Membayangkan Jika Bertetangga dengan Kineruku (Toko Buku & Perpustakaan) di Bandung

Kineruku Bandung


Sewaktu memiliki waktu yang pendek di Bandung pada Mei 2019 karena ada agenda kolaborasi bikin video Youtube bersama Grobmart yang bisa teman-teman tonton di sini, satu bucketlist yang harus diwujudkan adalah pergi ke Kineruku. Ia adalah sebuah toko buku sekaligus perpustakaan kecil yang ada di Bandung, cukup sering dibicarakan dalam lingkaran pembaca.

Setibanya di Kineruku, memori pada ambisi terlupakan soal ingin memiliki ruang seperti ini hadir kembali. Saya pernah mencobanya, saat itu namanya Samarata Bookshop. Tetapi realita membangun perpustakaan dan toko buku memang bukan perkara mudah, dan intuisi saya cukup mengatakan, 'jalan ninja' saya mungkin tidak di sini.

Kineruku Perpustakaan Bandung

Jadi sewaktu di Kineruku, karena ia ada di kawasan perumahan, saya membayangkan ingin sekali bertetangga dengan ruang-ruang seperti ini. Tentu saya akan ke sini setiap hari, karena ruangannya betul-betul nyaman, dan rasanya jadi pengin membaca buku berlama-lama di sini. Jadi kalau kalian orang yang sedang tinggal di Bandung, cobain deh ke sini!

jual cd musik bandung

Bukan hanya menyediakan buku-buku untuk dijual (kebanyakan dari penerbit buku independen) dan beberapa bisa dipinjam, tetapi kamu juga bisa menemukan album-album musik dari berbagai macam musisi independen. Oh, tentu, yang bikin pengin khilaf, banyak totebag, buku catatan, dan lain-lain yang tak mudah ditemui di toko-toko lainnya.

Tetapi saya hanya mengizinkan diri sendiri untuk khilaf belanja 8 buku, 7 buku untuk diri sendiri dan 1 untuk salah seorang teman baik bernama Billy di Malang yang tiap bertemu selalu tanya, "Meg, kamu lagi baca buku apa? Meg, kamu bawa buku apa?"


Kineruku Cafe

Isi dapur Kineruku juga tak kalah menggoda, ini ibarat sedang berkunjung ke rumah nenek yang kita tahu betul bahwa masakan-masakannya begitu enak. Kalau tidak salah, saya memesan ayam sambal matah yang irisan bawangnya besar-besar sekali, dan Es Kopiruku yang dibeli sebab 'kok namanya lucu' hihi (pura-pura lupa kalau sebelumnya sudah ke Two Hands Full minum 3 kopi sekaligus).


Kabarnya, ini perpustakaan milik "Bu Ariani", dan salah satu perpustakaan klasik yang perlu didatangi selanjutnya saat di Bandung adalah bernama Batu Api. Baik! Akan saya catat dalam bucketlist selanjutnya!


Saya tidak lama bisa duduk di Kineruku mengobrol bersama teman baru bernama Prilandini, karena waktu untuk pulang balik ke Malang juga turut mengejar. Yah, paling tidak, kesampaian juga mampir ke Kineruku dan berkenalan dengan teman baru :-)

Kineruku
Instagram: @kineruku
Jl. Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141

1 comments

  1. keren banget mba, saya jadi kepengen kesana. kayaknya nuansa nya joga homie banget, dan cocok banget buat nyantai sambil baca buku :)

    ReplyDelete