Sebagai anak cewek satu-satunya di rumah yang sering nggak dibolehin kemana-mana, cukup excited untuk go abroad kedua kalinya! Yuhu! Se...

#MainKeSingapore: Jalan-jalan Cari Event

Akomodasi Singapore

Sebagai anak cewek satu-satunya di rumah yang sering nggak dibolehin kemana-mana, cukup excited untuk go abroad kedua kalinya! Yuhu! Setiap saya keluar dari Malang, yang selalu bikin penasaran adalah: ada event apa aja ya?

Meskipun jalan-jalan kali ini hanya karena Ayah saya lagi ada tugas ngajar di Singapore, ah nggak masalah! Suatu hari nanti semoga ada kesempatan datang ke event-event yang ada di berbagai tempat lainnya, lebih lama dan lebih enjoy

Hotel di Singapore

Di Changi Airport dijemput Uncle Amin, mahasiswa Ayah. Kami stay di Hotel 81 di Geylang Road, daerah kampung melayu gitu, cukup jauh dari kotanya, tapi tetep banyak mall. Meskipun Singapore adalah Negara yang kecil, tapi cukup banyak budayanya. Ada China Town, Kampung Melayu, orang Arab, dan India juga ada lho.

Hotel 81

Agak vintage gitu sih hotelnya, jangan tanya berapa tiap malemnya deh. Masalah duit, kali ini saya nggak ada andil sama sekali.


Esplanade

Tujuan pertama ke Esplanade! Esplanade—Theatres on the Bay lokasinya di sebelah Patung Merlion. Berbagai macam pertunjukan seni ada di sini! Mulai dari teater, musik, tari, visual dan masih banyak lagi yang lain yang fokusnya ke budaya Asia. 

Esplanade

Ini salah satunya yang visual, keren! Agak sedih juga sih nggak bisa lama-lama di sana, karena perjalanan kali ini ditemani juga sama Atuk dan Opah. Bisa-bisa kalau sendiri mungkin menghabiskan waktu dua jam lebih, puas-puasin di sini! 

Saking sukanya sama tempat ini, saya ambilin berbagai macam booklet tentang Esplanade. Norak abis. Ada juga tanggal-tanggal eventnya yang bikin saya ngiler. Kalau ada kesempatan dateng, saya mau nonton teaternya duluuuuu!!! 

Pengin banget mampir lagi, penginnya sih tahun ini bisa ke Esplanade lagi. Take me take me pleaseeee! Yang jelas Esplanade udah jadi salah satu destinasi yang wajib dituju abis ini, ah semoga alam semesta sepakat dengan keinginan saya yang satu ini. Aamiin. 


Kayaknya belum ke Singapore kalau belum ke Merlion Park ya? Yah kami akhirnya ke sana, tapi di sana terlalu banyak orang dan panas, jadi saya nggak terlalu pengin foto-foto. Saya penginnya balik ke Esplanade terus lihat pertunjukan seni. *masih belum bisa move on*

Karena bosen foto-foto, saya ikut Opah yang beli minuman.

Saya    : “Is Nanyang Technology University far from here?”
Opah   : “Hmm not too far. Do you want to get there?”
Saya    : “Yaaa!!!” *semangat abis*
Opah   : “Ok, we will go there in the last.”

Whoaaaaa!!!!! Saya emang Merry Riana movie addict! Belum baca bukunya sih karena nggak punya, tiap mau beli selalu tertarik dengan buku yang lain. Saya nonton film Merry Riana tiga kali, sekali bareng mantan pacar kakak saya, sekali sendirian, dan sekali di laptop. Sensasinya tetep: bikin semangat lagi! 

Yah itu lah yang membuat saya pengin banget ke NTU (Nanyang Technological University)!

Tapi sebelum itu kami pergi ke kantor Opah: Harmony Centre untuk salat dhuhur dan istirahat dari udara Singapore yang beda dengan Malang. Malang bisa panas sih, kalau siang doang. Tapi siap-siap lah nggak mau jauh-jauh dari selimut kalau pagi dan malam.

Harmony Centre

Nah ini tempat favorit juga nih! Harmony Centre lokasinya 9A Bishan Street 14 Singapore 579786. Kalau dari penjelasan Opah yang saya denger dengan kemampuan listening seadanya… Harmony Centre ini salah satu tempat pembelajaran agama islam di Singapore.

Kalau di Singapore, Buddha adalah agama mayoritas, sekitar 33%. Sayangnya saya datang ke Singapore tepat sehari seusai Hari Raya Imlek, pasti rame banget, hiks. Sedangkan agama Islam adalah agama minoritas, kalau di Negara yang islamnya minoritas pasti kebanyakan orang memahami Islam adalah agama yang cukup ‘serem’ gitu kan ya? Nah salah satu visi Harmony Centre memahamkan bagaimana sih agama Islam itu.

Agama di Singapore

Foto di atas ini agama dan kepercayaan yang ada di Singapore, nama yang paling kere... Zoroastrianism! Jadi nama-nama agama ini kalau dibuka semacam laci gitu, jadi kalau kotak-kotak ini ditarik, bakal gini:

Agama Baha'i


Bener-bener diajak belajar deh kalau di sini, tempatnya juga nyaman banget. 


Harmony Centre class

Selain itu di sini ada sekolahnya yang dibagi dari beberapa kelas berdasarkan umurnya. Jadi di Singapore nggak ada tuh sekolah yang madrasah atau sekolah katolik atau sekolah yang mendalami agama lebih dalam, semuanya sekolah umum. Kalau mau belajar agama lebih dalam jadi semacam ambil sekolah lagi, atau saya malah menganggapnya kayak bimbingan belajar. Jadi mereka dari pagi sampai siang belajar di sekolah umum, sorenya belajar agama. 

Kalau di Harmony Centre ini ada sekolah belajar agamnya juga. Kelasnya dibagi berdasarkan umurnya, ada anak-anak, remaja, dan dewasa seingat saya. Pembelajaran yang kelas remaja cukup menarik juga sih, ada tentang pernikahan! Hahaha. Tapi kalau dilihat dari hasil kerjanya, kayaknya mereka lebih sering diskusi. 

a.L.I.V.E

Jangan perhatikan cowok pake kaos merah, itu adek saya. Perhatikan kasur diujung kelas. Saya kira itu untuk yang sakit, ternyata bukan! Kata Opah, ini terinspirasi dari Ayah sih… Jadi Ayah kalau ada mahasiswanya ngantuk, disuruh sekalian tidur aja di meja, nggak masalah. Nah kalau di sini malah dikasih tempat tidur, asek!

Ada juga yang menarik, jadi setiap mereka setelah belajar.. mereka diajak untuk menulis apa yang dia pikirkan sebelum pulang. Salah satunya ini nih yang bikin saya ngakak: 

Sticky Notes

Setelah makan siang, mampir cantik ke Malay Heritage Centre (Istana Kampoeng Gelam). Kebetulan ada gladi bersih untuk acara nanti malem. Laaaah ini yang mau saya lihat di Singaporeeee!!! Event-eventnya… Ya meskipun cuma gladi bersih sih.

Malay Heritage Centre

Dan ini dia waktunya untuk… NTU (Nanyang Technological University)!

NTU

WHOAAAA EXCITED BANGET! Lucu juga ya arsitekturnya, kalau di film Merry Riana bagian yang ini nggak terlalu dilihatin sih, sebenernya pengin ngacir ke bagian dorm-nya. Hahaha tapi untuk sementara cukup jalan-jalan cantik sebentar aja deh. 

Saking semangatnya saya di NTU, Opah sampai menganggap saya pengin kuliah di sini… Hahaha enggak Opah, ini hanya karena film. *dasar* Kata Opah, "You looked so excited when you were in NTU, your face like this *nyontohin muka semangat saya*" Wahahaha.

Nanyang Singapore


Sebenernya masih banyak yang menarik, dan saya tau sebagian dari kalian ada yang bertanya-tanya: kapan belanjanya nih? Saya di Singapore nggak banyak belanja, oleh-oleh juga pada makanan semua. Tapi yang ada di post ini yang paling saya suka.

Sempet juga saya keliling jalan kaki di daerah Geylang Rd dan sekitarnya dan dengan jalan kaki saya menemukan empat mall lebih! Dimana-mana ada mall dan saya puterin sendirian. Saya jalan-jalan tanpa uang dan sampai hotel dengan kehausan.

Meskipun banyak mallnya, saya masih kepo banyak tentang Singapore. Terlebih ke Esplanade dan museum-museumnya. Lumayan banyak destinasi di luar negeri yang pengin saya datangi sih, terutama Job Experience yang ada di Jepang, jadi itu event untuk anak-anak lebih kenal tentang berbagai macam pekerjaan.

Indonesia gimana? Jelas pengin! Banyak event yang pengin saya datangi dan sekalian mampir-mampir cantik di kota orang. Anak kota banget ya? Hahaha sebenarnya ini ungkapan sedih. Saya lagi ikutan lomba video sih, yang hadiahnya bakal main ke Karimun Jawa. Doain aja deh bisa nyemplung dan lihat ikan-ikan cantik. Mumpung masih muda, banyak yang harus diketahui. Kali aja di sana juga ada acara-acara tradisional yang bisa di-share di sini

Oh ya, bulan Mei ini saya datang ke sebuah event, seminar dari CEO keren yang saya idolakan banget!! I’ll share on this blog soon. Tungguin ajah. Bakal tetep banyak event di sini, meskipun jalan-jalan nggak bakal jauh dari event. Kalau traveler: jalan-jalan cari makan, saya: jalan-jalan cari event hehe.


Overall, meskipun Esplanade bikin nggak bisa move on dan pengin banget balik ke sana… Singapore boleh juga jadi destinasi kamu untuk main-main dan belajar banyak hal.Terakhir, sampai jumpa di postingan yang lain! (:

19 comments:

  1. itu serius kalo ngantuk disuruh tidur dikasur ?
    Doa gue, semoga menang lomba videonya dan bisa ke karimun jawa. Amin ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, daripada ngantuk dan maksain tapi nggak nerima apa-apa mending tidur dulu. Begitu katanya hehe.
      Aamiin aamiin ya Allah. Thanks :D

      Delete
  2. Hahaha why must the kabah be black. :))
    Seru Meg! NTU itu bagus ya? kalo gak salah sodara gue ada yang di sana deh.. Hmmm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, kenapa ya xD
      Katanya sih bagus gitu, aku nggak terlalu ngerti sih. Whoaaa keren! Waktu ada film Merry Riana dia ada di lokasi nggak? *halah*

      Delete
  3. Hahaha, oiya, gue baru engeh sama film Merry Riana yang di Singapore.

    Btw, nggak foto sama singa nyembur air, Meg?

    Ah, semoga gue kapan-kapan bisa ke sana juga! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama singa sih foto, cuma nggak keliatan sih singanya, karena aku foto bareng punggungnya. Di sana udah panas dan pada mau foto sama si singa. Males jadinya hahaha. Aamiin aamiin semoga secepatnya :D

      Delete
  4. Mantap, Meg...
    Biasanya orang lain kalo ke Singapura itu prioritasnya pasti shopping. Atau seenggaknya mengunjungi objek wisata yang terkenal cihuy abis. Tapi ini malah ke pertunjukan seni-seni gitu. Jelas pembeda banget. Hehe. Oiya, menyediakan tempat tidur di sana mungkin masih cocok, tapi kalo di sini mending jangan deh... takut pemakainya membludak. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingung mau shopping apaan, paling shopping makanan hahahaha. Yang "cihuy" abis mahal banget, ntar dah jalan-jalan sama gandengan, biar lebih bebas #Halah hahahaha. Hahaha iyaaaa, ntar malah antri ya :D

      Delete
  5. maap aku kepo, mega ayahnya dosen apa sih? hehe

    aah, kalo aku sih semuanya meg. dari traveller, nyari makan, nyari event, dan nyari foto -__-
    aku dulu juga pernah daftar coba coba di NTU, tapi gak aku terusin :(((

    kamu keren meg, aku selalu suka fotomu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gatau deh dosen apaan mbak, tanya aja ke orangnya xD

      Komplit! :D Kenapa nggak diterusiiiin? Kan keren gitu? xD

      Alhamdulillaaaaaaaaah semoga semakin jelas deh fotonya ya xD

      Delete
  6. Ke Makassar yuk, tanggal 3 ini ada MIWF

    ReplyDelete
  7. eh kalo ke NTU nya bisa masuk ke area gedungnya?
    bisa masuk kedalemnya juga gak?
    perlu ijin dulu apa gimana?

    pengen motoin arsitekturnya kalo kesana ntar
    :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok mas masuk-masuk, iya arsitekturnya emang keren. Nggak perlu izin, parkir juga parkir sendiri. Gak ada yang jaga waktu itu, sepi. Weekend kayaknya aku ke sana, sepiiiii. :D

      Delete
  8. sukak banget foto arsitektur bangunan yang paling bawah meg. kalo ke luar negeri pasti bakal nemu bangunan-bangunan tinggi yang biasanya punya nilai estetika jadi bahan fotografi gitu
    btw meg. aku pengen ngetz lho ke situuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa begitu laaaah. Semoga segera bisa ke sanaaaa! :D

      Delete