth Nation

    ReplyDelete