Tepat setahun yang lalu… aku mencintaimu. Halah. Bukan, bukan. Bukan ini yang saya maksud. Tepat setahun yang lalu saya jadi panitia ...

Tips Suksesnya Acara



Tepat setahun yang lalu… aku mencintaimu. Halah. Bukan, bukan. Bukan ini yang saya maksud. Tepat setahun yang lalu saya jadi panitia Bulan Bahasa di sekolah, di mana bener-bener nggak tau tentang event management. Nama acaranya waktu itu Stand up Comedy dan Talkshow. Kalau belum pada tau, nih postingannya: STAND UP COMEDY & TALKSHOW dan Kecanduan

Akhirnya sekarang udah jadi kelas 12 dan udah waktunya adek kelas yang bikin acara Bulan Bahasa selanjutnya. Cukup seru sih ketika ngomongin bintang tamu siapa yang akan dipilih, karena saya juga diajak. Ea.

Awalnya mereka bingung mau bikin acara kayak gimana, dan mereka pun nggak tau siapa yang bakal diajak. Kerennya, ketua pelaksana Bulan Bahasa 2014 kali ini ngasih ide kalau pingin guest starnya adalah Bena Kribo dan Bayu Skak. 

Sebagai blogger, akhirnya....

“Keren! Iyo wes blogger dan vlogger, ntar namanya Blogger VS Vlogger!!”

Penghasut banget emang. 

Ah, biarin. Yang penting Bulan Bahasa 2014 kali ini beneran bakalan ada Bena Kribo dan Bayu Skak. Sebagai blogger juga, saya jadi diledekin karena acara kali ini mengundang seorang blogger. Diledekinnya sama guru lagi. 

Bu Ruri: “Ngapain kamu ngundang yang jauh-jauh? Itu lho Mega aja undang, bayar nasi kotak aja udah Alhamdulillah.”

Tega bener. 

****

Panitia Bulan Bahasa MAN 3 Malang 2013.
Yang namanya bikin acara level anak SMA kayak gini, nggak ada ceritanya kalau adem ayem. Kalau Bulan Bahasa tahun saya ada insiden menangis antara ketua pelaksana dan bendahara tepat malam sebelum hari H. Pelik banget masalahnya. Ketika mereka berdua nangis, saya cuma sok polos bingung gimana caranya masukin tanda terimakasih buat guest star ke piguranya. 

Saya selalu bingung kalau lihat cewek nangis. Padahal saya juga cewek.

Saya nggak mau cerita banyak terlalu banyak tentang kepanitiaan Bulan Bahasa 2014 kali ini, tapi permasalahan yang paling bikin panik sebenernya ketika uang minus. 


Saya : “Uangnya tadi dihitung lagi. Gak minus, lebih sekian ratus ribu. Ga usah bingung.”
Echa : “Lho sumpah, Mbak? Kok bisa?” *wajah sumringah*
Saya : “Aku yang bayarin. Pake strategi dong. Liat di papan tulis, udah ada detailnya.”

Uang minus itu emang nyebelin gaes. Bendahara saya dulu juga kayak gitu, dia terlalu panik dan selalu menganggap uangnya minus padahal pada akhirnya uangnya sisa satu juta sekian. 

Saya : “ Buat tamunya butuh notes, nggak mungkin kalau nggak kita kasih merchandise.”
A      : “Nggak bisa, Meg. Uangnya nggak ada.”
Saya : “Oalah, yowes.” *tutup telpon*

Hari itu emang udah deket dengan hari H, psikis saya jadi nggak normal. Karena udah capek mendebatkan uang yang dianggap minus, saya tutup telponnya. 

Akhirnya tetep ngeyel beli notebook dengan pinjem uang SPP temen. Ujung-ujunya uang SPPnya diganti dengan uang anggaran acara, tuh ada kan? Wajar juga sih, kalau selevel kami panik nggak jelas semacam itu. 

Tips #1, kriteria bendahara: Tenang, rajin sedekah, dan tertib mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Dengan uang minus seperti itu, saya tetep ngeyel untuk ngasih kenang-kenangan untuk guest starnya, Insan Nur Akbar dan Hena Wirasatya. Dengan masih pake seragam pramuka, pergi ke beberapa mall malem-malem yang untungnya nemu juga kenang-kenangan untuk mereka. 

Tapi nggak bisa dipungkiri lagi kalau bikin guest star seneng itu penting. Istilahnya hal yang semacam ini di sebuah event adalah hospitality. Sering kan kalau mau mengundang guest star mereka minta macem-macem. Misalnya maunya makan masakan jawa, maunya naik pesawat ini, dan itu. Banyak banget maunya, tapi masa iya kita mau guest star di panggung dengan keadaan nggak mood hanya karena pesawat delayed misalnya? Enggak kan?

Tips #2, hospitality emang penting! 

Emang ada seleb yang baik hati banget. Contohnya, Insan Nur Akbar atau Mas Akbar. Ketika jadi guest star di Bulan Bahasa 2013 beliau nggak minta macem-macem. Transportasi aja beliau yang nyetir sendiri dari Surabaya ke Malang. Waktu hujan kita mau payungin beliau, tapi beliau langsung lari ke mobilnya dan bilang nggak usah payung nggak papa. Super baiknya ketika kita tanya harus kasih berapa untuk HR, beliau tanya: “Ini anak SMA kan?”. Jadi kita bayar… dengan harga anak SMA. Nggak bakal lupa deh sama Mas Akbar! 

Ah, jadi kangen bikin acara. 

Senin yang lalu saya bela-belain kabur dari asrama cuma buat pergi ke salah satu café di Malang buat ngobrol sama salah satu orang yang paham dengan event management, namanya Mas Kholiq. Dia komika juga, sempet jadi guest star juga sih di acara Bulan Bahasa 2013, nih postingannya: BABAK FINAL!

Ngobrol banyak banget sama Mas Kholiq, mulai curhat tentang permasalahan Bulan Bahasa 2014, permasalahan event, ceritanya event organizer di Malang, dan… ceritanya wedding organizer juga. Dapet wejangan pencerahan banyak banget, dan yang paling saya inget…

Kebanyakan kepanitiaan sebuah acara terlalu sibuk mencari sponsor daripada mematangkan konsep acara. Kebanyakan orang ngerasa keren kalau sponsornya banyak, padahal belum tentu sponsor yang bikin penuh poster tersebut ngasih fresh money. Daripada susah payah cari sponsor berbulan-bulan, bikin aja acara dengan konsep yang keren, kemudian jual acaranya! Cari massa sebanyak-banyaknya, uang sebesar apa pun akan ditutup oleh terjualnya tiket.

Coba deh liat poster acara yang ini…


Nggak ada sponsor, adanya media partner. Mas Kholiq yang jadi leader di event ini, yang jelas mereka pake banget yang namanya The Power of Ticket. Gimana, kamu udah beli tiket SUCROS2 Malang belum? Aku sih udah. :p

Belajar banyak banget dari ngobrol bareng Mas Kholiq yang sebenernya nggak sampai satu jam. Punya temen Wedding Organizer nggak, gaes? Kenalin dong. Terutama yang berhati baik dan menyenangkan, kali aja jodoh. Halah. 

Tips #3, UDAH PAKE AJA THE POWER OF TICKET!

Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian kalau mau bikin acara dan buat kamu yang deket Malang, yuk dateng ke acara Bulan Bahasa 2014: BLOGGER VS VLOGGER. Hari Sabtu, 2 November 2014 di Aula MAN 3 Malang. Ada akunya lhoh, jadi penonton. Eaa.

Tapi.. jangan pernah takut kalau mengalami kesalahan atau kegagalan dalam menyelenggarakan acara. Dari kesalahan dan kegagalan lah kita jadi belajar. Tsaaah. Okay gaes, sampai jumpa di postingan selanjutnya!

6 comments:

  1. Sukses acaranya. Aku boleh dateng? Nyamperin kamu tapi kakakaka

    ReplyDelete
  2. Ada akunya cuma gitu doang? Penonton kecewa haha :|

    ReplyDelete
  3. Keren yee acaranya. Undang-undang abang dong, dek~

    ReplyDelete
  4. super sekali sahabatku... *nadamarioteguh

    ReplyDelete
  5. Gimana mau datang, tempatnya jauh begitu... XD padahal keliatannya caranya bakal keren, ada... Nick Key-nya... eh itu siapa sih? *langsung ngegoogle*

    ReplyDelete
  6. iya sponsor kadang kurang membantu malah kadang agak membeban kita sama syarat syarat yg ribet
    bener kata mas kholiq Cari massa sebanyak-banyaknya

    ReplyDelete